Pendataan Guru SMA/SMK di PTK Dikmen Kemdikbud

PTK Dikmen

PTK Dikmen

Setelah saya memverifikasi dan memvalidasi NUPTK tahap ke-1 dan tinggal menunggu pengajuan tahap akhir, maka saya harus mengisi data lagi yang lumayan lengkap juga pendataannya yaitu di PTK Dikmen Kemdikbud. Bagi Bapak Guru SMA dan SMK silakan lihat dulu formulirnya di sini agar data-data yang dibutuhkan dipersiapkan terlebih dahulu.

Konon katanya bahwa pendataan di PTK Dikmen Kemdikbud ini sangat berguna untuk pemetaan guru dan pemberian tunjangan profesi (sertifikasi). Idealnya pengisian data terserbut dilakukan oleh guru yang bersangkutan agar data-datanya valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Yang saya rasakan saat ini, saya dituntut harus mengisi data yang hapir sama pada tiga aplikasi, yaitu: 1. Paket Aplikasi Sekolah atau PAS (pendataannya lengkap sekali), 2. Pendataan dan verifikasi NUPTK, 3. Pendataan PTK Dikmen.

Karena begitu pentingnya data terserbut bagi saya, maka saya lakukan pengisiannya dengan benar. Meskipun dalam benak saya sempat terlontar pertanyaan, “Apkah pada masa yang akan datang akan terjadi pemusatan data?”

Semoga dengan sedikit direpotkan pihak oprator sekolah dan guru dalam pengisian data yang hampir sama, hal ini merupakan langkah awal untuk perbaikan pemusatan data, jadi ke depannya tidak harus mengisi pada banyak aplikasi.

27 Tanggapan to “Pendataan Guru SMA/SMK di PTK Dikmen Kemdikbud”

  1. Claudio Abbott Says:

    Ya terkadang pemerintah dalam semua kesibukannya mengabaikan sebuah kepentingan guru dengan batas waktu perbaikan yang terus berkurang lalu bagaimana mengenai situs kemdikbud yang sedang macet itu, ya mungkin kita hanya bisa menunggu perbaikan situs yang dilakukan pihak teknisi dari kemdikbud sendiri agar bisa secepatnya mengakses info valid tidaknya data dapodik bapak/ibu guru semua.

  2. Osvaldo Pittman Says:

    Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya untuk meningkatkan keakuratan pendataan pendidikan nasional. Seringnya terjadi kesimpangsiuran dan ketidakvalidan data menyebabkan terhambatnya kegiatan di sektor pendidikan karena belum ditunjang dengan teknologi dan informasi yang memadai. Sebagai upaya percepatan pendataan Data Pendidikan, pemerintah pada tahun ini memperkenalkan pendataan secara online, melalui software (aplikasi) yang tersedia di website infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Sekolah yang sudah memiliki aplikasi pendataan selanjutnya melakukan entry data berupa data sekolah, data pendidik dan tenaga kependidikan, dan data siswa selengkap-lengkapnya. Setelah terisi lengkap kemudian dikirim secara online.

  3. gold price Says:

    Mengingat telah diberlakukannya sistem online ini, tentu guru/PTK harus aktif dan selalu memantau informasi terkait pendataan online dapodik. Klik di sini untuk melihat post cek hasil input data Dapodik sekolah di Pendataan Dikdas Kemdikbud. Semoga bermanfaat.

  4. JONI Says:

    Saya sangat setuju dengan cara pendataan guru (PTK) secara on line, hanya saja sebaiknya juga pemerintah khususnya kemdikbud mengupayakan agar tunjangan sertifikasi juga langsung ke guru tidak melalui lagi pemda/pemkot masing-masing karena banyak masalah yang terjadi (tidak lancar penyalurannya). Ini bukan lagi masalah kecil, dan pemerintah pusat sudah tahu, hanya saja pemerintah pusat pura-pura tidak tahu dan menganggap lancar-lancar saja karena ada pihak-pihak tertentu yang mengambil keuntungan dibalik itu.

  5. JIHANDAK Says:

    Pemerintah sangat tidak adil dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan guru. Pemerintah selalu meminta pendapat kepada para dosen perguruan tinggi (sebagai guru) jika keputusan itu menyangkut guru, padahal dosen tidak mengerti bagaimana keadaan dilapangan. Dosen memang guru untuk para mahasiswa, tetapi untuk siswa tingkat menengah dan dasar, maaf para dosen tidak tahu apalagi pendidikan kita sekarang sangat jelek karena masuk dalam ranah otonomi daerah. dimana kebijakan sangat jauh berbeda antara langit dan bumi kalau kita hubungkan antara kepentingan mahasiswa dengan siswa-siswa sekolah tingkat dasar dan menengah. Tidak adil yang lain: pembayaran tunjangan sertifikasi, dosen lancar-lancar saja, sedangkan para guru tidak lancar, antara satu daerah dengan daerah yang lain masing-masing aturannyanya berbeda, sesuai dengan kepentingan daerahnya masing-masing. Ada daerah yang setiap pembayaran maka guru tersebut diharuskan memasukkan data akal-akalan dengan ancaman kalau tidak memasukkan data maka berikutnya tidak akan dicairkan, dan kalau kita memasukkan data maka harus ada amplop upetinya yang nilai besarannya berbeda-beda

  6. awan sundiawan Says:

    Yang perlu dicermati sekarang adalah pendataan di DAPODIK dan DAPODIKMEN, DAPODIKMEN bersumber dari dari PAS, jika data guru pada DAPODIK atau DAPODIKMEN datanya akurat maka akan aman pada pencairan sertifikasi, jika tidak valid maka sertikasi kemungkinan akan bermasalah. Maka dari itu untuk guru SD-SMP silakan cek kevallidan data di DAPODIK dan untuk guru SLTA silakan cek data di data PAS yang ada di sekolah di DAPODIKMEN.

  7. Aries Toding Says:

    Saya pun sudah mengisi formulir diatas sejak dari tahun 2012, walaupun saat ini saya masih status GTT/GBPNS, tapi saya sudah memiliki NUPTK. Manfaat yang saya dapatkan adalah berhubungan dengan Tunjangan Fungsional Non-PNS. Saya sudah menerima tunjangan tersebut sejak tahun 2010-2012, tapi untuk tahun 2013 ini belum dicairkan (kab. Minahasa Sulawesi Utara), padahal biasanya bulan Juli atau Agustus sudah dicairkan untuk semester pertama. Jadi mohon informasi teman-teman yang juga menerima tunjangan fungsional non-PNS ini, apakah di daerah teman-teman juga demikian?

  8. Darmina Says:

    Assalamualaikum wr wb, Pak Awan formulir PTK dikmen wajib diisi, karena sekolah kami belum dapatkan informasi untuk pengisian data tersebut, mohon bantuan!!

  9. Nur Jaya Says:

    SAYA SUDAH LAMA MENGISI DATA PTK DIKMEN. DAN SEKARANMG ADA PERUBAHAN DATA DAN SAYA LUPA KODE VERIFIKASINYA.. MOHON SOLUYSINYA

  10. Asep NM Says:

    Pertanyaan saya juga sama tidak bisa edit kerena kode verifikasi salah padahal sudah saya tulis dan itu benar, tapi tetap saja tidak bisa di buka. mohon solusinya…..?

  11. awan sundiawan Says:

    Sepertinya format di atas tidak wajib diisi

  12. lina efriani Says:

    formulir ptk pada dapodikmen wajib diisi oleh ptk??? apa ada hubungannya ke tunjangan sertifikasi guru nantinya kalau tidak mengisi formulir tersebut???

  13. Andy Rafi Says:

    Kode Verifikasi saya ditolak …. mohon solusinya ….

  14. dadang machmudin Says:

    mengapa tiap ngisi sering sekali hilang dan muncul kata” gagal melakukan koneksi” Ada kiatnya spy tdk gagal?

  15. awan sundiawan Says:

    menurut saya abaikan saja Pa.

  16. Nur Jaya Says:

    KNP BELUM ADA SOLUSIX KLO KODE VERIFIKASI TDK DITERIMA

  17. yus Says:

    berapa digit kode verivikasi yang kita isi, angka atau huruf mhon solusinya..ditunggu

  18. Yeli Says:

    boleh tau ya untuk apa pengisian data2 guru ini??

  19. MASDIANTO Says:

    mohon bantuannya pak. klau sudah diisi, kemudian ada data yg diedit tapi kode verifikasi nya lupa. gmana cara masuknya lagi… tlg share donk…

  20. sunarno Says:

    trim ats contfirmasinya

  21. sunarno Says:

    asalamualaikum..wr.wb..mohon bantuan pak,km dri sklah baru mengikuti program data pas, pd saat singronisasi nomor npsn tidak terdaftar sementara sklh kmi sudah didanai dana bos dengan nomor npsn 88800041,tlng shar donk…trimk

  22. sunarno Says:

    untk pelaporan sdh kmi hbungi pihak dinas kbupaten sy jg sdh membuat memo kpd tim pendataan pusat namun spai pd saat ini blum ada tangapan mhon solusinya …..trim

  23. Wahyu SMAN20SBY Says:

    Untuk pendataan dari pihak dikmen tidak ada pendataan yang terkait, kami sudah konfirmasi melalui Fax/Telp via e-mail. Sudah dibalas bahwa situs resmi http://ptkdikmen.kemdiknas.go.id. bila Bapak/Ibu guru silahkan cek data Anda pada menu ”
    “Cek SK Tunj. Profesi”
    Pihak dikmen hanya menyampaikan info mengenai pengecekan SK Tunjangan. Profesi.

  24. rudianto Says:

    sebenar aplikasi apa sih yg mau dipakai oleh mendikbud perasaan banyak sekali aplikasi yg harus dikerjakan oleh guru sehingga membuat bingung sampai lupa ngajar kalau menurut saya pakai saja satu aplikasi yg baku

  25. ARIS Says:

    untuk pendataan lengkap guru buatkan 1 aplikasi yang mudah pengisiannya misalnya untuk siswa cukup jumlah siswa per jenjang kelas. skrg banyak aplikasi yg sulit dijangkau pengisiannya kecuali oleh orang yg secara khusus kerja itu tanpa ada pekerjaan lain yg dipikir. ada PAS,PDSS,DAPODIK,

  26. yus Says:

    ia …semakin lam makin sulit….!, tapi yang penting semangat….!,
    tolong bapk kalo ada informasi terbaru atau program baru jgn lupa bapk email ke saya pk..trma kasih…

  27. RIJHAL JAMAL Says:

    Saya sudah Mengikuti Tata cara bagaimana pengisian DATA TUNJANGAN PTK DIKMEN 2015…akan tetapi Nama Sekolah Saya tdak Muncul dalam “BACKUP ADK SEKOLAH”..Bagaimana Caranya supaya Nama sekolah Saya ada dalam data “BACKUP ADK SEKOLAH”..mohon Respon serta solusinya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: