Profil SMA Pelaksana Program Pusat Sumber Belajar

Mulai tahun 2013 setiap SMA baik negeri atau swasta dapat mengembangkan pusat sumber belajar dengan baik, sehingga dapat mengoptimalkan perangkat TIK dalam pembelajaran. Keberadaan dunia teknologi belum dimanfaatkan optimal oleh satuan pendidikan dalam pembelajaran, berkarya, dan berinovasi. Baik tenaga pendidik dan peserta didik masih asyik dengan menikmati hiburan dengan peratalan TIK tersebut. Dengan gambaran seperti di atas, pihak Direktorat Pembinaan SMA sangat gencar untuk mendorong satuan pendidikan melaksanakan pembelajaran berbasis TIK yang dikemas dalam program “Pusat Sumber Belajar” (PSB). Diharapkan dengan memanfaatkan PSB dengan optimal dapat meningkatkan mutu pemndidikan.

Salah satu langkah kongkret peningkatan mutu pendidikan adalah pemberdayaan satuan pendidikan agar mampu berperan sebagai subyek penyelenggara pendidikan, yang diberi kewenangan dan peran luas untuk merancang serta melaksanakan pendidikan sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing, dengan tetap mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Contoh gambaran dari program peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari kemampuan dan kemauan warga sekolah, khususnya peserta didik untuk mengungkap proses informatisasi dan kemajuan teknologi. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi telah memberi pengaruh terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Hal ini semakin membuktikan bahwa salah satu tuntutan global dunia pendidikan adalah penguasaan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk mejawab tuntutan terserbut tiap satuan pendidikan diharapkan mengembangkan Pusat Sumber Belajar SMA (PSB SMA).

Pusat Sumber Belajar SMA (PSB SMA) merupakan sistem pengelolaan yang terorganisasi untuk menyusun, mengembangkan, dan menyediakan sumber belajar dalam mendukung proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media informasi dan komunikasi, wahana belajar, dan media unjuk kinerja.

Perlu kita cermati bahwa pelaksanaan PSB SMA berlandaskan pada aturan-aturan sebagai berikut.

  1. Keputusan Presiden Nomor 26 tahun 2006 tentang 7 (tujuh) Flagship Program Pemerintah yang Berkaitan dengan TIK
  2. Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar (Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN 20/2003)
  3. Kewajiban satuan pendidikan memiliki buku dan sumber belajar lainnya antar lain jurnal, majalah, artikel, website, dan compact disk (Lampiran Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007, Pasal 42).
  4. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik (PP No. 19/2005, Pasal 19 Ayat 1)
  5. Sekolah mengelola sistem informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel (Lampiran Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, butir E. Sistem Informasi Manajemen)
  6. Pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan untuk mempermudah dalam berbagi informasi dan pengetahuan antar peserta didik dan tenaga kependidikan (Renstra Depdiknas 2010-2014, 4.2.7 Penguatan dan perluasan pemanfaatan TIK di bidang pendidikan, butir c)
  7. Pengembangan pusat sumber belajar berbasis TIK pada pendidikan dasar dan menengah (Renstra Depdiknas 2010-2014, 4.2.7 Penguatan dan perluasan pemanfaatan TIK di bidang pendidikan, butir d)

Jika setiap satuan pendidikan SMA mengembakan PSB SMA dengan optimal maka PSB SMA akan berfuni sebagai  berikut.

  1. Sebagai media informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan, proses pembelajaran dan forum diskusi antarpendidik-pendidik, peserta didik-peserta didik, pendidik-peserta didik, dan satuan pendidikan-satuan pendidikan, serta satuan pendidikan-masyarakat, khususnya yang terkait dengan proses  pembelajaran;
  2. Sebagai wahana belajar melalui pertukaran dan pemanfaatan bahan ajar serta bahan uji berbasis TIK;
  3. Sebagai media unjuk kinerja berbagai inovasi dalam proses pembelajaran.
  4. Meningkatkan kualitas, efektivitas dan efisiensi pemanfaatan pembelajaran berbasis TIK.

Dan PSB SMA akan terasa manfaatnya sebagai berikut.

Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis TIK secara optimal.

  1. Bagi satuan pendidikan
    1. Sebagai media informasi berkaitan dengan pendidikan dan komunikasi antarpendidik, pendidik-peserta didik, maupun antarsatuan pendidikan.
    2. Sebagai wahana pembelajaran dalam memperluas pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran (meliputi: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran); pelaksanaan pembelajaran (meliputi: model-model pembelajaran, bahan ajar); dan penilaian hasil belajar (meliputi bahan uji, analisis butir soal, dan laporan hasil belajar).
    3. Sebagai wahana untuk berbagi karya dan pengalaman dengan satuan pendidikan lain;
    4. Bagi pendidik
    5. Sebagai wahana untuk berbagi karya dan pengalaman dengan pendidik lain;
    6. Sebagai media untuk diskusi dengan pendidik lain khususnya yang mengampu mata pelajaran yang sama;
    7. Sebagai wahana untuk berbagi karya-karya baru dan unik seperti temuan tentang strategi, metode, dan model pembelajaran; artikel-artikel seputar pendidikan.
      1. Bagi siswa SMA sebagai media untuk mencari dan menemukan sumber belajar, bahan ajar dan bahan uji berbasis TIK yang sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai
      2. Bagi masyarakat umum sebagai media untuk memperoleh informasi, memberikan ide, dan saran seputar pendidikan dan pembelajaran.
      3. Bagi kalangan akademis sebagai media diskusi, tukar pengalaman dan informasi, ide serta saran-saran yang membangun mengenai pendidikan khususnya pembelajaran.

Dengan kebermanfaatan terserbut yang optimal maka peningkatan mutu pendidikan akan tercapai, karena dengan adanya PSB SMA akan saling berbagi dalam hal inovasi pembelajaran, akan saling mengatasi kesulitan proses pembelajaran, dan banyak lagi efek positifnya dalam peningkatan mutu pendidikan. Dengan adanya hal-hal tersebut, peserta didik, tenaga pendidik akan terus meningkatkan kompetensinya yang efeknya akan meningkatan prestasi satuan pendidikan. Jadi dengan adanya PSB SMA yang dikembangkan oleh satuan pendidikan dan dibina oleh Direktorat PSMA, maka sudah tidak ada batas tempat, ruang dan waktu bagi masyarakat pendidikan untuk meningkatkan kompetensinya.

Pada tahun 2013 merupakan tahap optimalisasi kondisi agar satuan pendidikan SMA dapat berjalan tanpa adanya pembinaan dari Direktorat Pembinaan SMA sehingga secara mandiri satuan pendidikan dapat melaksanakan pembelajaran berbasis TIK. Dan pada tahun 2014 merupakan Tahap perluasan merupakan tahap replikasi kondisi optimal satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran berbasis TIK kepada satuan pendidikan lain agar ketiga fungsi PSB-SMA dapat dijangkau oleh lebih banyak pihak.

Pihak Direktotrat Pembinaan SMA mengharapkan satuan pendidikan SMA di Indonesia memiliki profil sebagai berikut.

  1. Memiliki SDM yang menguasai TIK
  2. Sarana prasarana TIK yang memadai
  3. Pengolaan yang baik dan optimal
  4. Proses pembelajaran menggunakan TIK dengan optimal
  5. Memiliki website sekolah yang interaktif dan dinamis
  6. Memiliki dukungan internal dan eksternal yang baik
  7. Pembiyaan yang mencukupi
  8. Pengawasan yang berkelanjutan
  9. Pelaporan pelaksaaan PSB SMA yang besinambungan

Untuk lebih jelasnya mengatahui gambaran profil SMA yang melaksanakan program PSB dapat dilihat disini.

Gambaran profil sekolah yang melaksanakan program PSB sudah dirintis di SMA pelaksana SKM, PBL, PSB dan RSBI. Semoga gambaran profil terserbut dapat dilaksanakan di semua SMA di Indonesia pada waktu yang akan datang.

Sumber referensi: Direktorat Pembinaan SMA. 2012. Konsep PSB SMA.

Lampiran: profil_sma_psb

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: