Sekolah Terbaik di Indonesia

Oleh KI SUPRIYOKODI dalam artikelnya “America’s Best High Schools”, baru-baru ini Newsweek mengumumkan hasil studinya tentang 1.000 SMA terbaik di Amerika Serikat (AS), “1,000 Top U.S. Schools”. Dalam daftar sekolah terbaik ini masyarakat AS pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya dapat mengetahui kualitas SMA di AS; setidak-tidaknya versi Newsweek.

Berdasar pada publikasi tersebut di atas, SMA terbaik di AS saat ini adalah SMA Jefferson Country yang berlokasi di daerah Irondale, Alabama (ke-1); menyusul kemudian SMA International Academy yang berlokasi di daerah Bloomfield Hills, Michigan (ke-2); serta SMA Stanton College Preparation yang berlokasi di Jacksonville (ke-3); dan seterusnya. Urutan ke-100 SMA terbaik di AS adalah SMA Grapevine yang berlokasi di daerah Grapevine, Texas.

Dengan mengetahui urutan kualitasnya, di samping bertambah banyak informasi yang diperoleh maka masyarakat lebih terbimbing dengan pertimbangan yang lebih kaya dalam mengakses sekolah. Untuk memilih sekolah dalam rangka kelanjutan studi misalnya; masyarakat lebih mudah menentukan pilihan sesuai keinginannya.

Bagaimana di Indonesia?

Kalau sekolah terbaik di AS diumumkan secara terbuka; bagaimanakah di Indonesia? Justru di sinilah masalahnya. Selama ini publikasi mengenai sekolah terbaik di Indonesia jarang atau sama sekali tidak pernah dilakukan baik oleh instansi swasta, termasuk majalah dan koran swasta, maupun oleh pemerintah sendiri yang dalam hal ini departemen pendidikan.

Standar nasional untuk menyelenggarakan lembaga pendidikan telah dibuat, pedoman menyelenggarakan sekolah yang benar pun telah disosialisasi; namun ketika masyarakat menanyakan di mana contoh sekolah yang baik dan terbaik maka sulit menemukan jawabnya.

Kiranya sekarang sudah tiba saatnya pemerintah mengumumkan secara transparan daftar sekolah terbaik menurut urutannya; misalnya saja ditentukan daftar 100 SMA terbaik secara nasional berdasarkan urutan mutunya. Dalam hal ini diasumsikan bahwa sekolah terbaik adalah sekolah yang mutunya tinggi.

Kalau bicara SMA; sekarang ini kita memiliki 8.899 sekolah, terdiri dari 3.634 atau 40,8 persen sekolah negeri dan 5,265 atau 56,2 persen sekolah swasta. Dari keseluruhan sekolah ini, Depdiknas dapat menentukan 100 sekolah terbaik secara nasional dan diperingkat berdasarkan kualitasnya secara transparan. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui SMA terbaik di negeri ini secara transparan juga.

Kriteria apa yang dipakai untuk menentukan SMA terbaik?

Karena kita telah memiliki PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang mengatur penyelenggaraan pendidikan yang standar di Indonesia, PP ini dapat dijadikan pedoman. Artinya, SMA terbaik yang dipilih hendaknya memenuhi standar pendidikan yang telah ditentukan di dalam PP.

Berdasarkan PP tersebut terdapat 8 standar dalam penyelenggaraan SMA sebagai lembaga pendidikan formal: masing-masing adalah 1. standar isi; 2. standar proses; 3. standar kompetensi lulusan; 4. standar pendidik dan tenaga kependidikan; 5. standar sarana dan prasarana; 6. standar pengelolaan; 7. standar pembiayaan; dan 8. standar penilaian pendidikan.

Tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan misalnya; di dalam Pasal 29 ayat (4) secara jelas disebutkan bahwa pendidik pada SMA/MA atau bentuk lain yang sederajat memiliki: a. kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-4) atau sarjana (S-1); b. latar belakang pendidikan tinggi dengan program pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan; dan c. sertifikat profesi guru untuk SMA/MA. Jadi kalau ada SMA yang tidak dapat memenuhi kualifikasi akademik seperti ini, jangan dipilih sebagai SMA terbaik. Ini baru satu jenis standar pendidikan; belum lagi menyangkut tujuh standar yang lainnya.

Bagaimana kalau yang memenuhi standar pendidikan terdapat lebih dari 100 SMA? Standar pendidikan hanyalah merupakan kualifikasi mininum; selebihnya dapat dipertimbangkan dengan aspek lain, misalnya sejauh mana prestasi akademis dan nonakademis yang pernah dicapai oleh sekolah yang bersangkutan.

Setiap provinsi

Penentuan 100 SMA terbaik di Indonesia bisa jadi akan menghasilkan nama-nama sekolah di Pulau Jawa, mengingat pendidikan di Jawa umumnya lebih maju daripada di luar Jawa. Kalau ini terjadi, akan menyulitkan sekolah di luar Jawa untuk belajar dari sekolah terbaik tersebut; pasalnya kalau daftar nama sekolah terbaik sudah diumumkan, nama-nama tersebut tentu akan dikunjungi oleh banyak tamu untuk belajar. Kesulitan tersebut dapat dikompensasi dengan menentukan 5 SMA terbaik di masing-masing provinsi.

Di AS sendiri juga terdapat nama-nama SMA terbaik pada masing-ma-sing provinsi atau negara bagian (state); misalnya saja di Texas kita dapat membaca nama-nama SMA Magnet di daerah Dallas, SMA Highland Park di daerah Dallas, SMA Science Academy of South Texas di daerah Marcedes, SMA Westlake di daerah Austin, SMA Westwood di daerah Austin, dan seterusnya.

Kita pasti bisa menentukan 5 SMA terbaik setiap provinsi; misalnya dari 498 SMA di DKI Jakarta ditentukan lima sekolah; dari 762 SMA di Sumatra Utara ditentukan lima sekolah; dari 195 SMA di Kalimantan Timur ditentukan lima sekolah; dari 103 SMA di Papua ditentukan lima sekolah; dan seterusnya. Keuntungan daftar SMA terbaik masing-masing propinsi ini untuk mempermudah proses pembelajaran dan studi banding dari sekolah-sekolah yang tidak masuk dalam daftar.

Penentuan SMA terbaik tersebut bisa dilakukan untuk satuan pendi-dikan yang lain; seperti SMK, SMP, SD, TK, dan bisa juga untuk madrasah. Penentuan nama-nama sekolah terbaik di Indonesia ini akan membantu masyarakat dalam memahami sekolah yang kita miliki!!***

Sumber: Pikiran Rakyat

About these ads
Ditulis dalam Artikel. 130 Comments »

130 Tanggapan to “Sekolah Terbaik di Indonesia”

  1. Nadisa Says:

    akucinta kamu maukah kau nerima

  2. Mayang Says:

    Punya daftar sekolah terbaik or unggulan di DKI Jakarta? Klo ada boleh donk bagi2.. Thanks before…

  3. ilham Says:

    ketika saya membaca berita ini,ya allah….alangkah kecilnya hambmu ini,begitu besar kekuasaanmu.selama ini yang saya lakukan hanyalah kosong,dan tak tau menau apa yang seharusnya saya lakukan.ya,allah hamba tau engkau maha pengampun maka dari itu ya… allah ampunilah segala dosa-dosaku,yang besar / yang kecil yang dulu / yang sekarang,hamba pasrah ya allah karena tiada kekuatan selainmu. dan untuk para hamba allah yang membaca berita ini,mari kita luruskan kembali hidup kita,dan semoga slalau membimbing kita.amin

  4. Alamak Jang!!! Says:

    aq mau eek.. ambilkan aq kamar mandi

  5. Irawan Says:

    Mohon ijin, saya ingin memberikan informasi yg mungkin dapat membantu mewujudkan program buku murah melalui “Buku Digital” Depdiknas.
    Untuk mencetak buku murah ini diperlukan cara pencetakan buku yang tepat, dimana masing-masing sekolah atau secara kolektif mencetak/memperbanyak buku tersebut dengan biaya seminimal mungkin. Salah satu cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan mesin GESTETNER Digital Duplicator/stensil atau lebih dikenal dengan GESTETNER COPYPRINTER.
    Mesin Gestetner CopyPrinter ini dapat mewujudkan program buku murah dikarenakan biaya cetak GESTETNER COPYPRINTER sangat rendah/murah, dapat mencapai hanya Rp.5/lembar jika mencetak dalam jumlah banyak(hemat 95% dibanding Photocopy) bahkan biayanya akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan percetakan.
    Mesin ini mencetak dengan hasil kualitas digital yang konstan dan sangat bersih mulai cetakan pertama hingga terakhir (sangat cocok untuk buku teks), dengan kecepatan cetak 90 – 130 lembar/menit mencetak akan sangat cepat, penggunaan lebih mudah dari mesin photocopy sekalipun (tidak perlu operator khusus), dapat mencetak di kertas tipis ataupun kertas buram/stensil (ini juga merupakan solusi untuk membuat buku lebih murah dapat mmenggunakan kertas koran) mulai 35 gram hingga kertas/karton tebal 230 gram, hemat listrik hanya max.175 watt, dapat mencetak langsung dari komputer(optional).
    Dengan harga mesin bersubsidi (khusus sekolah) dari PT. Arotech International selaku Agen Tunggal Gestetner CopyPrinter di Indonesia, harga mesin akan terjangkau oleh sekolah-sekolah dan pengadaan buku pelajaran akan jauh lebih murah. Mari kita sukseskan program pendidikan murah bagi bangsa ini.
    Mesin Gestetner juga sangat cocok untuk mencetak Buku/Bahan Ajar,Soal Ujian/Ulangan,modul, Kertas Ulangan, LJK, Bulletin Sekolah dll.
    Kami juga membuka kesempatan untuk bekerjasama.
    Terima kasih.
    PT. Arotech International
    Agen Tunggal GESTETNER COPYPRINTER di Indonesia Silahkan hubungi kami di :
    Ph : 021- 68777725 ; 6339941-42
    sales@arotech-int.com

  6. ricky Says:

    ak boleh minta daftar smp ato sma yang terbaik di jakarta gg??

    cuma 20 terbaik doank kog???

    plissss…

    ajah ada smp 09 jakarta d situ…
    cz,, ntu skull ak..

  7. yoga Says:

    SMP TERBAIK…….. YA DI SMP N 1 PECANGAAN. JEPARA (jepara the world carving center) coba aja kalo gak percaya.

  8. karanganyar Says:

    aq leh minta alamat sekolah yang terbaik di jakarta..???

  9. metal Says:

    skul trbaek se jateng apa aja?

  10. rizal Says:

    Q mau tau SMK terbaik di jawatimur !!! pleaseeeee

  11. icha Says:

    bisa sebutin satu persatu ga nama2 sekolah terbaik di indonesia….????

  12. icha Says:

    cha mau tau sekolah terbaik di jawa barat…..

  13. gelar Says:

    yang terbaik tetep yogyakarta

  14. imaam Says:

    kalo di jateng sma taruna
    kalo di jatim smk telkom
    kalo di jabar sma n 9
    kalo di jakarta sma n 52

  15. jiha Says:

    ellow !!! i am jiha from malaysia .. nice to read a story from outsider .

  16. dyta Says:

    aq pngn tau smK terbaik di surabaya..??

  17. herudi Says:

    Iap….saya setuju sekali jika ada publikasi 100 sma, smp, dan SD terbaik se indonesia, karena dapat memacu kompetisi sehingga setiap sekolah ingin menjadi yang terbaik. Tentu saja sebagai orang tua ingin menyekolahkan anaknya di sekolah yang terbaik…. untuk itu coba dong pulikasikan, supaya tidak salah pilih sekolah.

  18. herudi Says:

    ada sma yang bagus…., tepatnya di Indramayu, Jawa barat. Mungkin namanya asing yaitu SMA N 1 Sindang… tapi kalo dilihat dari prestasinya Waw….banget.
    Lulusanya banyak yang di terima di PTN dan tiap tahunnya tidak kurang diri lima orang yang di terima di ITB (tentunya lewat SPMB).
    Sekarang ada kelas SI (standar Internasional).
    untuk taun ajaran baru temen2 yang baru lulus SMP ga bakal rugi kalo masuk SMAN 1 Sindang (sasi)

  19. Alief Waitupu Says:

    Wah BAGUS sekali postingannya! saya hanya punya satu permintaan aja! kalaw sma terbaik di JATIM apa saja! 10 besar aja!

  20. dina Mutzz Says:

    boleh minta 10 sma terbaik di sumatera utara gak????

  21. ayam goreng meletus Says:

    menurut akyu, SMA TERBAIK DI RIAU :
    -SMA 8
    -SMA 1
    -SMA PLUS
    -SMA CENDANA
    -SMA SANTA MARIA
    -SEMUANYA BAGOOOSH!

    i am hungry! give me exploading chicken!
    thank you for your attention. CAPCUS!

    :: ayamgorengdiletusinbisadimakanlooh ::

  22. Martha Says:

    Hei!!!

    SMA terbaik di Sumatera Utara apa, yach…..

  23. Niedya Says:

    Mmm… punya daftar urutan skul terbaik DKI gg??
    Kalw da bg dunk…

  24. istiyanto Says:

    daftar sma terbaiknya mana ya ?

  25. salwintt Says:

    sma terbaik di propinsi jambi sma mana……?

  26. alvheno dealova Says:

    SMA terbaik di Makassar (sulsel) tak lain dan tak bukan…
    SMAN 17 Makassar, dunk.. hehehehhe…

  27. vIE Says:

    sma terbaik di jawa timur?

  28. dheny Says:

    my name dheny from canada i want to get the best flight school in indonesia, please your info???

  29. gita Says:

    mank nama-nama sekolah terbaik di Indonesia khusus nya di Pulau JAWA apa ajah???????????????????

  30. setya Says:

    ada smk yang lebih baik se indonesia…yakni SMKMikael surakarta jurusan tekhnik mesin…

  31. nana Says:

    sma yg pling bgs adlh sman 2 smbawa dounkkkkkkkkkkkzzzzzzzzzzzzzzz

  32. nafisblog Says:

    jadi sekolah apa yang terbaik di indonesia?

  33. awan sundiawan Says:

    @all: mudah2an mulai tahun 2010 Indonesi memiliki sekolah terbaik di setiap kota/kabupataten masing2 minimal 1 buah

  34. fahmi Says:

    giMANa tNntANG SMKN 2 Ciamis…………pasti kE 1..

  35. Nana Zhafirah Says:

    klo mo nyari posting ttg sma terbaik dmn y?

  36. awan sundiawan Says:

    @all: untuk sekolah yang terbaik di kota/kab. masing, sekarang sudah ada, tandanya sekolah itu sudah RSBI (khusus untuk negeri)

  37. BIRAN Says:

    MAU NANYA NIH KAK..? sma terbaik di pulau sumatra dimana ya ?

  38. BIRAN Says:

    sekolah terbaik di sumatra dimana ya,…?

  39. iqra putra Says:

    SMA Terbaik di sulawesi selatan InsyaAllah SMAN 2 TINGGIMONCONG,.

  40. Nur Aji Wibowo Says:

    SMA terbIK DI SOLO ..KALO GA SMU 1 YA SMU 3

  41. Tiara Says:

    perbedaan sma sama smk apaan sih?

  42. edrin10 Says:

    bgus ya blognya ada kbr baik nie……

    hub kembali ke blog sya di http;//lowongantrikerja.wordpress.com

    atas partisipasinya sya ucapkan trima ksih…

    Ass… wr.. wb

  43. Sekolah Buddhist Terbaik Says:

    Kalo menurut saya. sekolah terbaik di jakarta terutama untuk segmen buddhist adalah SEKOLAH DHAMMASAVANA …

    Kalo kata google sih begitu …

    Just google opinion

  44. Tiara Says:

    Hmm…. yang terbaik kalo kataku sih SMAN 3 YOGYAKARTA

  45. citra am Says:

    Jakarta swasta : Global Islamic School :D

  46. novia karmila Says:

    ayo donk smngt yang mw lu2s smp klas 3 smp

  47. novia karmila Says:

    :-)

  48. lialialia Says:

    sma terbaik di jakarta

    sma 8 (di bukit duri tebet jaksel)
    sma 81 (di kalimalang jkatim)
    sma 61 (durensawit jaktim)
    sma 28 (pasar minggu jaksel)

  49. Doyan Belajar Says:

    ir a principal | Ir a lateral
    Home Posts RSS Comments RSS Edit Search:
    50 besar SMA terbaik di Indonesia
    who’s posted it? gebsoy’s when you posted it? 9:47 AM | easily broken -,- sharing
    Ini ada daftar 50 SMA terbaik nasional untuk program studi IPA, negeri maupun swasta, berdasarkan hasil UAN 2008/2009.

    1. SMU KRISTEN I PENABUR
    2. SMU INSAN CENDEKIA
    3. SMUN 2 MODAL BANGSA KUTA BARO
    4. SMU KRISTEN 3 PENABUR
    5. SMU SANTA URSULA
    6. SMU ALOYSIUS 1 BANDUNG
    7. SMU KRISTEN BPK 1 PNB BANDUNG
    8. SMU ST. URSULA II
    9. SMU NEGERI 8 JAKARTA
    10. SMU Negeri 1 Padang Panjang
    11. SMU Taruna Nusantara
    12. SMU KRISTEN 5 BPK PENABUR
    13. SMU ST ANGELA BANDUNG
    14. SMUN 2 TINGGIMONCONG
    15. SMU KANISIUS
    16. SMU NEGERI 1 SIDOARJO
    17. SMU DON BOSCO II
    18. SMU N 2 AMLAPURA
    19. SMU SANG TIMUR
    20. SMU Kolese Loyola
    21. SMU TARUNA BUMI KHATULISTIWA
    22. SMU NEGERI 1 GENTENG
    23. SMU KRISTEN BARANA
    24. SMU Negeri 1 Yogyakarta
    25. SMU SWASTA TITIAN TERAS
    26. SMU NEGERI 12
    27. SMU YOS SUDARSO
    28. SMU TRINITAS BANDUNG
    29. SMU Negeri 1 Bukittinggi
    30. SMU SANTA THERESIA
    31. SMU TARUNA DRA. ZULAEHA
    32. SMU FONS VITAE I JAKARTA
    33. SMU K KALAM KUDUS 2
    34. SMU NEGERI 1 GIANYAR
    35. SMU NEGERI 81JAKARTA
    36. SMU KRISTEN KARUNIA
    37. SMU Negeri 3 Yogyakarta
    38. SMU N 1 Klaten
    39. SMU NEGERI 5 SURABAYA
    40. SMU ALOYSIUS 2 BANDUNG
    41. SMU KRISTEN 4 PENABUR
    42. SMU KRISTEN BINA BAKTI 2
    43. SMU N 1 Pati
    44. SMU DWI WARNA
    45. SMU Negeri 4 Bukittinggi
    46. SMU NEGERI 1 TUBAN
    47. SMU PELITA HARAPAN
    48. SMU NEGERI 78
    49. SMU NEGERI 1 SEMARAPURA
    50. ……………. ?

  50. haritsa budiman Says:

    SMA yang the best di Jambi….
    1. SMAS TITIAN TERAS JAMBI score: 98,96
    2. SMAS XAVERIUS 1 KOTA JAMBI score 98,47
    3. MAN CENDIKIA JAMBI score : 93,21
    5. SMAN 3 KOTA JAMBI score : 90,34
    6. SMAN 1 KOTA JAMBI score : 89,86
    7. SMAN 5 KOTA JAMBI score : 86,88
    8. SMAN 1 KOTA SUNGAI PENUH score : 85,76
    9. SMAN 1 MUARA BUNGO score : 85,46
    10. SMAN 2 TEBO score : 84,23

  51. haritsa budiman Says:

    SE_SUMATRA
    1. SMAS TITIAN TERAS JAMBI
    2. SMAN 17 Plus PALEMBANG
    3. SMAS XAVERIUS I PALEMBANG
    4. SMAS XAVERIUS I JAMBI
    5. MAN CENDIKIA AGAM
    6. MAN CENDIKIA JAMBI
    7. SMAN RIAU
    8. SMAN 1 KOTA PADANG
    9. SMAN 1 KOTA PALEMBANG

  52. Jaka Says:

    Tahun 1988, depdikbud waktu itu mengeluarkan peringkat SMA terbaik se-Indonesia. Waktu itu peringkatnya:
    1. SMA 1 Yogyakarta
    2. SMA Ricci
    3. SMA Kanisius
    4…….
    Nggak tahu sekarang, apakah Depdiknas masih mengeluarkan daftar peringkat SMA terbaik nasional?

    (Alumni SMA 1 Yogya)

  53. Rivaldy Says:

    seharus yaaaaaaaaaaaaaaaa………………..
    SMA terbaik itu da di Medan yaitu:::::::::::::::
    1. SUTOMO 1
    2. BRIGJEND KATAMSO
    3. WR.SUPRATMAN
    .
    .
    .
    50………..
    KALAU YANG LAIN TERSERAH LA…….
    YANG PENTING MAJU BRIGJEND……….
    GOOOOOO…………GO……………

  54. rika Says:

    aku suka sekolah al-qomar yang ada di jakarta barat, kurikulum agama dan b inggris nya lengkap . kalo yg lain ga tau deh

  55. fani Says:

    SMK terbaik ya SMKN 2 Depok Sleman (STEMBAYO). stembayo the best vocational school…. stembayo yo….

  56. Apip Nurdin Says:

    I think my school is ….. SMAN 2 TSM

  57. Radit Says:

    Menurutku SMA terbaik di Kota Solo :
    1. SMAN 1 Solo
    2. SMAN 3 Solo atau SMAN 4 Solo
    3. SMAN 7 Solo atau SMAN 5 Solo
    4. SMA Al Islam 1 Solo atau SMA Regina Pacis Ursulin Solo atau SMAN 2 Solo
    5. SMAN 6 Solo

    Kalau di Yogyakarta yang terbaik SMAN 1 Yogyakarta & SMAN 3 Yogyakarta . .

  58. Saha bae lah Says:

    Smua skul di indonesia bgus kok…
    Gak kalah ma negara laen!

    Smangat bwat pelajar indonesia, buktikan bahwa kt jg bisa. Ok!

  59. yoga Says:

    menurut UN sma/smk terbaik se solo..
    1.smk st mikael
    2.smk farmasi…

    sudah tag ada yang lain…

  60. chrisna ocvatika Says:

    saya bingung nie mau msuk k SMA mana di bogor sl.a saya mau pindah
    tolong dong urutiin SMA terbaik dibogor :)

  61. ryan Says:

    harusx SMA Terbaik di Indonesia adalah

    SMA PGRI Larantuka

  62. Hendra Says:

    Sekarang posisi sma kalo di lihat dari UN ga bisa…
    yang btul adalah proses belajar mengajar yang telah dicapai serta Grade statusnya apakah SBI atau SSN atau Biasa. karena status menunjukkan standar proses belajar yang telah dicapai. :)

  63. deny Says:

    MAN CIANJUR adalah sekolah paling ideal dan terbagus dari semua sekolah yang bagus di Indonesia. tidak hanya pintar akademik tapi juga agama. salam…

  64. LuthfaN Says:

    Menurut saya smua SMA di Indonesia adalah BERSAING. Tidak bisa hanya di lihat dari nilai UN. ingat UN masih meragukan. Bukti banyak anak nilai UN tinggi tapi tidak bisa masuk SMA yang berstatus SBI atau yg mengadakan TEST.
    Yang harus kita lihat adalah hasil dari Proses Belajar Mengajar selama ini serta keaktifan sekolah dalam peraan serta membantu dalam mengentaskan kebodohan. Dan yang tahu adalah DEPDIKNAS. :)) :D
    Spirit INDONESIA.

  65. Maulana Husin Says:

    Maaf,saya boleh bertanya……….
    kalau SMA yg Terbaik di Kalimantan Timur itu ada enggak daftarnya……….
    soalnya saya butuh daftarnya buat di tempel di mading sekolah…agar teman-teman saya bisa tahu SMA mana yang terbaik di Kalimantan Timur……

    Atas Jawabannya….saya ucapkan Terima kasih

  66. rifky Says:

    SMU terfaforit di mataram antara lain :
    1.SMUN 1 MATARAM
    2.SMUN 5 MATARAM
    3.SMUN 2 MATARAM
    4.SMUN 3 MATARAM

  67. Ernita Nurul Frida Says:

    Urgent!!!! aku baru pindah rumah ke Depok…minta list SDN terbaik di Depok Utara sini ada yg punya ga’….tolong donk…..pliezzz….thanks a lot…

  68. Edo Frandyka Says:

    Kalau menrutku di Kota Probolinggo tuh dulu 2 thn lalu dalam 5 besar :
    1. SMA NEGERI 1 PROBOLINGGO (SBI)
    2. SMA NEGERI 4 PROBOLINGGO (SSN)
    3. SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO (SSN)
    4. SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO (SSN)
    5. SMAK MATER DEI PROBOLINGGO

  69. haritsa budiman Says:

    Sampai sekarang aja masih belum ada sekolah SBI, berarti SMA 1 Probolinggo tuh belum SBI donk. gimana sih

  70. muhammad mush'ab Says:

    menurut ane yang terbaik di wilayah 3 cirebon :

    1. husnul khatimah(Mts&MA)
    2. terserahlah yang penting no.1 tetap Husnul khatimah

  71. Zahra Temmy Says:

    Kalo peringkat SMA Kharisma Bangsa Tangerang, dalam peringkat 50 besar se Indonesia keberapa yah?

    Thanks, tolong dijawab

  72. danang Says:

    kalo di sulsel:
    1.Barana’ christian senior high school

  73. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas tambahan/masukannya

  74. maya Says:

    mohon pemerintah melaksanakan survei ke sekolah2 yg ada di indonesia. agar kita tau bagaimana kondisi pendidikan di indonesia tercinta ini. masih banyak sekolah di indonesia yg kualitasnya masih di bawah garis standart. kita sangat butuh pendidikan. masih banyak juga anak2 yg buta huruf. untuk itu pemerintah memberikan solusi bagi mereka. agar indonesia terlepas dari kebodohan.
    terima kasih

  75. nandya dwi z Says:

    Se sumatra :
    1. SMA Xaverius 1 Bandar Lampung
    2. SMA Kusuma bangsa
    3. SMA Xaverius Palembang.

  76. bei Says:

    smk… ya cek aja 8 stm pembangunan di Indonesia, tinggal pilih dr yg terekat dr tempat anda!

  77. adhe Says:

    Kalo yg terbaik di DIY:(top 10. th 2009) yg secara akademik;

    1. sman 1 teladan yogyakarta
    2. sman 3 yogyyakarta
    3. sman 8 yogyakarta
    4. sman 6 yogyakarta
    5. sman 1 godean yogyakarta
    6. sman 1 sleman yogyakarta
    7. sma kolese de brito
    8. sman 9 yogyakarta
    9. sman 5 yogyakarta
    10. sman 2 yogyakarta

  78. diana Says:

    Mohon infonya u rekomen SD…SMP…SMA Negeri dan Swasta Terbaik/Fav di sana atau yg menurut teman2 baik u dipertimbangkan…..via email diana_andriani@ymail.com makasih….

  79. John siallagan Says:

    Jd SMA MATAULI dimana??

  80. Frida Ayu Lestari Says:

    menurut saya SMA terbaik di Cianjur, Jawa Barat :

    1. SMA NEGERI 1 CIANJUR (RSBI)
    2. SMA NEGERI 2 CIANJUR
    3. SMA NEGERI 1 CILAKU
    4. SMA NEGERI 1 CIBEBER
    5. SMA NEGERI 1 MANDE

  81. RIZKY fadil Says:

    ini 10 SMA TERBAIK DI MEDAN :

    1.SMA JOSUA
    2.SMA SUTOMO 2
    3.SMA 1
    4.SMA 3
    5.SMA 5
    6.SMA WIYATA DHARMA
    7.SMA SANTO THOMAS 2
    8.SMA SMA 8
    9.SMA AL-ULUM
    10.SMA HARAPAN MANDIRI

  82. Dania Ervina Says:

    peringkat sekolah menengah atas negeri terbaik di jayapura, papua

    1. SMA NEGERI 3 BUPER
    2. SMA NEGERI 5 JAYAPURA
    3. SMA NEGERI 4 JAYAPURA
    4. SMA NEGERI 2 JAYAPURA
    5. SMA NEGERI 1 SENTANI
    4. SMA NEGERI 1 ABEPURA

  83. Natanael Nababan Says:

    Ini list 35 SMA terbaik di Indonesia versi Depdiknas terbaru, tanpa ranking (saya ambil dari akun twitter @HaiMagazine):
    TANPA URUTAN RANKING
    :SMA 2 Temanggung, SMA Regina Pacis Surakarta, SMA 1 Padang, SMA 1 Magelang, SMA 3 Surakarta, SMA Labschool Rawamangun, SMA 1 Tasikmalaya, SMA 1 Purwakarta, SMA 1 Garut, SMA 1 Bogor, SMA 81 Jakarta, SMA 1 Kediri, SMA 1 Sooko, SMA 2 Mojokerto, SMA 1 Pamekasan, SMA 3 Bandung, SMA 3 Malang, SMA 3 Yogyakarta, SMA 3 Semarang, SMA Plus Riau, SMA 4 Denpasar, SMA 4 Kendari, SMA 4 Denpasar, SMA 5 Mataram NTB, SMA 5 Surabaya, SMA 5 Bandung,SMA 1 Denpasar, SMA 1 Purwokerto, SMA 1 Samarinda, SMA 1 Bogor, SMA Al Azhar BSD,SMA Taruna Nusantara, SMA Al Azhar Kelapa Gading, SMA 1 Boyolangu (Jatim), SMA 1 Way Jepara, SMA Santo Petrus Kalbar, SMA 2 Tinggimoncong, Gowa (Sul-Sel)

  84. muhammad nastain Says:

    menurutku sma terbaik di Indonesia berdasarkan prestasi akademik yaitu :
    1. SMA PENABUR GADING SERPONG
    2. SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG
    3. SMA 1 PENABUR JAKARTA
    4. SMA BBS SEMESTA SEMARANG
    5. MAN INSAN CENDEKIA TANGERANG
    6. SMAN 8 JAKARTA
    7. SMAN 2 PURWOKERTO
    8. SMAN 5 SURABAYA
    9. SMAN 3 YOGYAKARTA
    10 SMAN 3 SEMARANG
    11. SMA DR SUTOMO MEDAN
    12. SMA TITIAN TERAS JAMBI
    13. SMAN 3 JAKARTA
    14. SMA PLUS RIAU
    15. SMA ST URSULA PUSAT
    16. SMA PENABUR 3 BANDUNG
    17. SMAN BBS SRAGEN
    18. SMAN 81 JAKARTA
    19. SMA ST LOUIS SURABAYA
    20. SMA KOLESE LOYOLA

  85. HAHAH Says:

    waw. luar Biasa………….. Hebattttt
    SMA 1 Boyolangu./……….
    Kebanggaan SMA di Tulungagung / Kota Marmer
    Nama Gaulnya SMABOY SMILE

  86. Rahulkan Says:

    Dari sekolah NEGERI 137958 : sekolah kami ingin bertanya mata pelajaran apa yang bisa kita cepat jawab…………..!!!

  87. saeful anwar Says:

    SEKOLAH YANG PALING BAGUS ………..
    SMPN 1 SUBANG …
    HAAAHAHAA…………

  88. ASDF Says:

    SMA terbaik di Bandung menurut dinas tahun 2008 :
    1. SMAK 1 BPK PNB Bdg
    2. SMAN 3 Bandung
    3. SMAN 5 Bandung

  89. Ayudia Jasmine Says:

    ada yg tau peringkat SDIT terbaik dimedan (swasta) lengkap kasih tau ya….

  90. Fathan Says:

    Kakak, aku dan adik semuanya lulusan SMA Citra Nusa, Kab. Bogor. Menurutku salah satu SMA swasta yg terbaik dg biaya terjangkau. Untuk Negeri SMAN 2 Cibinong dan Kalau SMK pastinya SMKN1 Cibinong.

  91. haristo Says:

    Untuk Saat Ini,, 25 juni 2011 berdasar segala aspek,baik prestasi akademik, keagamaan, non. akademik, fasilitas, dan siswanya. intinya kesempurnaan sbgai sebuah sekolah modern di JAMBI :
    1. SMA TITIAN TERAS JAMBI : 98.99
    2. SMA XAVERIUS 1 KOTA JAMBI : 94.66
    3. MAN CENDEKIA JAMBI : 90.88
    4. SMAN 3 KOTA JAMBI : 89.99
    5. SMAN 1 KOTA JAMBI : 87.66
    6. SMAN BI JAMBI : 86.44
    7. SMAN 2 TEBO : 85.00
    8. SMAN 1 BUNGO : 84.99
    9. SMAN 1 SUNGAI PENUH : 84.66

    Versi lain:
    1. SMA TITIAN TERAS
    2. MAN CENDEKIA
    3. SMAN BI
    4. SMAN 1 KOJAM
    5. SMAN 3 KOJAM
    6. SMAN 1 MUARO BUNGO

  92. haristo Says:

    +SMA TITIAN TERAS peringkat 22 se-Nasional dari 40 sekolah RSBI yang masih bertahan

  93. WIDYA Says:

    ii wow,,titian teras brrti emg prgkat plg atas y,,,q msh bgung mw msuk sma apa,,

  94. ratna ayu p.a Says:

    skula trbaik d sumbar u/ 2011 ne apa????
    thanks before…

  95. kelvin leonard manik Says:

    menurut saya sma terbaik sekolah saya sma 1 sutomo

  96. Arsad@yahoo.com Says:

    Setuju tidak diumumkan urutan sekolah terbaik. Karena yang terbaik parameternya apa? Dan memang kita secara nasional belum memiliki sekolah terbaik. Sekolah terbaik adalah sekolah yg memiliki kualitas akademik diatas rata-rata dan mampu melahirkan anak didik yg memilki kecerdasan intelektual, emosional, dan kecerdasan sepiritual. Kalau ini ukurannya tentu akan sulit kita temukan. kerena ini menjadi barang langka di dunia pendidikan karena sistem yg ada tidak mendukung ke arah itu. Kita awali dari rekrutmen PNS dalam hal ini guru yg akan mengantar anak didik menjadi unggulan dan sekolah terbaik. Bagaimana sistem seleksi penerimaan guru? Adakah murni dari hasil tes terbaik yg lulus? ataukah ada yg pakai jalan samping alis sogok sebagai upaya untuk lulus? Kalau memang ada yg tes murni diantara mereka ada berapa persen diantara yg diterima jadi guru. Trus guru di sekolah negri yg sangat faforit dalam menerima siswa baru adakah hasil tes murni? ataukah org tua siswa dimintai sejumlah uang tertentu sebagai syarat lulus?, yg dalam hal ini tentu identik juga dgn suap.. Kalo penyelenggara pendidikan apakah itu namanya oknum atau tersetruktur secara kelembagaan seperti ini jalan ceritanya, maka mungkinkah akan melahirkan anak didik yg unggulan? mungkinkah akan melahirkan sekolah terbaik?. Kalo sejak sekolah sdh terbiasa mendengar dan menyaksikan ketidak jujuran dalam dunia pendidikan, dan bahkan dia ikut terlibat baik secara suka rela maupun terpaksa, maka wajar kalo mereka kelak jadi pejabat akan berbuat hal yg sama. Kalo ini berjalan terus tanpa ada kendali atau kesadaran oleh para pelaku pendidikan maka 50 tahun kedepan bangsa Indonesia ini mau jadi apa?. Mau digiring kemana? sungguh memprihatinkan dan memilukan. Mungkin ungkapan saya ini menjadi tidak benar untuk kalangan tertentu, dan akan mendapat pembenaran pada org2 tertentu pula yg merasa dirugikan oleh situasi praktik percaloan dalam dunia pendidikan. Sungguh kami berharap kesadaran insan pelaku pendidikan tugas yg teramat mulia ini jalankanlah dengan perlakuan YG MULIA PULA. semoga amien

  97. Adoo Says:

    Sekolah di Indonesia bergolak terus menerus. Prestasi tiap sekolah berubah2. Jadi tidak ada sekolah terbaik dan terunggul. Semua sama bergantung pada SDM murid dan guru. Tiap tahun pasti berubah-ubah. Sebenarnya skolah RSBI di Indonesia dpt dikatakan sekolah SBI juga karena mereka sudah melaksanakan standar proses yang memenuhi SBI. Namun mereka masih dalam tahap Merintis.

  98. Defan Says:

    RSBI/SBI podo ae rek….. hahahha… lbh baik jgn diumumkan sekolah unggulan agar tidak terjadi pemarjinalan. Kan msyRkt Indonesia skrg msh berpola pkir ikut2an apa yg didgr tnpa mnelaah lebh lnjut., hehehe…. tiap harinya pun mereka terus bergolak… UN ga bisa dijadiin patokan,,,, :))

  99. FAHRUZI Says:

    LAW MENURUT AKU SEKOLAH TERBAIK SEKOLAH SMA ISTIQLAL DELI TUA…..
    SOALNYA GO INTERNASIONAL…….
    APA LG MURID2NYA PINTAR2 TERUTAMA DI KLS XI IPA1. YANG BERNAMA: FAHRUL FAUZI…..
    DIA SISWA TERBAIK

  100. dasrikardavira94 Says:

    tolong carikan sya sma terbagus yyaaa
    czz aku mw msk smaa

  101. sujarwa Says:

    Bapak -ibu yang kami hormati Sekolah yang bagus itu tidak hanya sekedar terfavorit atau bagus secara fisiknya atau akademiknya tapi SEKOLAH yang BAGUS adalah SEkolah yang mengajarkan dan mendidik putra putri ibu untuk mengenal dan mengajak dekat dengan TUHAN putra putri ibu. karena itu yang akan menyelamatkan mereka dan menjadikan mereka taat kepada bapak dan ibu (EXCELLENT COMMUNITY Training center. Surabaya)

  102. nana Says:

    SMA budi mulia Jakarta
    SMA penabur jakarta
    SMA 8 Jakarta

  103. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas kunjungannya ke blog ini, dan terima kasih telah memberikan masukan, dan informasi yang bermanfaat, semoga mulai 2012 setiap sekolah sudah memiliki komitmen untuk menjadi sekolah yang terbaik di daerahnya dan di Indonesia dengan karakteristiknya masing-masing.

  104. Yoyo Says:

    DIY, dari prestasi akademik (input & output/ UAN, % diterima di PTN)
    1. SMAN 3 Padmanaba Yogyakarta (Th. 2010/2011: RSBI terbaik se-Indonesia, siswa diterima di PTN 100%, hasil UAN terbaik di DIY, etc).
    2. SMAN 1 Teladan Yogyakarta
    3. SMAN 8 Yogyakarta
    4. SMAN 2 Yogyakarta

  105. ina Says:

    kalo sdn lut 2 gmana????????????????

  106. mega Says:

    SD Muhammadiyah 8-10 Bjm urutan k berapa ?? klo bisa di urutin yach..

  107. humaira Says:

    tolong ya kak, sdn lut 2 banjarbaru d msukan ke urutan dnk,, slam manisss humaira…………………

  108. humaira Says:

    huahuahua……

  109. ina Says:

    bujur jar humaira….

  110. mega Says:

    alhamdulillah

  111. awan sundiawan Says:

    Terika kasih atas informasinya tentang sekolah terbaik di Indonesia, dan saya selalu menunggu info terbaru sekolah terbaik saat ini, silakan tulis pada komentar di bawah ini.

  112. Raden Wi Jaya AS Says:

    SMA DDI yang paling bagus di antara yang lain

  113. hamba Allah Says:

    Kalo menurut pandangan saya ,dan berdasarkan prestasi yang terbukti nyata :
    SMA/MA/SMK TERBAIK DI GARUT
    1. MA PERSIS 76 TAROGONG
    2. SMAN 1 GARUT
    3. SMAN 11 GARUT
    4. SMKN 1 GARUT
    5. SMKN 2 GARUT
    6. MA DARUL ARQOM
    7. SMAN 2 GARUT
    8. SMAN 6 GARUT
    9. SMAN 20 GARUT
    10. SMKN 4 GARUT

  114. Anto Says:

    Data di Yogyakarta secara empirik dari 2006 – 2012
    1. SMA Negeri 3 “Padmanaba” Yogyakarta (RSBI terbaik dengan input terbaik di Yogyakarta)
    2. SMA Negeri 1 “Teladan” Yogyakarta (RSBI nomer 2 terbaik di Yogyakarta)
    3. SMA Negeri 8 “Delayota” Yogyakarta (RSBI dengan input nomer 3 terbaik Yogyakarta)
    4. SMA Negeri 2 “Smada” Yogyakarta (RSBI dengan input nomer 4 terbaik Yogyakarta)
    5. SMA Negeri 6 “Namche” Yogyakarta (Research School pertama di Indonesia dengan input nomer 5 terbaik Yogyakarta)

    Kelima SMA Negeri di kota Yogyakarta tersebut menawarkan keunggulan2 lokal dengan kekhasan masing2 sekolah. Ada yg bernuansa agamis, akademis, dan riset. Dari kelima sekolah tersebut, sudah dipastikan 70 % kelanjutan siswa-siswinya di PTN Favorit di Indonesia. Untuk menembus kelima sekolah tersebut dibutuhkan nilai masuk / NUN rerata adalah 36,27 di SMA Negeri 6 Yogyakarta dan 38,80 di SMA Negeri 3 Yogyakarta pada tahun 2011.

    Silakan untuk membuktikan opini saya, anda langsung mendatangi sekolah2 tersebut…

  115. ayu Says:

    Sma terbaik di Makassar (SULSEL) di mana yah ?

  116. ayu Says:

    Sma terbaik di Makassar (SULSEL) di mana yah…?

  117. rina Says:

    smk terbaik di jakarta selatan di mana siii???

  118. Aulia Says:

    smp terbaik dii Samarinda or kaLtim apaa yaa ? 10 terungguL yaa :)

    #respect ..

  119. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas masukannya, ditunggu daftar sekolah terbaik berikutnya.

  120. orang Kuningan Says:

    SMA yang bagus, yang melahirkan (produk) siswa yang sholeh dan mushlih pasti ikhlash terhadap semua takqir hidupnya, kraetif, inovativ, berpikir global, cerdas dan bekerja keras dalam bekerja, punya visi.
    Percuma pinter kademik tapi susah bergaul, pinter ngrusak, bernasib buruk-miskin. Jadi Semua SMA bisa melahirkan produk (siswa) yang bagus.
    Dosen saya lulusan SMA kampung di JATIM sekarang S2 di Jepang susah balik lagi ke Indonesia karena di tahan oleh potensi hebatnya. Dosen saya satu lagi lulusan SMA biasa yang lebih di kenal ustadz tapi jadi peneliti di BPPT. Keponakan saya lulusan Aliyah 2 Jaktim dengan susahnya masuk POLTEK Sipil UI sekarang ilmunya ditinggalkan malah jadi pengusaha sepatu. Sepupu saya lulusan SMP sekarang jadi orang terkaya di Kuningan Ciawigebang. Saya lulusan SMA Ciawigebang sekarang jadi pedagang Tn Abang,
    Jadi? Berdoalah minta nasib yang baik. Lihat orang-orang terdahulu yang sukses. Mksh

  121. Hosting gratis tanpa iklan Says:

    Saya sangat setuju dengan pendapat Anda.
    Walaupun hanya bermodal sarana gratisan, upaya kita mestilah terus ditingkatkan.

  122. Roy Says:

    Yg tidak kalah penting tapi sering terlupakan: Sekarang ini, banyak tawaran sekolah-sekolah termasuk perguruan tinggi global yang mungkin secara kredibilitas berada di atas rata-rata. Namun jangan dilupakan pula, pendidikan agama dan akhlak. Pendidikan akhlak dan agama merupakan hal yang tidak boleh terlupakan apalagi ditinggalkan semata-mata mengejar kesuksesan duniawi. Jangan sampai, demi mengejar kecerdasan duniawi, akhlak dan akidah menjadi terganggu dan kian berkurang. Sebaiknya, kita memilih pendidikan formal yang tidak hanya berkualitas, namun juga memiliki nilai pembentukan akhlak yang mulia.
    Sebenarnya di indonesia ini banyak orang yg pintar tapi sayang cuma pintar otaknya sehingga pantas saja indonesia ini gak maju-maju, makin banyak orang pintar makin banyak koruptornya. itulah akibat orientasi pendidikan yg hanya mengedepankan duniawi saja yg melupakan masalah ukrawi…

  123. awan sundiawan Says:

    Semoga sekolah kita menjadi sekolah yang terbaik bagi kita sendiri, dan kita harus mencapai kesuksesan dengan potensi kita yang dimiliki.

  124. faiz Says:

    ada senarai sekolah rendah tak

  125. faiz Says:

    kami sedang mencari sekolah untuk jaringan pendidukan dan bertukar-tukar informasi
    tq

  126. Indra Sakti Says:

    SMAN 8 Jakarta
    &
    SMA Labschool Kebayoran, Jakarta

  127. MZ Haryanto Says:

    Update terbaru, 5 sekolah terbaik di Medan adalah;
    1. SMAN 3 Medan
    2. SMAN 1 Medan
    3.SMAN 4 Medan
    4. SMAN 5 Medan
    5. SMAN 2 Medan


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.692 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: