Mengapa Siswa SLTA Takut dengan Soal UN 20 Paket?

Pada tulilsan saya yang berjudul Soal UN SMA Tahun Ajaran 2012/2013 Akan 20 Paket Tiap Ruang dan Hasil UN Untuk Seleksi Masuk PTN banyak yang berkomentar miring atau berkomentar tidak siap dengan adanya soal UN 20 paket. Pertanyaan saya apa yang ditakutkan?

Soal UN dikerjakan oleh tip siswa pasti satu paket soal artinya berapa paketpun soal UN tetap dikerjakannya satu paket untuk satu siswa, dan bobot tiap paket pasti sama, dan materi yang diujikan pun sama, tentunya materi terserbut sudah  bahkan sering di bahas pada latihan, pengayaan, pemantapan. Jika memang benar  materinya sudah bahkan sering dibahas lalu apa yang ditakutkan?

Memang soal UN tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, menurut informasi soal UN tahun ini kode paketnya disembunyikan dengan kode bar “barcode“. Jadi pengawas dan peserta UN tidak akan tahu paket apa atau paket berapa yang sedang dikerjakan. LJUN pun disatukan dengan soal UN, artinya peserta tidak usah menuliskan kode paket soal karena pada LJUN sudah otomatis kode paket soalnya tertera dengan kode tertentu. Dengan hal seperti ini maka tiap siswa tidak dapat saling melihat soal, saling memberikan jawaban. Jika memang nanti seperti ini bisa jadi siswa yang sejak SD, SLTP sudah kebiasaan saling nyontek jawaban, maka bisa jadi hal ini menjadi sumber ketakutan siswa tersebut.

Saya berpikiran negatif, bahwa para siswa ketika ujian berkeinginan untuk saling nyontek jawaban.

Pola ujian tersebut sudah saya lakukan dengan pola ulangan harian, ulangan tengah semester, ujian kenaikan kelas dengan online. Hal ini saya lakukan agar anak-anak terbiasa mengerjakan soal tepat waktu karena pada aplikasi tersebut ada waktu berhitung mundur, kemudian soal dan pilihan gandanya diacak otomatis, jadi jika suatu waktu ujian ada 40 komputer yang nyala, maka bisa ada 40 varian soal yang berbeda dari satu paket soal yang disediakan, saya selalu menggunakan tiga paket soal, jadi para siswa asyik mengerjakan soal yang dihadapinya.

Dengan hal di atas, mudah-mudahan para siswa sudah terbiasa dan menjadi budaya mandiri untuk percaya diri dalam menyelesaikan soal. Dan semoga ketika UN nanti mereka tidak merasa takut dengan 20 variasi soal, dan pada ujian tulis utama ujian sekolah pun akan saya lakukan dengan US online dengan banyak variasi soal.

3 Tanggapan to “Mengapa Siswa SLTA Takut dengan Soal UN 20 Paket?”

  1. ibnufajar75 Says:

    Saya setutu dengan pendapat Bapak…
    Namun yang ditakutkan siswa sebenarnya bukan berapa banyak jumlah paket soal, namun sebenarnya mereka khawatir dengan standar minimal kelulusannya. Karena dengan kondisi sekolah yang berbeda-beda namun mereka harus berjuang dengan standar minimal yang sama…

    Salam

  2. sutriono achmadi Says:

    ternyata selain barkot msh ada kode lain..yg berbeda ..yg terlihat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: