Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 Bedasarkan Usia?

Nomor urut pada bakal calon peserta belum menggambarkan ranking calon peserta sertifikasi guru 2012. Sesuai pada buku 1 pedoman penetapan peserta urutan berdasarkan skala prioritas.

Daftar Bakal Calon Peserta peserta yang layak berdasarkan database NUPTK yang telah di update sampai batas waktu tanggal 1 Desember 2011 bukan berarti harus menjadi peserta sertifikasi guru tahun 2012. Hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya kuota di masing-masing kabupaten kota.

PSG (Panitia Sertifikasi Guru) di Dinas Kabupaten/Kota berhak mengeluarkan atau menghapus dari daftar bakal calon peserta di kabupaten/kota masing-masing jika pada kenyataannya peserta:

  • Telah meninggal dunia,
  • sakit permanen,
  • melakukan pelanggaran disiplin,
  • mutasi ke jabatan selain guru,
  • mutasi ke kabupaten/kota lain,
  • mengajar sebagai guru tetap di Kementerian lain,
  • pensiun,
  • mengundurkan diri dari calon peserta,
  • sudah memiliki sertifikasi pendidik (guru atau dosen) baik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di Kementerian lain.

Persyaratan

  1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
  3. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
    • bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
    • bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
  4. Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
  5. Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
  6. Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
  7. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
  8. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
    • pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
    • mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

Daftar calon peserta sertifikasi guru tersebut diurutkan berdasar kriteria berturut turut usia, masa kerja, dan golongan.

Informasi calon peserta setifikasi guru 2012 yang berisi daftar guru yang memenuhi persyaratan sebagai bakal calon peserta sertifikasi guru tahun 2012 sesuai database NUPTK per tanggal 1 Desember 2011. Silakan buka di sini http://sergur.pusbangprodik.org/ atau bisa langsung pilih Provinsi dan Kabupaten/Kota di sini http://sergur.pusbangprodik.org/index.php?pg=listview.

Semoga Anda atau kerabat Anda terdaftar dalam di atas.

Sumber:http://sergur.pusbangprodik.org

26 Tanggapan to “Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 Bedasarkan Usia?”

  1. UNKNOWN Says:

    nice info bro, Ini Blogku & Blog’e Cah Nganjuk mendukung trs wp ini…dan salam kenal aja bro😀

  2. paidi Says:

    Yth. Panitia Sertifikasi Guru

    Mohon dipertimbangkan bagi guru-guru yang telah memiliki sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP melalui LSP, sebab mereka telah bersusah payah untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. Untuk itu mohon perhatikan para pemegang sertifikat kompetensi, secara akademis mereka telah memiliki pengakuan kemampuan akademis yang dibuktikan dengan adanya sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi yang independen

  3. awan sundiawan Says:

    @paidi: Silakan Bapak konfirmasi kepada LPMP/LPTK dan Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
    @duaribuan: trims atas kunjungannya

  4. Awandragon Says:

    wah tambah sulit saja ya

  5. awan sundiawan Says:

    @Awandragon: tidak sulit, tapi mari kita sikapi dengan bijaksana.

  6. tommy yeka Says:

    Pak…untuk tahun 2012 diadakan tes/ujian untuk mengikuti PLPG, kalau tidak lulus, berarti tidak ikut PLPG. Soal-soal ujiannya seperti apa Pak…ujian itu dilaksanakan pada tanggal 28 Januarri 2012 nanti..mohon petunjuk dari Bapak….

  7. awan sundiawan Says:

    @tommy yeka: semoga lulus pada ujian pra PLPG, materinya saya juga tidak tahu, tapi bisa jadi sekitar metodologi pembelajaran, PTK. KTI, mapel yang diampu, studi kasus pembelajaran.

  8. Lilis Saidah Says:

    ada informasi katanya besok tanggal 5 , sertifikat sudah ada…?betul apa tidak?

  9. awan sundiawan Says:

    @bu Lilis: silakan hubungi bagian kepegawaian Dinas Pendidikan/Kemendag Kab/kota setempat, semoga ada informasinya.

  10. debbie Says:

    sampai 31 des yll nama saya masih ada dalam daftar calon sertifguru dengan status AO usia 51 thn, masa kerja 6,5 tahun. sekarang kok nggak ada lagi tanpa pemberitahuan. mohon penjelasan

  11. awan sundiawan Says:

    @debbie: Usia sudah 51 tahun trus tidak ada? Silakan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat (bagian kepegawian/bagian Dapodik di Umum)

  12. Abdullah Darmawan Says:

    Sertifikasi yg skrg yes.Tp hrs d barengi dgn Keprofesional dinas pend. Slaku yg mngurusi hal ini sehingga tdk ada guru yg kecewa

  13. awan sundiawan Says:

    @Abdullah: Saya sangat setuju dengan sikap Bapak, semoga semua pihak dapat mengapresiasi dengan baik, jangan sampai ada kasus awalnya menjadi PNS non guru sudah 10 tahun, kemudian kuliah S1 selama 5 tahun, dan alih tugas jadi guru sudah 5 tahun pula, sehingga masa kerjanya menjadi 20 tahun, padahal masa kerja dia baru 5 tahun, hal ini masih terjadi pada daftar bakal calon sertifikasi di atas.

  14. bambang Says:

    , yth. Alhamdllh saya dpt jatah sertfksi thn 2012, ada perasaan takut/kuatir tntng pelaksanaan test kompetensi plpg dngn berbagai angan berkecamuk, apakah akan lulus, bgmana klo tdk lulus ?dsbnya, mohon doanya pak.minta info seputar cnth2/materi ujian . Trimaksh sblmnya.

  15. bolang kuncen telang Says:

    betul juga kasihan bagi calon peserta yang usianya udah lanjut, kalau test kadang kala kalah oleh yang masih muda.

  16. Awan Says:

    @pa Bambang: untuk materi sekitar metodologi pembelajaran, PTK, KTI dan pengusaan materi yang diampu.
    @bolang: untuk 2012 tidak ush dikhawatirkan lagi karena berdasarkan usia.

  17. bea subani Says:

    malam bapak.saya sudah mengabdi dari tahun 2005 tapi menggunakan ijasah SMA,dan saya baru memperoleh ijasah sarjana pada tahun 2010.apakh saya juga bisa mendapat tunjangan sertifikasi ? mohon penjelasan.umur saya 40 tahun

  18. awan sundiawan Says:

    @bea subani: Ya semoga akan mendapatkan tunjungan sertifikasi setelah Ada pemanggilan untuk ikut PLPG/ PPG dan dinyatakan lulus juga mengajar 24 jam.

  19. BUWANG S Says:

    untuk thn ini emang bener-bener diseleksi dan aturan penjaringannya jelas. Tapi kenapa thn sebelumnya tidak ada aturan yg jelas,sehingga usia muda ,masa kerja juga baru, gol rendah thn lulus S-I JUGA BARU.acuannya uda ndak jlas tapi tetep dilanjutkan .Thn ini memang bener PENJARINGANNYA juga mudah-mudahan bener KWALITAS GURUNYA setelah dapat sertifikasi .Amiiiiiiiiiiiin.

  20. awan sundiawan Says:

    @BUWANG S : sebetulnya tahun kemarin pun sama, hanya bedanya tahun kemarin tidak berdasarkan usia, tapi masa kerja perkuota jenjang, mungkin tahun kemarin mengejar kuota perjenjang bisa jadi asal memenuhi kuota yang akhirnya ada pihak yang dirugikan, kalau sekarang kuotanya tidak perjenjang lagi, tapi berdasarkan usia.

  21. zhanzhan Says:

    wah yang terakhir, tambah susah saja pak….terkena peraturan baru terus

  22. awan sundiawan Says:

    @zhanzhan: karena yang terakhir dianggap sudah mempersiapkan diri dengan baik, hehehe

  23. mashadi Says:

    umur sudah tua sekitar 40 an dan mengajar masih dua tahun apa bisa terdaftar menjadi peserta sertifikasi

  24. awan sundiawan Says:

    @mashadi: kok nagajar masih dua tahun Pa?

  25. SUTISNO OO8@YAHOO.COOM Says:

    As wb saya mengajar 25thn,usia per 30aprl 2013.50thn,D 1 PMP,Mengajar tidk linier jmlh jam 32 tdk linier,apa solusinya bisa ikut sertifikasi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: