Ega Noviantika sosok “Kecil-Kecil Kuda Kuningan”

ega3Mungkin sudah banyak yang sudah tahu sejarah (kabupaten) Kuningan atau cerita kuda kuningan yang bernama si windu.  Saya memili cerita versi lain tentang kuda kuningan yang kecil namun lincah.

Ketika masih kecil orang tua pernah bercerita tentang penyerangan tentara Galuh ke Cirebon yang dihadang oleh tentara Kuningan yang menggunakan tunggangan kuda kecil. Dalam cerita terserbut dikisahkan Panglima tentang Galuh berperang melawan panglima Kuningan selama satu bulan dengan tiada ada yang kalah dan tidak ada yang menang. Karena lelahan akhirnya Panglima Galuh kembali ke kerajaan dengan melaporkan “Hese pisan ngelehkeun prajurit Kuningan, leutik-leutik kuda Kuningan kacida gesitna tur kuat” (Susah sekali mengalahkan prajurit Kuningan, meskipun kudanya kecil, tapi kuat dan lincah). Dari cerita itu munculah “kecil-kecil kuda Kuningan”.

Jika dilihat dari luas pemda kabupten Kuningan ternyata tidak seluas sebagian besar kabupaten di Jawa Barat. Begitu juga luas kota Kuningan tidak seluas kota Banjar. Saya pun sampai saat ini tidak tahu batas-batas luas kota Kuningan, yang saya tahu kota Kuningan hanya sebatas SMPN 1 Kuningan-Taman Kota (separuh panjang jalan Siliwangi). Meskipun kotanya kecil, namun memiliki tiga pasar modern (super market), dua pasar induk yaitu pasar baru dan pasar kepuh. Pasar baru merupakan pasar tradisional yang modern dan representatif. Meskpin kuningan kecil namun hotmix sudah masuk tiap jalan kampung. Artinya makna kecil-kecil kuda Kuningan sudah tergambar dengan kondisi pembangunannya.

Ega bersama Bupati Kuningan

Ega bersama Bupati Kuningan

Begitu pun Ega Noviantika anak muda yang masih kecil masih usia SMA kelas X dia sudah membawa nama Kuningan menjadi besar. Meskipun dia berbadan kecil, pengalaman masih muda, namun kuat dan lincah membawa nama Kuningan di tingkat nasional. Maka kesan Ega seperti itu efek dari “kecil-kecil kuda Kuningan”.

Jika kita sadari sebagai warga Kuningan maka banyak makna dari “Kecil-kecil kuda Kuningan” yang lincah dan tangguh.

Satu Tanggapan to “Ega Noviantika sosok “Kecil-Kecil Kuda Kuningan””

  1. John Says:

    mantap gan perkembangan teknologi sekarang, , klw kita gak ikuti bisa ketinggalan kereta , Aerith


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: