Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Versi Desktop (Silakan Unduh)

KBBI Desktop versi 1.5

KBBI Desktop versi 1.5

Saat ini Kamus Besar Bahasa Indonsia (KBBI) sudah diterbitkan dalam bentuk aplikasi dekstop, jadi tidak usah repot-repot membawa KBBI cukup tebal, sekarang dapat dimasukkan dalam flashdik dan dipasang di berbagai komputer. Jadi pengguna komputer tidak ada salahnya untuk memasang KBBI terserbut untuk berbagai keperluan. Cara memasangnya juga sangat mudah, cukup diekstrak hasil unduhannya kemudian jalankan file kbbi.exe

KBBI versi luar jaringan (luring) atau offline versi 1.5 saat ini kembali dirilis. Kali ini terdapat tambahan fitur yang bermanfaat untuk mencari kata dengan pola tertentu (diistilahkan dengan Regular Expressions atau Regex). Selain itu ditambahkan pula beberapa fitur dan perbaikan dari versi sebelumnya. Silahkan ikuti ulasan berikut mengenai apa itu Regex.

Didalam dunia programming, web developer, pencarian di database, dan sejenisnya, biasanya Regular Expressions sudah tidak asing lagi. Teknik ini banyak digunakan untuk pencarian kata (text atau string) dengan pola-pola tertentu. Mulai versi 1.5, KBBI Offline mendukung pencarian dengan Regex ini. Caranya tinggal memilih ‘RegEx’ di pilihan lema dan tulisan pola kata yang ingin dicari, kemudian tekan Enter atak klik tombol Cari.

Mengenal Regular Expressions (RegEx)

Pembahasan lengkap tentang Regex ini tidak akan saya bahas di tulisan ini. Hanya beberapa pola yang saya jelaskan, terutama penggunaannya di KBBI Offline ini. Ketika memilih pencarian dengan Regex, ada beberapa huruf (karakter) khusus yang mempunyai fungsi tertentu, yaitu: .*?+[{|()^$\. Ketika mencari dengan menyertakan satu atau lebih huruf tersebut, berarti pencarian menggunakan pola tertentu. Beberapa fungsi huruf khusus yang cukup bermanfaat di KBBI Offline antara lain:

Huruf Penjelasan
. Mencari sembarang satu huruf. Misal aba.. akan ditemukan didalam kata: abadi, abadiah, abaimana,abaika dst
+ Mencari huruf sebelumnya atau ditambah dengan sembarang kata/huruf setelahnya. Misalnya aca+ maka akan dicari semua kata yang awalannya aca, misal : acah, acala, acang dst.
{n}
{n,m}
Mengulangi huruf sebelumnya sebanyak n sampai m kali. Jika tanpa m, maka huruf sebelumnya diulangi sebanyak n kali. Misalnya ma{2}f akan menemukan kata maaf, karena huruf a diulang sebanyak 2 kali (a{2}).
[…] Mencari salah satu huruf yang ada didalam tanda kurung siku
[^…] Mencari yang tidak ada hurufnya didalam kurung siku
^ Mencari dari awal kata/text (mengawali text)
$ Mencari tepat di akhir (mengakhiri text). Jika digabungkan dengan tanda ^ di bagian awal, maka akan mencari tepat kata. Misalnya ^aba..$ akan mencari kata yang diawali ‘aba’ ditambah dengan tepat dua huruf setelahnya (abadi, abaka, abang).

Kalau hanya deskripsi fungsi diatas mungkin kurang jelas dan banyak yang masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Untuk lebih mempermudah, beriku beberapa contoh penggunaan Regex di KBBI Offline untuk mencari kata-kata tertentu :

  • ter.m..l akan mencari kata yang memuat tulisan ‘ter’, sembarang satu huruf (tanda .), diikuti huruf ‘m’, diikuti lagi sembarang 2 huruf (tanda ..) dan diikuti huruf ‘l’. Sehingga ditemukan kata: terampil, terombol
  • ^per.m.+ akan mencari kata yang diawali per (karena ada tanda ^ sebelum per), diikuti satu huruf (tanda .), diikuti lagi huruf ‘m’, diikuti sembarang huruf sebanyak-banyakknya ( . = sembarang huruf dan tanda + berarti sembarang huruf tersebut boleh ada sebanyak-banyaknya). Sehingga akan ditemukan kata semisal : perambut, perempuan, perimbas, perimeter dsb.
  • ^ka.+sasi$ mencari kata yang diawali ka, diikuti sembarang huruf (tanda .) yang boleh ada sebanyak-banyaknya, kemudian diikuti ‘sasi’. tanda $ berarti tidak ada huruf lagi setelah ‘sasi’ (sasi adalah text terakhir). Sehingga ditemukan kata semisal: kaderisasi, kanalisasi, katalisasi dsb.
  • ^se.{3}ing$ akan mencari kata yang diawali ‘se’ (ada tanda ^ sebelumnya), diikuti sembarang huruf (tanda .) yang diulang 3 kali ( {3} berarti huruf harus ada sebanyak 3 kali, karena huruf sebelumnya adalah tanda . berarti sembarang huruf ada 3) kemudian diikuti ‘ing’ dan setelah ‘ing’ tidak boleh ada huruf lagi (karena ada tanda $). Sehingga ditemukan : sekering, sepeling, seruling, dsb.
  • ^se.{1,4}ing$ sedikit modifikasi dari pola sebelumnya, perbedaannya disini diantara ‘se’ dan ‘ing’ boleh ada sembarang huruf sebanyak 1 sampai 4 kali. Sehingga ditemukan kata semisal : sekring, selanting, seling, semunding, dsb
  • ^l[ae]mp[aiueo]{2}$ mencari kata yang diawali huruf ‘l’ diikuti huruf ‘a’ atau ‘e’(tanda [ae]), diikuti huruf ‘mp’, diakhiri huruf a/i/u/e/o (tanda [aiueo]) sebanyak 2 kali (tanda $). Sehingga ditemukan kata : lampai, lampau, lempai

Mungkin beberapa contoh diatas cukup untuk mewakili contoh penggunaan Regular Expression untuk pencarian kata didalam KBBI Offline 1.5 ini, semoga tidal membuat bingung :) (meskipun wajar saja jika masih bingung, karena ketika awal menggunakan regex saya pun juga tidak mudah mengikuti pola-pola tersebut). Informasi di atas hanya sebagian kecil saja penggunaan regex, masih sangat banyak pola lain yang bisa dikembangkan, dan huruf khusus atau penanda pola untuk regex juga masih banyak. Selengkapnya bisa membaca beberapa referensi disini : Regex reference atau di regular-expression.info.

Selanjutnya apa saja perubahan di versi 1.5 dibanding dengan versi sebelumnya? Berikut selengkapnya:

  • * Perbaikan error ketika klik bagian kosong kata utama/tambahan
  • * Perbaikan setting ‘Tepat sama’ di pencarian arti
  • * Perbaikan hasil pencarian arti yang sebelumnya huruf kecil semua
  • + Penambahan informasi tooltip menu/button
  • + Menu informasi singkatan yg lebih informatif
  • + Pencarian kata dengan Regular Expression
  • + Menampilkan kata acak (button ‘Rnd’ atau Ctrl+R)

Seperti biasa, KBBI Offline adalah freeware dan juga open source. yang ingin menggunakan langsung, silahkan download KBBI Offline 1.5 installer atau KBBI Offline 1.5 Portable. Source kode bisa dilihat di Google Code KBBI Offline.Semoga bermanfaat.

Sumber: http://ebsoft.web.id

//

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: