POS UN 2011: Tabel Kelulusan UN 2011

Nilai LHBS (Raport) dan nilai Ujian Sekolah berpengaruh pada kelulusan UN, perhitungan ini masih sepertinya kembali ke “masa lalu” pada “masa nilia PQR”, perhitungan atau kriteria kelulusan sudah diatur dalam permendiknas no 45 tahun 2010. Dengan adanya perhitungan nilai LHBS dari semester 3,4,5 untuk SMA, MA, SMK pada kelulusan UN 2011 dirasakan masih berat, karena nilai-nilai pada LHBS tersebut masih banyak yang di bawah 75 atau 7,5, meskipun setiap siswa sudah mencapai KKM.

Menurut saya, setiap kelulusan sebetulnya ditentukan oleh pihak satuan pendidikan. Tidak serta-merta setiap siswa yang LULUS UN pasti lulus dari satuan pendidikan. Sempat terjadi juga di SMA “ternama” ada siswa yang  nilai UN-nya besar, namun pihak satuan pendidikan menyakan tidak lulus bagi siswa tersebut, hal ini karena siswa tersebut tersangkut masalah prilaku tidak terpuji di sekolahnya pada semester 6. Jadi untuk lulus itu sepenuhnya ditentukan oleh satuan pendidikan, maka para peserta didik, harus menuntaskan pembelajaran selama 3 tahun mulai dari kelas 10, 11, 12 (untuk SMA, MA), berprilaku baik selama menjadi siswa/peserta didik, lulus ujian sekolah, dan lulus ujian nasional.

Untuk lebih jelasnya saya mencoba membuat tabel kelulusan untuk SMA, SMA, silakan unduh di sini atau klik TABEL KELULUSAN SMA_MA, kemudian isikan nilai-nilainya, untuk kolom Tuntas 3 Tahun isi 1 dan untuk Prilaku diisi dengan 1, selamat mencoba, semoga tabel di atas menjadikan peserta UN 2011 motivsi belajarnya lebih giat lagi.

16 Tanggapan to “POS UN 2011: Tabel Kelulusan UN 2011”

  1. Hafid Junaidi Says:

    kalau untuk SMP pak?

  2. Misbach Says:

    Kalau untuk SMK gimana???

  3. awan sundiawan Says:

    Untuk SMP, mohon maaf sabar saya belum menguploadnya.

  4. wahyudi darmawan Says:

    Saya sudah coba formulasikan nilai raport siswa dan kemungkinan peroleha nilai UN-nya. Tapi saya kesulitan membuka passwordnya. Mohon bantuan kode/angka passwordnya. Terimakasih.

  5. wahyudi darmawan Says:

    Saya sudah coba formulasikan nilai raport siswa dan kemungkinan perolehan nilai UN-nya. Tapi saya kesulitan membuka passwordnya. Mohon bantuan kode/angka passwordnya. Terimakasih.

  6. awan sundiawan Says:

    @wahyudi darmawan: untuk password, maaf saya tidak memberikannya jika peruntukannya tidak jelas, hehehe, terima kasih atas apreasiasinya

  7. Ibnu Sandi Says:

    Kalo untuk smp/mts nya mana Mas ..?

  8. Ibnu Sandi Says:

    Kalo dipikir-pikir emang kaya zaman dulu EBTANAS ya Mas. Cuma dulu yang ngolahnya Sekolah, sekarang dari pusat. Formulanya kan kayane tidak beda dengan 2P+3Q dibagi 5. Dimana P = rata-rata Nilai raport dan Q Nilai Murni US/UN. Padahal Pusat tinggal turunkan aja Nilai Murni UN nya, biar sekolah yang ngolah dan Nilai UN Murni juga bisa dijadikan acuan untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya. …..
    Kaya dulu lah …… Apa mungkin biar dikatakan baru gitu, hehe … ada-ada aja ….

  9. gya Says:

    kenapa sih sekarang itu dibuat susah………..
    mereka yang pandai malah gk diluluskan………….
    itu sangat disayangkan sekali……….

  10. kendarti Says:

    ebtanas at Un kenapa tidak? mestinya berapapun kriteria kelulusan dan apapun rumus yang diberikan pemerintah ut menentukan kelulusan tdk masalah. Tinggal bgmn kt dan peserta didik mengemas pembelajaran dan pempersiapkan anak agar belajar dg baik dan intensif shg dapat menghadapi un tanpa harus takut. Karena sebenarnya soal un sudah ada skl nya. tinggal bgmn siswa siap???? atau tidak. Tgt pd diri masing2. Maju terus pendidikan Indonesia

  11. nard4reynard Says:

    astaga repotnya, untung udah lulus

  12. Abdul Samad Says:

    Maaf mas, tolong dijelaskan permen No 45 tahun 2010 pasal 2 tentang syarat kelulusun pada pont c untuk lulus US adalah kelompok mata pelajaran kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi, mata pelajaran apa USnya? dan tolong jelaskan untuk ponit b juga. trims’ atas bantuanya

  13. rizka Says:

    saya mau tanya ,apakah standar nilai berdasarkan satuan mata pelajaran (KKM) atau nilai rata-rata juga ada standarnya ?

  14. Bambang Says:

    mas untuk tabel SMP ada apa ngak

  15. widji Says:

    pak,, kalau untuk SMP itu kriteria kelulusannya kayak gmna..???
    minimal nilanya berapa..???

  16. iNA DARMAWATI Says:

    BOLEH MINTA PASSWORDNYA GAK (vIA EMAIL AJA) ?? COZ FORMAT BUAT MADRASAH MA SMA UMUM BEDA, UTAMANYA DI PAI, ADA 5 MATA PELAJARAN TAMBAHAN, JD PERLU KAMI EDIT….TERIMA KASIH


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: