Manusia Pohon? “Virus Yang Sangat Ganas!”

Akhirnya “Manusia Pohon di Rawat di RSHS”.

Julukan “Manusia Pohon” atau “Manusia Akar” kini melekat pada diri Dede (37). Ia menderita penyakit kutil yang menyebar sejak berusia 17 tahun.

Dede si ’Manusia Akar’ asal Cililin Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengundang perhatian dunia. Sebuah lembaga di AS dan Inggris dikabarkan berminat mengobati Dede di negara mereka. Dokter asal Amerika Serikat, Anthony Gaspari, mengatakan pihaknya berminat untuk membawa Dede ke negerinya. Yang diperlukan oleh dia adalah kemudahan perizinan seperti paspor, visa, dsb.

Namun Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan (Depkes), Lily Sriwahyuni Sulistiyowati, mengatakan Depkes tidak akan memberi izin kepada pihak mana pun yang akan membawa Dede ka luar negeri. Pasalnya, penyakit Dede adalah spesimen penyakit yang memang perlu diteliti oleh ahli kesehatan Indonesia.

Mudah-mudahan selama pengobatan berjalan mulus, dan berjalan lancar. Ternyata pihak luar negeri lebih peduli kepada ‘Dede’, setelah pihak luar peduli baru pihak kita. Ada apa ya?



Ditulis dalam Umum. 149 Comments »

149 Tanggapan to “Manusia Pohon? “Virus Yang Sangat Ganas!””

  1. sciptoa Says:

    Salam kenal. Ijin copy posting anda hari ini. Thanks.

  2. awan Says:

    Salam kenal kembali, ya silahkan…

  3. ega Says:

    Buat Yang menderuta Tabah ajCH dech….

    …..

    Ada Hikmah Di Balik semWa iToE…

    …..

  4. reihana Says:

    semoga tabah yah menjalani hidupmu…tuhan tau yang paling baik untuk hambanya..
    sabar yah.. mungkin dengan bertobat dan mendekatkan diri padanya adalah cara yang paling sangat ampuh…. may god bless u always

  5. bintang Says:

    yaampun, ko bisa kayak gini yaa? kasian, smoga dede di beri ketabahan oleh yang maha esa ! amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnn !!

  6. Miftah Says:

    “Lily Sriwahyuni Sulistiyowati, mengatakan Depkes tidak akan memberi izin kepada pihak mana pun yang akan membawa Dede ka luar negeri.”

    kenapa pemerintah malah menyusahkan rakyatnya yaa.. mo diobatin aja dipersusah…

  7. Elviansyah Bakhtiar Afghan Says:

    semoga cepat sembuh, dan dekatkan diri dengan Allah, dan menjadi pelajaran buat kita semua

  8. lala Says:

    pemerintah Indo tuh goblok dan gak punya perasaan! Giliran lagi disorot aja si dede sok-sok dipertahankan, ntar kalo AS ato Inggris udah lepas juga dilupain lagi. Lagaknya sok-sok peduli rakyat. Ada gak masalah yang pernah selesai di Indo? Orang atlit2 berbakat yang bawa harum nama negara aja dibiarin, apalagi orang sakit yang perlu dana dan perhatian khusus??

  9. Arianto Says:

    sudah lah jangan caci mencaci orang lain atau pemerintah emang kita siapa, seharus kita bersyukur. liat bangsa lain yang masih di jajah atau dilanda perang. bahu membahu saling tolong menolong membantu bangsa kita yang terpuruk ini. kita bangsa yang besar wajarlah masih banyak kekurangan disana sini, butuh waktu memang. nggak akan ada habisnya klo kita memaki. pada hakekatnya kita hidup adalah untuk belajar. belajar memahami orang lain, menghormati orang lain atau pemerintah, klo ingin bangsa kita dianggap bangsa yang berhasil maka dari itu mulai dari kita sendiri untuk berubah menjadi lebih baik. MARI BERSAMA MEMBANGUN BANGSA!!!

  10. conan snichi Says:

    Menurut saya indonesia TEPAT sekali untuk menolak untuk dibawa keluar negeri.
    Kenapa pihak luar mau hal ini. jangan salah Penyakit itu dapat menyebabkan sebuah negara akan lumpuh konsentrasi akan pembangunan akan buyar karena penyakit. Buktinya FLU BURUNG mereka enak aja mengambil sampel terus membuat antinya untuk di jual, setelah itu mereka bikin baru lagi FLU BURUNG dengan gen berbeda agar negara kita atau negara lain bisa membeli faksinnya.
    Nah apalagi akan hal ini yang baru muncul bisa -bisa menyebabkan perluasan yang sangat serius jika bener-bener bisa menular. Imperialisme itu semakin berkembang bentuknya seperti yg dilakukan oleh negara negara maju.

    MERDEKA INDONESIA KU

  11. Bambang Says:

    emang jijik gua liat pemerintah indo, sok gengsi nya itu ga tahan. coba pihak luar kaga sorot in masalah ini, paling juga ga kepikiran mao ngobatin atao teliti. adanya juga cuman “eh daerah sono ada orang aneh”. BANGSA TERPURUK?? sapa yang bikin bangsa TERPURUK?? KITA YG BIKIN BANGSA TERPURUK?? KITA MATI AJA NEGARA KAGA PEDULI !!, yang dipeduliin tuh gimana caranya mereka bisa balik modal dari uang yg dikeluarin buat dapetin jabatan mereka !!! JANGAN CUMAN TERBUAI SAMA KEBAIKAN PEMERINTAH YG DI TUNJUKIN DI TV….. ITU CUMAN SEPERSEKIAN % DARI REALITA YG ADA !!!

  12. Bambang Says:

    CARA PIKIR ORANG PEMERINTAHAN KITA ITU JAOH DARI CARA PIKIR KITA YANG POSITIVE.. MEREKA HARUS DIPANCING MASALAH BARU MULAI GERAKIN PERUT YG MAKIN BUNCIT BUAT COBA KERJA.. CONTOH KASUS MALAYSIA, BANJIR, LUMPUR, DLL GA ABIS DISEBUTIN 1-1

    JUJUR AJA KAPASITAS OTAK MEREKA GA CUKUP BUAT MIKIRIN SEMUA MASALAH ITU!!

    LIAT AJA PENSIUNAN PEJABAT, KENAPA MEREKA MASIH GILA MAO NAEK JADI PRESIDEN DAN LAIN2… KARENA YA ITU KAPASITAS OTAK MEREKA ITU GA CUKUP BUAT SESUATU YG BARU SELAIN DUDUK DI ATAS DAN TERIMA UANG

    KAPASITAS OTAK GA CUKUP ATAU KATA LAINNYA TOLOL TAPI MAONYA TUH DI HORMATIN DAN GA BOLEH ADU ARGUMENTASI..

  13. Maria Says:

    Terlepas dari semua polemik masalah sample, pak Dede harus segera sembuh. Kalau pemerintah Indonesia tidak mengizinkan, memang kelewatan. Kita memang kecolongan sejak awal, kecolongan kenapa bisa pak Dede lepas dari pertanian. Berapapun nilai uang yang diterima pak Dede, saya yakin itu bukan masalah penting. Yang penting beliau sembuh!

  14. Maria Says:

    Terlepas dari semua polemik masalah sample, pak Dede harus segera sembuh. Kalau pemerintah Indonesia tidak mengizinkan, memang kelewatan. Kita memang kecolongan sejak awal, kecolongan kenapa bisa pak Dede lepas dari perhatian. Berapapun nilai uang yang diterima pak Dede, saya yakin itu bukan masalah penting. Yang penting beliau sembuh!

  15. adrian Says:

    emang orang kita pada sombong,,,dan kalo mau melakukan sesuatu pilih- pilih…nah kalo orang luar mulai aksi…orang kita baru berdiri didepan memperlihatkan ke orang2 luar kalo orang kita ini perhatian ato segala macam lah yang biar orang menilai orang kita ini care. cari muka adalah karakter pejabat kita…masa dah sepuluh athun kejadian seperti ini mereka ga tau…mangnya pejabat2 kita ga punya mata..klo seadainya mereka ga punya mata,,kan mereka masih punya indra peraba dan bisa merasakan…
    nah,,apa sih alasan orang kita menahan pak dede dan tidak mau mengizinkan dibawa ke luar..mang apa sih yang bisa dilakuin pejabat2 yang terhormat kita…ngurusin jaminan orang miskin aja ga becus…apalagi ngurusin pak dede…apa sih untungnya bagi pejabat2 yang terhormat itu….mereka pasti mikirin untungnya…berapa sih uang yang bisa didapat mereka kalo ngurusin pak dede….paling mereka hanya mencari keuntungan dari penyakit pak dede dengan menahan dia tetap diindonesia..nanti kan banyak tuh orang luar yang datang keindonesia melakukan riset kepada pak dede…nah disitu dia mulai aksinya….tau sendiri kan aksi apa yang bakalan dilakukan pejabat terhormat kita…
    kalo menurut saya..biarin ajalah pak dede dibawa ke luar…siapa tau itu jalan yang diberikan tuhan untuk kesembuhannya…jangan bikin penyesalan untuk orang lain…mang pemerintahan kita dirugikan dengan dibawanya pak dede…
    saya bener2 jijik melihat pemerintahan kitya..terlepas dari hal pak dede ini…terlaluy banyak hal – hal yang dilakukan pemerintah yang merugikan rakyat miskin…apa pejabat terhormat kita sudah tidak hati sama sekali ya????apa kita ini diperintah dibawah orang2 bejat semua????

  16. adrian Says:

    “Ternyata pihak luar negeri lebih peduli kepada ‘Dede’, setelah pihak luar peduli baru pihak kita” ….. ya iyalah….coba kalo pihak luar ga tau dan ga ngasih respon…pihak kita bakalan ga bertindak apa2..paling cuma bisa bilang “NANTI JUGA MATI SENDIRI” alah…gw hapal betul karakter pejabat kita..masih ingatkan pernyataan yang disampaikan NYANG TERHORMAT IBU MENTRI KESEHATAN KITA…waktu ditanya persiapan apa yang dilakukan untuk mengantisipasi gempa dan sunami di jabar….dengan santai dibibir tipisnya keluar ucapan “KITA SUDAH MENYIAPKAN KANTONG MAYAT SEBANYAK MUNGKIN”hahahhaha…lutcu deh ibu mentri…bukannya menyiapkan obat2an malahan menyiapkan kantong mayat sebanyak mungkin…..waras ga sih buk????apalagi dengan kasus pak dede ini…apa mau IBU MENTRI KESEHATAN YANG TERHORMAT datang dan menyalami pak dede????saya ga yakin deh..belum juga lihat langsung dia pasti dah tutup mata….
    LEPASIN AJA LAH…BIARIN PAK DEDE DIBAWA KELUAR….SAYA YAKIN 100% GA BAKALAN ADA TINDAKAN YANG OPTIMAL DARI PETUGAS KITA….TOH DIINDONESIA DIA JUGA BAKALAN DIJADIKAN OBJEK PENELITIAN…JANGAN TANGGUNG – TANGGUNG..BIAR ORANG SANA AJA YANG NELITI PAK DEDE…TOH DISANA LEBIH CANGGIH ILMUNYA DAN ILMUWAN TIDAK MENGHARAPAKAN APA2….

  17. adrian Says:

    “Namun Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan (Depkes), Lily Sriwahyuni Sulistiyowati, mengatakan Depkes tidak akan memberi izin kepada pihak mana pun yang akan membawa Dede ka luar negeri. Pasalnya, penyakit Dede adalah spesimen penyakit yang memang perlu diteliti oleh ahli kesehatan Indonesia.”
    ===>>> MANG BISA??? PA BUKAN BISANYA NGRECOKIN AJA??? APA SIH HASIL PENELITIAN KESEHATAN NEGARA KITA YANG PALING TOPCER??BUKANNYA LEBIH ENAK NERIMA BERSIHNYA AJA?????EHMMMMMMmmmmmm

  18. chi-chi warnet & spa + salon Says:

    mudah-mudah an cepat sembuh nya yaa mas

  19. gus pur Says:

    hahahhhaa…. negeri ini mank aneh…

    pemerintah indo kn cm bisa ngemeng doank, tindakan kaga ada sm sx. contoh yg plg fakta ialah pasal 34 UUD 45, dmn t’tls “fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara” buktinya apa??? (tp emank seh di UUD tsb ga blg klo dy tanggung jawab). hhahhaaa…

    dlm kasus tree man ini, mending dede mengambil kesempatan utk mencari duit sbyk2nya (kn uda maw dikontrak ma discovery channel) lumayan gede kn?? udah, jgn hiraukan menkes (taek kucing tu org)… klo uda kaya br pergi berobat. hehheheee…

    GITU AJA KOQ REPOT….. HEHHEHEHE…

  20. iRmA_LwYzZ Says:

    obatin aja cepat agar ngak terlalu menjalar ke seluruh tubuhnya,,kan! kasian si dedenya???

  21. awan sundiawan Says:

    Saya setuju dengan Irma, daripada meributkan masalah izin pengobatan, lebih baik segera obati

  22. Sudirman Karim Says:

    Yaa Allah…
    Sembuhkanlah saudara kami ini dari penyakit yang engkau berikan kepadanya…
    berilah dia kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaanMu. Amin…

  23. Anindita Says:

    Astagfirullaah….menurut saya kita harus jujur kalo kita/depkes tidak mampu membantu saudara kita ini, bu menteri bantulah dengan memberi kemudahan dia berobat ke luar negeri…buang pikiran negativ bahwa bangsa lain akan mengambil keuntungan dari kasus ini….sambut niat baik mereka, ikuti proses pengobatannya… Semoga pak dede dan keluarga dalam lindungan-Nya.

  24. bambang Says:

    salam,
    emang gitu orang indonesia?
    kemana ya.. para tetangga kiri kanannya gak ada? mestinya harus peduli bukan udah separah ini?

    budaya kita anes ya sekarang….semua autis…..
    semoga Tuhan memberiakan kesembuhan. Tidak ada yang tidak mungkin di mata Tuhan, kalau dede harus sembuh.amin

  25. Ary Says:

    Indonesia cuman mo teliti tapi ngga di obatin kan.
    Gratis???? itu kata menteri kesehatan, ada jaminan ngga yah???? Pemerintah hanya bisa menjanjikan yg penting senang selanjutnya terserah anda paling paling dana gratisnya di kebiri ……

  26. abdi negara Says:

    udahh, ga usah peduliin depkesss…. dede kan jg punya hak untuk hidup!!!
    dia harus cepat2 diobatin sama ahli2 yg lebih terpercaya,
    depkes itu cuma bajingan………..ngeribetin doankkk……mau sok pinterrr!!! kenapa ga dari 5 taun yg lalu, ini mau ada yg ngobatin ahli dari amerika, mereka malah mau ikut2an ribet!!

    buat mas dede, moga2 bisa disembuhkan. Tuhan Yesus memberkati

  27. the truth Says:

    kata si dede di koran kompas, dia lebi prefer ditanganin dokter indonesia…

    (nga tau propaganda ato nga)

  28. BEJO Says:

    PAK DEDE KAMI HANYA DAPAT BERDOA UNTUK BAPAK, “INGAT TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI TUHAN.” TUHAN YANG MENCIPTAKAN KITA SEMUA, TUHAN JUGA YANG DAPAT MENYEMBUHKAN. KALAU ORANG KUSTA PADA JAMAN DAHULU ADALAH PENYAKIT KUTUKAN DAN DI JAUHKAN ORANG TAPI TUHAN YESUS DAPAT MENYEMBUHKAN ASAL KITA MAU BERDOA DAN BERTOBAT. JANGAN DENGARKAN ORANG LAIN YANG AKAN MENGACAUKAN ATAU MENGGANGGU KONSENTRASI PAK DEDE. GOD BLESS YOU

  29. new biker Says:

    depkes indonesia itu bisanya cuman ngobatin kantong kempes mereka dengan cara korupsi sikut sana sini dan sekarang mereka sok peduli….sok bisa sok pinter……
    ngobatin otak mereka yang sakit aza gak bisa……………

  30. BLUES Says:

    Sepertinya kata-kata “AKAN DITELITI OLEH TIM KESEHATAN INDONESIA” sudah terlambat, basi. Mengapa tidak dari dulu saat virus itu belum menyebar.
    Coba kita pikir bersama rumah sakit pemerintah Indonesia selama ini masih memandang rendah dan sebelah mata mereka yang hidup miskin.
    Orang -orang dan Pejabat Rumah Sakit Pemerintah Indonesia ini “BUTA” & “TIDAK ADA RASA KEMANUSIAN SAMA SEKALI”.
    Sekarang bukan waktunya berdebat tapi cepat bergerak, jika memang kita tidak mampu mengapa harus malu untuk menyerahkan ke pihak luar. Dede ingin hidup normal bukan sebagai bahan “TONTONAN” & “UJI COBA YANG TIDAK BERALASAN”

    Semoga Dede cepat sembuh dari sakit.

  31. new biker Says:

    kepada Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan (Depkes), Lily Sriwahyuni Sulistiyowati punya hati dong… pak dede itu harus cepat sembuh dia bukan kelinci percobaan yang diteliti terus tapi gak diobati… anda jangan sok pinter…..teliti aza tuh otak pemerintah…. carikan obatnya supaya tidak korupsi.. Banyak rakyat yangmenderita penyakit aneh karena mereka kurang gizi sebagai akibat bahan pangan mahal…..

    TELITI AZA TUH OTAK-OTAKKALIAN YANG NGERES….CARIKAN OBATNYA…

    GITU AZA KOK REPOT….!!@#!!$$#$#$

  32. new biker Says:

    HERAN ….
    PAK DEDE TERNYATA DIJADIKAN BAHAN PERTUNJUKKAN……!!!
    ORANG MAU FOTO BARENG BERSAMA DENGAN ORANG-ORANG LANGKA….
    KENAPA COBA BISA BEGITU….????

    HEII………………..KALIAN ORANGPEMERINTAH YANG MERASA NORMAL
    PAK DEDE DAN ORANG LANGKA LAINNYA….MEREKA JADI PUNYA BERPENYAKIT ANEH KARENA HAK MEREKA UNTUK MENDAPATKAN MAKANAN YG BERGIZI TINGGI TIDAK KESAMPAIAN KARENA TERLALU MAHAL SEBAGAI AKIBAT ULAH KALIAN YG SELALU KORUPSI…………..KORUPSI………….KORUPSI…………….
    KORUPSI LEBIH KEJAM DARI PADA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DENGAN 15 SCALA RITCHER….

  33. TOMY SOEHARTO Says:

    MARI KITA CARIKAN DOKTER BUAT DEPKES biar otak mereka yang di kasih visus tersebut. DAN mereka biar tau rasanya seperti apa. MASAK ORANG AMERIKA sudah datang ke Indonesia MEREKA MEMBAWA MISI DENGAN hati nurani mereka & sudah mengeluarkan biaya dlm perjalanan mereka sampai di Indonesia dilarang???!!@@@@%%#### HAI IBU DEPKES SAYA rasa kalo anda pilek aja mungkin mau berobat keluar negeri?? coba sample darah atau otak anda saja yg diperiksa

  34. Ian Says:

    SEHARUSNYA DEPKES DAN PEMERINTAH TIDAK BERHAK MEMPERSULIT APALAGI SAMPAI TDK MENGIJINKAN DEDE MENDAPATKAN PENGOBATAN DI LUAR NEGERI, KARENA YANG PALING BERHAK MENENTUKAN MAU BEROBAT KE LUAR NEGERI ATAU TIDAKNYA ITU ADALAH DEDE SENDIRI DAN KELUARGANYA, MENGINGAT INI MENYANGKUT NASIB DAN NYAWA MANUSIA. PEMERINTAH DALAM HAL INI MELALUI MENKES SEBAIKNYA BERTINDAK BIJAKSANALAH, JANGAN SOK GENGSI DAN MENCARI POPULARITAS DARI PENDERITAAN ORANG.

  35. TOMY SOEHARTO Says:

    ??@@@###4$4$$4 PERSIAPAN BENCANA BUAT TSUNAMI & GEMPA SAJA YG DIPERsiapkan oleh ibu DEPKES cuma kantong mayat BUKANNYA OBAT2AN BU, BU IBU INI SALAH DEPARTEMEN. KOK INDONESIA SELALU salah menempatkan orang2 ya. ORANG PINTAR & JUJUR AKAN MATI KALO MAU ngusut KORUPSI, apalagi ORANG SPT PAK DEDE INI. JANGAN2 TV AMERIKA YG AKAN
    mengontrak untuk acara CNN ATAU DISCOVERY uangnya tidak sampai ke PAK DEDE/////????
    SAYA TIDAK RELA UANG NYA DI KORUPSI OLEH ORANG 2 YG BERTANGGUNG TAPI TIDAK BERANI MENJAWAB iya apa iya ayo ngaku aja. GITU AJA KOK REPOT REPOT

  36. ning Says:

    Ya ampuunn… kenapa baru di”orbitkan” sekarang… ? setelah begitu menderita… sptnya mo dijadikan “obyek penelitian”…?! dan ada pihak2 yang mo kelihatan.. jadi pahlawan . Astaghfirullah…

  37. Endang Says:

    Gw sebagai bangsa indonesia merasa malu..kenapa bukan pemerintah Indonesia sendiri yang pertama x meresponse penyakit dede, kenapa musti orang warga asing lagi yang perduli??? apakah rasa keperdulian Orang Indonesia sudah hilang sama sekali???mana rasa berperikemanusiaannya….semoga Dede cepat sembuh. kalau udah giliran orang kecil (wong Cilik) yang dapat masalah suasah minta ampun minta bantuan pemerintah, tapi coba kalau pemerintah itu sendiri yang kena musibah..tau rasa. coba orang-orang yang duduk dikursi pemerintahaan n para wakil Rakyat sisihkanlah sedikit rupiah anda untuk masalah ini…tumbuhkanlah rasa soladiritas anda pada kaum miskin, malu dikit ama bangsa asing.

  38. HATI RAKYAT Says:

    WAHAI PEMERINTAH, MENGAPA ENGKAU SELALU MEMPERSULIT RAKYAT KECIL APAKAH KALIAN BISA HIDUP TANPA RAKYA KECIL. Kami jadi ragu untuk bangsa yg besar INI krn mengurus 1 orang sakit SEPERTI PAK DEDE saja tidak becus APA LAGI bangsa Indonesia yg besar ini ????COBA PIKIRKAN KEMBALI

  39. HATI RAKYAT Says:

    BENCANA GEMPA & TSUNAMI SAJA YG DIPERSIAPKAN OLEH DEPKES HANYA KANTONG MAYAT BUKAN NYA OBAT OBATAN, BU ,BU, IBU DEPKES INI SALAH DEPARTERMEN ……,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    MENGAPA
    INDONESIA SELALU SALAH MENEMPATKAN ORANG UNTUK DUDUK DI PEMERINTAHAN, UNTUK MENGUSUT KORUPSI SAJA PASTI ORANG YANG MENGUSUT NYA MATI APALAGI ????? JANGAN JANGAN ????
    TELEVISI AMERIKA AKAN MENGADAKAN KONTRAK UNTUK ACARA CNN & DISCOVERY
    JANGAN JANGAN UANG NYA TIDAK SAMPAI KE PAK DEDE
    SUDAH LAH SERAHKAN SAJA PAK DEDE KE PIHAK YG LEBIH MEMPUNYAI HATI NURANI ,,, BEGITU SAJA KOK REPOT REPOT ….

  40. SOEHARTO Says:

    KAYA YANG BAMBANG BILANG… PEJABAT KITA TUH OTAK NYA KURANG MAMPU / TERLALU TOLOL BUAT MIKIRIN ITU SEMUA … JD YG DIPIKIRIN YAH GIMANA DAPETIN DUIT GAMPANG !!! INI NEGARA BENER2 DAH BUSUK.. TAPI PEMERINTAH TERUS COBA TUTUPIN BAU BUSUKNYA LEWAT MEDIA MASA DAN TEBAR2 PESONA …

    SIAP2 AJA MENGHADAPI KENYATAAN PADA SAAT BAU BUSUK UDAH GA BISA DI TUTUPIN LAGI !!

  41. Erick Says:

    Pemerintah Indonesia itu cupu. Kenapa kasus seperti ini baru bisa muncul di publik dan heboh setelah ditayangkan Discovery Channel yang notabene adalah program televisi US. Setelah menjadi topik hangat barulah pemerintah Indonesia ikut2an nimbrung dan (seakan2) perhatian.

    Coba kalo kita pikirkan mungkin saja masih banyak isu2 dan kasus2 lain diluar sana yg sebenarnya sudah ada namun pemerintah cuek2 saja. Apakah mau menunggu sampai Discovery Channel yang menemukan lagi kasus2 seperti ini.

    Intinya adalah yang saya coba sampaikan bahwa sebenarnya pemerintah Indonesia tidak bisa memperhatikan hal2 kecil yang penting apalagi hal2 besar. Dalam hal ini saya setuju dengan pihak AS atau Inggris yang ingin membawa dede untuk diteliti. Tujuan utamanya adalah untuk kesembuhan Dede. Namun jika ada tujuan lain seperti meneliti virus HPA dan mendapatkan antivirusnya untuk kebaikan manusia di kemudian hari itu artinya memang mereka PEDULI. Masalah serum yang dihasilkan nanti bisa dijual atau jadi komoditi dagang itu merupakan BONUS. Yang penting mereka melakukan untuk kebaikan manusia dan kehidupan yang lebih baik. Dalam hal ini tentu untuk Dede dan mungkin penderita lain di kemudian hari.

    Jangan seperti pemerintah Indo, uda muncul ke permukaan baru deh kebakaran jenggot. cupu dan lucu. uda heboh, nglarang, tapi bingung mesti ngapain. Pemerintah Indonesia kalo cerdas belajarlah dari negara lain yg jauh lebih pintar, punya teknologi maju dan baru. Atau kalo malu dibilang BELAJAR dari negara lain ya paling tidak ditutup MALUnya dengan alasan melakukan kerjasama dengan AS atau Inggris dalam meneliti Virus ini atau si Dede ini.

    Giliran orang lain peduli dan baik hati Nah elunya melarang terus mau jadi seakan2 peduli dan ikut2an baik. Yah sulitnya Indonesia maju y karena karakternya itu yang gak bagus. Ditambah lagi gak cerdas. Begitu banyak masukan tapi toh gak sadar2 juga.

  42. SOEHARTO Says:

    kan Indonesia itu budidaya GENGSI itu selalu pelihara dengan baik, dan di turun temurunkan ke semua anak cucu..

  43. Erick Says:

    Nah tambahan kl bule tu pinter. Hal kecil bisa dbuat besar, istimewa, dan luar biasa. Packagingnya tu jago. Jadi hal apapun tu penting baik kecil maupun besar. Cthnya gak usah jauh2 y seperti masalah Dede ini. Atau orang Jipun lah alias Jepang pinter banget. Dari Manga atau Anime nya aja bisa dibuat sedemikian rupa merchandisenya, aksesorisnya dll. bisa berkembang. Nah sekarang orang Indo, Angklungnya Reognya Lagu Ambonnya mau diembat smua2 sama Malay. Dan anehnya berhasil diembat tuh angklung. Bingung kan? Terus Pasirnya, Daerahnya dipake sama S’Pore buat latihan perang. Jadi kesannya itu Indonesia bingung. Apa sih yang penting buat die. Sekali lage hal kecil gak penting, hal gede kagak penting, yang penting….DUUIITT. duit sapa? duit pribadi masing pribadi. Gak peduli mau pejabatnya mau warganya, penghulu2nya yg penting Katong alias KANTONG. Y gak semua sih tapi kebanyakan gt loh.

  44. Erick Says:

    Kl bicara : “Indonesia kan baru merdeka berilah mereka waktu. kan perlu waktu buat membangun bangsa. dan segala macem tetek bengek alesan.” Nah kita liat aja Jepang yang dibom sekitar tahun 1945an kasus hiroshima nagasaki. wow kita liat aja jepang sekarang. Maju. semua produknya ada di Indonesia. Indonesia produk apa?produk angklung aja da diembat. Jadi intinya bukan waktu yang dibutuhkan Indonesia. Tapi….Karakter.

  45. wiwit Says:

    huf… jadi semakin cape liat para petinggi negara ini, giliran masalahnya dah go public.. nah pada ambil muka deh… ..!!! kalau mang bener mau ngurisnya, Ayo… kami mau liat…!!! jangang sampe setengah, setengah….

  46. cute_98 Says:

    ck..ck..ck….pemerintah indonesia?????aduuuuh gak bisa dipercaya TUL GAKK???cuma ngomong didepannya doank…oke…lagi diawal2 begini nih, diekspos terus menerusss tapi coba tar dah lama dikit bakal tenggelem deh…gak tau tar nasib si Pak Dede seperti apa. yang gue baca, pak dede tuh dah mulai muncul penyakit kutilan itu dari umur 17 dan sekarang umur 30 menjelang 40. Coba deh kemana tuh pemerintah indonesia selama itu????kasihan kan sekarang malah diekspos sana sini. Kalau memang BENAR BENAR BERNIAT untuk berusaha menyembuhkannya tolong deh kepada Pak Presiden, para dewan2 yang duduk ayem, juga menteri kesehatan supaya betul betul membantunya dari awal sampai akhir dan jangan mempersulit si penderita dengan hal ini dan itu. Menurut gue sih sepertinya gak bisa sembuh total tapi paling gak ‘akar’nya itu bisa terlepas dari tubuhnya dan kutilnya berkurang. Semoga saja… amin

  47. Raras Says:

    Manusia pohon!
    Satu lagi masalah yg ada di negri ini.
    Tapi salut atas tindakan pemerintah kita,walaupun terlambat,setidaknya pemerintah kita ga mau kecolongan lg.
    Seperti masalah2 yg laen.Lumayanlah ada sedikit kemajuan.
    Sudah saatnya Indonesia menyelesaikan suatu masalah tanpa harus meminta bantuan negara lain.Apabila pemerintah berhasil menangani
    Masalah manusia pohon ini, tentu ini adalah salah satu pembuktikan bahwa tenaga medis kita tak kalah dengan negara2 lain.
    “Kita sebagai warga negara harusnya mendukung,jgn hanya bisanya cuma mengkritik tanpa bs memberi solusi.”

  48. cayoo Says:

    apa-pun yg terjadi, jangan pernah putus asa, sbb ini cobaan n petunjuk bg manusia akan kebesaranNya. ..!! Dengan senyum, gairah hidupmu kuyakin masih panjang. masih ada orang yg menyayangimu, siska, Ita, Melyka. Cayoo..!!! Kami berdoa semoga cepat sembuh, Tuhan besertamu..!!!

  49. cayoo..!!! Says:

    Yaa Ampun….! apa-pun yg terjadi, jangan pernah putus asa, sbb ini cobaan n petunjuk bg manusia akan kebesaranNya. ..!! Dengan senyum, gairah hidupmu kuyakin masih panjang. masih ada orang yg menyayangimu, siska, Ita, Melyka. Cayoo..!!! Kami berdoa semoga cepat sembuh, Tuhan besertamu..!!!

  50. abdullah faros Says:

    semogga pak dede dan keluarga diberi kesabaran dan lekas sembuh ya pak dede. memang penyakit bangsa ini adalah ketidakpedulian dan menunda-nunda menolong kepada sesamanya. saya yakin penyakit pak dede ini sudah sejak lama tetapi mengapa PEJABAT TERKAIT yang sudah mengetahui sejak lama MENGAPA TIDAK ADA PENANGANAN? (ANDA HARUS CEPAT BERTAUBAT DAN MINTA AMPUN KEPADA ALLAH HAI PEJABAT YANG BERWENANG DAN JANGAN MENJADI PAHLAWAN KESIANGAN DENGAN SIAP MENANGGUNG SEGALA PEMBIAYAAN, ITU SUDAH TERLAMBAT BUNG DAN TUGAS NEGARA YA HARUS SEMACAM ITU MEMBERI PELAYANAN KEPADA RAKYATNYA ). sekali lagi semoga lekas sembuh ya pa dede dan sabar ya

  51. icha_86 Says:

    mudah2an pak dede bs sembuh dr penyakit aneh ini biar ga “diutak atik”sana sini n hidupna bs tenang,bwt pemerintah indonesia mendingan gpp klo dibawa keluar negeri coz gw lebih percaya diluar negri bs lebih ditangani dgn baik drpd ntar dsini ditelantarin,bkna gw pesimis sm pemerintah sndr tp kykna dluar negri lbh bs dipercaya coz tenaganya lebih ahli n canggih,lagian pemerintah kmn aj ms br diperhatiin skr…

  52. demi`waktu Says:

    halah.. klen cuman bisa comment klo mau bantu lah klo comment aja anak bayi pun bisa comment

  53. Kromo Pawiro Says:

    Hidup SBY !!!
    Janganlah kalian berburuk sangka pada presiden SBY, beliau punya niatan baik tambah anda katakan cari muka. JANGANLAH SUKA MEMPROVOKASI negara kesatuan INDONESIA ini dengan berita-berita yang bersifat menyudutkan. JIKA KAMU SENDIRI TIDAK MENCINTAI BANGSAMU SIAPA LAGI YANG MENCINTAI ????

  54. achmad Says:

    cepat sembuh aja………………………….semoga Alloh bersama Qta semua aminnnnnnnnnnnnnnn

  55. titie alfi Says:

    subhanallah……satu lagi fenomena aneh ada di sekeliling kita
    lepas dari mengapa pihak luar negeri lebih memiliki perhatian yang tinggi dan pemerintah kita tidak, adalah bahwasanya kita semua memiliki konstribusi untuk bersalah. terutama bagi orang-orang yang ada di sekeliling pak Dede….mengapa hal itu dibiarkan begitu saja sampai memakan waktu yang lama. seandainya kita semua memiliki jiwa ta’awun dan takaful (jiwa untuk menolong dan peduli serta mau menanggung orang lain) yang tinggi, maka mungkin hal itu tidak akan separah ini.
    jiwa keperdulian kita kepada orang lain telah semakin hilang….kita sudah jadi orang yang cuek…termasuk dalam hal ini kepala daerah dimana pak Dede tinggal. seharusnya dia yang paling bertanggung jawab dalam masalah ini. kewajiban kepala daerah tidak hanya memikirkan bagaimana bisa membuat gedung-gedung tetapi kesejahteraan, keselamatan, dan kenyamanan hidup rakyatnya juga menjadi amanah yang harus ditunaikan dengan sebaik-baiknya. ini akan dipertanggung jawabkan baik ketika ada di dunia maupun di akhirat nanti.

  56. Orang Susah Says:

    Dear All,

    Saya mencintai negara dan bangsa ini, tapi tidak untuk pejabat 2 yang korupsi tersebut,

    Apa salahnya memberikan ijin ke pada pak Dede untuk segera di obati atau bila perlu dia di dampingi oleh dokter dari Indonesia, sehingga prasangka buruk terhadap negara yang mau membantu dapat di minimalisir,

    kalo memang DEPKES mau meneliti, ya bisa ikut ke sana, lumayan dapat fasilitas yang bagus dan teknologi yang belum ada di indonesia,

    Wahai pejabat Negara…. Bertobatlah…jangan hanya memikirikan perut mu saja.. masih banayk masyarakat yang menanti janji janji politik mu..

    Toek Pak Dede : Kami sekeluarga berdoa semoga lekas Sembuh.. Tuhan Memberkati..Amin.

    GBU all

  57. mas widi Says:

    Bangsa Kita harus menolongnya, karna pak dede warga negara Indonesia. Semoga Pak Dede dan Keluarga nya tetap tabah dan cepat sembuh.

  58. zhoumeioen Says:

    subhanallah, Maha Besar Allah, telah memberikan jalan keluar bagi Dede untuk diperhatikan baik oleh dokter luar negeri, discovery channel maupun kementerian kesehatan RI. Akan alangkah bijaksananya Depkes, jika menyambut uluran tangan dari pihak luar, kemudian bersama-sama membentuk satu tim guna meneliti dan mempelajari kasus Dede, terlepas apakah akan dilakukan diluar negeri maupun di RI, walaupun harus dengan jujur diakui akan kecanggihan, kemampuan, dan kesiapan pihak luar dalam hal pengobatan. Dari sisi pendanaan, jika benar Dede akan dikontrak Discovery Channel tentunya sudah ada solusi sumber pendanaan awal, ditambah bantuan dair luar lainnya dan dari Pemerintah RI sendiri, dan kiranya dalam hal kontrak peliputan ini Dede dapat didampingi oleh Pengacara/LBH independen yang benar2 mau bekerja secara gratis untuk menjaga kepentingan bagi kesemua pihak.
    Mudah2an semua pihak yang merasa pantas dan harus terlibat dalam kasus Dede mendapat karunia dari Allah SWT utnuk memandang segalanya dari sisi kesembuhan si pasien yang paling utama disamping sebagai obyek penelitian pengobatan, agar jika dikemudian hari terdapat kasus demikian sudah ada CURE nya. Semoga semua pihak berpikiran jernih…. dan Dede dapat segera disembuhkan….amin..

  59. Hendry Says:

    OI ORANG2 BODOH YANG MENGKRITIK PEMERINTAH
    APAKAH LO ORANG BISA MENGURUS INDONESIA ??
    KALO MENGKRITIK TOLONK DIPIKIRKAN DAHULU
    NGOMONG ITU GAMPANG TAPI BERTINDAK ITU SUSAH
    COBA AJA KALIAN PIKIR JIKA KALIAN JADE PEMERINTAH APA KALIAN NGA PUSING…
    SALAH SEDIKIT AJA DOKOMENTARI OLEH MAHLUK2 BODOH KAYAK KALIAN!! MANUSIA ITU WAJAR KALO SALAH
    KALO KLIAN PIKIR KALIAN LEBIH BAIK DARI PEMERINTAH BUKTIKAN DENGAN TINDAKAN BUKAN DENGAN KATA2 BELAKA

  60. Jessica Says:

    Kenapa ya, di Indonesia penyakitnya macem-macem aja… urusan flu burung belum beres, muncul lagi penyakit lainnya… Pengaruh lingkungan terhadap timbulnya suatu penyakit besar sekali bahkan bisa mencapai 70% nya. Seandainya taraf kesejahteraan masyarakat kita “tidak pernah” diupayakan untuk ditingkatkan, maka tidak tertutup kemungkinan untuk ditemukannya “hal-hal baru” lainnya yang akan menjadi santapan lezat bagi discovery Channel.. Seperti kasus Pak Dede, sekarang bukan lagi saatnya bertengkar untuk memperebutkan hak perawatan bagi kasus Pak Dede, justru sebaliknya Indonesia harus menjalin kerja sama yang baik dengan pihak luar negeri yang notabene memang lebih maju dalam bidang medisnya, Pak Dede kan manusia juga, sepertinya kurang etis kalau diperebutkan dengan cara demikian…yang paling penting adalah bagaimana caranya mencari pengobatan yang tepat agar kondisi Pak Dede bisa membaik…

  61. v1ncz Says:

    langsung aja minta bantuan WHO, ngapain nungu bantuan Indonesia..kl nungu depkes kita bagusan nungu peti mati aja…hahahaa…dasar bodoh,nunguin orang indonesia…

    JUJUR AJA D..PADA TAU GMANA KUALITAS PEMERINTAH KITA

  62. anastasia mentari Says:

    semoga tuhanmemberikan jalan yang terbaik dan yang paling lurus untuk dede! saya bersyukur sebagai manusia yang normal meskipun saya tidak sempurna! juga semoga pemerintah indonesia memberikan fasilitas paling terbaik untuk dede! jika pihak indonesia merasa kurang mampu untuk mengatasi penyakit dede, sebaiknya meminta bantuan pada pihak luarnegri untuk membantu mengatasi semuanya! sekian komentar saya semoga diterima masukan-masukannya………….. dan selalu tabh dan lapang dada dalm mengahadapi berbagi cobaan ini!!!!

  63. Ben Says:

    keputusan yang bodoh melarang dia diobati diluar

    udah jelas2 mas dede ga diobati selama puluhan tahun
    kenapa dah dapat kesempatan berobat keluar pun ga dikasih
    masuk discovery channel emang kenapa? disana la mata dunia terbuka terhadap panyakit ini

    saya turut bersedih, semoga tuhan memberikan kesembuhan dan ketabahan bagi mas Dede.. dan semoga tuhan membuka mata dan cara pikir pemerintah indonesia…
    amin

  64. afri Says:

    wah…dasar edan neh mentri kesehatannya,….orang mau berobat keluar negeri aja pon di persulit….cemenongnya itu….orang mau sembuh…kok ibu menkes malah sibuk menghitung keuntungan discovery channelnya……….oalah bu menkes……..dimana otak mu sekarang,…..jangan kau persulit lah itu pak dede nya mau berobat………emang neh pemerintah sekarang…..di otak nya hanya mikirin uang aja………mungkin ibu menkes nya belom di cekokin uang recehan kali…..makanya di larang berobat ke luar negeri….coba di salamin ama uang 500 rupiah yang ada gambar monyetnya…..pasti mau menkes kasih ijin…..hahahahah……DASAR NGAK DUWE OTAK KE MENKES INI.

  65. tatang permana Says:

    saya sebagai tetangga dari manusia pohon, sebab kampung kelahiran saya sekampung dengan kampung manusia pohon. saya merasa sedih dan tetu saja pukulan bagi dinkes dan jajarannya khususnya bagi Bangsa kita . karena aneh sekali bahwa kabar itu muncul di situs luar negri baru kita ribut. tentu saja aparatur dikita hal ini merupakam tamparan yang serius. untung saja mentri kesehatan bertanggung jawab atas segala biaya.jadi menurut saya di negara kita ini harus heboh dulu baru turun tangan, anehnya orang luar yang mau bawa ga boleh, dan untung saja tidak diberi ijin kalau dibawa kaluar kelihatan sekali ketidak mampuan kita di mata duinia luar. ini semua mudah-mudahan menjadi pelajaran bagi bangsa kita (Bahwa sesungguhnya banyak sekali orang-orang yang tak mampu untuk berobat)dan mereka dibiarkan saja. terimakasih

  66. alga Says:

    ijin copy yah buat blog saya……

  67. alga Says:

    ijin copy yah…
    buat nambah artikel di blog saya

  68. cuz Says:

    sy sbel deh ma yg nge larang manusia akar d teliti d usa.klo indo niat niliti knapa g dr dulu toh dia dah lm kna pnyakit itu.bahkan dia dulu juga sempet d rawat d hasan sadikin.trus peralatan d USA jg lebih canggih.KNAPA BARU D TELITI SKARANG STELAH PIHAK ASING MENGETAHUI KEBERADAAN PENYAKIT TERSEBUT??????????????

  69. GYONG Says:

    saya turut prihatin dng keadaan mas dede.semestinya DEPKES mengijinkan dia di teliti d USA.”yang tabah aja ya mas……semoga bisa di sembuhkan penyakitnya…..GOD BLESS YOU……………

  70. Saya Malu Says:

    Saya lagi disamping konsultan bule sambil baca ini, dia sdh fasig pake bhs jawa, komentarnya : ngisin isini tenan wong depkes.

  71. DaniS Says:

    Turut prihatin atas apa yang menimpa saudara kita…. semoga diberi kekuatan menghadapi cobaan ini….. Semoga pengobatannya berhasil dan cepat sembuh….

  72. rusmadi123 Says:

    Dengan ucapan yang sama saya do’akan semoga Dede lekas sembuh, buat pak awan semoga sehat selalu . Ok

  73. Tan Says:

    Beberapa tahun yang lalu Dede ini pernah berobat ke RS Hasan Sadikin, tapi ntah kenapa pengobatannya nggak tuntas. Nah sekarang setelah ada pihak luar yang ingin turun tangan untuk Dede, baru pemerintah kita sibuk menunjukkan perhatiannya kepada rakyat kecil sperti Dede…oh Indonesia …kasihan banget deh lu…
    Buat Dede….semoga tabah dan sabar..semoga kali ini Pemerintah Indonesia benar benar
    punya niat baik untuk membantu menyembuhkan penyakitmu. Teruslah berdo’a dan mendekatkan diri kepada Tuhan YME, semoga cepet sembuh…

  74. didi Says:

    YA ALLAH.. mbok ya empati, coba kalau yang sakit mereka, apa menolak dibawa ke LN? apa yakin dengan pemerintah bakal mampu? Gak usah kita singgung dulu keburukan2 LN yang jelas merekalah memang yang mampu menangani dengan banyak dukungan dan bukti. sedangkan kalau mau diulas mungkin banyak lagi kasus seperti ini di negeri ini yang tidak muncul atau dibiarkan saja sengaja. Kita semua disini lebih baik mendoakan dengan sepenuh hati untuk saudara kita ini. Semoga lekas sembuh pak.. AMIIN..

  75. Jalak Says:

    OI ORANG2 BODOH YANG MENGKRITIK PEMERINTAH
    APAKAH LO ORANG BISA MENGURUS INDONESIA ??
    KALO MENGKRITIK TOLONK DIPIKIRKAN DAHULU
    NGOMONG ITU GAMPANG TAPI BERTINDAK ITU SUSAH
    COBA AJA KALIAN PIKIR JIKA KALIAN JADE PEMERINTAH APA KALIAN NGA PUSING…
    SALAH SEDIKIT AJA DOKOMENTARI OLEH MAHLUK2 BODOH KAYAK KALIAN!! MANUSIA ITU WAJAR KALO SALAH
    KALO KLIAN PIKIR KALIAN LEBIH BAIK DARI PEMERINTAH BUKTIKAN DENGAN TINDAKAN BUKAN DENGAN KATA2 BELAKA

    Orang ini pasti sodaranya orang depkes ato Dinkes…..Kalo nggak mampu ngurus negara ya jangan jadi pejabat, wong ada yang mo ngusi si dede kog nggak boleh sementara pemerintah cuma bengong…..kesalahan seperti ini yang kamu bilang sedikit dan wajar….. wah ……………..mubazir banget otak kamu.

  76. Den Goeltom Says:

    Itu adalah Kodrat Irodlat dari Allah SWT, Allah Telah Menunjukan Kekuasaannya melalui Dede………
    Tidak Menutup Kemungkinan hal semacam ini akan terjadi pula pada diri kita….
    Untuk Dede….. Sabar dan Tawakal…. Karena Allah SWT senantiasa memberikan hikmah dari setiap persoalan…..

  77. NUR Says:

    Sabar yach mungkin ini ujian dari ALLAH SWT buat kamu.Jangan putus asa ,s’lalu semangat OK!!!!! Sabar dan Tawakal itulah yang perlu kamu lakukan .Jangan lupa pada ALLAH Ok!!!!!!~

  78. lina Says:

    saya berharap ada keadilan buat pak dede……….semoga cepet sembuh ya pak

  79. adjie Says:

    itu berarti kiamat sudah dekat!!!
    tobat! tobat!

  80. jackvanbray Says:

    Ampuuunnnn dech buat pemerintah Indon ……
    Bisanya cuma RIBUT/KICAU setelah Orang luar yang AMBIL/PEDULI.
    Bukan cuma lagu yang yang diributkan …. penyakitpun diributkan
    Kebakaran jengkot atuh eta mah ……

    Pa lagi MENTERI nya ….. Busyet dah …. Raganya baru bergerak setelah diperintah PRESIDEN. Lha kemaren kemana aja BU….. !!!!.
    LAgian sekarang mempertahankan Bung Dede yang sedang menderita, cuma buat penelitian para ahli. Katanya mo dirawat dan diobati secara gratis, beneran tuh ????

    Bung Dede …. Tabah dan bersabar …. Moga Allah segera menyembuhkan penderitaan Anda.

  81. caca Says:

    Sedih bgt baca komentar dari temen2 semua,miris bgt kenapa segitu bencikah dengan bangsa ini.Dari masalah kayak gini rasa nasionalisme rasa bangga terhadap bangsa Indonesia udah g ad.Saya mohon coba bapak/ibu/kaka/saudara2 pikirkan segitu kejiny kalian keluarkan hinaan terhadap bangsa ini sedangkan kalian cari napas,makan,hidup dari bangsa ini….Emg bakal kalian sendiri udah berkaca,apa yg udah kalian kasih kebangsa ini sehingga begitu sombongny kalian menghina yg ud membangun negri ini.Untuk pak Dede saya doain semoga cepet sembuh ya…

  82. blackjack Says:

    Kalo emang pemerintah kita peduli kenapa baru sekarang berkoar.
    Kang Dede udah dari umur 17 tahun menderita dan sering bolak-balik rumah sakit, selama ini kemana aja perhatian pemerintah kita.

    Bangsa kita emang sakit, orang mo do obati kok malah di tahan mo di jadiin object penelitian pula lagi .. kesian kang Dede .. udah menderita di tambah pula…

    Kalo emang pemerintah berniat baik persilahkan Dede di obati di Luar Negri mungkin dengan mengikut sertakan Dokter/Peneliti kita. toh menurut saya itu akan lebih baik untuk semua ..

  83. d'phonney Says:

    d’phonney bkata :
    ” aduh..qo de2 kyany d jadiin investasi negara gni c??bknny cpt d sembuhin..!!khan kacian, de2 khan lg skt ms d foto2 m org2??

    emngny de2 apaan??org langka gt?? trz d taro kya d museum c??
    foto2ny malah d pajang2??

    aneh..
    toh pejabat nyumbangin seperempat uangny bwt ngbiayain de2 jg duit mreka abz y??

    klo duit mreka abz trz jd miskin,korupsi aj lg..

    gampang khan???

    aneh..

    nolong 1 org kya gni jg g akan miskin x!!! “

  84. Lucky & arfian Says:

    tabah ja ya…tuhan ga bakalan ngasih coba’an di luar kemampuan kita
    semangat yaaaa…..!!!!!!!!!!

  85. olala Says:

    Tidak perlu menyalahkan pemerintah. Orang yang perlu disalahkan adalah kita semua karena seharusnya kita mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Termasuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Itu kan sudah ada di buku-buku pelajaran SD, tetapi hanya kita anggap sebagai angin lalu.
    Coba pikirkan lagi niat untuk saling menyalahkan, menjelek-jelekkan orang lain, itu katrok namanya. Saatnya belajar dan belajar, utamakan pendidikan karena dengan pengetahuan, teknologi, dan saling menyayangi
    kita bisa membuat Indonesia yang lebih baik.

  86. Vee Says:

    MoGa cepet sembuh ya??/
    tapi kira-kira pEnYAkit itu PnyebAb spesifiknya ap tHo??

  87. aura Says:

    bagi penderita yang tabah aja,,
    kalau yg saya baca penderita mengalami virus ini,penderita mengidap sejak umur 17 thn,,knp pemerintah dari pihak kesehatan tidak mempedulikannya ya??ya plg tidak membantu gitow,kan nie virus jarang n berbahaya bangetz bwt penderita,,
    tapi saat pihak asing menawarkan,,kok pemerintah malah jadi booming begini kayak sekarang,,??boleh taukah saya???

  88. Yuzky wong kendal Says:

    sesungguhnya semua cobaan yang kita lalui, ibarat anak tangga menuju sebuah keimanan

  89. nono sugiono Says:

    apa bila anda merasa orang yang mampu maka anda harus berbuat jangan asal ngomong aja

  90. cepermana Says:

    UJIAN MEMANG BERAT TAPI DEDE ADALAH ORANG TERPILIH MENGHADAPINYAM, DAN DIBALIK SMUA ITU ALLAH swt SUDAH MEMPERSIAPAKAN SURGA ………………… SAYA YAKIN …………..
    BUAT DEDE SABAR DAN TAWAKAL ITU HARUS DAN TETEP USAHA YA………………. BIARKAN GUNJINGAN ORANG MAH,SAYA JUGA MENDOAKAN KOK ! ALLAHU AKBAR…………………………………………..

  91. Yayang dian H Says:

    Tindakan pemerintah kurang bijak menurut saya, Karena Dede mungkin bisa di sembuhkan di luar negri, Bukan saya meremehkan depkes Indonesia, tapi apakah bisa pemerintah Indonesia mengakhiri penderitaan dede?? Kalau pun bisa mungkin itu perlu waktu yang lama menurut saya, karena disamping alat dan prasarana belum cukup memadai, Dokter – dokter di indonesia pun masih jarang yang bertarap INTERNASIONAL, Kasihlah kesempatan dede untuk merasakan kebebasan dari penyakit tersebut, jangan menari di atas penderitaan orang lain. Memang saya tau jika pemerintah mengizinkan untuk berobat di luar nergi, akibatnya kita – kita juga yang kena dampaknya, tapi sampai kapan??? sampai Virus itu menyebar ke orang lain??

  92. Yayang dian H Says:

    Woy pemerintah apakah yang beginian ja perlu di demo???
    Jika anda ingin dihargai oleh kami maka hargai lah rakyat kecil!Bagai mana kLAW HAL TERSEBUT MENIMPA KELUARGA ANDA???

  93. salman nasution Says:

    kenapa orang miskin selalu mendapatkan kesulitan yang jelas pasti karena uang.
    jadi masalah dede hari ini adalah terakhir bagi kita semua terkhusus bagi indonesia kalo belum mampu untuk menikah jangan menikah dulu karena itu badan banyak keklurangan termasuk benih sperma kita yang kurang sehat dan kena dooong bayi tersebut. sehat kan dulu anda baru orang lain.

  94. Trebor Sram Says:

    Huh, saya sangat setuju dengan pernyataan di atas yang menyatakan pihak luar negri lebih peduli daripada pihak dalam negri. Bukannya pikirin cara pengobatan, malahan mikir passport dan kawan-kawan segala. Sungguh kurang berotak, lihat dong dokter amerika tersebut, datang jauh-jauh dan berniat untuk menyembuhkan pak dede. Yang diperlukan bukanlah izin dkk tapi niat untuk menyembuhkan pasien.

  95. arif kahfi Says:

    kahfi berkata; yang penting pa dede bisa segera sembuh dan kembali hidup normal seperti manusia biasa. masalah siapa yang menyembuhkan itu gak perlu di masalahkan. dan ini bisa dijadikan sebagai pemerintah Indonesia sebagai satu bentuk koreksi diri agar lebih perhatian dan peka sama masyarakat yang memang benar-benar tidak mampu seperti pa dede. karena masih banyak dede lainnya yang membutuhkan uluran tangan negara ini

  96. kahfi Says:

    Yang penting pa dede bisa segera sembuh dan kembali hidup normal seperti manusia biasa. masalah siapa yang menGOBATI Di indonesia atau di AMERIKA itu gak perlu di masalahkan. Dan ini bisa dijadikan pemerintah Indonesia sebagai satu bentuk koreksi diri agar lebih perhatian dan peka sama masyarakat yang memang benar-benar tidak mampu dan membutuhkan pertolongan seperti pa dede. karena masih banyak dede lainnya yang membutuhkan uluran tangan negara ini

  97. qsi Says:

    wah,,,,,,, pemerintah indo…. terlalu lama tuh. uda ada negara asing aja…. baru turun tangan!!! geblek…. laganya banyak!

  98. heni Says:

    indonesia… tolong lah ga usah gengsi atau malu,,,, kalau memang pihak indonesia tidak sanggup dan pihak luar negeri bersedia mengobati mengapa harus dipersulit, kalau demi kesembuhan pak dede.
    “penyakit Dede adalah spesimen penyakit yang memang perlu diteliti oleh ahli kesehatan Indonesia”. kalau memang begitu… kenapa tidak dari dulu sampai2 virus itu menyebar parah sekarang. Untuk PEMERINTAH,, TOLONGG Lebih PEDULI dengan masalah seperti ini… ini hanya sbagian kecil masalah bangsa yang kita miliki.Jangan hanya mengurusi masalah2 orang ‘ATAS’ yang tidak pernah ada habisnya…!!!
    untuk pak dede…. kita semua mendoakan yang terbaik slalu….

  99. KisHYA Says:

    hum pemerintahan indonesia cuma ngegerecokin aja.
    kenyataan nya memang indonesia gak gitu maju, mending luar negri aja.
    lagian kq bisa-bisanya mereka ngelanggar hak asasi, biar pun pemerintah tapi kan gak boleh ngelarang.
    mank na c dede itu udah d tanya pendapatnya?
    kasian kan kalo dia di indonesia cuma buat jadi bahan penelitian selama hidupnya. gak lucu kan, kok malah maksa?
    buat dapet gelar? bahwa indonesia udah bisa nyembuhin penyakit langka ya? ih, gak banget c!!

  100. FAJAR Says:

    semoga Allah cepat memberikan kesembuhan bagi Dede. Aminn

  101. eldrazit Says:

    Kalo dihadapi dengan kesabaran niscya kita yakini akan berbuah pahala

  102. Martiuz Says:

    BETUL PEMERINTAH INDONESIA EMANG BEGO/GOBLOK/TOLOL/IDIOT
    GILIRAN ADA SENSASI AJA DI PEDULIIN,LIAD AJA NANTI PASTI BKAL DI BIARKAN..

    KNAPA GA SURUH NEGRA LUAR YG BANTU SEMBUHIN PADAHAL TIM MEDIS DI LUAR KAN LEBIH UNGGUL DARI PADA TIM MEDIS DI INDONESIA.
    BUKTINA AJA YG KTNA CEWE BUAT OPERASI PLASTIK MUKA KABAR NA GMN? AMPE BERKX2 DI OPERASI..

    UDAHLAH NEGARA KITA PEMERINTAH NA EMANG GOBLOK MUSTI DI JAJAH DULU 1000TAHUN MA NEGARA LAEN…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  103. Larusz comunnity Says:

    jangan mw dengerin omongannya depkes,, mending berobat aja di luar negeri…

  104. ganizz Says:

    ya beginilah kalo pemerintah yg KORUP … ga peduli ama sesama … ga peka … HATI2 loh nanti di caplok ama dokter MALAYSIA

  105. allan Says:

    setiap benacana pasti ada berkahnya.
    jadi, jangan terlalu berpikir negative.
    mungkin tuhan ada rencana dibalik semua kejadian yang menimpa DEDE.

  106. lutfi Says:

    gue liat dia ngeri banget….kok bisa yaaaaaa manusia kena kaya gitu,,,kayak di film ultraman tentang seseorang yang terkena sebuah virus lalu jadi monster………kalo bisa di obatin di negri sendiri diobatin aja tapi kalo mas “dede”di jadiiin kelinci percobaan gue g rela soalnya dia juga manusi yang ingin hidup layak seperti manusia lainnya…okeeeeeeeeeeeeeee

  107. iaanz Says:

    yang aku heranin kemana rentang usia 17 sampai 37 tahun?kemana selama 20 tahun itu?kalo emang pemerintah peduli mungkin penyakit ini ga akan naik daun sekarang. mungkin penyakit yang melekat pada mas dede ga seheboh sekarang. kini saat pihak luar menyorot dan memberi ulur tangan, pemerintah Indonesia “sok – sokan” peduli.
    bukan si ini hinaan atau apapun tapi ini emang fakta. aku harap mas dede bisa mendapt perawatan khusus,,agar dia cpat sembuh.

  108. Hardenberg Says:

    Kalau memang harus dibawa ke USA, saya rasa itu jalan terbaik. Selain diobati juga diselidiki penyakitnya.
    Itu bukan berarti Indonesia tak mampu, namun apakah si penderita memiliki biaya ?
    Nah, biarlah berangkat ke USA !!

  109. mohab Says:

    Wanita biasanya mementingkan hati dan kehalusannya. Sementara hati wanita yang satu ini (yang terhormat ibu menteri) masih lebih mementingkan egonya. Ilmu tidak perlu dibatasi, apalagi yang menyangkut kesehatan. Coba jika ibu menteri atau keluarganya lagi sakit, dia akan berobat kemana ????? paling singapur khan ??????

    Ndak perlu sok pintar dehhh….

    Semoga pak dede cepat sembuh…… dan tidak ada lagi penyakit tersebut dimuka bumi (terutama di bangsa tercita ini)

  110. freedom Says:

    wahai…para pejabat negara….saya yakin kalian punya agama tapi untuk punya tuhan..saya rasa tidak!!lihat penderitaan warga negara anda..kang dede.kalian berada di gedung mewah,bermobil..liat pak dede yang sehari-harinya dulunya mengemis di sekitar alun2 bandung.ketuklah hati nurani kalian..Di saat mobil2 kalian melewati beliau..Beliau “pak dede” lebih mulia daripada kalian para pejabat negara..astagfirullah

  111. SBY Says:

    HEHEHEHE….PADE RAME NIH..
    GITU AJA DI RIBUTIN

  112. PAIJO Says:

    Semua ada hikmahya

  113. Gita,elin,&dilla Says:

    yang tabah aja yaw nerima cobaan di dunia ini,ini semua udh takdir dari Yang Maha Kuasa.Pasti ini c’mua ada hikmahnya kq.Pak Dede yang tabah aja yawwww.Pasti c’mua bencana ada hikmahnya khan????.Pasti kraza

  114. nDaZa Says:

    24 november??
    ntuh khan ultah goe…

  115. nova Says:

    ya kang dede itu harusnya segera di semuhkan
    pemerintah kok malah ga mau dia dikirim ke luar
    takut menguntungkan pihak luar kali ya dengan kemampuan pengobatan dan teknologi yang jauh sangat dan berkembang lebih pesat amat ketimbang Indonesia
    mank bisa sejauh man kang dede itu di obati di negri kita tercinta ini?
    cewek yang face off aja teringatnya sampe sekarang blon ada kabarnya????
    apa lagi kang dede
    kalo g sih lebih memilih kang dede itu menggunakan hak opsinya sebage WN
    ya untuk perobatan sedini mungkin….
    dari pada menunda2
    kaga aja kale
    kang dede
    yang semangat aja
    GBU..
    kalo buat orang2 pemerintahan di negri kita ini tau lar…
    kalo sakit baru di obati
    seperti sekarang
    duluan pihak LN bersimpati baru Indonesia unjuk gigi
    aduh..
    cape de

  116. marisel Says:

    indonesia kan sok tahu.. udah bener ada inggris yang mau biayaain ke sana.. jelas2 dokter disana lebih pintar dan canggih.. indonesia bisa apa… ngapain di tahan2?? dasar negara paling bodoh.. ga bangga gw jadi warganya…. sorry.. makin hari bukannya makin pintar malah tambah mundur..cabe dhe..

  117. izul Says:

    EH…CUMA BISA GEMBAR-GEMBOR JANGAN DIBAWA KEMANA-MANA TAPI NGGA ADA PENANGANANYA.KALO CUMA BISA NGOMONG MENDING DIEM AJA DECH.. KAYA CACING KEPANASAN AJA KALAU ADA REAKSI DARI LUAR WAKTU NGGA ADA AJA NGGA ADA YANG MEDULIIN GILIRAN ADA YANG MAU MBANTU DILARANG DASAR…JANGAN-JANGAN SEBENARNYA MASNYA JUGA DAH PERNAH INGIN DIOBATI OLEH ORANG INDONESIA TAPI MUNGKIN KARENA ALASAN KLASIK EKONOMI NGGA ADA DOKTER/RUMAH SAKIT YANG MAU.YAH MAKLUMLAH INDONESIA…..MANUSIANYA KAN NGGA ADA APALAGI PARA PEJABATNYA HAMPIR SEMUA MUKA BADAK YANG NGGA MALU SETELAH KETAHUAN KORUPSI. ASTAGHFIRULLAH…..SEMOGA BANGSA KITA BISA SEGERA BERUBAH MENJADI BANGSA YANG BERNURANI

  118. izul Says:

    MEMANG KALAU SALAH ITU SIFAT MANUSIA TAPI KALU SALAH TERUS PADAHAL BANYAK PELAJARAN YANG TELAH DI AMBIL BANGSA INI DARIUMURNYA YANG SETENGAH ABAD LEBIH.HAI HENDRI APA KAMU MERASA PINTAR ORANG PINTAR YANG SEBENARNYA SELALU BISA MENJAGA PERKATAANYA.JANGAN-JANGAN KAMU SALAH SATU ORANG YANG MERASA TERSINDIR ATAS KOMENTAR-KOMENTAR INI YA….

  119. Dek Didi Says:

    Salam kenal. Ijin copy paste juga. Saya pingin berbagi dengan teman2 dokter saya.
    Thanks

  120. awan sundiawan Says:

    Untuk Dek Didi: Salam kenal kembali, dipersilahkan untuk mengambil sebagian atau seluruhnya. Mudah2an bermanfaat.

  121. Dek Didi Says:

    Terima kasih, Pak. Dan terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya.

  122. Manusia Pohon? “Virus Yang Sangat Ganas!” -- Bali is My Life Says:

    […] Tulisan ini diambil dengan ijin dari : Manusia Pohon? “Virus Yang Sangat Ganas!”. […]

  123. Jasmine Says:

    Pak Dede….
    Sabarkan hati dan tabahkan diri……
    Yakinlah bahwa Tuhan Yang Maha Esa akan memberikan yang terbaik kepada kita semua……
    Mendekatlah pada Tuhan yah!!!!!

  124. alviani Says:

    ada benarnya juga kalo luar negeri mau membantu pak dede, dan kenapa kita harus mempersalahkan dan mempunyai firasat negatif tentang mereka. jadi selayaknya siapa saja yang mau membantu untuk meringankan penderitaan pak dede dipersilahkan dan tidak bijak kalo hanya gara-gara surat izin semua permasalahan jadi gak ada solusinya. cobalah kita saling evaluasi diri dan instropeksi,apakah indonesia sudah benar-benar mampu meringankan penderitaan beliau,masalah yang lain aja kadang tambah kacau dan tidak ada solusinya…..tolong para pejabat lihatlah kenyataan dengan melihat penderitaan rakyat secara nyata,jabatan anda akan dipertanggungjawabkan setalah anda mati kelak.

  125. wei Says:

    hahaha.. lucu jg ada yg membantah indonesia skrg bkn dalam kondisi hancur2an,
    mgkn papa mama nya org pejabat yah..
    lagian forum kayak gini mah ga ditanggapi org pemerintahan.. percuma aja ditulis di sini, toh org pemerintahan selalu cuek2 aja, klo komentar kayak gini …—> Hendry Berkata:

    November 26, 2007 di 11:59 am
    OI ORANG2 BODOH YANG MENGKRITIK PEMERINTAH
    APAKAH LO ORANG BISA MENGURUS INDONESIA ??
    KALO MENGKRITIK TOLONK DIPIKIRKAN DAHULU
    NGOMONG ITU GAMPANG TAPI BERTINDAK ITU SUSAH
    COBA AJA KALIAN PIKIR JIKA KALIAN JADE PEMERINTAH APA KALIAN NGA PUSING…
    SALAH SEDIKIT AJA DOKOMENTARI OLEH MAHLUK2 BODOH KAYAK KALIAN!! MANUSIA ITU WAJAR KALO SALAH
    KALO KLIAN PIKIR KALIAN LEBIH BAIK DARI PEMERINTAH BUKTIKAN DENGAN TINDAKAN BUKAN DENGAN KATA2 BELAKA

    bukannya kite2 ini ga pernah memberikan … tapi digunakan untuk korupsi de el el…
    mungkin km sebagai anak mereka merasa tersinggung… tapi ya gmana yah… kita ini bego… tapi kaum seperti km lebih bego deh… km bangga dengan indonesia? saya aja malu.. bukannya pesimis… tapi dari tahun ke tahun, indonesia ga pernah membaik, malah makin parah.

    ambil contoh dokter indonesia aja… kaki temen ibuku yg kecelakaan .. ga mampu diobati di indonesia.. sampai di luar negri(ga usah kubilang negara apa deh),dokter di sana bilang klo lebih lambat sebulan lagi, kakinya akan diamputasi,bayangin aja,hanya luka kecelakaan bisa sampai harus diamputasi karena ilmu kedokteran di indonesia minim sekali, tapi di luar negeri bisa sembuhkan dan terlebih lagi skarang bisa berjalan seperti semula..

    buat bapak dede… kalau bisa ya ambil kesempatan berobat di luar indonesia yang ilmu medis nya lbh baek, klo harapin di indonesia, anda hanya dapat kekecewaan aja, saya ngerti juga anda ingin tetap di indonesia, semua terserah keputusan anda, kalau anda bertekad mau keluar negeri, saya yakin depkes ato yg lainnya ga akan mampu menghalangi anda… semoga cepat sembuh.

    trakhir buat pemerintahan indonesia ya klo ada baca forum seperti ini.. boleh dibilang banyak saran dan ide yang menarik untuk dijalankan.. tapi seperti nya org seperti kalian ga bakal memperhatikan tulisan2 di tempat2 yg kalian sebut “FORUM ORANG ISENG DAN TIDAK PUNYA KERJAAN” ini. hahaha…

    buat org2 yg tersinggung dengan fakta indonesia yg amburadul ini.. maafin kite2 org2 bodoh ini, karena kite2 ga mampu nyadarin org2 yg lbh bodoh dari kite… karena kalian udah dikasih hati .. malah minta semua nya… dan walo udah dikasih semuanya… malah di salah gunakan lagi… ya TUHAN.. ampunilah mereka, karena mereka ga tau apa yang mereka katakan dan perbuat.. AMIN…

  126. zax Says:

    wah mas dede salam kenal dech dari zax..
    kok bisa seperti itu ya….
    “tree Man”
    suatu penyakit tapi unik,apa penyakit ini gak bis a diobati yeh??
    indonesia harus cepat-cepat menangani kasus ini…..

  127. Mab Bobby Says:

    tabah aja dede… tipu aja tuh orang bule palingan ente jadi kelinci percobaan… mendingan cari duit… kan dah terkenal, nanti kalau udah banyak uang baru berobat yang bener…..

  128. meyfie Says:

    pak Dede sabar ya…Tuhan tidak buta kog.ada sesuatu yg ingin diperlihatknNya kpd dunia khususnya negara qta yg tercinta ini melelui pak Dede. Tuhan tahu apa yg sedang terjadi saat ini.Immanuel

  129. step Says:

    pemerintah memang benar-benar keterlaluan.
    LUAR BIASA KETERLALUAN!!
    kalau dipikir-pikir mana mau pemerintah ngeluarin dana buat nyembuhin orang..
    KAN MENDING DI KORUPSI AJA!!

    atau mungkin…

    NUNGGU BUNGA DEPOSITO DARI HASIL KORUPSI, DUIT ITU YANG BAKAL DIPAKE UNTUK NGOBATIN!!

    negara kita ini memang susah, bung…

  130. clara Says:

    emang orang indonesia suka lelet.apalagi pejabatnya.apa sih yang di otak mereka.apa2 serba lama.gak salah donk kalo orang luar yang peduli.ngrespon duluan.bererti respectnya bagus dan daya respon cepat.ga’ LOLA

  131. clara Says:

    lagi emang indonesia punya tenaga ahli.klo ahli korup sih percaya.alat2 na emang ada?
    jangan jadikan manusia sebagai kelinci percobaan yang gak pasti hasilnya deh.

  132. infi Says:

    subhanallah,laillahailallah,allahu akbar.kun fa yakun….jika allh berkehendak maka tinggal berkata jadi maka jadilah.sabar dan dekatkanlah diri pada allah,memohon kesembuhan kepada allah karena penyakit itu dari allah dan dengan izin allahlah penyakit iu bisa sembuh.allah ar-rahman,ar-rahim juga as-syifa.

  133. depe Says:

    wah….
    memang negara kita selalu lambat dalam menyelesaikan permasalahan rakyatnya.
    Entah karena tidak peka dan masa bodoh atau karena memang permasalahan di negara ini terlalu banyak.

  134. rifa Says:

    woooooiiiiiiiiiiiii…………………….
    kl emang kalian semua cm bs’a ngritik negara sendiri,knp kalian ga pindah aj ke negara2 yang kalian anggap jauh lebih baik drpd indonesia??!?!?!?!?!?!?!
    ga mikir x y kl kalian tu sama aja uda ngejelek2n negara sendiri dipublik…!!!!!!
    makanya otak tu jangan ditaro didengkul tp d kepala….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  135. irwan Says:

    halahhhhhhhhh…….
    kal0o pejabat yang sakit aja pasti langsuungg diberangkatkan ke LUAR nEgeriii
    ya gak?????
    ayo vote deh KalO berANi…

    lekas SembuH yA dede..
    God Bless You..
    amIn..

  136. jeammy Says:

    wow seram sekali

  137. emelda Says:

    bwaD yang menderta sabar ya…
    untuk depkes segera bertindak !!!

  138. Adrian Says:

    Dan Indonesia pun membuktikan bahwa Indonesia mampu menanganinya…Dan Indonesia menolak karena “kepentingan lain” yang berada dibalik “kebaikan” pihak LN.
    “Ternyata pihak luar negeri lebih peduli kepada ‘Dede’, setelah pihak luar peduli baru pihak kita. Ada apa ya?” Vaksin virus mahal loh? Lumayan kan dapat brand obatnya, bebas nentuin harga selama 15 tahun, baru boleh dijadiin generik dan bisa dijual murah.
    Tak lupa, ada baiknya bertanya pada para dokter di RSHS, kenapa P’Dede bisa terjangkit penyakit tsb. Mungkin dengan melihat catatan kesehatannya pandangan anda bisa berubah, haha!
    -BERSATULAH INDONESIA, LAGU KITA MASIH SAMA, INDONESIA RAYA!-

  139. aufa kirana imut"s Says:

    huuuuu………yeah…………..
    ah,plng negara itu mau ngliatin ke penduduknya, thuh

  140. ukhri akmal Says:

    kalau seandainya kita mengkritik negara sendiri harus yang positif karena untuk membangun bangsa kita sendiri jangan cuna ngomel melulu gak baik tau!!! saya harap warga negara indonesia harus lebih baik lagi jangan mau diremehkan maju terus indonesia pantang mundur oxe!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  141. abel Says:

    emmmmmm………………

    gmana ya kbarnya sekarang

  142. rio Says:

    mudah-mudahan dede slalu di beri ketabahan agar bza mnjalani hidup ni dgn ikhlaz……..

    allah gak kan melepazkan tanggung jwb na bgtu saza……

    pazti da hikmah di semua cbaan yg di terima ole hamba na,,,,,

    jangan la perna menyerah dalam menghadapi cbaan n3……

    moga2 cbaan na cpat berakhir deh………

    amennnnnnnnnnn………

  143. chandra_viana Says:

    bwt yang ngjalanin tabah aja yawh

  144. jabon Says:

    salam kenal mas dari saya

  145. jabon Says:

    oh ya saya mau mengomentari posting anda … 🙂
    sangat mearik judulnya … :_) ganas ..

  146. 'She'Lee Says:

    Huftttttt Firusszzzz apaan lagi nieee Ganas pulaaaaa apa maksud nya blss 🙂 jadi sedih ngeliatnya:'(


Tinggalkan komentar