Ujian Nasional Harus Dilaksanakan

Saat ini sedang ramai diperdebatkan, dibicarakan dan diantisipasi mengenai Ujian Nasional, coba kita simak tentang “hiruk pikuk Ujian Nasional” dan “Sistem Standarisasi Penilaian“. Mengapa harus tetap dilaksanakan? Karena sudah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan yang di dalamnya sudah mengatur tata cara proses penilaian pendidikan.

Pada standar tersebut tidak ditentukan bahwa Ujian Nasional satu-satu syarat pelulusan tapi merupakan bagian ketentuan proses pelulusan. Menurut saya buka  Ujian Nasional yang harus dihilangkan tetapi cara mengolah/proses pelulusannya yang mengambil nilai secara menyeluruh dan menggunakan rumus yang variatif.

Saya tetap berpendapat bahwa Ujian Nasional untuk :

  1. pertimbangan dalam pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan,
  2. pertimbangan dalam menentukan kelulusan peserta didik pada seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya,
  3. penentu kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan yang kriteria kelulusannya  ditetapkan setiap tahun oleh Mendiknas  berdasarkan rekomendasi BSNP.

Dalam kita lihat point 3 untuk kriteria kelulusan harus diberi rumus yang di atas standar, standar, dan di bawah standar sama sekali dengan hasilnya semua siswa lulus. Jika tiap sekolah sudah mengambil kriretia tingkatan yang sudah ditentukan baru pemerintah serius menanganggi sekolah-sekolah yang mengambil kriteria kelulusan yang di bawah standar. (Hal seperti zamannya EBTANAS). Menurut saya ini berlaku adil bagi sekolah-sekolah yang keadaanya (maaf) masih di bawah standar, dan bagi sekolah yang sudah SSN atau RSBI baru memakai kriteria yang di atas standar. Coba kita simak dalam balapan kendaraan bermotor, itu disesuaikan dengan kriteria kendaraannya, ada yang 100 cc, 150 cc, 250 cc, dsb. Jangan sampai disamaratakan.

Jadi bukan UN yang harus dihilangkan, tapi kriteria kelulusannya yang harus diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: