Perjalan Bersama Kereta Api New Argo Jati

Pada bulan November 2012 saya ditugaskan untuk melaksanakan tugas dinas ke luar kota. Untuk mengatur kelancaran perjalanan, saya menggunakan moda transportasi kereta api.  Dari tempat tinggal di kota Kuningan untuk naik kereta api harus ke kota Cirebon.  Menggunakan transportasi kereta dari Kuningan ke Jakarta relatif lebih cepat dan nyaman dibandingkan dengan kendaraan mobil.

Kuningan-Jakata

Untuk rute Kuningan ke kota Jakarta memerlukan perjalanan sebagai berikut.

Kuningan-Stasiun Cirebon

Dari Kuningan ke Jakarta harus naik kereta api dari kota Cirebon, bagi saya yang relatif sering ke Jakarta lebih nyaman menggunakan kereta, selain nyaman juga lebih cepat, hanya ditempuh 3 jam dari Cirebon, sementara dari Kuningan-Cirebon 30-45 menit. Karena sering berangkat pagi maka menggunakan jasa angkutan jemputan dari Kuningan ke Stasiun Cirebon.  Jasa angkutan Kuningan-Cirebon dapat menghubungi nomor 0232872931 (mobil L300), 085224831220 (Pa Yono) mobilnyan Suzuku Fitura dan Daihatsu Grand Max, selain melayani jasa angkutan melayani juga penjualan tiket untuk keberangkatan atau kembali. Biaya yang dikenakan hanya 25 ribu biaya jemputan dari rumah ke stasiun. Untuk biaya pemesanan tiket dikenakan biaya 10-20 ribu bergantung situasi ramai tidaknya pemesanan tiket. Untuk rute Stasiun Cirebon-Kuningan, sudah terserdia angkutan antar langsung sampai rumah, mobil yang siap mengantar sampai rumah ada avanza, futura, grand max, luxio.

Eksekutif Argojati

Kereta yang saya sering tumpangi dari Cirebon ke Jarta adalah Argojati, harga tiket Argojati kisaran 125.000-155.000 bergantung situasi ramai tidaknya pengguna kereta atau jika musim liburan pasti akan menggunakan tarif atas. Kondisi kereta Argojati  lebih nyaman dan pelayanan lebih prima jika dibandingkan dengan kelas eksekutif Cirebon Ekspress. Ruang kabin Argojati lebih bagus dan lebih baru, ruang kabin lebih luas, bagasi kabin lebih rapi, aman, luas dan terutup (seperti bahasi pesewat garuda), sementara bagasi kelas eksekutif Cirebon Ekspress terbuka, agak sempit/pendek dan terbuka. Pelayanan pramugara/pramugarinya juga melayani dengan prima. Di ruang kabin disediakan TV kabel PTKAI, dalam rangkaian Argojati disediakan restorasi yang cukup nyaman, bagi yang membawa laptop dapat menikmati  free hotspot area´bahkan bagi yang akan dipijit disediakan ruang pijit refleksi. Tempat duduk juga cukup nyaman karena dilengkapi meja untuk makan, meyimpan laptop meskipun mejanya cukup kecil, mejanya bersatu dengan kursi. Meskipun harga tiket Argojati cukup mahal jika dibanding Cirebon Ekspres namun peminatnya cukup banyak pula, sehingga saya pun jika ingin naik Argojati harus memesan tiket paling lambat satu minggu sebelum keberangkatan dan sekaligus pesan tiket pulangnya. Bagi saya kenyamanan sangat utama, memang sangat mahal untuk dibelinya, namun dengan harga seperti itu bagi saya cukup memuaskan dengan pelayanan prima dari kru Argojati.

Cirebon Ekspress

Bagi yang ingin harganya lebih  murah dari Argojati dapat menggunakan Cirebon Ekspress, untuk kelas Bisnis tiketnya 60.000-90.000 dan untuk Eksekutif 70.000-125.000 harga tiket akan murah ketika Selasa-Jumat, ketika Sabtu-Senin biasanya harga tinggi.  Cirebon Ekspress juga sangat diminati  terutama yang ingin menggunakan tiket yang murah namun nyaman.

Gambir-Bandara Soekarno Hatta

Setelah sampai di Stasiun Gambir  saya sering mampir di warung makan “Kabita” yang punya orang Sunda. Tempatnya sangat mudah ditemukan, dari  pintu keluar cari pool taksi Putra, dari pool taksi terserbut nyebrang trus masuk dikit nah di sanalah warung makan “Kabita”. Warung makan ini sangat ramai juga, milai dari tukang kuli, sopir taksi Blue Bird group pun juga ada, pegawai PJKA juga ada termasuk saya.  Harga  makan di tempat ini cukup murah apalagi kalau sudah kenal denga  yang punya yang sering disebut “Ema” pasti memberikan harga miring. Setelah istirahat sebentar kemudian menuju ke pool  DAMRI jurusan Gambir-Bandara Sukarno Hatta, dari warung makan tadi cukup dekat ke pool DAMRI. Tiket DAMRI dari stasiun Gambir-Bandara Sukarno Hatta cukup dengan Rp 20.000 dengan waktu tempuh kurang lebih 45-60 menit. Pada tiket/karcis DAMRI sudah tertera nama-nama terminal pemberhentian DAMRI, jadi nyantey saja dan tidak usah pusing, tinggal duduk manis kemudian liat petunjuk terminal pesawat di tiket, tinggal turun deh jika sudah sampai di terminal yang kita tuju.

7 Tanggapan to “Perjalan Bersama Kereta Api New Argo Jati”

  1. http://Bing.com/ Says:

    “Perjalan Bersama Kereta Api New Argo Jati | Awan Sundiawan”
    Accieee was a very good blog post and thus I really was in fact pretty
    happy to read the blog. I appreciate it,Raquel

  2. http://chiarao.weebly.com/ Says:

    This is exactly the fourth blog post, of your site I checked
    out. Nevertheless I really like this specific 1, “Perjalan Bersama Kereta Api New
    Argo Jati | Awan Sundiawan” the best. Take care -Virgil

  3. Eman Sulaiman Says:

    Terima kasih atas sharingnya, pak. Untuk angkutan ke Stasiun, apa ada nomor lain? Saya butuh untuk keberangkatan malam.

  4. Eman Sulaiman Says:

    Saya telpon ke nomor 0232872931, tidak ada pemberangkatan malam. Ke nomor : 085224831220 tidak aktif.

  5. awan sundiawan Says:

    Ya betul tidak ada angkutan malam, coba ke 108: travel ALDI, NIKO, SAHARA (semuanya Kuningan) semoga ada perjalanan malam. Biasa paling malam pukul 20.00

  6. firman mulyana Says:

    Siap antar jemput wilayah cirebon dan antar bandara supir ramah dan sopan santun MOBIL CIREBON Jasa sewa mobil plus supir. Hubungi kami jika Anda sedang mencari jasa rental mobil atau sewa mobil di Cirebon dan Kuningan. Kami temani perjalanan Anda ke berbagai kota tujuan di wilayah 3 Cirebon dan kota di Jawa Barat. Kami juga melayani paket wisata dan city tour keliling kota Cirebon dan Kuningan Hub 082214378168

  7. awan sundiawan Says:

    Terima kasih atas informasinya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: