Sepintas Kurikulum 2013

Sudah banyak yang mengetahui bahwa dalam UU Sisdiknas, dirumuskan dalam indikator strategis, seperti beriman-bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Pada KTSP ini hal ini merupakan pendidikan karakter, mengapa muncul pendidikan karakter? Mungkin dari dampak kehidupan yang beberapa orang berprilaku tidak terpuji.

Dalam memenuhi kebutuhan kompetensi abad ke-21, UU Sisdiknas juga memberikan arahan yang jelas bahwa tujuan pendidikan harus dicapai salah satunya melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi. Kompetensi lulusan program pendidikan harus mencakup tiga kompetensi, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga yang dihasilkan adalah manusia seutuhnya. Lalau apa makna manusia seutuhnya?

Dengan demikian, tujuan pendidikan nasional perlu dijabarkan menjadi himpunan kompetensi dalam tiga ranah kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Di dalamnya terdapat sejumlah kompetensi yang harus dimiliki seseorang agar dapat menjadi orang beriman dan bertakwa, berilmu, dan seterusnya. Jadi pola penilaian dan pengukuran keberhasilan dari pendidikan bisa jadi yang pertama sikap, jika sikapnya baik dan benar maka akan dinilai pengetahuannya kemudian keterampilanya. Lalu bagaimana dengan pola penilaian yang terjadi sampai saat ini?

Dari hal-hal di atas, pada kurikulum 2013 sepertinya akan lebih dimantapkan lagi dalam proses pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai ahlak mulia, budi pekerti yang terintergrasi pada semua mata pelajaran. Hal ini dapat kita lihat pada kompetensi inti dan kompetensi dasar yang di dalamnya ada nilai-nilai akhlak mulia, budi pekerti, pendidikan karakter.

Mari kita lihat isi kompetensi inti dan kompetensi  dasar SMA di sini, dan untuk SMP di sini.

Satu Tanggapan to “Sepintas Kurikulum 2013”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: