UN 2011: Tiap Ruang Paket Soal Lebih dari Dua, Paket Soal Diacak

Awal 2011 topik Ujian Nasional (UN) 2011 menghangat di kalangan dunia pendidikan. Topik UN 2011 menghangat karena ada perubahan dari UN beberapa tahun sebelumnya. Sampai saat ini saya pun belum mengetahui secara teknis, karena POS UN 2011 belum diterbitkan, hanya Permendiknas tentang UN yang sudah diterbitkan.

Jika UN 2011 ada perubahan maka saya berpendapat bahwa pemerintah sudah merencanakan dengan matang sehingga UN 2011 dapat bermanfaat bagi evuluasi pendidikan nasional dan nilai UN tidak menjadikan siswa “terhukum” dengan predikat “tidak lulus”. Dengan nilai UN mendapat 2.0 pun bisa dinyatakan lulus UN. Tidak terjadi lagi siswa yang keseharianya cerdas, berprestasi ketika UN kondisinya kurang siap, sehingga nilainya di bawah standar maka dinyatakan tidak lulus, semoga UN 2011 tidak terjadi lagi.

Hasil UN pada beberapa tahun sebelumnya terjadi dua hal yang bertengan, yaitu ada pihak yang dirugikan karena nilai UN dibawah standar sehingga tidak lulus, dan ada pihak yang melakukan kecurangan dengan berbagai cara, sehingga hasil UN (sepertinya) kurang memuaskan semua pihak. Sehingga UN diancam untuk tidak dilaksanakan pada tahun berikutnya.  Pemerintah berpegang pada UU bahwa UN akan tetap dilaksanakan, aturan teknis akan diatur melalui POS oleh BSNP.

Saya berharap agar UN 2011 dapat berjalan dengan lancar dan berhasil baik, saya memiliki cara agar kecurangan dapat diminimalisir yaitu paket soal tiap ruang lebih dari dua paket artinya dalam satu amplop ada 3 atau 4 atau 5 paket berikut LJK-nya disatukan dengan paket soal, jadi LJK tiap paket sudah memiliki ciri khas. Jika dalam satu ruang ada 4 paket soal yang dikemas dalam satu amplop, kemudian dibagikan acak kepada para peserta UN 2011, tidak beraturan, jumlah paket soal tiap ruang berbeda-beda. Maka dengan cara tersebut, siswa akan menerima soal sesuai yang diterimanya, dan tiap siswa akan bekerja sendiri-sendiri, kalau pun ada siswa yang bekerja sama itu kelengahan pengawas saja. Dengan adanya banyaknya paket soal tiap ruang, maka tim penyusun soal harus menyiapkan paket soal yang banyak pula, jangan sampai yang terjadi pada UN tahun lalu paket berbeda, tapi soal masih itu-itu juga hanya nomor soal yang diacak.

Apabila harapan saya terlaksana mudah-mudahan UN 2011 akan membangkitkan kejujuran, keadilan dan menghilangkan kecurangan, sehingga hasil UN dapat bermanfaat untuk pihak-pihak yang membutuhkan  sebagai tindak lanjut dalam proses peningkatan mutu pendidikan. Jangan sampai hasil UN “sia-sia” dan berasil “semu”. Apalagi Kemendiknas akan memberikan bantuan kepada satuan pendidikan yang memperoleh rata-rata nilai UN di bawah standar.

Cara apapun untuk meminimalisir kecurangan UN sepertinya pemerintah telah merencakan dengan matang hanya belum dipublikasikan dalam bentuk POS. Mari kita dukung UN 2011 agar berjalan lancar sesuai harapan kita, amin.

186 Tanggapan to “UN 2011: Tiap Ruang Paket Soal Lebih dari Dua, Paket Soal Diacak”

  1. Hafid Junaidi Says:

    wah, info bagus nih, layak dipublikasikan ke temen-temen ^_^

  2. awan sundiawan Says:

    @Hafid: terima kasih atas apresiasinya.

  3. Ikhwanda saputra Says:

    Mohon maaf sebelumnya,saya kurang setuju dengan cara pemerintah untuk memperbanyak paket soal disetiap ruangan, itu bisa membuat peserta UN menjadi risau dan stres untuk menghadapi UN tahun ini.

  4. pose&frans dkk Says:

    mudah2-an tuhan berkehendak lain dengan pemerintah…. yaitu paket soal tdk lebih dari 2 paket…^__^ y

  5. purwa Says:

    Dulu UN bukan standar kelulusan alhamdulilahnya lulusannya baik-baik, coba bandingkan anak sekarang dengan anak dulu baik mana?

  6. vna Says:

    astagfirullah :’/

  7. rafin van doorn Says:

    Saya kurang setuju dengan rencana memperbanyak paket UN.karena itu sama saja meresahkan peserta didik walaupun hasil UN bukan standar kelulusan , karena jika hasil UN jelek pasti kami akan malu dan mendapatkan SMA yang ALAY -,-

  8. awan sundiawan Says:

    @all: semoga dengan banyaknya paket dalam satu ruang ujian, menjadikan motivasi peserta UN 2011 untuk belajar, berlatih lebih baik lagi

  9. surya andi wicaksana Says:

    iya gak gtu. .itu berarti ingin menghancurkan siswa…
    kami di beri paket 2 saja kami sudah kesusahan…
    saya memakili dari peserta un mnta jangan adakan paket lebih dari 2 paket…

  10. xe.ixe Says:

    i.aduch… ne bneran t…

  11. Ricky Says:

    Saya mewakili teman2 saya yg sebentar lgi akan mengikuti UN. Kami sbnrny tidak setuju , jika paket soal lbh dari 2 , jgnkan 4 paket , 2 paket saja kami sudah kesusahan. Mengapa kami slalu dijadikan kelinci percobaan. Dimulai dari pertama kami masuk SMA , trus sampai Ujian nasional . Cukuplah pembaharuan UN hanya pada penilaian dan tdk ada lg sistem ulang ujian nasional. Kami sudah cukup pusing memikirkan itu smua , jgn buat konsentrasi kami hilang. Jd kami berharap kpd PEMERINTAH untuk tdk membuat paket lbh dari 2😦 . 2 paket saja.

  12. bagos kontol laksono Says:

    Dengan adanya keputusan baru dari pemerintah mengenai UAN th 2011,saya sangat kecewa sebagai calon peserta UN th 2011.Menurut saya keputusan ini sangat membebani para siswa,karena dengan adanya paket soal yang berbeda dan di acak hanya akan membuat para peserta streeeeesssss.Dari tahun ke tahun saya rasa pemerintah kurang bisa mengerti kepada para peserta UN,,,,

  13. chen xiao cien Says:

    2 Paket saja yg gag lulus udah banyak
    apalagi 5 paket.

    nanti kalo yg gag lulus 70% siswa indonesia
    baru nyesel, soalnya bikin malu negara.

    inget bung, penyesalan datang terakhiran

  14. iqbal Says:

    saya kurang setuju dengan cara menambah paket UN….
    apa lg dengan membuat soal yg brbeda… itu hanya akan mnyulitkan peserta,, krna tingkat ksulitan tiap2 soal itu tdaklh sama,, pzti brbeda…
    jd jgn jdkn kami prcobaan… sprtinya pmerintah tdak mrasakn bgaimna rsanya sprti ini….

  15. reno Says:

    saya mewakili temen2
    tolong donk kalo bisa UN tahun ini jangan sampe 5 paket…2paket aja uda susah kami…..

  16. Yunita Says:

    maaf saya tidak setuju dengan cara ini
    ini sangat tidak adil
    tahun tahun sebelumnya cuma 2 paket
    itu saja susah
    gimana kalau 5 paket?
    banyak siswa yang tidak lulus
    apa ini yang di harapkan oleh pemerintah di Indonesia?

  17. slem Says:

    byk paket kok resah. kan cm nomernya j yg d acak. soalnya masih sm. knp stres? emang pd mw contek2an? blm2 dh pny rencana mw curang.

  18. nur'aini Says:

    maap saya sebagai calon un 2011
    merasa sangat keberatan dengan tindakan pemerinta yg mengadakan 5 paket pada un 2011

    apalagi saya siswa SMK, yg mengadakan ujian kopetensi,
    pikiran saya langsung buyar mendengar 5 paket yg akan di adakan, ,
    cuma gara” 3 hari sampai ada yg bunuhdiri

  19. Sirao Says:

    saya kurang setuju ..
    enak bgt ngomongnya , mentang2 dia uda tua ..
    mlah skrng minta paket un ada 5 … emang bagus untuk negara ..
    tp klo bnyk yg ga lulus mah sama aja mempermalukan indonesia …
    2 aja uda bkin stress , apalagi 5 paket soal …
    klo ad siswa/siswi yg bnuh diri gara2 itu, mau tanggung jawab mas awan ?

  20. peserta un 2011 Says:

    enak banget ngomongnya bung ,
    daripada anda memberi usul yg memberatkan kami,lebih baik anda mendoakan kami agar lulus dngn nilai memuaskan.amin

    ingat! Tahun 2011 ini sudah cukup tidak ada UM sebelum SNMPTN ,masih mau menambah kecemasan kami bung?

  21. satria Says:

    hanyah satu yg bisa aku bilang
    bila anda membuat paket A sampai t
    semua siswa akn bunuh diri jika tidak lulus di ujian nasional ini …….
    bnyak yg akan tidak lulus
    saat ini semua sisiwa ujian nasional ini belum siap akan diri nya dan ke percayaan ya sendiri tlh putus asa saat mndegar ujian nasional tidak dgn paket Ab lagi

    aku mohon jgn biar kn indonesia hilang akan kepercayaan nya … sebagai siswa

    tolong biarkan kami lulus
    batal kan paket A SAMPAI T
    KAMI MOHON KEPADA BAPAK
    KAMI TIDAK SANGUP

    SAYA DARI SEKOLAH PARULIAN 2 MEDAN
    MINTA TOLONG KEPADA BAPAK ….

    TOLONG KAMI…

    KAMI MALU JIKA TIDAK LULUS

    TERPAKSA KAMI HARUS MATI DARI PADA KAMI MALU..

    TERIMAKASI PAK.

  22. MATI DARI PADA MALU Says:

    KAMI MOHON KEPADA BAPAK
    BANTU KAMI AGAR TIDAK BUAT PAKET A SAMPAI T
    KAMI HANYA BISA BILANG KKEPADA BAPAK
    LEBIH BAEK KAMI MATI DARI PADA ORANG TUA KAMI MALU..

    BUAT TEMAN _TMN YG ADA DI INDONESIA
    BAGAI MANAH PUN JAGAN SAMPI KITA PUTUS ASA TAPI LEBIH BAIK KITA JAGAN MAU MNYENTUH SOAL ITUH KARNA YG BIKIN SOAL ITH ADALAH IBLIS HARI KIAMT SEMU MANUSIA……

    KARNA DIA PUN WAKTU DULU DIBANTU OLEH GURU NYH WAKTU UJIAN NASIONAL YG JAMAN DULU

    TAPI YG BUAT SOAL INI GAK PUNYA OTAK SAMA SEKALI….

    SEMOGA DIA MATI DI SAAT MEMBAGI UJIAN INI KEPALANYA LEPAS DAN KAKI NYA PUTUS DUANYAH
    DAN DIA MASIH HIDUP…

    YH TUHAN TOLONG DNGAR DOA KAMI REMAJAH INDONESI….

    ….AMIN

    SAYA DARI PARULIAN 2 MEDAN DAN TEMAN SAYAH SATRIA KITA HARUS BERANI MELAWAN SEMUA DAN TEMAN AKU INDONESIA SEMAGAT HADAPI INI…

    HORAS..

  23. michael Says:

    saya juga peserta Un 2011, saya malahan mendukung kebijakan pemerintah ini, kalo kalian mau mengancam pemerintah kalo ga lulus mau bunuh diri, lebih mati sekrang aja, di dunia ini jangan cuma bisa merasakan enaknya aja, kamu tahu ga, kalo cuma 2 paket aja, memang sih banyak lulus, tapi apa kalian tahu mereka yang belajar setengah mati dan tidak belajar sama sekali, mendapatkan nilai yang sama karena menyontek jwaban yang belajar(bagemana perasaan yang belajar)malahan yang belajar merasa mau bunuh diri, dari pada orang pandai mati lebih baek orang malas kayak kalian mati aja, saya sih srankan setiap kelas kan ada 20 orang, ke dua puluh orang tersebut semuanya dapat soal beda , sehingga ga ada kesempatan for kerjasama,bagi saya orang yang memgambil kebijakan ini adalah DEWA, saya berterima kasih sekali kepada orang yang memutuskan nya, semoga TUHAN menerima nya. dan saya sudah persiapkan sejak setengah tahun lalu, bila di nyontek oleh mereka yang ga belajar dan dapat nilai yang sama, saya akan regret until die(oh ya sekrang saya lagi buat tugas pkn ), semoga dengan keputusan ini INDONESIA(negara tercinta) bisa menyaingi negara tetangga nya malayasia dan singapore

  24. awan sundiawan Says:

    @all: kelulusan tidak ditentukan hanya dari UN, nilai UN 2 pun masih bisa lulus, karena masih ditolong oleh nilai raport+ujian sekolah, dan jangan khawatir dengan jumlah paket yang banyak, dengan banyaknya paket tidak berpengaruh pada tingkat kesulitan soal, kecuali jika tiap peserta akan saling nyontek, maka banyaknya paket soal akan memberatkan pada saling nyonteknya, hehehe.

  25. ayu fadliah tamrin Says:

    insya Allah kami bisa ,., aminn🙂

  26. ACEp Says:

    LEBIh BAIK KITA BERENTI SEKOLA DARI PADA STRESS
    MUNKIN YAN DI ININKAN PRESIDEN
    KEANCURAN NEARA INDONESIA

    N BUAT NAK SMP
    JN MLNJUTKAN SUSA
    SOALNYA UN NYA
    5 PAKET

  27. SedenkZ Comunity Says:

    MEMAN ANCUR NEARA INDONESIA
    2PAKET UD SUSA E……….DITAMBA 5 PAKET
    KAMI MAU LULUS…………………………………………
    TETAPKAN 2 PAKET AJA JANAN 5 PAKET

    MAU INDONESIA DI BILAN NEARA TAK BERPENDIDIKAN??
    KAMI YAKIN BILA TAUN INI ADA 5 PAKET UN
    MAKA YAN LULUS ANYA 35%

    AREgAZ_PRAJEKAN

  28. RANDI Says:

    KAMI DARI SMK 1 PRAJEKAN
    TIDAK SETUJU AKAN ADANYA 5 PAKET SOAL 2 PAKETVSAJA SUSA PAK PREISEN APALAI 5?????????????????????????

    TAK TER PIKIRKAN

  29. akbar Says:

    saya sangat Kurang Stuju atas kebijakan Pemerinta.
    jangan Gila Lhaaa….
    Hajab Para Siswa tahun Ini Ngadapin Itu smua.
    Q rasa ank Para Mentri Udah tamat Smua y.
    Tolong Kami Pak M. Nuh.
    Kami betul Tidak Sanggup Menghadapi Ini Smua

  30. akbar Says:

    Saya yakin.
    Jika Ini benar 20 paket,para siswa di Indonesia akn banyak Bunuh Diri.
    jangan Sok lagak Kau Mhicel.
    kau kira enak apa.
    Negara Laen z tak ada Yg namaNya UN.
    asal kau tau z

  31. echa Says:

    cuman gara” 3 hari

    percuma sekolah saiia yg 3 tahun
    mengabdi di bngku Smk
    😦

  32. sugeng Says:

    AKU WIS PASRAH WAE KARO PAMARINTAH , AKU KUE WONG CILIK SING URIPE WIS SUSAH KOK UN DIGAWE ANGEL TENAN KOH PRIPUN SI KADOSE PAMARINTAH,SO………?? kulo sedaya lan rencang rencang teng pemalang nyuwon pamaritah supaya paket soale un niku kaleh mawon mboten usah katah katah soale kula niku wis mumet tea………………….??????
    matur nuwun…………………………..

  33. munir Says:

    kalau misalnya itu terjadi, belum UN saj anak2 sudah pada stres, sya mewakili peserta UN 2011 mengharap supaya hal itu tidak terjadi…

  34. Zulfadlhi Says:

    pmrntah tlng jgn persulit lg pndidikan di negri ini…….

    krn itu akn brdmpk bsr di msa yg akn dtng, klo setipa thun ada prbhan, itu akn membuat kacau pkran para peljr……..

  35. Siswa SMK Indonesia Says:

    saya sih udah gak bisa ngomong apa-apa…
    cuma bisa nyedia’in seutas tali buat bunuh diri kalo gak lulus

  36. tmennya siswa SMK indonesia Says:

    wahai mentri pendidikan ataupun penggagas 5 paket soal UN jangan lah merenggut nyawa anak anak remaja indonesia

  37. maria Says:

    Semoga ini yang terbaik dan pendidikan indonesia semakin maju

  38. iqma maulidiya Says:

    saya mendukung kputusan pemerintah ini karena dengan bgini kami para remaja indonesia mampu tau seberapa besar kmampuan kami buat semua remaja indonesia jgan mau kalah dg soal uan

  39. Ryan insomnia Says:

    pemerintah tu senangnya aneh2 aja.orang udah hidup mapan juga.masih aja menyulitkan masyarakat!!!!!

  40. budi arianto Says:

    jangan la 20 paket……….
    sedangkan 2 paket aja udah pusinggggggg,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ampunnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    pemerintah jangan merubah seenakknya saja
    setiap tahun berubah terus
    kalau mau perubahan diawal tahun dong
    jangan pas mau ujian perubahan2
    emang kami apo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    seenak yo ajoooooooooooo

  41. abay Says:

    seharusnya UN dilaksanakan benar2 untuk mengukur tingkat pendidikan di indonesia, bukan untuk membebani siswa.
    UN itu sebenarnya bukan hal yang harus ditakuti, namun sistemnya ini yang istilah bahasa kasarnya “seperti anjing”
    kenapa harus ada 5 paket?
    kenapa UN tidak diadakan dengan simple?
    bukannya yang diharapkan supaya bisa mencerdaskan bangsa?
    oia saya baru ingat, indonesia ga cari orang cerdas ya? indonesia cuma mencari orang yang pinter mencari uang dengan cara yang ga bener. termasuk dengan cara menindas rakyat kecil. huh.. ujung2nya politik semua.

    saya ga peduli UN mau ada berapa paket. saya cuma ingin mendapatkan ilmu pengetahuan dengan layak, dan saya ga mau itu semua terhalang gara2 UN yang sistemnya itu “tolol” yg cuma bisa bikin hari2 siswa itu jadi seperti layaknya di neraka dunia.

    bagi teman2 peserta UN 2011, pernahkah kalian berpikir kita ikut UN untuk apa? haruskah kita bunuh diri kalo ga lulus UN? pernahkah kalian hargai hidup kalian di dunia ini?
    bunuh diri kalo ga lulus UN itu bukan lah solusi, tapi itu merupakan tindakan yang lebih “tolol” daripada yang menggagas UN ada 5 paket.

    love indonesia

    (visit banda aceh year 2011)

  42. hanif Says:

    halah pemerintah
    jangan sok sok kejujuran dah
    jangan mempersulit un

    banyak anggota dpr yang gak jujur
    urusi saja maslah itu
    banyak orang korupsi n gak jujur
    urusi saja itu jangan sok soa’an kejujuran

    munafik

  43. aat Says:

    ya allah. . .
    kasihani lah kami. .
    sadarkan lah para mentri. . .
    bahwa saya merasa terbebani dngan semua ini. . .
    q gag kuat . . . .
    q gag kuat. . . . .

  44. dody Says:

    payah….

  45. damar Says:

    Mencerdaskan bangsa tdak smudah mmblik telapak tangan hrs melalui proses yg berthap dn masuk akal. Apkah anda mau menyarikan kerja yg layak ktka tak lulus? Kmi mmpunyai mmpi kmi jg ingn mmpunyai krja dn brumah tangga . Kmampuan manusia tak sama,jika sampe ad yg bnuh dri anda adlh pmbnuh pr siswa.

  46. shin Says:

    Gakk adill!! Angkatan kami trus aja yg jdi klinci percobaan. Cba deh, bkin percobaan dlu, ambil sampe dr bbrp siswa dri berbagai daerah, trus dikasih try out.

    Oh ia, mas awan, kata pak gguruku, “kalo nilai UN dibawah nilai 4 gak bs lulus” loh?? Swtt. Aku ancur di matematika. Dn rsanya gak adil…

    @michael : situ enak sih, situ pinter. Cb deh lu jd gw atau beberapa ank yg “kurang pinter” . Pasti nentang mati-matian. Oh ya, good luck ujian deh –_–

  47. indra GHG Says:

    saya sangat-sangat tidak setuju dgn keputusan pemerintah !
    tolonglah agar pemerintah mengubah keputusannya.. jangan seenaknya ajaa laah,, kami para murid merasa tersiksa dgn hal ini !! jangan membuat seluruh murid se-INDONESIA jadi GILAK dan STERESS gara” ini…

  48. wawan Says:

    tuh yang bikin peraturan adanya UN g punya anak x ya mpe bikin anak anak bangsa kepuyengan……. atau pengen bales dendam ma ortu di indonesia krn g laku laku…..

  49. KriZman Says:

    Mda2han UN cma 2 pket ……
    n klw smpe lbih dari 2 pket psti Bnyk Siswa yg g llus ..

  50. ima m Says:

    duh..bpk ibu guru…knapa anak2 jd bgn? streesss, bingung.. puyeng. apa spt ini yg diajarkn? knp anak2 tdk tegar dr hantaman ombak UN, tdk sekokoh baja, atu mrk acuhkn nilai2 yg kau ajarkan shg jd bgt? atu kalian tdk mendidik jd anak yg siap mental shg takut dgn UN,…atu engkau hny takut2i mrk sj slm ini? jd pendidikn yg mrk trima tdk membuat mrk kuat mental shg mudah bg mrk mengancam bunuh diri…dimanakah tggjwb bpk ibu guru

  51. imam m Says:

    jng kawatir anak2…kalian hanya mengerjakan satu paket soal sja..tdk 5 paket..ya klo ke5-5nya disuruh mengerjakan itu baru pemerintah bikin susah.tdk usah bingung susah palagi bunuh diri..lha wong kisi2 model soal nya sdh dikuasai bpk ibu guru, diberi contoh jg…soalnya tdk jauh beda ko” dgn kisi2..klo blm tagih ke mrk..

  52. indra Says:

    saya tdk stuju dgan adanya penambahan paket so’al pada ujian nasional.
    Benar kita pasti dapat lulus. Benar dgan cra itu pmerintah dapat mengurangi angka ketidaklulusan.
    Tapi, ah. .saya tetep tidak stuju. .

  53. ORANG BATAK SIANTAR Says:

    bwt pemerintah yg mencanangkan UN 2011…
    kami tidakkk setuju ………….
    ai las boha do…????
    nasoa dong do perasaan mu na

    tusikkola nami
    MARIA GORETTY P.SIANTAR
    SUMUT,
    ,,,,,,,YESSSSSSSSSSS

  54. ORANG BATAK SIANTAR Says:

    bwt pemerintah yg mencanangkan UN 2011…
    kami tidakkk setuju ………….
    ai las boha do…????
    nasoa dong do perasaan mu na

    tusikkola nami
    MARIA GORETTY P.SIANTAR
    SUMUT,
    ,,,,,,,YESSSSSSSSSSS

    KELUARGA BESAR XII-IA

    ATAS NAMA RICO SINAGA

  55. MARIA GORETTY SIANTAR Says:

    nama saya adhie shevano lumban tukoep….
    saya mw cari jodoh gan…
    I love negsih

  56. MARIA GORETTY SIANTAR Says:

    nama saya adhie shevano lumban tukoep….
    saya mw cari jodoh gan…
    I love nengsih

  57. MARIA GORETTY SIANTAR Says:

    nga dapot na hu lului i…………?

  58. MARIA GORETTY SIANTAR Says:

    my name is styven,,,,,,,,,,
    dgn target k’lulusan thn 2011 ne,psti bnyk siswa/i yg akn mengeluh.
    da lg isu mengenai pket soal sampai 20 jenis paket dlm 1 ruangan.
    gmana ga stres cba…………………….?

  59. indra GHG Says:

    liat tuh.. siswa aja uda banyak yg ngeluh sama keputusan ini.
    jangan sukak” ati klen ajalah om… ubah tuh keputusan nya..
    kami TIDAK SETUJU…. <<<<<<_<

  60. Robi Says:

    Dg adanya kptsan bru ne, kami sngat kcwa.
    thun ajran 2009-2010 ja bnyak siswa yg tdak lulus akibat adanya paket soal yang brbeda, msak skrang dtmbah lagi paketnya soalnya.
    apa ingin murid2 atau siswa bnyak yg tidak lu2s…..????

  61. anak pegunungan dari selatan Says:

    karena nama bangsa belum harum atas nama….
    Kami anak pegunungan dari selatan ingin mengharumkan nama bangsa……..
    tertanda..

    kerembek!

  62. radit Says:

    WOIII PEMERINTAH KO URUS JA ANGOTA MU YG KORUPSI….
    JNG KO BUAT ANAK INDONESIA MENDERITA COIII
    KAMI TIDAK SETUJU LAW PKET SOAL LBIH DARI 2, KSIHAN ANAK-ANAK INDONESIA
    SAMA ORANG TUA KAMI YG UDA BIAYAIN SEKOLAH KAMI
    AQ TW DI BALIK INI ADA PERMAINAN PARA ANGGOTA PEMERINTAHAN
    AQ TW INI POLITIK OKE LAW KO MW GTU LHAT AJAH MW JDI APA BANGSA INDONESIA INI DAN ANAK2 BANGSA

  63. pemerintahan lojing n lolipop Says:

    Woiiiiiiiiiiiii pemerintah yg gax mikirkan kesulitan anak2 bangsa indonesia yang sedang stresssssss mikirkan un yg mreka hadapi,
    Q tw kalo ne adalah cara pemerintah untuk mendapatkan keuntungan sebesar2na.
    KAMI ANAK MEDAN TIDAK SETUJU ATAS K HENDAK PEMERINTAH YG MENGHANCURKAN MASA DEPAN ANAK INDONESIA.
    ALANGI LAPETMI BODAT.

  64. Sahat Tua Pandapotan Manalu Says:

    Horasss… Santabi ma di hita saluhutna!!!
    Saya dri smk n 2 pakkat(kejuruan- Tekhnik Komputer &Jaringan) kls XII Tkj 1… Sya mrsa tdk setuju dgn kptsan pmrntah ats prbhan peratran UN 2011 nie, 20 paket soal n nilai akhr berpngruh dri smster 3, 4 n 5… Pasti bnyak yg ga lulus… Walau da yg lu2s pasti nilainya pd rndah2 y nilai pas2anlah,,.. Sedangkn tahun lalu dgn 2 paket soal z adanya yg ga lu2s apalagi 20 pakt soal,…??

    Tp bwt tman2 yg mo UN jgn ngancam2lah kta brdoa z smoga Tuhan membantu kta dlm menghdapi UN Nie,… Tp hrs da usahalah n ttap semangat! Kta sekolah bukan tuk bunuh dri tpi utk masa depan n utk bahagiakn ortu kta… TETAP SEMANGAT…

    N bwt bpk Mentri mohon pengertiannya ya,…!?!?

    Tuhan, Sai Ho ma tontong namangaramoti hami. Amen….
    Horas….s

  65. asykirul pohan Says:

    saya tidak setuju dengan pikiran pemerintah untuk membuat paket soal UN 2011 lebih dari 2
    2 paket saja kami sudah kesusahan apalagi lebih dari 2 paket mungkin penduduk indonesia banyak yang mati bunuh diri karena tidak lulus ujian nasional 2011

    mungkin pemerintah harus memikirkan itu

  66. Reni Says:

    Mz awan gk usah sok” ngajukan usulan UN 5 paket soal deh,emanx gk punya anak pa,coba kalo anda punya anak truz anak anda tdk menguasai salah satu mata pelajaran UN ???? Msa’ gara” satu mata pelajaran ja bs gk lulus kalo nilainya kurang dr 4 ???? MASALAH KECURANGAN NGACA DONG PEMERINTAH SEKARANG BNYAK BNGD KASUS KORUPSI,BARU AJA KASUS GAYUZ TAMBUNAN,DAN AKU YAKIN MASIH BNYAK PEJABAT2 YG MASIH KORUPSI…..BERSIHKAN DULU PEMERINTAHAN DI NEGERI INI JNGN MENGAMBIL KEPUTUSAN SEENAKNYA AJA TANPA PEMIKIRAN YG PANJANG !!!!!! DAN JANGAN JADIKAN KAMI KELINCI PERCOBAAN LAGI !! PEMERINTAH AJA GK BECUS NGURUSIN KASUS KORUPSI APALAGI PENDIDIKAN !!!!! nyesel knp dulu milih SBY !!!

  67. exon juliandi Says:

    WAH……….
    BKALAN BNYAK NEH SISWA-SISWI YG BAKALAN BUNUH DIRI……
    2 PAKET AJA UDAH BANYAK YG BUNUH DIRI…….
    APA LAGI 5 PAKET………….
    BISA NEH JUALAN RACUN AMA JUALAN TALI……….
    LARIS TUH PAS SELESAI UN……….
    PKIR2 DLO DEH PAK KLO MO BKIN KPUTUSAN…….

  68. Rizka Says:

    Saya rasa sebaiknya pemerintah menyiapkan matang2 untuk pelaksanaan UN 2011 sebanyak 5 paket.
    Saya rasa, kebijakan ini terlalu mendadak. Sebaiknya pemerintah mensosialisasikan dulu ke sekolah2 akan kebijakan ini. Ini ujiannya bulan april, infonya baru januari. Tolong jangan buat peserta bingung akan ulah pemerintah! Sudah terlalu banyak masalah di negeri ini! Jangan jadikan kami sebagai kelinci percobaan.

    “teriakan pelajar”

  69. flachi Says:

    2 pakt ja dah susah
    sbnrnya pmrintah brmksd bwt smwa peserta UN g lulus ya.
    kjam bgt……..

    dasar …………….

    urus tu si gayus…….

  70. TOMY Says:

    PEMERINTAH TOLONG LAH LIHAT ANAK2 mu INI… PAKET SOAL DI BIKIN 2 pAKET LAH..
    NGERTI LAH BROWWWW

  71. samuel Says:

    KLO UN SAMPE 5 PAKET !
    MAKA TINGKAT KELULUSAN HANYA MENCAPAI 5% !
    DALAM ARTI BILA 5 PAKET MAKA PERKALIANNYA 5 X 1 !
    BILA 2 PAKET MAKA PERKALIANNYA 2 X 50 ! = 100%
    AMIN ….
    KLO BISA 2 PAKET Z LAH GENK!
    JGN SOK’SOK AN 5 PAKET !
    DARI MANA DUIT UNTUK MENCETAK DAN MEMERIKSA SOAL SEBANYAK GITU!

    INGAT GENK NEGARA KITA UDA KRITIS!
    JANGAN AMPE KOMA!

    OKEEE
    SALAM HIPHOP

  72. bendhot Says:

    kalau paket ditambah maka … semakin banyak anak indonesia yg takut pd ujian nasional… bukan tambah semangat…

  73. akhi zuhri Says:

    Yg jlas, klw paket soal ditambah tue akan membwat 2 X kbingungan pada anak2 bangsa indonesia, 2 paket soal az bingungx 1/2 mati apalgy 5 pket soal. pkoknya Q mhon pada pak. MENDIKNAS paket soalnya jangn ditambh lgy tue akan membwt anak indonesia smakin bingung………

  74. norman Says:

    MOHON MAAF SEBELUMNYA…..
    PEMERINTAH TERLALU TERBURU2 DLM MENGAMBIL KEPUTUSAN, KENAPA UN 5 PKET INI TIDAK DIUMUMKAN JAUH-JAUH HARI ??
    INI MENYEBABKAN KAMI MJDI SHOCK BERAT……
    MOHON DITINJAU KEMBALI KEPUTUSANNYA ……..
    TERIMAH KASIH………..

  75. ikhwandjch71@gmail.com Says:

    semoga seluruh siswa kls XII seluruh INDONESIA lulus 100%
    hayo teman2, kita bangga kan negara kita tercinta…
    tanah air qu………
    INDONESIA RAYA…

    BY: IKHWAN ANSHORI
    asal sekolah: MA HASANAH PEKANBARU

  76. sugiri fernando Says:

    bapak PEMERINTAH yg terhormat….
    saya siswa UAN 2011 sangat KECEWA dengan AdA NYA UAN 5 PAKET….
    mana g ada UJIAN ULANG…
    saya mewakili siswa/siswi seindonesia dengan sangat memohon supaya UAN 2 paket saja….
    kami punya masa depan…
    jangan HANCUR kan MASA DEPAN kami cuma krna UAN…
    lihat tahun kemarin banyak siswa/siswi depresi/bunuh diri hanya MALU/KECEWA karna GAGAL/TIDAK LULUS UAN….
    apakah TEGA melihat RAKYAT kalian HANCUR…..
    CUMA INI CURAHAN HATI ku TENTANG UAN….

  77. civilia Says:

    yampuuuuuuuuuuuuuuuuuuun pak
    masih da hal lain yng lebih bijak dari pada ne
    karena tidak srmua anak memiliki kemampuan yng sama
    tolong di pertimbangkan lagi
    jangan jdikan kami kelinci peercobaan
    dengarlah suara kami

  78. Rikson sihombing Says:

    Hanya karena UN dan paket soalnya di tambah
    perjuangan kmi dari SD Hingga saat ini menjadi sia”
    dan masa depan terancam
    Memang kejam kali lah pemerintah ini

  79. jio Says:

    mending 20 soal biar ga ada kecurangan lagi

  80. sandy Says:

    menurut saya ujian nasional itu okelah tapi bagaimana dengan nasib siswa yang tidak lulus padahal banyak siswa yang tidak lulus yang bunuh diri apakah pemerintah tidak nyamemikirkan

  81. kariza Says:

    janganlah di perbanyak paketnya
    saya mohon
    apa anda tidak memikirkan nasib siswa tahun ini?
    kasihanilah kami para pelajar
    1.batas nilai kelulusan semakin tinggi
    2.syarat kelulusan bukan hanya un tap juga uas,try out,dan nilai rafor!
    3.TIDAK ADANYA PENGULANGAN UJIAN BAGI SISWA YANG TIDAK LULUS
    jadi tolonglah kami
    jangan memberikan penderitaan kepada kami!

  82. bagas Says:

    kalo bicara tidak adil sih ini sudah tidak adil dari dulu2nya, sebab nilai UN tiap tahunnya pasti bertambah, tetapi materi yg di ajarkan saya rasa sama saja dengan tahun2 yg lalu, jd saya ingin UN tahun ini berjalan seperti biasanya dari taun ke tahun, tidak usah di utak atik lg😀
    CMIW…

  83. Afiq Says:

    Lbih dr 2, xg bner ja…. maw dtaruh mna muka bangsa qt, kalau siswa di indonesia tdak lu2s 100%.. byangkan, 2 pket ja da xg smpek bnuh dri, pa lgi 5 pket.. bsa bnuh dri berjamaah bung… jgn gunakn kami klinci prcobaan, low siswa siswi qt udh murka, pemernthlah xg akn jd klinci prcobaanx.. apa xg anda lkukan kalau mereka mogok tidak mau ikut UN..? tlong djwab

  84. moko Says:

    saya sangat tidak stuju dgn kebijakan sperti ini.. kami bkn bahan prcobaan,, 2 paket soal aj udh byk yg kaga lulus, apa lg lbh dr itu.. ckckckkc.. ga kasian apa???
    coba saja anda yg brada d posisi qta, yg d tuntut hrs lulus, stiap manusia mmpunyai kmampuan yg brbeda2… mereka(tahun-tahun sbelumnya) enak, kalo ga lulus ad ujian ulangan, nahhh qta apa coba, ga lulus ngulang 1 thn lg….ckckckkckck,, dunia pndidikan jaman skranag Menakutkan, kejam..

  85. xffgxdhwcgw Says:

    andai aku seperti gayus, aku bayar pemerintah agar 5 paket UN mnjadi thun lalu yg hanya 2 paket ja..

    jgn sok sok urus pndidikan kami, urus ja dulu para korupsi di indonesia ni..

    dasar pemerintah pukimak …..!!!

  86. xffgxdhwcgw Says:

    pemerintah anjink ..
    pemerintah babi ..
    pemerintah bujanginam ..

    SBY taunya HNYA naikkan gaji za tpi tidak mmperdulikan rakyatnya,..
    kasihani lh para orng tua kmi yg kerja banting tulang buat smua biaya sekolah dan menanggung malu karna tidak lulus.
    saya mewakili para pserta ujian UN thn 2010-2011 agar pemerintah intropeksi dri sendri dlu,dan mmpertimbangkan smua keputusan yg telah kalian buat.
    {SBY KEPARAT} :p

  87. upin ashar Says:

    paket2an ini …masih wacana atau sdh betulan….
    jangan memberikan Info yg meresahkan….
    Apalagi UN 2011 kali ini serba mendadak….
    Bukti Pemerintah belum siap dan belum matang mengelola UN..!!!

  88. gw Says:

    aduh maunya pemerintah tu pa si.??????????
    ujian 2 paket ja banyak pelajar yg g LULUS,berfikir logika harusnya klo ujian 5 paket bakal tmbh orng yg g lulus.
    g usah so belaga bijak lah..
    PENGEN BIKIN NEGARA KITA MAJU G GINI CARANYA,SMA JA PENJAJAHAN.
    KEPINTARAN SESEORANG BERBEDA-BEDA

  89. jeritan hati Says:

    jangan sok deh kamu pemerintah
    peke mempersulit siswa
    jangan sok kejujuran
    masih banyak hal yang harus di perhatikan
    lihat pake matamu itu
    banyak para koruptor yang nggak jujur yang menyengsarakan rankat kecil

    tapi dia tidak di persulit

  90. randy Says:

    HEMMM, bgus dah

  91. ctz all Says:

    sangat tidak setuju degan paket 5 soal coba pikir dong!!!!!!! yang buat peraturan itu suruh ngerjain soal unas yang buat kami” dari siswa apakah bisa tuh LULUS!!!!!!! jangan menabah kebobroan di negri tercinta ini!!!

  92. yhudy Says:

    knpa selalu letting Q d jadikan kelinci percobaan….
    ya allah tabah kan lah hati ini terimah cobaan dr mu….
    smga d thun ini kami all bisa lulus smua,,,aminnnnn!!!
    n doakan yah mudahan bisa lulus…..

  93. rume Says:

    sya sngat tdak setuju pket soal ampe 5 bkan’a ckup 2 saja ,………..
    enk yg dah llus lama ngga ngrsa sulit’a taon nc ,
    sdah standar min klulusan smakin tinggi ,+ pket soal 3-5……

    bsa hncur pda bnyak yg ngga lulus taon nc……….

  94. warior Says:

    ap pemerintah bsa llbih bijak dri ini,emg gk mkir,,….
    pket soal d prbnyak tu,bkan nya m’mbntu tpi mlah m’mbuat org pda skit kpala,yg mau ngehdapin UN taon nc
    cba klw bnyk ank yg ampe gk lu2s,bnyk yg stres ,..bisa2 ad yg smpai bunuh diri krna sking putus asa’a…….
    coba bayangkan
    memang itu yg dhrapkan pemerintah/?
    jngan jdikan kmi Un taon nc sbgai kelinci percobaan………………..<< Baca tq

  95. yeremia abraham Says:

    saya sangat tidak setuju. pikir saja ni yang buat saran kalo sperti itu saya jamin jumlah ketidak lulusan siswa akan semakin tinggi,,,jangan monafik sekalian aja 100 paket soal dalam satu sekolah dan random…

  96. Siti ilmiah Says:

    BUAT PEMERINTAH TOLONG ADA DISPENSASI SEDIKIT UNTUK KAMI…
    APA INI AKHIR DARII SEGALANYA…
    12 TAHUN KAMI SEKOLAH SEMUANYA HANYA TERGANTUNG DENGAN PADA KELULUSAN NEGARA SAJA…

    BUAT APA KITA SEKOLAH KALAU SEMUA INI DI TENTUKAN BERDASARKAN ASPEK KELULUSAN NEGARA…
    JIKA TIDAK LULUS MAU JADI APA BANGSA NEGARA KITA

    SEMUA ORANG BEBAS UNTUK BERPENDAPAT KAN…?
    BERI KAMI KESEMPATAN…!!

  97. CALON PESERTA UAN Says:

    assalamuallaikum wr.wb..

    setelah mmbaca artikel trsebutt pqrn kamii mnjadii ruwet gara” mndengar ad 5 paket ujian nasional 2011 kali ini…

    sebernarnya alasan pemerintah mngubah paket UAN ini bagaimana?
    2 pket aja sussahnya mnt ampyunn..apa lagii 5 pakett..????SUBHANALLAH..

    JGAN BQN KAMII STRESS LAMA” gila gara” UAN DOANK..

  98. Bobby Brillian Says:

    Apa pemerintahsudah tidak mempunyai cara lain aja untuk meningkatkan pendidikan ? Kenapa generasi mudah negeri ini selalu menjadi kelinci percobaan generasi tua yang tidak memikirkan nasib kami ? Kami juga manusia… kalau anda ingin seperi itu… anda coba dulu sendiri…
    bukankah seorang pemimpin itu adalah yang mengerti keadaan yang di pimpinnya…kenapa sekarang malah pemnerintah menjadikan kami kelinci percobaan…
    Kami ini generasi penerus kalian… kami butuh pengertian sehingga nanti kami bisa memajukan bangsa ini dengan ide” kami….dan kami tidak harus selalau di kekang dengan UJIAN NASIONAL… Apa artinya kami belajar 3 tahun kalau ternyata hanya di hargai sebatas LULUS UJIAN NASIONAL,BUKAN SKILL…

  99. aski Says:

    TERIMAKASIH BUAT YANG BUAT 5 PAKET TERIMA KASIH SEKALI ATAS APRESISASI KALIAN BUAT 5 PAKET !!!!!! SEKALIAN AJA 200 PAKET JADI SETIAP ANAK BEDA SOALNYUA BIAR PUAS KALIAN SEMUA TERIMAKASIH !

  100. yeni Says:

    ish..benci na l.a dengan pemerintahan

  101. DEWI Says:

    seharusnya pemerintah memikirkan nasib qt sbg ank bangsa
    2 pket kami dah pusing………….!!!!!!!!!!!!!!
    kami tidak takut ujian
    tp kami tdk puas dgn kptusan pemerintah yg terlalu mendadak
    shg persiapan kami kurang

  102. reman Says:

    tanggung bos 5 paket mh..
    SAKALIAN AJAH 20 PAKET..
    SATIAP KELAS SEMUA ANAK BEDA SOAL PAKET UJIAN..

    STRES-STRES ANAK BANGSA..
    MDAH2AN BNYAK YANG MATI BNUH DIRI..
    JD WARGA INDONESIA BERKURANG…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  103. ADIT Says:

    SAYA GA MASALAH TUH DENGAN UJIAN NASIONAL YANG 5 PAKET !!!!!!!!
    KARNA SAYA ORANG JENIUS .MAU 20 PAKET ATAU BERAPA PAKET PUN SAYA SIAP .KARNA SAYA PASTI LULUS .IQ SAYA DI ATAS RATA2 .

  104. GERDY HELDA MANDALA PUTRA Says:

    saya siap 100% dengan paket soal UN yang 5 itu. karna saya sudah pernah mengulang UN selama 2 th berturut-turut dan saya tidak pernah LULUS. tapi saya masih tetap tegar

  105. GERDY HELDA MANDALA PUTRA Says:

    saya siap 100% dengan paket soal UN yang 5 itu. karna saya sudah pernah mengulang UN selama 2 th berturut-turut dan saya tidak pernah LULUS. tapi saya masih tetap tegar dan masih hidup di dunia ini. karna saya cinta sekolah saya.

    apabila saya tidak lulus kembali. saya bakal mengulang nya lagi tahun depan. sebelum umur saya yang ke 26 saya bakal terus berjuang.

    HIDUP UJIAN NASIONAL !!!!!!!!!!!!!!

  106. Duila Says:

    Perencanaan yang di buat sangat tidak mendukung semangat para siswa? Karena perbanyakan paket soal yang tidak bertahap. Sehingga membuat siswa semakin down untuk menghadapi UN.

  107. siska maryanti Says:

    astagfirullah
    pa saya sebagai calon UN 2011 tolong pertimbangkan tentang soal UN yang akan diadakan 5 paket minimal 2 paket saja tolong berikan keringanan untuk kami pa!

  108. tiyas Says:

    jangan nyampe E………………..B adjah………………..huft…

  109. fikri Says:

    kalaw mau membunuh para siswa di indonesia janagn kayak gini…………….
    langsung aja tembak pakai pistol……………..
    g puas apa para pejabat menyiksa kami dengan korupsi…………..

  110. fikri Says:

    mungkin anak2 bapak mentri g di sekolahin ea??????…….
    smpai2 tega ngasih paket banyak bgt……..
    knp g sekalian 20 paket ja??????????
    biar g da lagi anak2 remaja di indonesia,……
    gr2 mati bunuh dri…………
    krna g lulus…………………………

  111. bonar Says:

    anjing la dinas setan binatang bisanya ko begitu ko mau indonesia hancur kha laso memang kau……………………………….
    fuck you bitch asshole

  112. Budhy suprapto Says:

    Kenapa perubahan paket buat cobaan selalu pd waktu kelulusan aku d smp-sma kenapa tidak dari SD kualitas naikan,.,dan informasiny terlalu mendadak kl d adakan 5 paket.
    Jangan mengecewakan siswa-siswi di indonesia trutama yg d SLTA.
    Pikiranku malah menjadi buyarrr,.,tidak bisa konsentrasi s’akn” sudh pasrah,.
    .
    Ujian nasional bisa di bilang tidak adil,.,
    Jgn mengecewakan siswa-siswi di indonesia,.
    Saya juga tidak ingin orang tua kami sedih s’andainy saya tidak lulus.

  113. Budhy suprapto Says:

    Anak’ny penjabat enak,semua kebutuhan bisa tercukupi .
    Aku anaknya orang kere .makan lauk pauk sambel tempe sudah cukup pikiranku pas-pasan .
    Daripada pemrintah membunuh/menyiksa siswa diindonesia berlahan-lahan smpe tua mending semua sekolah d indonesia di bom aja biar mampussss semua murid”,.
    Aku malu n rela,.dari pada masa depanku suramm karena tdk lulus.
    Jangan mengecewakan generasi muda indonesia.

  114. surya andi wicaksana Says:

    wah . .klo gitu caranya, mlah bkin stres siswa tu . . .
    . kami diberi 2 paket aj udah mati2an ngerjaine ap lg lbih dri 2 . . .jdi ap indonesia

  115. tanto Says:

    kita sekolah 3 tahun capek, pulang sore , masih les, ditambah paket lebih dari 2, ap jadinya nnti . . . saya yakin hal ini kurang disetujui banyak siswa . .karena sangat memberatkan . . tolong dong perhatikan kami yang kecil

  116. debby roundra Says:

    lek sya c stuju n g stuju. cz nilai2 sekolah kn jga menentukan kelulusan jga… jd sya g trlalu khawatir…
    tp low paket soal dperbanyak bikin saya gugup… n mengganggu konsentrasi bel.

  117. enirahma Says:

    gak asekk ahhh…
    tahun ini jumlah paket diperbnyak, tidak ada pengulangan.., lalu apalagi kebijakan pemerintah yang dianggap baik buat kami siswa…
    ini bukannya buat kita tambah rajin belajr tp tambah streesss..,
    kalo masalah kejujuran ngapain mesti kita yang di jadikan korban knp yang sekarang gak jujur bukan itu ajah yang di kasih UN….

  118. inov Says:

    hahh sadis nih.
    ini mah membunuh anak bangsa secara PERLAHAN. haddeeeehh
    kalo masalah bocoran karena cuma 2 paket mah itukan salah dari sekolahnya bukan anak muridnya. kenapa malah jadi nambahin paket soal buat UN gini buat menutup ruang adanya bocoran dari sekolah yg mengakibatkan “kecurangan”?
    SUMPAH GAK SETUJU BANGET. bukan karena takut GAK LULUS atau GAK BAKAL dapet bocoran dari sekolah nanti pas UN. tapi ini nih malah bikin para pelajar STRES dan FRUSTASI duluan kali.

  119. kala Says:

    bagus,,,,,,saya dukung program pemerintah.

  120. muhammad syaiful ramadhan Says:

    itu yang atas knapa si ,,, egois banget , so bisa deh ,,, maaf sodara , walaupun anda bisa , anda harus berfikir kembali ,anak SMA di indonesia ini tidak semua mendapatkan fasilitas yang memadai , UN adalah suatu doktrinan kita untuk berbuat JAHAT, belajar 12 tahun kandas dalam 6 hari ,

    inget sodara ,,, !

  121. Ajeng Mega Says:

    5 paket UN dengan modus biar ga pada nyontek?
    mau 2 paket ke, mau 5 paket ke,
    yg harus dibenerin tuh pikiran siswa siswi nya dulu..
    punya mental ga nyontek ga ??!!!
    yg harus dibenerin tuh pola pikir siswa siswi nya dulu..
    …ngejar nilai angka ??!!! atau nilai proses ??!!!

  122. muhammad syaiful ramadhan Says:

    eta pisan jeng ,, lah ,,, yuk kumpulkan siswa dan siswi seluruh SMA se indonesia ,,, ngumpul di jakarta buat DEMO heuheu

  123. malha Says:

    kami siswa angkatan 08 tdk setuju dengan 5 paket soaL ini
    2 paket sj susah apaLg 5 paket
    Kalau salah satu angkatan saya giLa gara2 peraturan pemerintah ini kami tdk segan2 menuntun anda’
    Kalau mau mengembangkan pendidikan caranya ngk kayak gini

  124. Ikan Badut Says:

    Sebenernya sy bingung untuk memihak pd siapa setelah membaca debat kalian. Perasaanku campuraduk, sebagian diriku Pro sama yg tidak Setuju, seperempat bagiannya Kontra d/ yg tdk stuju, Dan sisanya, whatever😀,
    toh kalo kebijakannya masih begini, yg susah akhir2nya pemerintah juga😀

  125. uefa Says:

    satu kata untuk menghadapi UAN pada 18-21 april 2011….. SINGLE FIGHTER…… don’t pulghed BELAJAR…DO’A… n POSITIVE THINKING pasti LULUS…… SEMANGAT ….. PASTI BISA

  126. mono Says:

    begini temen2 semua ,,,,saya dan kalian juga pasti krng setuju dgn usulan pemerinth ,,,,, yachh kita sbg pelajar patuhi saja keputusannya n satu hal yang paling penting ”

    always study n prayer,,,, insyallah pazti lulus ,,,,,
    serta ” believe your self “

  127. UN 2011: Soal 5 Paket Menyulitkan Siswa? « Awan Sundiawan Says:

    […] UN 2011: Tiap Ruang Paket Soal Lebih dari Dua, Paket Soal Diacak […]

  128. heyi Says:

    astagfirullah…usulan yang buruk …jangan sampai terjadi….sullu sullu

  129. Hani Says:

    LULUS saja tidak cukup, kami juga menginginkan sma favorit ! Baru mendengar lebih dari 2 paket saja kami sudah stres berat, apalagi nanti setelah terjadi
    MUNGKIN ANDA TIDAK MERASAKAN APA YANG KITA RASAKAN !!!! KAMI HARAP KOMENTAR INI MENJADI MASUKAN KEPADA PEMERINTAH ! JANGAN HANYA DIJADIKAN KOMENTAR SEMATA!

  130. della Says:

    saya sangat,sangat,sangat,sangat dan saaaaaaaaaanngggggggaaaaaaattttttttttt TIDAK SETUJU dengan diadakannya program semacam ini.
    karena hal ini dapat menyulitkan siswa/siswi untuk dapat lulus UN.

  131. rim Says:

    saya kira skrg saat kita harus berubah (bukan power ranger), terus perbaiki negeri ini dari hal yang sekecil2nya sampai pada hal sangat besar, jangan heran dinegeri ini banyak terjadi pelanggaran, korupsi, ketidak adilan karna salah satu peneyebabnya adalah membiayarkan siswa menyonteh, dibantu dalm ujian, dimanjakan dengan hal yang gampang saja
    saya sebagai peserta sangat setuju dengan adanya 5 paket atau lebih karena ini merupakan salah satu langkah agar siswa tidak manja semata-mata menunggu bantuan dari guru saja sehingga yang sibuk menjawab soal adalah guru, nah tanggung jawab kita sebgai siswa mana?
    lagi pula kita harus akui dimana2 siswa skrg semakin hari semakin bandel semakin tidak menghargai gurunya. salah sedikit guru bertindak dilaporkan kepolisi, dishoting alasan HAM lagi.
    jadi sebagai siswa kita jangan terlalu banyak berkeluh kesah karena orang yang selalu berkeluh kesah itu adalh orang2 yang dekat dengan kekufuran tidak mensukuri nikmat.
    saran sy kepada pemerintah boleh saja diperketat penyelenggaran ujian nasional tapi jangan ada istilah tidak lulus. jadi diluluskan saja tetapi ada lulus tidak bisa melanjutkan diperguruan tinggi dan ada lulus bisa melanjutkan, Khusus untuk tingkatan SMA tidak berlaku ut SMP seperti sistem pendidikan di Malaysia tetapi orang yang lulus tp bisa lanjut itu harus sudah disiapkan lapangan pekerjaan.

  132. rosa Says:

    waduh pak…ribet banged…
    apa gak terlalu sush untuk membuat soalnya,
    pening pak, pening………….

  133. neiz Says:

    jangn plirkan ego orang besar or pejabat,, pkirkan orang kecil pa bila bner” 5 paket,, d jamin pelajar Indonesia semuanya menangiss…

  134. kartika Says:

    takutnya kalo smuanya malah pada drop!!!!!
    SIAPA YANG MAU TANGGUNG JAWAB?????

  135. awan sundiawan Says:

    @all: Setelah saya perhatikan, mereka itu akan kesulitan dalam menghadapi kunci jawaban, dan sepertinya pula sejak SMPnya sudah dikondisikan untuk menerima jawaban, padahal ketika saya duku jaman EBTANAS yang soalnya satu paket, sulitnya lumayan juga, artinya dengan banyaknya paket tidak berpengaruh pada kesulitan soal.

  136. Lawan! Says:

    Setiap tahun pernyataan dan alasannya selalu sama, ‘bermanfaat untuk evaluasi pendidikan’.
    Bosan saya.
    Ini salah satu bukti konkret bahwa pendidikan di Indonesia ini memang belum mempunyai standar pendidikan yang sudah mantap. Semuanya sama, hanya ‘keajegan’ yang dikemas dalam bungkusan yang berbeda.
    ‘Evaluasi’ yang selalu dipaparkan dalam hal ini sama artinya dengan ‘percobaan’, itu berarti sama saja dengan menjadikan peserta didik sebagai kelinci percobaan.

    Tahun ini 5 paket soal, kemungkinan tingkat ketidak lulusan peserta didik bertambah, tidak ada ujian ulang bagi yang tidak lulus.
    Yasudah, kita lihat saja kebodohan apa yang akan terjadi selanjutnya.

  137. org Says:

    @michael situ enak pinter. kita gimana?

  138. alex Says:

    keren,,,,
    tp ujian 5 paket terus pmbagian acak lebih menyulitkan siswa,,,,

  139. uefabazs Says:

    19 hari lagggiiiiiii UAN 5 paket pasti bisa…………. kepada para pejabat do’akan kami LULUS………. agar kalian puas dgn kerjaan kalian yg bikin 5 PAKET

  140. farhan Says:

    emang kenyataan para siswa siswi di indonesia bodoh bodoh hanya beberapa saja yang pintar paling diantara satu kelas hanya ada 2 anak yang pintar

    saya bicara seperti ini karna saya juga pernah jadi murid bung………………saya juga melihat disekolah yang maju maupun disekolah yang tidak maju kenyata’annya siswa siswi disana juga bodoh bodoh ……………….sudah lah bung 2 paket saja itu sudah cukup menyiksa rakyat gak perlu ditambah tambah lagi kalo masih mau mnurunkan 5 pket so’al dijamin akan banyak siswa siswi yan gak lulus kasihan kan mereka kalou mengulang harus ngluarin duit lagi orang tuanya

  141. kita pasti success Says:

    kita bisa,,, harUz Optimis Usaha dan Doa yang banyaK,, ALLAH maha MengabuLkan doa-doa hambanya…………….
    Success In Our hAnd……………..

  142. deti Says:

    saya sebagai calon peserta UN 2010 2011
    Saya SANGAT TIDAK SETUJU KALO PEMERINTAH BNAR2 MMBUAT 5PAKET . 2PAKET SAJAH SUDAH BANYAK YG “TIDAK LULUS”. DAN JANGAN MEMPERSULIT DEH PEMERINTAH TUH !! URUS DULU ANGGOTA MU YG BANYAK KORUPSI TUH !!!
    KGGA MIKIR APAH !! DAN KENAPA ANGKATAN KAMI SELALU DI JADIKAN KELICI PERCOBAAN !!
    SAYA HARAP PEMERINTAH MENDENGARKAN KATA2 ANAK INDONESIA !!!!!
    PEMERINTAH KAYA BANGSATTT LOE !!!!!
    LOE LOE PADA KGGA PUNYA ANAK APA ?
    MKIR KALO ANAK LOE LAGI UJIAN DAN PAKET NYA 5 MAU BAGAIMANA ?? !!
    SANGAT GG ADIL PEMERINTAH TUH !!!!

  143. Anas Says:

    maksud pemerintah kan baik.. ningkatin kualitas lulusan sekolah.. kok di tentang habis2an sih?

    klo au kritik ya jangan kritik 5 paketnya apalagi UN nya.. kritik biar pemerintah ngeratain kualitas pendidikan di semua sekolah.. khususnya guru2nya..

    saya juga peserta UN SMA tahun ini, saya kelas IPA, dan saya ngedukung program ini.. kasian lho, yang belajar dan ngerjain dengan jujur tapi kalah gede nilainya sama yg curang. saya inget waktu UN SMP saya rata2 9 itu tiap hari bantai soal, tapi ada orang lain yang ngandelin bocoran di sekolahnya dan kerjasama malah dapet rata2 nilai UNnya diatas 9,5 !!

  144. Anas Says:

    ayo.. jangan remehkan otak kalian! bayangkan betapa bangganya orang tua kita ketika tau kita lulus dengan jujur, apalagi dengan hasil yang memuaskan..!!

  145. dinz Says:

    koruptor aja g di urusin
    tlg donk………
    mempersulit
    bkne kami maw tdk terima tp yg 2 paket aja bnyak yg gagal

  146. anak SMA kelas 3 Says:

    @anas : alah baik ko malah menjerumuskan anak2 bangsa ini ?? !!!!

    Pemerintah seharusnya berfikir secara logika dong !! Jangan mentang2 anda sudah jadi atasan !!!!
    apa anda juga selalu” jujur” sajah ?
    FIKIR DONG DENGAN LOGIKA !!!
KASIAN ANAK2 BNGSA INDO .
    2 paket sajah sudh banyak yg tidak lulus apalagi ini 5pakettt !!!!!!!
    Huhhhhh

  147. Anas Says:

    @anak SMA kelas 3 : kok menjerumuskan anak bangsa sih? mau 2 paet, 5 paket, yg dikerjain kan cuman 1 paket.. yang menjerumuskan itu justru klo UN hasil bocoran/curang.. kebebasan semu tuh, lulus iya tapi ilmu gak dapet.

    kamu baca komentar saya aja marah? kan saya niatnya menyemangati. gimana klo denger komen tar temen saya, “UN itu pebodohan soal-soalnya gitu2 doang.”

    kedengeran temen saya sombong? mungkin. tapi ada benarnya juga.. USM ITB, SNMPTN, SIMAK UI.. soal2nya jauh lebih efektif untuk bisa ngukur kecerdasan ketimbang soal2 UN. Klo siswanya belajar.. insyaAllah UN itu bukan masalah.

    saya bukan orang kaya, yang bisa ikut bimbel dan les-les penunjang akademis lain. saya hanya sangat suka baca buku. dan karena itu, alhamdulillah saya bisa. dan saya yakin nggak ada yang gak bisa, anak2 indonesia itu pinter2, hanya saja banyak yg mendoktrin mereka jadi pemales, akhirnya malah meremehkan kemampuan otak mereka.

    UN 2 minggu lagi, lebih baik kita belajar yang benar, ikhtiar, dan jangan lupa berdoa.

  148. anak SMA kelas 3 Says:

    @anas : ya emng bnerr menjerumuskan dong ,dn kenapa stiap angkatan kami slalau di jadikan kelinci percoba’an ??!!!
    apakah anda selalu “JUJUR” sajah di dalam hidup ini ??
    Semua org juga pasti ada gg jujur nya !!!!!
    Seharusnya pemerintah jangan mempersulit soal dong!!!!
    Apalagi dg cara di acak , kalo emng gg di ajak sih oke oke aja 5paket juga TPI INI DG CARa DI ACAK SETIAP HARI NYA !!!!
    SUNGGUH BODOH !!!! KENAPA MALAH DI ACAK .
    KASIAN ANAK2 …

  149. Calon Anak Lulus UN Says:

    maaf,, saiia kurng setuju dgn usul nie,,,
    apha bila UN d jdikan 5 pket,,, peserta UN kan mrsa GUGUP dan RISAU,,,,,

    nie membwt Cemas Smua,a
    5 pket bgi saiia itu adalah KEGELISAHAN…..
    karna kenapa,,,, nie di krna kan pha bila ada 5 pket nie cma bsa ngejerumusin siswa,,, bkan na mkin PD tp mkin KURNg PD

  150. Anak kelas3 sma Says:

    Betul ,
    Dengan 5 paket akan menjadikan siswa menjadi GELISAH bukan nya tenang !!!!
    DASAR PEMERINTAH TAIII !!!
    TIDAK MERASAKAN ANK2 INDO YG KGLISAHAN !!!!
    INGET YAH BUNG AWAN !!!!
    PENYESALAN DATENG dI AHIR !!!!

  151. jay Says:

    pemerintah tdk adil…
    membuat kbijakan tanpa melihat dampak yg d timbul kan…
    kmi plajar indonesia sangat menolak dngan ada nya UN lima paket.

  152. angger Says:

    saya kecewa pemerintah saat ini soal ujian saja sampai 5 paket pikir-pikir dulu kalau ntar banyak yang tidak lulus gmn? 2 paket aja banyak yg tidak lulus apa lagi 5 paket.
    saya mnta tolong pada pemerintah soal ujian jangan sampai 5 paket.

  153. siswa kecewa Says:

    saya dari kalangan siswa tidak setuju dengan adanya UAN sekarang dengan paket ujian semkin gila,pemerintah tidak adil saya ini org susah udah banyak ngeluarin biaya buat sekolah jangan d buat susah lagi gimana ntr saya tidak lulus saya ksian sama org tua saya klo tidak lulus mereka akn kecewa pada kita bkn hanya saya sendiri tmn-tmn saya kecewa dengan UAN sekarang,,kami mohon pengertiannya.

  154. lia ce costa Says:

    saaya harap jangan sampai pket soal lebih dri 2
    saya kurang percaya diri jika soal UN paket nya banyak

  155. Awan Says:

    Kpd yth pemerintah, khususnya pemerintah pendidikan. Kami mohon dgn sangat. Paket uan a-b ja sudah sangat bikin kami semua depresi, apalagi kl sampai a-e. Kami mohon pengertian dan kebijakan nya. Bayangkan saja seandainya anak2 kalian posisinya d kami. Orang tua mana yg akan rela jika anaknya gagal.

  156. PALEMBANG Says:

    EH, LO ITU SOK IDE MEK..
    PAKE BANYAK” SOAL..
    MENTANG BANYAK YG LULUS..
    DASAR BAJINGAN!!
    NGENTOD LO!!

  157. Rifky Says:

    Tolong pemerintah atau pun mentri pendidikan ,ujian thun ini jgn smp 5 pket. .krn it mnyulitkan qt sbgai seorang pelajar,2 pket saja udah pusing ap lg 5 pket. .tlng kebijakanny. .

  158. Rizka Says:

    Kami calon siswa ujian tahun skrg mrasa sangat kecewan atas ap yg telah perintah lakukan pada kami. . .kami mohon kebijakan dr kalian tahun sekarang jangn sampe 5 paket. .ato lebih . . .semua ini tidak adil . .andai kan kalian sperti kami. .kalian pikir z. . .

  159. iin Says:

    buat para komentator diatas
    “”””semakin kalian beerkeluh kesah, smakin kalian komplen, smakin puas juga pemerintahnya, n semakin smangat pula mereka akan menghancurkan kita”””””
    so, terima sajaaaaaa, toh tinggal menghitung hari juga kan??? soal2nya pasti udah jadi juga……..
    smangat ea kawan…
    kita bisa kok…
    kita akan lulus,,,
    buat temen2 iin… BERSAMA KITA BISA… SATUKAN TEKAD SATUKAN HATI…

  160. SAHABAT BAIK Says:

    BAPAK MENTRI JGN 5 PKET LAH ,,KAU DULU GIMANA UN NYA MALAH NEM KAU 2.2
    JGN SOK LAH KAU,JADI MENTRI,MAKIN BANYAK YANG STRESS DAN BUNUH DIRI NIHH

  161. PALEMBANG BOY Says:

    KAMPRETTT…COBA KAU TANYA 1 PERSATU ANAK YANG PERSERTA UN,,TANYA APAKAH DIA SETUJU,PASTI JAWABANYA TIDAK.!!!
    UNTUK PEJABAT YANG HANYA UANG DOANG,JGN MEMPERSULIT!
    KAMI MAU LULUS BUKAN MAU PAKET !!
    KAMI PELAJAR BUKAN DI TENTUKAN OLEH KODE SOAL ABAAB

  162. shakina Says:

    mfff saya tidak setuju dengan adanya ujian 5 paket ini,, karena dalam ujian maksimal ada dua paket sja,, bukan masalanya ada kecurangan tetapi pendidikan harus puna peri kemanusiyaan juga.. jangan cuman ada keegoisan saja.. dan buat pemerintah ujian 20011 ini di batalkan saja 5 paket … kciantt lw ada orng lain yang ngak lulus cmn krn ke egoisnya kalian..

  163. shakina Says:

    intinya saya tdk setuju dengan adanya ujian 5 pakett… kciant angk yg lain …

  164. fahrian Says:

    Boleh-boleh aj soal unas 5 paket tp skolah bisa gratis gk……..?klo da 5 paket tp kualitas pendidikan tidak mendukung gmn? bikin siswa strees aj…… dari pada meningkatkan kualitas pendidikan di negara yang susah maju kaya indonesia lebih baik tingkat kan kualitas moral para pemimpin yang tidak menghiraukan rakyat nya.

  165. ajjay Says:

    sayo dag setuju kami harap pket cuma 2 saja it pun banyak yg tidak lulus ap lg 5 paket ??????
    ap itu yang di inginkan pemerintah agar siswa indonesia menjadi pengangguran??????

  166. vvee Says:

    kami mohonbuat pemerintah untuk membtalkan paket 5 soal itu,,..
    kami sdah cukup streess dengan ini,, padahal kami sdah membntuk klompok belajar pi, kami tetap masih ketakutan dengan ancaman 5 paket soal tersebut,,

    2 paket soal kami rasa sudah cukup berat wat kami apa ligi 5 paket ,, hadohh bukan masalah soalnya yang di acak tap mental kami jga teracak” karna takut dan tegang…

  167. rhia Says:

    ass
    paket 5
    mhon di hpuskan…
    mw jdi ap kta nanti klau bnyak yg ngk lu2s…

  168. Alga Says:

    UN krg lebih haxa Ujian Nasib yg pinter kl0 g nasibxa g mujur jg bkal ancur
    yg kgak jg kl0 pas untung jg bkal lu2s
    sbnrxa dlm k0ntek ini
    jelas2 mexontek tdk d ktag0rikan sbgai kcurangan fatal
    stiap org pzti punya tnggung jwb trhadap kluarganya
    apapun bkal mrka lakukan buat itu
    ingat Pak separuh rakyat Indonesia org mlarat smua
    apa hal ini bisa memicu menumpuknya pengangguran
    tlg benahi sistemnya dari bawah
    jgn dari atas

    kita yg di bwah sulit menerimanya

    perwakilan dari MALANG

  169. Cino Says:

    assalamualaikum……..
    “Dengan di adakannnya paket ujian lebih dari 2 paket ( 5 Paket ), apakah PEMERINTAH menjamin PENDIDIKAN di INDONESIA akan maju????
    apakah PEMERINTAH yakin dengan di adakan 5 paket soal akan menelurkan siswa/siswi berprestasi”????

    “Yang harus di perhatikan oleh PEMERINTAH adalah bagaimana setelah kita LULUS UJIAN NASIONAL adanya lapangan kerja yang mumpuni sesuai dengan keterampilan masing-masing”. “JANGAN MEMPERBERAT KAMI SEBAGAI SISWA DENGAN DI ADAKAN 5 PAKET SOAL”.

  170. lhago, siswa yang baik Says:

    apa sih sebenharny yang anda inginkan PEMERINTAH
    ingin membuat negara kita malu yaa
    2 pket aja udah banyak bangeeedd yang gakk lulus
    pa lagi 5 pket pasti 80% gakk LULUS bikin negara kita masuk dalam negara terTOTOL d dunia
    mau gakk
    mohon di pikirkan lagi
    thankzz ^_^

  171. kambing Says:

    wah gila lah
    2 aj susah apalagi 5
    puyeng2 dah ujian
    azzzz

  172. bongky Says:

    saya sangat sangat tidak setuju dengan ada’a UAN..!!
    selama 3 tahun belajar di sma, di jadikan taruhan dengan 3 mata pelajaran , 3 hari, 5 paket pula..??
    apa itu mendidik ??!!
    bagaimana nasib yg tidak lulus ??
    bayaran mahal coy !!!

  173. gg Says:

    aduh parah ne pemerintah,pada sok bijaksana pke acara 5 pket soal,,,,,,,urus aja dlu angta Dpr yg nonton vidieo porno saat rapat…jgn urus 5 pket aja

  174. airudiyat Says:

    5 paket pada un 2011 d ubah saja kalau bisa mah

  175. airudiyat Says:

    5 paket pada un 2011 d ubah saja kalau bisa mah jadi 2 atau 1

  176. sang Says:

    UN tahun ini sangat tidak optimal…
    pemerintah hanya mementingkan kepentingan mereka saja tanpa tau apa yang di rasakan pelajar sekarang…
    cabut saja pemerintaHAN SEKARANG…
    I HART PEMERINTAHHHH….

  177. sang Says:

    PEMERINTAH TIDAKKKKKKKKKKK CARE………
    kapan bisa maju bangsa ini, kalu UN saja di targetkan….
    tak kan bisa maju, kalu pemerintah tidak bisa mengerti…………

  178. nn Says:

    stuju aj , knpa hrus tkut
    aku jg pserta UN 2011 smk
    ..
    ya ykin aja, kalo bljar knpa hrs tkut? ,
    yaa kalo takut n bingung ya sm aja cm akn memperbdoh dri , ga prlu lah takut n ngandelin tmen..
    lgian kelulusn gak 100% ditentuin oleh UN kn?

  179. budi Says:

    jancok kakean gaya pemerintah’e…asuu

  180. evan Says:

    MASA SEKOLAH 3 TAHUN HANYA DI TENTUKAN DENGAN BEBERAPA MATA PELAJARAN,,

    ORANG YG PUNYA KELEBIHAN DI BIDANG LAIN GAK BISA MENGEMBANGKAN BAKATX JADI X KALO GITU

  181. aris Says:

    mnrt sya klau un paketx bxk2 lbh baik di tiadakan saja ujian nasional biar tdk memikirkn ijasah, krn siswa tu mncri ilmu tdk hrs di prslit kyk gtu seumpama un tidak ada pra siswa akan senang dan pasti akan pintar tidak smakin bodoh krna psing mikiran un tdk psg mkrin pljran.mkx bxk ank skrg tdk cri ilmu tpi cri ijasah slh spa hayo

  182. helena Says:

    sebagai peserta un saya hnya pasrah, pket mo 2 tw lbih dri dua, sya cma mhon doa ny sja kpd semua ny, agar kta semua lulus 100% amiennn
    🙂

  183. sya Says:

    mungkin ini pelajaran berharga buat kita semua. jika dulu, nilai ga masalah, yang penting ikut ujian. paling klo nilai rendah, ga da sekolah yang mo nerima. Klo pun ada, paling yang isinya anak2 buangan smua (maaf klo kta2 sy agak kasar). jd dibuatlah standar lulus, lagian standar kita masih rendah daripada negara2 lain. klo dengan standar segini aja sudah pada ribut, MAU JADI APA BANGSA INI ?. cuma mau jadi negara dengan mental pemudanya cuma TEMPE doank? lagian, klo kalian smua pada belajar dengan serius, mau 100 paket juga sama aja. jadi yang bilang lebih baik mati drpd orang tua malu, mentalnya ga tempe lagi tapi MENTAL KERUPUK. ketahuan kali kalian ga belajar slama ini. jadi ketika mo di uji isi kepala klian smua, klian pada takut, karna klian juga sadar klo kepala klian persis spt TONG KOSONG NYARING BUNYINYA.

  184. chaca Says:

    pemerintah to sudah diperbudak oleh kedudukanya sehingga tak bisa mersakan penderitaan rakyat.
    yang ada dipikiranya hanyalah uaaaang,,dan uanggggg
    skrag hrga mnyak z sdh dinaikan,pa seh moe nya qm pemerintah,moe mnghancrkan kami kah untuk kepentingan kalian z
    fuck u,,untuk pemerintah yang gak ada persaan dengan rakyat jelata
    FUCK u

  185. ansar Says:

    informasih bagus nich nnti saya ngasih tau teman-teman yang blom tau informasih ini
    makasihya atas informasinya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: