Semangat Adalah Sikap yang Bisa Mengalahkan Segalanya

Kata semangat memiliki arti sebagai berikut.

  1. roh kehidupan yang menjiwai segala makhluk yang dapat memberi kekuatan;
  2. kekuatan (kegembiraan, gairah) batin;
  3. perasaan hati;
  4. gairah untuk bekerja, berjuang, dsb.

Setiap orang punya rasa semangat ketika ada yang membangkitkannya. Contoh yang sederhana, ketika seorang anak remaja mencintai seseorang pasti akan bangkit rasa semangatnya untuk berpenampilan menarik atau akan berusaha keras mendatangi ke tempat sang kekasihnya meskpun banyak rintangan, dia tidak memikirkan bagaimana menghadapi rintangan terserbut yang adalah bagaimana dapat berjumpa dengan sang kekasih terserbut.

Pasukan bambu runcing

Pasukan bambu runcing

Contoh lain mengenai semangat, kita lihat gambar/foto sejarah, cerita sejarah masa lalu. Mengapa Indonesia dapat merdeka dari penjajah yang begitu kuiat dalam bersenjanya? Jawabannya adalah karena semangat para pejuang dan pendiri bangsa untuk merdeka, berkat semangat diplomasi dan semangat berjuang bergerilnya dengan bambu runcing atau senjata tajam maka bangsa Indonesia dapat mengalahkan penjajah. Siapakah yang menyemangti para pejuang dan pendiri bangsa? Jawabannya adalah hati sanubarinya masing-masing yang bersatu. Pada pejuang dan pendiri bangsa terserbut bersatu ingin merdeka, tanpa membedakan dan tidak mementingkan suku, agama, golongan atau ras masing-masing. Begitu luar biasanya para pejuang dan pendiri bangsa yang “kompak” dengan kegotongroyongan, dan tidak merasa paling berjasa pada kelompoknya.

Semangat belajarSemangat belajar

Semangat belajar

Contoh lain mengenai semangat, kita lihat, dengar, baca berita anak-anak yang menuju sekolahnya dengan melewati sarana transportasi yang sangat memprihatinkan. Merka tidak berpikir selamat atau celaka melewati rintangan terserbut, yang terpikir oleh mereka adalah “saya harus sampai ke sekolah untuk menuntut ilmu”. Jika dilihat dengan cermat mereka melalui rintangan yang membahayakan tiap hari, mereka melewati jembatan yang hampir putus dengan air sungia yang mengalir deras, atau mereka berjalan kaki melewati hutan, melewati jalanan yang terjal, cuaca panas, atau hujan dengan beceknya. Atau mereka bersekolah di tempat yang tidak layak dan tidak nyaman sebagai tempat belajar, namun mereka tetap semangat untuk menuntut ilmu tanpa memperhitungkan resikonya.

Semangat

Semangat

Contoh lain mengenai semangat, kita lihat para relawan SM-3T dan Indonesia Mengajar begitu hebatnya ditugaskan mengajar di tempat yang jauh dari sarana yang memadai dan tentunya banyak rintangan, lalu para relawan terserbut asyik dan “enjoy” mengajar para putra bangsa yang berada di lokasi terpencil? Jawabannya adalah hati nuraninya membangkitkan untuk mengabdi pada bangsa dan negara dan membangun peradaban bangsa Indonesia yang lebih maju, sehingga segala rintangan dapat dihadapinya dengan mulus.

Yohanes Surya

Yohanes Surya

Contoh lain menganai semangat, Prof. Yohanes Surya. PhD memiliki semangat untuk melatih siswa tanpa membedakan latar belakang kepintarannya, seperti pada ungkapannya “Carikan saya anak yang paling bodoh dari Papua, akan saya latih“, beliau mengatakan bahwa orang Indonesia itu cerdas, jika diberi kesempatan dan dilatih dengan baik. Beliau mengatakan,”tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode yang benar.” Untuk membuktikan pendapatnya ini, maka beliau pergi ke Papua untuk mencari murid yang paling bodoh, yang paling sering tinggal kelas, yang tidak bisa menjumlahkan, pokoknya yang bodohnya tak ketulungan lah kata orang Jakarta.  Mereka dibawa ke Jakarta, dalam tempo 6 bulan anak anak itu sudah menguasai pelajaran kelas 1 sampai kelas 6 SD. Ada satu orang anak yang sudah 4 tahun tinggal kelas di kelas 2 SD, dilatih kemudian menjadi juara nasional untuk olimpiade matematika, dan juga menjadi juara lomba membuat robot tingkat nasional. Banyak dari antara anak anak papua yang paling bodoh itu, yang kampungnya paling terpencil, dimana semua orang masih pakai koteka, setelah di latih oleh guru yang baik dan metode yang benar, setelah di beri kesempatan, maka pada tahun 2011, anak-anak itu menjadi juara Olimpiade Sains dan Matematika Asia , dengan merebut emas, perak dan perunggu.

TIMNAS-19

TIMNAS-U19

Contoh lain mengenai semangat, akhir-akhir ini yang mendamaikan perasaan bangsa Indonesia adalah ketika TIMNA U-19 mengalahkan Korea. Pada masa sebelumnya TIMNAS selalu kalah dari kesebelasan negara tetangga, namun tahun ini dengan TIMNAS U-19 Indonesia bangkit sebagai TIMNAS di Asia yang diperhitunhkan oleh negara lain. TIMNAS U-19 menang karena ada semangat yang dibangkitkan oleh tim pelatihnya bahwa dengan disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah, terus berjuang maka semua lawan dapat dikalahkan. Sang pelatih menanamkan rasa mental juara yaitu semangat juang yang tinggi dan pantang menyerah, sehingga kondisi prima untuk mengalahkan lawan tetap terjaga, dan sang pelatih menanamkan semangat juang terserbut dengan moto “Hanya yang mahakuasa dan orang tua yang tidak bisa dikalahkan, yang lain dapat dikalahkan”. Dengan semangat juang terserbut TIMNAS akhirnya dapat mengalahkan Korea, anggota TIMNAS ditanamkan juga semangat NKRI jadi mereka bersatu di lapangan hijau. Dan dengan lapangan hijau pula dapat menyatukan perbedaan asal-asal para pemain, yang ada pada dada pemain TIMNAS adalah “saya adalah bangsa Indonesia”.

Jika kita renungkan, masih banyak contoh-contoh lain yang berkaitan dengan semangat yang dapat mengalahkan segala rintangan dan mengasilkan keberhasilan. Saya menuliskan mengenai semangat hanya untuk membangkitkan semangat saya saja, semoga tulisan ini bermanfaat bagi saya dan bagi para pembaca, jika ada pengalaman lain menganai semangat yang dapat menmbus dinding rintangan silakan tulis pada komentar di bawah ini.

3 Tanggapan to “Semangat Adalah Sikap yang Bisa Mengalahkan Segalanya”

  1. dondysukma Says:

    Reblogged this on Dondysukma's Blog and commented:
    cumungut

  2. Ahli Seo Says:

    tetap semangat sob dan terus berkarya,,..

  3. wahyu Says:

    Tempat Kursus Website, SEO, Desain Grafis 2015

    sangat membantu bagi sayaa .
    jgn lupa kunjungan balik yaaa
    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: