Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) on-Line dan off-Line

Dengan perkembangan jaman dan teknologi informasi, maka akan timbul budaya baru yaitu budaya “melek” teknologi informasi. Maka pada jaman sekarang sudah muncul sebuah budaya membaca melaui teknologi informasi berupa membaca melalui atau membaca dengan komputer.

KBBI on-Line

Jika beberapa tahun yang lalu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hanya berada di perpustakaan, atau hanya orang-orang tertentu yang memilikinya, jaman sekarang KBBI tersebut bisa dimiliki oleh siapa saja, dan tanpa menyimpan di rumah pun kita bisa membukanya dengan bebas asalkan ada komputer dan internet.

Sehingga muncul KBBI on-Line, kelebihannya adalah kota katanya selalu dimutakhirkan dengen segera. Bagi yang selalu berkitat dengan kosa kata basa Indonesia dapat memanfaatkannya pada sambungan ini, atau silakan klik logonya seperti ini di bawah ini.

Tampilan KBBI on-Line sebagai berikut.

KBBI on-Line

Penggunaanya sangat mudah dan praktis, pada kotak dialog “Cari kata dasar dalam KBBI” sebaiknya memilih “memuat” supaya semua kata yang mengandung kata dasar yang kita maksud muncul semuanya.

KBBI 0ff-Line

Bagi pembaca yang jarang on-line, dapat pula menggunakan KBBI off-Line, isinya tidak jauh berbeda dengan KBBI on-Line, caranya pun sama. Menurut saya KBBI off-line harus segera dimiliki karena sangat membantu apabila tidak ada koneksi, atau sangat cocok jika dipasang pada komputer di sekolah dan ukuran filenya relatif kecil sehingga ringan dalam proses ekskusinya.

Fitur pada KBBI off-Line  sebagai berikut.

  • Auto search,  ketika menuliskan kata yang akan dicari, program ini akan otomatis melakukan pencarian, kecuali jika hanya 1 huruf hasilnya juga akan huruf tersebut.
  • Pencarian berdasar kriteria : sama, diawali, diakhiri, memuat. Silahkan dipilih kriteria pencarian yang diinginkan.
  • Informasi jumlah hasil pencarian
  • Perbaikan beberapa kata dasar dan definisi yang ada tambahan angka
  • Berbaikan pemilihan kata yang sebelumnya bisa memilih banyak
  • Perbaikan beberapa kesalahan pewarnaan definisi
  • KBBI Offline akan otomatis menyimpan ukuran dan posisi tampilan/window.
  • Proses pencarian lebih cepat dari sebelumnya
  • Menampilkan hasil dalam sistem Paging, sehingga pencarian yang hasilnya banyak akan lebih cepat

Bagi yang memerlukan KBBI off-Line dapat mengunduhnya di sini, tampilan KBBI off-Line sebagai berikut.

KBBI off-Line

KBBI off-Line

Jadi mulai sekarang, siapa saja sudah dapat memiliki KBBI, selain memiliki KBBI versi cetakan (buku), alangkah baiknya kita, para tenaga pedidik, para peserta didik, satuan pendidikan atau siapa saja sudah memiliki KBBI off-line, dan bagi yang belum memiliki peralatan komputer atau belum terpasang jaringan intenet, juga dapat memanfaatkan KBBI on-Line dengan cara berkunjung ke warnet atau membawa laptopnya ke daerah yang menyediaka jaringan internet dengan hotspot.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar