Mengenal Gurindam

Puisi lama merupakan pancaran kehidupan masyarakat lama yang memiliki ciri-ciri:

  1. bersatu, tidak pecah belah, dan hidup lebih padu, dalam kesatuan itu ada yang mengikat yaitu adat istiadat yang telah turun-temurun,
  2. setiap orang saling mengenali
  3. hidup tolong-menolong, bergotong –royong membangun rumah, mengerjakan sawah, mengadakan keramaian, suka duka selalu bersatu.

Latar belakang masyarakat atau keadaan masyarakat sangat berpengaruh terhadap hasil karya yang lahir pada masa itu. Gurindam sebagai salah satu bentuk puisi yang lahir pada masa itu merupakan pancaran kehidupan masyarakat saat itu. Tak hanya pada gurindam, hal ini tampak jelas pula terlihat dalam bentuk-bentuk puisi lain yang dihasilkan saat itu, baik dalam pantun, syair, maupun gurindam. Apalagi pada gurindam sebagai bentuk puisi asli Indonesia. Sekedar mengingatkan kembali inilah contoh pantun, dalam contoh ini disajikan pantun teka-teki:

Buah pinang buah belimbing

Ketiga dengan buah mangga

Sungguh senang berbapak sumbing

Biar marah tertawa juga

Bentuk pantun jelas berbeda dengan bentuk puisi lama yang lain yaitu syair. Cobalah Anda buka kembali pembelajaran 1! Perhatikanlah rimanya dan juga jumlah baitnya. Rima syair a – a – a – a sedangkan pantun a – b – a – b. Jumlah bait dalam syair lebih banyak karena syair mengisahkan sebuah cerita. Syair bersifat epis, yaitu berupa cerita. Baris dalam pantun terdiri atas 4 baris, dua baris pertama sebagai sampiran dan dua baris terakhir sebagai isi.

Bagaimanakah dengan gurindam? Gurindam adalah bentuk puisi lama yang terdiri atas dua baris tiap baitnya dan bersajak a – a. Baris pertama berupa syarat dan baris kedua berupa jawab.

Gurindam yang terkenal adalah Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji seorang sastrawan Melayu. Disebut Gurindan Dua Belas karena terdiri atas dua belas pasal. Inilah pasal pertama.

Barang siapa tidak memegang agama

Sekali-kali tidakkan boleh dibilangkan nama

Barang siapa mengenal yang empat

Ia itulah orang yang makrifat

Barang siapa mengenal Allah

Suruh dan tengah-Nya tiada ia menyalah

Barang siapa mengenal dunia

Takutlah ia barang yang terperdaya

Barang siapa mengenal akhirat

Tahulah ia dunia mudarat

Kurang fikir, kurang siasat

Tinta dirimu kalah tersesat

Fikir dahulu sebelum berkata

Supaya terlelah selang sengketa

Kalau mulut tajam dan kasar

Boleh ditimpa bahaya besar

Jika ilmu tiada sempurna

Tiada berapa dia berguna

Berdasarkan contoh gurindam tersebut, sangat jelas ada keterkaitan antara isinya dengan kehidupan sehari-hari. Kesemuanya berupa nasihat. Nasihat yang berguna bagi manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Sebagai manusia ciptaan Tuhan, agama merupakan pegangan hidup di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang tidak memilikinya dan tidak melaksanakannya, maka tak hanya celaka di dunia tetapi juga di akhirat. Oleh karena itu, hidup di dunia harus menjauhkan diri dari hal-hal yang mudarat,harus berhati-hati, baik dalam berkata-kata maupun berfikir karena semua itu merupakan ilmu yang berguna dalam kehidupan.

Berikut Gurindam Dua Belas pasal keenam.

Cahari olehmu akan sahabat,

Yang boleh dijadikan obat.

Cahari olehmu akan guru,

Yang boleh tahukan tiap seteru.

Cahari olehmu akan isteri,

Yang boleh dimenyerahkan diri.

Cahari olehmu akan kawan,

Pilih segala orang yang setiawan.

Cahari olehmu akan abdi,

Yang ada baik sedikit budi.

Bagaimanakah dengan gurindam ?

Kurang fikir, kurang siasat,

Tentu dirimu kelak tersesat.

Fikir dahulu sebelum berkata,

Supaya terelak silang sengketa.

Orang malas jatuh sengsara,

Orang rajin bayak saudara.

Ilmu kepandaian boleh dikejar,

Asal mau rajin belajar.

Menolong sesama wajib dan perlu,

Tetapi tolonglah diri dahulu.

Terima kasih kepada Ibu Dra. Euis (Guru SMAN 1 Kuningan) yang selalu berdiskusi dengan saya ketika ada waktu senggang.

Ditulis dalam Artikel. 38 Comments »

38 Tanggapan to “Mengenal Gurindam”

  1. Budi Santoso Says:

    Gurindam cuma dari Raja Ali Haji aja ya… g ada karangan org laen?

  2. awan Says:

    @Budi Santoso: Ali Haji adalah pemcipta gurindam, setelah itu diikuti oleh orang lain😀

  3. andi yulian Says:

    mank gugindam tu pa??

  4. 3cxo Gawa Says:

    tolong contoh guridam yang lainnya donk !!!!!
    G da tgas nich ……..

  5. jhj Says:

    thank’s yaa..

  6. decsi Says:

    oheeeee

    veri 9ood

    no koment=

  7. manda Says:

    owowowowowowowowowowow

    mza Kmu ndak tau gurindam cieh .

    gurindam itw kta tmpat tiggaL aq d tanjoenk pinank …

    oda pernah bca gurindam bLom
    gurindam ato n ampe gurindam 12

  8. fanny Says:

    thx bwt artikl’a,,sngat mbantu tugas B.Indonesia saya

  9. areMa kepOr Says:

    mas AreMA kalAh,, Q biNGung PuoL mas MasaLAh guRinDam??????
    mO tAnya menurut Mas Apa yAng salah DaRi siStem PenDidikAn di INdoNesia yang sekarang ini kok masih banyak koruptor yang berkeliaran

  10. Hendra Says:

    Terima kasih,atas contoh gurindamnya.Membantu saya menyelesaikan tugas bahasa indonesia saya.

  11. Roil Muhtadin Says:

    oy…koq contoh gurindamnye cuman atu sieh,,, yang laennya mana….
    Masa cuma Raja Ali Haji aje, bro…

  12. Habib Says:

    thank’ssss
    ini sangat bantu

  13. nila Says:

    makasih banyak yh…
    udah ngebantuin bwt nyari tugas saya ttg gurindam,nieh..

  14. selvita Says:

    cuy gurindam ny d yg bh kyenzz2 g gx,,,,
    cOL”N W SkA BNGTZ GuriNdam ny,

  15. dIDah Says:

    tambahin lg doank gurindamnya……
    n’ thank’s ya udh mau bantuin bkn tugas,,,,,

  16. Fitry McMurry Says:

    Mas,tolong donk cntoh gurindam yg lbh bnyak. . . . . .

    By.Vi3

  17. ginzay_chan Says:

    gurindam yang laen kok nggak da nilainya????

  18. Retno Says:

    Tlong tmbhn cntoh gurindam,

  19. cucu adhikomara Says:

    wahh…bagus euy… slut

  20. andrew Says:

    mas.buatin dnk
    thx

  21. ana Says:

    macasih yaa atas gurindam ya karna ini soal bahasa indo qu selesai

  22. idha Says:

    ada contoh lain gg selain dari ali,,,

    cz untuk tgas niee,,,

    info yg saiia dapat gurindam karya raja ali haji aja….

  23. Awan Says:

    @all: terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya, semoga bermanfaat

  24. the kyu Says:

    chiiipst…………?

  25. chupithest Says:

    thanks ea atas guRIndam nYa…?

  26. cielvi Says:

    waw gurindam na bgs bgt,pi gurindam na cma dari Ali Haji ja yow gak da yang karangan orana lain….

  27. dinilah arifah Says:

    tmbhin lge dng spya bnyak yg bkin ktwaaaaaaaaaaaaa,,,,,,,,,,,,,,

  28. Leona Says:

    terima kasih atas contohnya. sangat membantu..🙂

  29. m. fajar Says:

    thank’s ya….
    tugas ku menjadi mudah dikerjakan sehingga tugasku cepat selesai

  30. wahyu Says:

    waaa bantu”in aq gamudeng

  31. nuning Says:

    ga ngerti –” :((

  32. awan sundiawan Says:

    @all: gurindam diciptakan pertama kali oleh Ali Haji, namun kita pun bisa membuatnya.

  33. angga dwiyanto Says:

    Bentuk, isi, dan bahasa gurindam gimana??????????

  34. diki Says:

    tambahin dong contohnya g ada yg menarik nih …….:(

  35. awan sundiawan Says:

    @angga dwiyanto: bentuk gurindam seperti puisi, isinya berupa pesan, tiap bait satu pesan yang sama (satu topik pesan), bhasa gurindam menggunakan bahasa melayu atau bahasa Indonesia
    @diki: coba sendiri tambahkan, pasti bisa. hehehe

  36. nengsy Says:

    bagaiman dengan sebagian masyarakat indonesia yang kurang berminat dengan budaya kita dan salah satunya adalah gurindam,bagaimana caranya agar bisa menarik lebih banyak lagi peminatnya??????

  37. awan sundiawan Says:

    @negsy: sepertinya mulailah dari kita, bahwa gurindam berupa puisi yang berisi wejangan, arahan, ajakan, untuk berbuat baik.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: