Calon Guru Baru Bakal Diasramakan dan Diseleksi dengan Ketat

Sesuai perkembangan jaman dan untuk meningkatkan kompetensi guru/tenaga pendidik yang lebih profesional, maka diperlukan seleksi calon guru yang baik, sehinga LPTK dapat mencetak guru/tenaga pendidik yang handal sesuai harapan kita semua. Semoga program pemerintah tersebut dapat berjalan dengan lancar.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akan menerapkan seleksi khusus yang ketat dalam rekrutmen guru baru di masa depan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, para calon guru binaan berbagai Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) akan diseleksi dengan baik, termasuk menempatkan guru-guru yang memenuhi syarat di asrama.

“Guru-guru yang baru ini akan kita seleksi khusus, kita asramakan untuk mengasah kompetensi pribadi dan kompetensi sosialnya,” kata Nuh kepada Kompas.com, Kamis (16/8/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

Selain itu, dia menambahkan, para calon guru tersebut juga akan diberikan keahlian agar mampu memiliki keterampilan mengajar yang beragam. Nantinya, para guru tak hanya bisa mengajar satu mata pelajaran.

“Kita latih supaya dapat mengampu mata pelajaran ganda. Misalnya guru Matematika, dia bisa juga mengajar mata pelajaran Fisika. Itu untuk efisiensi optimasi yang luar biasa tanpa harus memengaruhi rencana kita menambah beasiswa untuk guru,” tambahnya.

Saat ini, pemerintah mencatat, ada sekitar 2,9 juta guru dengan kompetensi yang masih di bawah rata-rata nasional. Penyebabnya yang paling mencolok adalah keterbatasan anggaran untuk menjangkau guru, khususnya para guru di daerah terpencil. Untuk meningkatkan mutu guru, hingga saat ini, pemerintah telah melaksanakan uji kompetensi awal (UKA) sebelum akhirnya memperoleh sertifikat, dan juga menggelar uji kompetensi guru (UKG).

 

 

 

3 Tanggapan to “Calon Guru Baru Bakal Diasramakan dan Diseleksi dengan Ketat”

  1. bambang Says:

    dunia pendidikan lg di goyang, turut merasakan entah di mana letak errornya dunia guru khususnya hingga hasil UKA /UKG tdk memuaskan. Tapi semoga dngn terobosan yg di buat bisa meningkatkan skil pr guru ,amin. saya mendukung sepenuhnya sekaligus menunggu sentuhan2 guna meningkatkan kemampuan kami

  2. awan sundiawan Says:

    @bambang : semoga harapan kita semua tercapai Pa, Indonesia dapat memiliki guru/tenaga pendidik yang profesional yang dapat menciptakan generasi penerus yang lebih maju.

  3. Zainul Mufidah Says:

    semoga dengan diasramakn tersebut, guru bukan menjadikannya ajang berleha-leha,, tapi jadikan hal tersebut sebagai proses untuk meningkatkan kompetensi guru..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: