Kurikulum 2013 Akan Berganti Menjadi Kurikulum Nasional?

Sudah lama saya tidak menulis, malam ini saya sedang ada mood untuk menulis. Menulis apa yang saya pikirkan saat ini. Pikiran saya mendadak enjoy ketika mendengar dunia pendidikan akan melahirkan kurikulum nasional. Bisa jadi kurikulum nasional akan muncul ketika semua sekolah sudah melaksanakan kurikulum 2013 yang sudah disempurnakan. Lalu kapankah semua sekolah akan melaksanakannya, bisa jadi tahun 2020 sudah enjoy dengan kurikulum 2013 yang sudah disempurnakan, nah ketika itulah lahir kurikulum nasional.

Saya pikir bahwa kurikulum apapun pasti berubah sesuai perkembangan jaman hal ini karena kebutuhan yang berbeda-beda setiap jamannya. Pada jaman sekarang begitu pesatnya model-model pembelajaran, berbagai media pembelajaran yang menyenangkan disesuaikan dengan keadaanya. Meskipu berbeda-beda namun tetap satu tujuan untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal, kita pernah mendengar “banyak jalan menuju roma”.

Saya juga berpikir bahwa implementasi kurikulum pendidikan berhasil dimulai dari pengetahuan, keterampilan, hubungan sosial (implementasi pengetahuan dan keterampilan pada kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi sesama) dan terakhir hubungan dengan Maha Pencipta (selalu bersyukur atas nikmat anugrah mencari ilmu dan mengamalkannya, tidak sombong dan angkuh bahwa pengetahuan bersumber dari Maha Pencipta). Jadi menurut saya jika merujuk pada kurikulum 2013 urutannya KI3-KI4-KI2-KI1.

Semoga mulai tahun ajaran yang akan datang dunia pendidikan akan menikmati kurikulum 2013 yang terus disempurnakan sesuai perkembangan jaman dan tidak semakin ribet namun semakin menyenangkan semua pihak. Selama itu pula tidak serta merta tahun ajaran yang akan semua akan akan melaksanakannya.

Sudah malam nih, baiklah kita tunggu perubahan nama kurikulum 2013 menjadi kurilum nasional.

2 Tanggapan to “Kurikulum 2013 Akan Berganti Menjadi Kurikulum Nasional?”

  1. Penilaian Kurikulum 2013 Menjadi Skala 10? | Awan Sundiawan Says:

    […] Kurikulum 2013 Akan Berganti Menjadi Kurikulum Nasional? […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: