Menara Paling Indah di Dunia

Sayi mencoba mengumpulkan  menara-menara indah di dunia yang diambil dari dari berbagai sumber.

Tower, gedung dengan 10 turbin angin yang ramah lingkungan

Semua yang “berbau” ramah lingkungan (eco friendly) memang sudah menjadi semacam trend saat ini, termasuk gedung yang sedang dibangun di Houston, Texas ini. Discovery Tower adalah gedung dengan 30 lantai yang mempunyai 10 turbin angin yang diletakkan di bagian atap (roof) yang dapat menghasilkan sumber listrik yang digunakan untuk penerangan maupun lainnya. Walaupun sangat ramah lingkungan tetapi gedung ini “kurang ramah” terhadap kantong si pemilik karena gedung ini menghabiskan biaya sebesar 300 juta dollar.  Selain turbin angin tersebut, gedung ini juga didesain dengan penyaring udara (air filtration),  pipa air yang efisien dan sistim pemanas dan pendingan yang sangat efisien. Rencananya Discovery Tower akan selesai sekitar tahun 2010.

Capital Gate Tower di Abu Dhabi: 4 kali lebih miring dibandingkan dengan Menara Pisa

Sebentar lagi, Menara Pisa bukanlah bangunan yang paling “miring” di dunia karena saat ini sedang dibangun Capital Gate Tower di Abu Dhabi sana.
Gedung ini dirancang dengan tingkat kemiringan 4 kali lebih miring dibandingkan dengan Menara Pisa yaitu sekitar 18 derajat. Bahkan, perusahaan kontraktor dari gedung ini sudah akan mendaftarkan gedung ini di Guinness Book of Record sebagai bangunan termiring di dunia.
Capital Gate Tower nantinya akan terdiri dari 35 lantai dan menggunakan sekitar 728 kaca berbentuk berlian (diamond shape) serta menghabiskan “fulus” (biaya) sekitar US$ 2,5 juta.
Oh iya, katanya sih akan selesai pada akhir tahun 2009.
Dengan banyaknya arsitektur gedung yang unik dan “wah”, sepertinya para universitas di Indonesia perlu deh untuk melakukan “study tour” ke sana.



Shanghai Tower: gedung berbentuk “spiral” dengan tinggi 632 m

Kali ini giliran Cina unjuk gigi dalam dunia arsitektur (biasanya selalu Dubai) yaitu dengan rencananya untuk membangun Gedung di Shanghai dengan tinggi 632 meter yang diberi nama Shanghai Tower.
Memang gedung ini bukanlah tertinggi di dunia tetapi setidaknya di Cina, gedung ini akan menjadi yang tertinggi.
Gedung berbentuk “spiral” ini akan dibangun di area Shanghai Luijiazui Finance and Trade Zone.
Shanghai Tower terdiri dari 9 bagian yang berbentuk silinder dan menggunakan sistim “Rain Harvest” yaitu menampung air hujan yang akan digunakan untuk keperluan penyiraman taman dan toilet serta untuk keperluan sistim pendingin/ pemanas yang ada.
Shanghai Tower juga menggunakan turbin angin untuk memenuhi kebutuhan listrik di gedung ini.
Diharapkan pada tahun 2014, Shanghai Tower sudah bisa digunakan.

Spoiler for Gambar Gedungnya:

Tower BTS dari Ericsson yang menggunakan tenaga angin

Coba hitung berapa banyak BTS (Base Transceiver Station) yang digunakan oleh para penyedia jasa ponsel? Dan berapa banyak daya listrik yang digunakan?
Ericsson telah memperkenal sebuah BTS dengan menggunakan tenaga angin untuk mengurangi pemakaian listrik sampai 40% dibanding dengan BTS yang ada saat ini.

Anara Tower di Dubai: gedung setinggi 700 meter dengan apartemen yang lengkap dengan kolam renang pribadi di setiap kamarnya

Berbicara tentang suatu yang “wah” pasti Dubai adalah salah satu kata yang muncul di pikiran kita.
Anara Tower adalah gedung di Dubai berlantai 125 dengan tinggi 700 meter yang dibuat oleh perusahaan Atkins, Inggris.
Gedung ini mempunyai taman di setiap 27 lantai dan terdiri dari hotel (dengan 250 kamar), kantor, pertokoan dan juga apartemen (300 kamar). Dan berbicara mengenai apartemen yang katanya akan menjadi apartemen termahal di Dubai mempunyai kolam renang pribadi di setiap kamarnya dan juga lift pribadi (kurang ngerti juga apakah setiap penghuni mempunyai 1 lift?)
Sedangkan pada bagian paling atas, nantinya akan dijadikan sebuah restoran yang tidak saja memberikan sensasi makan dengan ketinggian 700 meter tetapi juga menikmati pemandangan kota Dubai.
Anara Tower sendiri telah mendapatkan sertifikasi LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) yaitu sebuah sertifikat bahwa gedung ini ramah lingkungan dan memperhatikan pemakaian sumber daya listrik, air dan lainnya.
Tetapi bila berbicara penghematan, dengan kolam renang di setiap kamar dan juga lift pribadi, bukannya ini suatu pemborosan??

Spoiler for Gambar Gedungnya:

9 Tanggapan to “Menara Paling Indah di Dunia”

  1. reky Says:

    mantap banget

  2. randi Says:

    waaah inda nya,,,,,

  3. nurain dhia adlinn Says:

    indah nyer………betol..betol..betol..

  4. mhaya Says:

    wiEh…
    bEauTifUll…
    kPn ya W bZa kE sni…hA..ha..

  5. rainer Says:

    wah, beneran indah nih menaranya…

  6. selly Says:

    indah banget banget banget..

  7. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas kunjungannya, semoga Indonesia dapat memiliki menara yang lebih indah lagi, hehehe

  8. ratbo Says:

    emang gila tu dubai, entah apalagi yang mau dibuat

  9. ismanto Says:

    suatu saat pasti aku akan kesana……………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: