Pendidikan Menengah Universal: Mulai Tahun 2013 Setiap Lulusan SLTP Idealnya Melanjutkan ke SLTA

Tahun 2013 merupakan tahun yang luar biasa di dunia Pendidikan Indonesia. Hal ini ditandai dengan:

  1. Lahirnya kurikulum 2013
  2. Adanya BOS SMA/SMK
  3. Adanya BSM dan BKM yang anggaran lebih besar dari tahun sebelumnya.
  4. Lahirnya PMU (Pendidikan Menengah Universal) yaitu program pemerintah yang menganjurkan setiap lulusan SLTP melanjutkan ke SLTA. Program PMU tentunya harus didukung semua pihak.

Pendidikan Menengah Universal (PMU) dilaksanakan untuk mempercepat kenaikan Angka Partisipasi Kasar (APK) sekolah menengah supaya mencapai 97% pada tahun 2020. Karena tanpa upaya percepatan, APK tersebut diperkirakan baru akan tercapai pada tahun 2040. Target pencapaian APK 97% pada tahun 2020 tersebut mengandung makna bahwa seluruh siswa lulusan SMP dan yang sederajat dapat melanjutkan dan lulus pendidikan menengah. Hal ini sesuai dengan prinsip education for all atau pendidikan untuk semua.

Pelaksanaan PMU membawa konsekuensi pada dukungan anggaran PMU yang cukup besar. Oleh karena itu pembiayaannya juga menjadi tanggungan bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat. (sumber: http://kemdikbud.go.id)

Jika program PMU dapat berjalan dengan baik , maka diprediksi tidak akan ada SMA yang kekurangan siswa. Tentunya pihak pemerintah daerah dan jajaran Dinas Pendidikan harus berpatokan pada standar pengelolaan, bahwa setiap rombel maksimal 32 siswa. Artinya dengan adanya PMU akan terjadi pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan menengah. Tapi jika pemerintah daerah dan Dinas Pendidikan mengabaikan standar pengelolaan tersebut maka akan tetap akan ada sekolah yang kekurangan siswa dan ada sekolah yang “kebanyakan” siswa.

Semoga program PMU dapat berjalan lancar dan berhasil dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: