Contoh RPP Kurikulum 2013 Semua Mapel SMA: Skenario Mengarahkan Pembelajaran Generasi Z

Ilustrasi

Ilustrasi

Konon dampaknya Generasi Z akan benar-benar dirasakan sekitar tahun 2020, ketika mereka berusia sekitar 25 tahunan, saat memasuki dunia kerja. Mereka diyakini akan sangat tergantung kepada perangkat digital untuk hampir seluruh aktivitasnya. Bagi Generasi Z, kecepatan (speed) adalah kunci keberhasilannya, sejalan dengan kegemaran mereka terhadap yang serba instan. Siapa yang paling cepat memperoleh informasi, memasuki pasar, akan memenangi pertarungan. Ironinya, kecepatan itulah yang dapat membuat mereka terisolasi dari alam nyata, seolah pohon yang tercerabut akarnya, terlepas dari tanah. Maka para orang tua masa kini memliki tantangan baru, yaitu bagaimana untuk menyikapi anak-anak generasi Z dengan bijak. Orang tua selain harus menjaga komunikasi dua arah dengan sang anak, kini juga harus bisa menjelaskan kepada si anak bahwa proses itu merupakan aspek penting, jangan dilupakan. Bahkan konsep dasar bekerjanya sebuah komputer modern  sekalipun adalah INPUT – PROSES – OUTPUT.

Era digital juga membuat Generasi Z kurang trampil dalam berkomunikasi verbal. Mereka terbiasa berkomunikasi dengan gadget elektronik, apakah melakukan chatting via messenger atau SMS. Saya pernah memergoki dua kakak beradik tengah berkomunikasi via chatting, padahal mereka berada di satu ruangan, malah duduk berdekatan. Ini sih kebangetan pikir saya, karena mereka kan bisa saja berkomunikasi secara langsung. Jadi jangan heran kalau ada yang menamakan generasi ini dengan istilah silent generation.

Kelemahan generasi Z adalah sebagian dari meraka tidak mau paham dengan sebuah proses yang detail yang penting cepat selesai dalam artian sebagian dari mereka tidak begitu memetingkan sebuah proses pembelajaran namun dengan instan mereka bisa belajar dengan cepat. Itulah dampak dari dunia digital yang serba instan dan global.

Generasi Z alias generasi digital, adalah kalangan yang paling banyak menggunakan perangkat teknologi sebelum berangkat tidur.  Generasi Z juga tercatat paling banyak melakukan aktivitas berkirim pesan teks pada ponsel sebelum tidur, yaitu 56%, lalu Generasi Y 42%, Generasi X 15%. Baby Boomers adalah kalangan yang paling sedikit melakukan aktivitas ini, hanya 5% saja. Siapa yang terbangun dari tidurnya karena terganggu oleh dering ponsel (SMS, email, telepon, pesan instan, dsb) di malam hari selama beberapa kali dalam seminggu? Ternyata Generasi Y ada 20%, dan Generasi Z sebesar 18%. Jika melihat angka-angka di atas, ternyata semakin muda usia seseorang, semakin besar pula ketergantungannya pada perangkat teknologi.

Untuk menyikapi dan mengarahkan generasi Z di Indonesia, pihak pemerintah telah menyusun strategi dan skenario besar agar generasi Indonesia mada datang tidak salah arah dan dapat membangun generasi Z Indonesia yang memiliki karakter kepribadian yang baik dan benar. Maka dari itu para pendidik diarahkan untuh menyusun proses pembelajaran yang efektif dan menyenangjan untuk para generasi Z tersebut.

Secara prinsip, kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.

Untuk mencapai kualitas yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum, kegiatan pembelajaran perlu menggunakan prinsip yang: (1) berpusat pada peserta didik, (2) mengembangkan kreativitas peserta didik, (3) menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, (4) bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinestetika, dan (5) menyediakan pengalaman belajar yang beragam melalui penerapan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna.

Di dalam pembelajaran, peserta didik difasilitasi untuk terlibat secara aktif mengembangkan potensi dirinya menjadi kompetensi. Guru menyediakan pengalaman belajar bagi peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi yang dimiliki mereka menjadi kompetensi yang ditetapkan dalam dokumen kurikulum atau lebih. Pengalaman belajar tersebut semakin lama semakin meningkat menjadi kebiasaan belajar mandiri dan ajeg sebagai salah satu dasar untuk belajar sepanjang hayat, yang tadinya diberi tahu menjadi aktif mencari tahu.

Kurikulum 2013 mengembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajaran tidak langsung. Proses pembelajaran langsung adalah proses pendidikan di mana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013, semua kegiatan yang terjadi selama belajar di sekolah dan di luar dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler terjadi proses pembelajaran untuk mengembangkan moral dan perilaku yang terkait dengan sikap.

Proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi;
d. mengasosiasi; dan
e. mengkomunikasikan.

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP (berdasarkan Permendikbud 81A lampiran IV)
Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berikut.

  1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  3. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  4. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
  5. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  6. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  7. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  8. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
  9. Keterkaitan dan keterpaduan.
  10. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  11. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (Inilah yang mendukung untuk mengarahkan generasi Z dalam dunia digitalnya)
  12. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. (Inilah yang mendukung untuk mengarahkan generasi Z dalam dunia digitalnya)

Hal yang penting dalam pembelajaran adalah materi yang disampaikan harus meliputi: data/fakta, konsep, prinsip, prosedur dan nilai sikap bagi peserta didik, maka seorang guru sangat perluuntuk menyusunya berupa RPP.

Untuk lebih jelasnya saya sediakan contoh RPP beberapa mata pelajaran SMA, format RPP di bawah ini berlaku juga untuk semua jenjang dan mapel-mapel lainnya. Semoga bermanfaat.

Bahasa dan Sastra Indonesia
Bahasa Inggris
PAI dan Budipekerti 
PPKn 
Matematika Sejarah
Penjasorkes
Seni Budaya
Kimia
Fisika
Biologi
Ekonomi
Sosiologi
Geografi
Bahasa Jepang
Antropologi
Prakarya

165 Tanggapan to “Contoh RPP Kurikulum 2013 Semua Mapel SMA: Skenario Mengarahkan Pembelajaran Generasi Z”

  1. Muheri Sidoarjo Says:

    Matur tengkyu kang Awan . . . .
    Semangat Pagi . . . .

  2. Budi Santosa Says:

    izin unduh kang… untuk dibagi kepada teman-teman… makasih banyak.. salam pendidikan dari kalimantan tengah., http://www.budies.info

  3. usamah Says:

    minta izin buat didownload sebagai referensi membuat rpp

  4. Ibrahim.HB Says:

    trimakasih kang, semoga bermanfaat untuk semua , dalam mencetak kader bgs /SDM yg berkualitas

  5. awan sundiawan Says:

    @all: semangat pagi semuanya, terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

  6. ekagun Says:

    Salam Kenal and Persahabatan,Kang??

  7. Yusfiatini Says:

    Izin unduh ya pak…

  8. DSK Says:

    haturnuhun informasinanya pak. salam kenal🙂

  9. KAMILUN Says:

    pak bagus karyanya, ijin unduh ya pak mapel sejarah

  10. odonk Says:

    nuhun kang ka tampi pisan,,,,

  11. suroso Says:

    matur nuwun….

  12. abdur rahim Says:

    izin ambil ya… terimakasih

  13. mashudan andi wijaya Says:

    matur nuwun kang awan semoga allah membalasnya dengan limpahan rejeki dan kebaikan sekeluarga. aamiin.

  14. i B Diarta Says:

    makasih bli, berbagi adalah amal kebajikan, hidup guru

  15. Tri S Says:

    Trimakasih banyak pak, ijin unduh y pak. selamat hari Guru.

  16. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat

  17. Siti Jariyah Says:

    Saya izin mengunduh…..Terimakasih…..

  18. e Says:

    Matur nuwun banget ada yang lebih komplit lagi tidak yah…..

  19. Indah Budiarti Says:

    Terimakasih sekali mohon ijin download

  20. resnadarwis Says:

    Izin unduh ya pak, terima kasih

  21. srijanto Says:

    Ijin unduh pak, makasih buanyak !

  22. eka budi Says:

    trims atas keihklasan berbagi ilmu!

  23. sugeng widadi Says:

    dengan hormat kami ijin download, semoga menjadi amal dan pengembangan kompetensi teman2 seprofesi. Amin ya ROb

  24. emi Says:

    Terimakasih banyak untuk contoh RPP nya, sangat membantu sekali. Terimakasih

  25. Ali Tafrikhin Says:

    Trim’s atas kebaikannya.
    Semoga bermanfaat demi kemajuan anak didik kita, amin,
    Maaf dan makasih banget.

  26. wayahni Says:

    terimakasih banyak untuk contoh RPP nya, ijin unduh sejarah

  27. Lina Setiawati Says:

    terimakasih, semoga bisa ikut memajukan pendidikan indonesia yang lebih baik lagi.

  28. Neng NeAny Says:

    Terima Kasih sangat atas contoh RPP nya, bisa mengurangi kebingungan saya.
    sangat amat membantu.
    Izin unduh PAI dan Budi Pekerti
    Jazaakumullahu Khoiran……..

  29. Enro Seto Says:

    Suwun Bro, melok ngunduh Bahasa Indonesia

  30. edy junaidi Says:

    alhamdulillah, n trimaksih banyak…smoga berkah,,,,aamiin

  31. Ida Sanjaya Says:

    KUR 2013 benar” rinci

  32. Nedi Arwandi Says:

    Terima kasih udah berbagi

  33. Masbenu Says:

    Terima Kasih Mas… Ijin Download… Kalau ada yang lebih lengkap lagi mohon dikabari…

  34. Sukoco Says:

    Ass. Kang Awan mohon izin, saya unduh RPP untuk referensi. Salam hangat dari Papua Barat.

  35. Prima Ratih Says:

    Reblogged this on primaratih.wordpress.com and commented:
    WOW sangat bermanfaat

  36. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas kunjungannya, silakan unduh dengan bebas dan semoga bermanfaat.

  37. Irman Says:

    hatur nuhun

  38. yusuf dana sumitra Says:

    Mohon izin unduh pak

  39. kiestanto Says:

    contoh PPkn yang kelas XI mana kang ??
    hehe mohon di tampilkan juga. Terimakasih

  40. Mutamakin Says:

    Esun ucapkan terimakasih semoga Alloh membalas kebaikan Kang Awan

  41. ferriz Says:

    Sangat lengkap. Siip. tq

  42. dabdulmuis@gmail.co.id Says:

    terimaksih tak terlupakan dari contoh yang itu, moga Allah masih sayang dengan hambaNya

  43. andre Says:

    Terimakasih banyak Bang, sangat bermanfaat sekali ilmunya. mohon ijin download ya…..

  44. dewanri Says:

    maaf, kalau busa saya minta rpp pengkap PKNnya
    dewanricute@yahoo.co.id

  45. Insanul Kamal Says:

    Terimakasih banyak pak untuk contoh RPP nya, mantap… sangat membantu sekali. Terimakasih, semoga bapak selalu sehat

  46. Djoko Basuki Nugroho Says:

    Matur nuwun sanget pak….

  47. wakir.adma Says:

    Trima kasih ats perkenannya berbagi

  48. Moe Hamad Kom Says:

    terima kasih banyak pak…. numpang sedot bat teman-teman juga nih…………

  49. nanang Says:

    terima kasihatas sgl infonya

  50. La Rahamani Says:

    izin unduh utk teman2, somaga bermanfaat, amiiiin.

  51. Fikri Mighwaril Alam Says:

    izin bwt belajar bkin yaa .. trima kasih🙂

  52. salamun musa Says:

    trimakash izin donlod ya buat belajar sukron katsiron😉

  53. putra Says:

    trima kasih buat teman seprofesi… bs membantu kami di daerah terpencil…
    izin downlod ya…

  54. Yusran Says:

    Assalamu alaikum, terima kasih izin donwloadx, untuk dipelajari dn digunakan, smoga menjadi pahala jariyah

  55. Slamet Says:

    Assalamu’alaikum,izin unduh kang…. tengkyu

  56. medan Says:

    terima kasih, semoga sukses

  57. fauziana Says:

    Nwun idzin unduh, makasih smoga bsa untuk dipelajari dan digunakan serta bermanfaat… Amiiiinnnn….

  58. Nanang Mulyana Says:

    terimakasih banyak, sangat membantu untuk PBM< saya

  59. susi tri n Says:

    TERIMAKSIH BANYAK,,,,ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah

  60. youlnh Says:

    Thank U, Thank U, Thank U, Thank U,Thank U,Thank U,Thank U, very Much, It helps me and my friends alot, May Allah helps U whenever U need Bro, amiiin

  61. Omet Says:

    izin sedot ya gan,… sangat membantu

  62. elda Says:

    terimakasih ya pak, sangat membantu kebetulan materi yg di contohkan di RPP pas sekali dgn yg saya susun hehe

  63. Akhmadibig Says:

    Thanks Mr. Awan for your permission to copy

  64. faiz18 Says:

    suwun kang, salam dr guru semarang

  65. sri wahyuni Says:

    TERIMA KASIH , INI SANGAT BERMANFAAT BUAT REKAN-REKAN DI BEKASI

  66. f.rozi Says:

    tirima kasih,ustadz semoga menjadi amal jariyah ustadz

  67. Samingan Rahmadi Says:

    thank you, hatur nuhun

  68. Janner Hutabarat Says:

    Terimakasih ya, atas segala informasi yang sangat berharga buat kami, Semoga selalu SEHAT, SUKSES, SEJAHTERA, mohon informasi jika ada buku panduannya. Trms

  69. Fermazoni Fersal Says:

    Terimakasih Pak Awan, semoga apa yang pergunakan ini menjadi amal bagi anda.Amiiin

  70. Tekad Budiantoro Says:

    Mohon izin mengunduh pak Wawan, trims…

  71. tativoermans16@yahoo.com Says:

    Atas izin Bapak saya mengunduh , untuk membantu kelancaran kegiata belajar dan mengajar dengan Kurikulum 2013

  72. hilda Says:

    Thank u kang,sangat bermanfaat buat saya.

  73. amo Says:

    Mohon ijin mengunduh, terima kasih atas kebaikannya. semoga Allah membalas amal baik Bapak.

  74. Saripuddin Lubis Says:

    Salam kenal. Wah, bermanfaat sekali. Saya ambil datanya, ya.Semoga dibalas segala kebaikan, Mas.

  75. pak ketut Says:

    mas salam kenal, bersyukur sekali banyak manfaatini ijinkan saya mengunduh untuk membantu kelancaran dengan kurikulum 2013 terima kasih

  76. yanti Says:

    thanks ya pak buat infonya🙂

  77. mansur Says:

    apa blum ada perangkat ntuk kls XI ? mohon klu ada

  78. tativoermans Says:

    Bagi saya sangat membantu dalam mempersiapkan kegiatan belajar mengajar.. Terima kasih

  79. suakcot Says:

    terima kasih kang
    tapi lengkap gak tu
    kalau bisa sekalian kkm, prota promes juga ya mas hehehe
    http://yasirmaster.blogspot.com

  80. Guswin Says:

    Ijin unduh untuk tambahan referensi, matur nuwun

  81. Mas Qoqo Als Says:

    seni budaya rpp kelas x semster 2 ada tidak

  82. karel Says:

    mat pagi Pak, Beta berterima kasih sangat atas penyediaan contoh RPP-nya. Kami di indonesia timur pada tapel 2014/2015 ini baru dikenalkan dengan implementasi kurikulum 2013. Boleh dong minta sediain buku Raportnya …

  83. Candra Budiansyah Says:

    trim ya pak atas ilmu nya smoga jadi amal jariyah amin candra Simeulue

  84. murdal Says:

    Saya juga kepengen kurikulum lengkapnya

  85. Julyster Sinurat Says:

    Makasi banyak bro…

  86. yustinus priyantara,S.Pd Says:

    trimakasih mas, maju pendidikan Indonesia yo mas

  87. Evilya Fathah Says:

    Thx ya……insya Allah berguna🙂🙂

  88. ariani Says:

    trimakasih ya mas.sangat berguna sekali

  89. Nonita Says:

    Trima Kasih…mohon izin untuk d unduh…

  90. suwito Says:

    Terima kasih …atas izin downloadnya, semoga mjd amal baik….

  91. verdi Says:

    thanx

  92. akhyak Says:

    matur thankyou sangat bernafaat smoga menjadi amal sholeh, dengan berbagi di bulan suci

  93. N Fatawi Says:

    Hebat ya, ini baru pahlawan mencerdaskan bapaknya bangsa, heheheh…

  94. Who am I? Says:

    saya baru tahu ada istilah generasi x, y, z itu. Sangat bermanfaat ini.

  95. dgdfgdsfgsdfg Says:

    abal2

  96. sallll Says:

    ada rpp sejarah indonesia wajib sma kelas xi ???

  97. sitinurmadinah Says:

    Bk Ъќ>:/ Ǟϑǟ yah

  98. inaf Says:

    jazakallah khoiron katsira, semoga menjadi amal sholih…amiiin

  99. merilianacandra Says:

    terima kasih pak… ini sangat membantu ..ijin unduh untuk sosiologinya…

  100. yamni Says:

    ijin mengunduh makasih………….

  101. tativoermans Says:

    Terima kasih, SANGAT…SANGAT membantu kegiatan belajar mengajar, yang berdomisili di luar Indonesia ( Belanda )

  102. Kaynish Says:

    Untuk Bahasa Jerman belum ada yah?

  103. epi Says:

    makasih yaa….dah ijin undah semoga menjadi amal sholeh Aminn…

  104. rita hardianawati Says:

    izin download makasih

  105. aidil johar Says:

    ijin unduh ya mas semoga menjadi ilmu yang bermanfaat yang pahalanya sampai akhir

  106. miftah Says:

    hatur nuhun kang kana bantosanana..jazakumulloh

  107. titin fatimah Says:

    hatur nuhun kang awan

  108. Wigusti Eko Sutaryo Says:

    mantap gan…dengan penuh senyum manis saya sangat senang

  109. suhana Says:

    Hatur nuhun kang kana bantosanana..jazakumulloh

  110. khusnul Says:

    ijin unduh ya smg bisa lbh bermanfaat ilmunya

  111. Adli azhari jkrt Says:

    mohon ijin untuk unduh ya pa makasih banyak atas semuanya luaaar biasa sumbangsihnya utk pendidikan bapak…………..

  112. kiki Says:

    jasakumullah sy unduh ya

  113. kulidesain Says:

    yang full RPP seni budaya ada gak ni?

  114. ernawati Says:

    semoga pa awan and keluarga sehat selalu hingga selalu dapat membantu guru dan dunia pendidikan terima kasih

  115. AP.ADI Says:

    Thanks mg tmbh sukses n mg ini sgt brguna bg anak bangsa

  116. novita Says:

    kurikulum 2013 program nya bagus tapi pada penerapan nya KURANGGG di sekolah ku saja buku kurikulum 2013 blm ada baru 4,guru nyuruh murid aktif cari info dari internet mau gak mau harus pke hp android bwt sekolah,dan gak semua orang mampu bwt beli android/laptop untuk nyari tgs di internet.

  117. mansur Says:

    terima ksh mampir juga untuk mengunduh sebagai bahan acuan kepada kami, sukses dan tetap berkarya untuk negeri…

  118. Asni,S. Sos.,M.Pd Says:

    Trimaksh atas tersedianya contoh rpp sosiologi. Ini bisa menjadi bahan acuan kami membuat rpp yang lain.salam kenal smoga tetap sukses.

  119. zulkifli Says:

    Hatur Nuhun

  120. hagib soewito Says:

    trimakasih pak de bagi-bagi ilmu smoga bermaaf dan semangat tuk berkarya

  121. zani Says:

    trim’s banyak

  122. taufiq Says:

    izin donlud smua contoh rpp kur 2013, gan. sangat membantu ini, gan. terima kasih

  123. nanang bedjo Says:

    ikut nimbrung buat perbandingan , terimakasih

  124. suakcot Says:

    entah kapan ada rpp kurikulum 2013 untuk semua mata pelajaran??
    masterwinkom.blogspot.com

  125. Suhandi Yusuf Says:

    Makasih buat share rpp bahasa Indonesia nya pak Wawan? kalau bisa kirim ke email saya format penilaian tuk semua aspek

  126. Anas Bantul Says:

    Timakasih atas kebaikan bapak…….

  127. asdie Says:

    terima kasih atas ilmu yang diberikan kepada kami pak…..semoga atas apa yang bapak berikan menjadi amal kebaikan buat bapak khususnya dan bagi kita semua pada umumnya

  128. Silvana Marada Says:

    izin mengunduh ya pak

  129. Khoping Ho Says:

    Tanhks Mas tlh izinkan downloads file rpp kurikulum 2013

  130. Muhammad Maulana Says:

    Ini yang dicari-cari, Ijin Download gan…
    muhmaulana94.blogspot.com

  131. Slamet,S.Pd.,MA Says:

    terima kasih pak sangat bermanfaat

  132. agus Says:

    matur nuwun mas gak iso mbales sing biso singkuoso

  133. Khoping Ho Says:

    Terima Kasih Mas Awan.

  134. Nurhayati Says:

    Bahasa Sunda untuk SMA ada ga pak

  135. arparmazrecord Says:

    RPP Dengan SILABUS Sosiologi untuk SMA Kelas XI dan XII Ada ga Pak…? Trims

  136. nofi lestari Says:

    silabus dan rpp bahasa jawa kok gak ada pak???
    tolong dong dishare,butuh bgt neh…………

  137. rpp sosiologi sma kurikulum 2013 Says:

    malam mas, ada silabus sosiologi sma kurikulum 2013 gak?

  138. Abdul Malik Sarumpaet Says:

    Thanks for your information. I really impressed to read yours.

  139. Albert Ahong Says:

    Mkch banyak pak….. ini sangat bermanfaat bagi sya…

  140. afrizal Says:

    mlm mas ada rpp biologi kls x sma kurikulum 2013

  141. palim0 Says:

    admin yth.
    dari rpp yang di-upload ada beberapa hal yang perlu saya kritisi.
    1. Perumusan indikator; bukankah indikator dirumuskan berasarkan lintasan tahapan berfikir kognitif dimulai dari yang mudah ke yang sulit(Taxonomi Bloom).
    2. Penulisan materi pelajaran; bukankah dalam permen 65 tahun 2013 atau permen 59 thn 2014 menyatakan bahwa materi pelajaran terdiri dri FAKTA, KONSEP, PINSIP dan POSEDUR, dasar pemikiran lainya K13 menggunakan pendekatan Saintifik yang berbasiskan FAKTA
    3. Penerapan 5 M dalam kegiatan inti; bukankah K13 berpusat pada siswa sehingga kegiatan 5 M semuanya adalah kegiatan siswa, dan ( M: Menanya) bukan guru bertanya pada siswa melainkan siswa merumuskan pertanyaa atas Fakta yang diamati sehingga tumbuh rasa ingin tahu pada diri siswa
    4. Penilaian Sikap Sosial; bukankah dalam silabus, KD sikap sosial terdiri dari beberapa KD, sehingga penialaian sikap sosial akan disesuaikan antara KD dengan Materi Pembelajaran/Materi Pokok, dan tidak semua materi pokok dalam 1 tahun sikap sosiaol dinilai dengan cara yang sama.

    terimaksih, mohn maaf bila kurang berkenan dan tidak tepat sasran

  142. RPP Kurikulum 2013 SD Says:

    Ulasan RPP-nya sangat bagus pak. Benar-benar informatif. Saya dari blog pembelajaran guru SD sedang melakukan blog walking mencari informasi seputar RPP Sekolah Dasar.

  143. muji Says:

    Mksh pak mohon izin tuk diunduh

  144. irwan Says:

    hatur nuhun pisan…..

  145. awan sundiawan Says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga contoh RPP di atas dapat dikembangkan dengan baik dan semoga bermanfaat.

  146. Muhammad Erwin Says:

    Permisi Pak, numpang promosi:
    Bagi bapak/ibu guru yang butuh bantuan dalam menyelesaikan tugas membuat RPP, kami menyediakan jasa pembuatan RPP Kurikulum 2013 (kelas 7 dan 8). Sudah lengkap Prota, Prosem, Silabus, dan RPP K13.

    Teknis penyusunan RPP mengacu kepada Permendikbud no.81A. Bersumber kepada Permendikbud no.58 tahun 2014, buku siswa dan buku guru K13 revisi 2014.

    Biaya hanya Rp. 100.000 saja

    Teknisnya:
    1.Bapak/ibu pesan melalui sms 0852-6152-9004.
    2.Kemudian saya akan mengirim contoh RPP sebanyak 3 BAB semester satu, dan 3 BAB semester dua.
    3.Bapak/ibu memeriksa RPP K13 yang saya kirim, jika bapak/ibu merasa cocok, lanjut ke langkah ke-4
    4.Bapak/ibu transfer Rp.100.000 , ke rekening saya.
    5.Saya kirim RPP K13 versi lengkapnya.
    6.Bapak/ibu memeriksa kembali, kalau ternyata tidak cocok, uang akan saya kembalikan ke rekening bapak/ibu.

  147. Muh. Arsyad Rahim Says:

    Sangat membantu untuk tugas-tugas PBM di kelas, dan bahan referensi dalam membuat perangkat PBM

  148. tina aulia Says:

    dengan hormat kami ijin download, semoga menjadi amal dan pengembangan kompetensi teman2 seprofesi. Amin ya ROb

  149. Trisno Setiabudi Says:

    Jazakalloh khairon kastsiro sangat bermanfaat sekali.

  150. saepudin Says:

    mks atas kebaikan hatinya smoga ditrima amalnya

  151. joice majampoh Says:

    makasih ilmunya pak…..

  152. Syarief Alfredho Says:

    Sangat bermanfaat😀
    Terimakasih

  153. AUZAR Says:

    izin nyimak om

    lulusan BK suruh buat rpp , jadi na malah pening ya hehehehe

  154. Mr.Ahmad Says:

    IZin mengunduh ya

  155. hasana Says:

    ilmu yang bermamfaat harus dibagikan kepada semua orang

  156. sunardi Says:

    ok tanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: