Kisah Sinar sebagai Kisah Manusia Terhebat di Dunia

Saya baru sadar dan disadarkan oleh tayangan televisi swasta pada akhir pekan kemarin,  yaitu dengan adanya tayangan salah satu grup band ibu kota bersilaturahmi dengan orang yang benar-benar membutuhkan bantuan. Saya simak, begitu habatnya anak kecil itu, dia lebih hebat dari siapa pun.  Silahkan baca informasinya di bawah ini.

Kisah Sinar Menggugah Banyak Dermawan  

Edy Junaedi


Sinar membantu ibunya berpindah tempat.

Liputan6.com, Polewali: Kisah Sinar, bocah kelas satu Sekolah Dasar Tondo Pata, Polewali Mandar, Sulawesi Selatan, ternyata menggugah nurani banyak orang. Sejumlah dermawan memberikan berbagai bantuan seperti pakaian, beras, uang hingga kasur untuk tidur. Bahkan beberapa dermawan lainnya akan membantu biaya sekolah Sinar. Murni, ibu Sinar, saat ditemui SCTV, belum lama ini, hanya bisa menangis haru.

Seperti diberitakan sebelumnya, anak kecil ini setiap hari usai pulang sekolah sendirian mengurus ibunya yang lumpuh sejak dua tahun terakhir. Sejak menderita lumpuh, anak-anak Murni pergi merantau untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Sang suami yang merantau ke Malaysia juga tidak ada kabar beritanya

-oo-00-00-

Penuh Kasih, Bocah Itu Mengurus Ibunya  

Edy Junaedi


Sinar bocah enam tahun saat membantu ibunya yang lumpuh.

Liputan6.com, Polewali: Sinar namanya. Bocah berumur enam tahun tersebut juga menjadi sinar bagi sang bunda. Membantu memindahkan ibunya yang lumpuh menjadi keseharian Sinar. Penuh kasih sayang Sinar mengurus ibunya.

Sudah dua tahun Murni lumpuh karena terjatuh. Sejak itu pula hidupnya tergantung pada sang anak. Makan, minum, mandi, hingga buang air. Memasak nasi untuk sang ibu sudah pasti jadi tugas Sinar. Hanya nasi. Tidak ada lauk apa pun. Simpati tetangga dan kerabat terkadang menguatkan Sinar dan ibunya menghadapi hidup.

Bocah kelas satu sekolah dasar ini bahkan kerap terlambat ke sekolah karena harus mengurus ibunya. Sinar adalah bungsu dari enam bersaudara. Lima kakaknya yang juga belum dewasa tinggal terpisah. Mereka menjadi pembantu rumah tangga. Ini terpaksa dilakukan karena masalah ekonomi.

Sementara sang ayah sudah sekian tahun merantau ke Malaysia. “Tidak pernah kirim surat,” kata Murni, baru-baru ini, mengenai suaminya yang merantau ke Malaysia. Hanya album foto-foto keluarga yang jadi pengobat rindu pada anak-anak dan sang suami.

Rumah Murni di Desa Riso, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, pernah ramai saat pemilihan umum lalu. Poster dan foto-foto calon legislatif masih menempel di mana-mana. Pemilu usai, Sinar dan ibunya pun terlupakan. Tapi Sinar selalu ada di sini. Ia menerangi rumah ini.

-000-

SubhanaLlah, Maha Suci Allah! Sangat mengharukan! Itulah sebagian besar ungkapan penonton saat melihat tayangan di SCTV tentang kisah anak usia 6 tahun mengurus ibunya yang lumpuh. Bahkan tidak sedikit yang menitikkan air mata saat menyaksikan  Sinar, nama bocah belia itu menampakkan bakti, cinta dan kasih sayangnya pada sang bunda, mengabaikan masa kecilnya pada saat anak-anak seusianya menghabiskan waktunya dengan bermain, sementara ia harus berada di samping bundanya yang sakit sejak dua tahun lalu.

Rumah Murni, nama ibu yang lumpuh ini terletak Desa Riso, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Walau tampak jauh dari keramaian kota, tapi rumah Murni juga tidak luput dari keramaian Pemilu lalu. Terbukti dengan banyaknya sticker partai dan caleg yang tertempel di dinding rumah kayu sangat sederhana itu. Tapi sepertinya para politisi dan kader partai itu abai dengan apa yang terjadi di tengah keluarga miskin ini. Para tetanggalah yang terkadang memberikan bantuan ala kadarnya untuk Murni dam putrinya, Sinar. Karena suami Murni sendiri merantau ke Malaysia.

Sinarlah yang membantu dan menemani ibunya selama ini. Mulai dari memindahkan atau menggeser tubuhnya, masak, makan, minum, mandi hingga buang air. Semua itu ia kerjakan sendiri dengan penuh cinta. Tayangan yang ditampilkan SCTV ini bahkan sanggup meruntuhkan air mata mereka yang menyaksikannya. Ada rasa iba dan takjub sekaligus melihat bocah usia 6 tahun yang tampak penuh tanggung jawab melakukan tugas mulianya, sambil mengusap mesra pipi ibunya.

Bocah kelas satu Sekolah Dasar ini bahkan kerap terlambat ke sekolah karena harus mengurus ibunya. Begitu pula setelah pulang sekolah. Nyaris seluruh waktunya telah ia persembahkan bagi ibunya yang sakit parah. Walaupun Sinar memiliki lima orang kakak dan juga belum dewasa, namun mereka semua tinggal terpisah dengannya. Faktor ekonomi membuat mereka menjadi pembantu rumah tangga.

Kisah Sinar, bocah belia usia 6 tahun ini mengajarkan kepada kita bagaimana seharusnya berbakti kepada kedua orang tua. Walau di antara kita mungkin ada yang bertanya, apakah karena usianya yang masih sangat belia itu yang membuat Sinar mampu memahami arti berbakti kepada orang tua? Karena kita sendiri heran melihat perilaku seorang anak yang sudah dewasa justru tak sudi melayani ibunya yang renta dan tak mampu lagi berbuat apa-apa. Ia telah kehabisan cinta dan kasih sayang untuk ibunya.

Tapi begitulah Allah mengajarkan kepada kita tentang cinta kasih kepada orang tua melalui anak kecil ini. IA telah letakkan dalam hatinya pada saat banyak manusia yang justru tak memilikinya. Semoga saja ibu Murni dapat segera sembuh dari penyakit yang menimpanya. Dan putrinya, Sinar, senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah Ta’ala berbakti kepada ibunya.

Kisah Sinar, bocah kelas satu Sekolah Dasar Tondo Pata, Polewali Mandar, Sulawesi Selatan, ternyata menggugah nurani banyak orang. Sejumlah dermawan memberikan berbagai bantuan seperti pakaian, beras, uang hingga kasur untuk tidur. Bahkan beberapa dermawan lainnya akan membantu biaya sekolah Sinar.

Cinta bocah bernama Sinar pada ibunya juga telah menginspirasi Charlie, vokalis band ST12. Sebagai bentuk simpati, Charlie menciptakan lagu berjudul Sinar Pahlawanku. Bukan hanya mencipta lagu, ST12 bahkan menginap di rumah anak perempuan berusia enam tahun itu.

Sontak rumah warga Dusun Tondo Pata, Desa Riso, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menjadi ramai. Penduduk berdatangan untuk melihat band Ibu Kota. Sementara bagi ST12, mereka ingin melihat langsung ketabahan dan kegigihan Sinar merawat ibunya yang lumpuh.

Kebiasaan sehari-hari Sinar, yaitu memasak dan mencuci pakaian. Semua dilakukan seorang diri karena para saudaranya sudah tidak tinggal di rumah. Jangan menangis sayang, ini hanyalah cobaan Tuhan. Hadapi semua dengan senyuman, dengan senyuman. ST12 berharap, bait lagu ciptaan untuk Sinar bisa menguatkan anak yang mencintai ibunya itu.

sumber liputan6.com, kompasiana.com, yahoo.com

45 Tanggapan to “Kisah Sinar sebagai Kisah Manusia Terhebat di Dunia”

  1. dedeh hotimah Says:

    Siapapun akan terenyuh dan tersentuh mengikuti kisahnya. Sinar, sang anak kecil yang telah menjadi penopang hidup ibunya. Anak seusia itu seharusnya masih dalam pengurusan orang tua atau orang dewasa. Sinar sebaliknya. Mencuci, memasakpun belum pantas karena ‘tangan-tangan’ itu teramat kecil untuk melakukannya, tapi inilah kekuasaan Allah…dibalik semua kehingarbingaran dunia karena berbagai masalah hebat, kisah ini mencuri perhatian dan kita pantas untuk berempati dan mengucap istighfar atas semua kesombongan diri.

  2. awan sundiawan Says:

    @Dewi: terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya, semoga kita bisa mengambil hikmahnya.
    @Dedeh Hotimah: terima kasih atas empatinya semoga kita bisa mengambil pelajaran kehidupan untuk kita sendiri menjadi lebih baik.

  3. media anime and portal news Says:

    wah hebat SInar,Mank Pantas disebut Anak Pewaris Surga
    mampir mas

  4. Castro Says:

    “terharu”

  5. Tarbiyatul banin Says:

    wah belum liat tu gan, di sctv ya

    READ TOO
    Alhamdulillah Sertifikasi MUI Mendunia
    http://tarbiyatulbanin.wordpress.com/2010/01/08/alhamdulillah-sertifikasi-halal-mui-mendunia/

    tukeran link yukk
    http://tarbiyatulbanin.wordpress.com

  6. awan sundiawan Says:

    @all: semoga kita bisa mengambil hikmahnya…

  7. aan Says:

    gimana cara mmbantunya…tolong beri no rek.ato apa…jadi gak sekedar trenyuhhhh….please..

  8. Brian Says:

    Terharu,,, Bangga,,,
    ternyata ada anak yang begitu mencintai ibunya….. walaupun usianya belia,tapi dia bisa merawat ibunya yang sedang sakit… hadapi lah dengan senyuman…..

  9. didi Says:

    allah maha besar, sungguh sangat beruntung orang tua yang mempunyai anak seperti SINAR, semoga sinar selalu dalam lindunganNYA semoga dalam tampilan ini memberikan contoh bagi kita semua bahwa anak yang masih sekecil itu bisa berjuang sendiri untuk memghidupi ibunya yang sedang sakit dan dirinya sendiri, semoga sinar juga tetap kuat dan berjuang untuk mencapai harapannya, terimah kasih sinar, kisah ini menjadi motivasi bagi saya

  10. ANTIQUE Says:

    Kisah Sinar mengingatkanku untuk lebih berbakti pada orang tua, menyayangi mereka sebagaimana mereka menyayangiku tanpa mengharap imbalan..dan dilakukan dengan penuh keihklasan. Semoga Allah SWT tetap menjaga mata hatiku untuk menyayangi ortu. Amiin…

  11. Riswanto Says:

    Subhanallah, Maha besar Engkau Ya ALLAH. Engkau memang maha adil. Ditengah kesusahan ibu murni yang lumpuh Engkau telah memberikannya seorang anak berhati malaikat,SINAR. Semoga ALLAH selalu melindungi mereka, sungguh SINAR telah menjadikan dirinya sendiri sebagai contoh suri tauladan bagi jutaan anak didunia ini untuk bisa menjadi anak yang lebih berbakti kepada kedua orang tuanya. SINAR, semoga engkau selalu bisa menjadi sinar bagi kedua orang tuamu. Amiiin

  12. elvian Says:

    boleh tau alamat lengkap Sinar? mudah2an ada bantuan yang bisa kami berikan….

  13. Harya Raditya Says:

    d tengah kelg yg miskin SINAR telah menerangi rumahnya..ia bagai lampu bg ibunya d tngah kglapan hati ibunda setlh d tinggal prgi suami dan anak2nya..anak kecil yg brhti mulia rela melepas masa2 indah sbg anak. YA ALLAH,dg kuasa-Mu Engkau tlh mengirim bocah brhti malaikat. lindungilah mrk,limpahkan rahmat dan rezekiIMU pada mereka. Amin. Marilah kita sisihkan harta utk brbuat sstu pd mrk..agar bbn mrk lbh ringan. kalo kasus prita kita mampu brbuat sstu..dlm kasus sinar kita hrs lbh solid..dmn dan bgmn caranya saya bisa kasih sumbangan..tlg beri info saya. trims

  14. yatty Says:

    SINAR, kamu adalah pahlawan yg terhebat. Ketulusan dan keikhlasanmu dalam menjalani hidup adalah surga untukmu. Kisahmu membuat mata dan hati kami semua terbuka, jangan pernah lelah SINAR. Tuhan pasti akan memberikan hidup yang terbaik untukmu,,, Amin….

  15. doujin Says:

    i love you mom……….😥

  16. Anddryan Says:

    Allahuakbar… Sinar memang adalah malaikat kecil… Allah telah menunjukkan kebesaran-Nya melalui Sinar, yg dengan kebesaran hati dan dalamnya cinta kasih yg tulus pada sang Ibunda…

  17. Anggita Says:

    Allah Maha Besar….

  18. Dedi-T Says:

    Maha suci Engkau ya Alloh Rob ku, kuatkan mereka ya Sang Maha Kuat, Ridhokan hatinya, barokahkan hidupnya, muliakan hidupnya, perbanyak rejekinya, sehatkan mereka selalu ya Alloh ya Rob ku, pertemukan keluarga mereka, semoga sinar menjadi orang yang bersinar selalu, amien …. Semoga ini menjadi sindiran untuk para pemimpin untuk segera melihat realitas di mayarakat.

  19. nissa ninis Says:

    kisah sinar, menyadarkan saya untuk lebih sayang pada mama saya !!
    sinar salah satu inspirasi saya untuk harus membahagiakan mama !!

  20. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas apresiasinya

  21. Karyadi Says:

    Pertama saya tau tentang Sinar di tv, saya tak kuasa menahan rasa haru, takjub, dan hal sangat istimewa dalam diri Si bocah berhati mulia. Saya sampai sekarang telah menyisihkan uang Rp 500.000,- untuk jajan Sinar.
    Sinar kecil adalah penjelmaan Bodhisatva.
    ST 12 Kalian benar, Sinar adalah Pahlawan, kecil secara umur dan fisik tapi kemuliaan hatinya adalah penjelmaan makhluk surgawi.

  22. Karyadi Says:

    kemana akan ku kirimkan uang untuk Sinar, siapa mau bantu? alamat sekolahnya, atau mungkin tempat yg baru untu merawat ibundanya Sinar, agar saya dapat mengirimkan sedikit uang jajan untuk sinar juga untuk ibundanya. Terima kasih.

  23. taufik rokhman Says:

    aku sedih ………ngebaca ceritanya sinar………….
    mungkin sinar ini adalah contoh penduduk surga….. subhana ALLAH…… Alllahu akbar

  24. Embun Puspita Says:

    Ya Allah…Q Sampai Terharu Mendengar ceritanya….
    Moga Z Allah SWT selalu memberikan kebahagiaan Buat sinar dan Ibunya…aMiiinn…I Love U Sinar…Q Seneng Bgt Lw Bisa KeTemu ma Kamu….

  25. shiwa Says:

    Ada banyak hal yang terungkap, rasa iba, perduli, sayangi, cintai dan bantuan. semua hany utk 1 nama SINAR…
    Smoga Allah dengar smua Do’a kita smua… agar SINAR mampu lewati smua cobaan yang diberikan oleh Allah SWT. Amin…!!!

    Father, hear me when i call you name.
    I need you to answer me now.
    Father here i am, Weak in you sight.
    Can you rescue me now?
    I’m craying out, can’t figure it on my own…..
    (Ost August Rush)

  26. awan sundiawan Says:

    all: terima kasih atas apresiasinya.

  27. mursim Says:

    kemaren adalah hari yg telah berlalu.biarkan dia pergi bersama kisahnya,esok adalah misteri sinar…!Qt tdk akn prnh taw apa yang bakal terjadi.dia cmn menyisahkan hari ini untuk berbenah…!jadikan ibumu sebagai ladang surgamu…!s’mg sinar kebahagiaan menantimu.

  28. avierra Says:

    Sinar,,,
    yah sama seperti namamu…
    kau tlah menjadi inspirasi tuk kita semua,,

  29. dhoni Says:

    yaalloh….ternyata didunia ini msih ada seorang anakj yg sangat menyayangi ibunya,,,subhanallah,,,maha suci alloh
    semoga sinar diberi kebahagiaan yg se utuhnya oleh alloh SWT atas semua yg di perbuatnya..amin

  30. riswan uti love Says:

    saya merasa sangt terharu sekali kpd sinar karna ank seusia dia sudah bisa merawat ibu nya sedangkan saya sudah besar blm bisa merawat dan menjaga ibu saya

  31. rika Says:

    begitu mulianya hati mu kiranya , pantas menyandang namamu yaitu sinar yang sangat berarti di dalam kegelapan, gw salut…. bgt, semoga cita citamu kan kau gapai nanti.

  32. lala diki Says:

    massya allah da seorang gadis kecil yg bernama sinar dia bagaikan malaikat kecil yg di utus allah buat bantu ibunya banyak bangat orang yg beli emas ampe milyaran beli rumah sampai bermilyar milyar padahal ada seorang manusia kecil yg butuh bantuan kalian mulai saat ini kita ga boleh menghambur hambur uang lg masuh banyak yg butuh bantuan kita

  33. Vouzi tantyo Says:

    Jangan mnangis syang.,ini hyalah cobaan Tuhan.,hdapi smua dgn snyuman.,Allah SWT brsama org2 yg sbar dan tawakal..

  34. yudhistira Says:

    sinar bukan hanya pahlawan tetapi,,,malaikat
    terus terang saat saya melihat berita tersebut hati saya lgsn terenyuh dan mnitikan air mata,,ada rasa bangga dan haru
    saat itu juga sinar menjadi panutan dalam hidup saya,,,untuk lebeih berbakti thd orang tua……………
    sinar aq berdoa semoga kita dapat di pertemukan…………..

  35. Putikincai Says:

    bila sinar tegar dalam hidupnya,karena Allah selalu menjaganya, dia akan tetap jadi cahaya bagi ibunya, dia akan jadi anak yang banyak dicintai oleh orang yang mempunyai jiwa yang suci terhadap sesama. tetaplah jadi sinar yang terus berjuang, untuk hidupmu dan ibumu moga Allah swt menjagamu.

  36. dian Says:

    sinar kau adalah motifasi dalam hidup aque.
    kau yg msih kcil sdah bsa mnjga & mrawat ibu mue dngan pnuh ksih syang.
    sdangkan aque yg sdah bzar tak prnh aque ngsih sdikt caiiank aque ke ibu aque…

    I LOVE SINAR

  37. magfir Says:

    subhanallah……ini dia nih teladan nyata bagi kita semua tentang bagaimana arti berbhakti kepada orang tua,…bukan teori tp sungguh sebuah pembuktian yg menurut saya fenomenal,…Tuhan sungguh besar keagunganMU, para pejabat, tokoh2 besar dunia mungkin punya segelimang harta dunia. namaun belum tentu mereka memiliki Mutiara seperti SINAR, sungguh beruntung ibu yg mengandungnya…..materi dunia mungkin tak engkau miliki namun keberadaan SINAR jauh lebih bernilai dari segalanya…………………………………..

  38. heldi rismayadin Says:

    semoga allah memberikan kekuatan bagi sinar,,,dan diberikan segala kemudahan bagimu sinar,,,surga sudah pasti menjadi tempatmu sinar.
    jika ada no rekening untuk memberikan sekedar bantuan tolong di beritahukan,,
    sinar,,,,sinar,,,sinar.

  39. Wiwikbkn sichkaktuslge Says:

    Subhanallah. . .

    Surga di telapak kaki ibu,smoga,sinar mnjd anak yang hebat nanti. .

  40. Dinelmi Anas Says:

    terkadang cobaan yg terlalu akan mendapat mendapat hikmah yg terlalu pula…
    heeeee

  41. genjizandimaz Says:

    dari semua yang di lakukan sinar’akan mendapatkan balasan dari “allah SWT”

  42. lemari pakaian Says:

    aku jadi terharu g bisa berkata apa2

  43. awan sundiawan Says:

    @All: trims atas kunjungannya, saya juga jadi terinspirasi dengan prilaku Sinar.

  44. setya adi Says:

    subhanallah..terusterang sat ku tau berita ini,hti ku tersentu. anak sekecil itu harus mengalami semua cobaan ini.dan tak dapt kasih syang seorng ayah yg semztinya di dptkn .aku terharu bget.,.,.,sungguh mulia hatimu sayang . .,.
    diselah penderitaan mu kau masih bisa tertawa ceria dan sellau berbakti kepada orang tua mu
    nd sepenuh hati.,.,menjaga ibu mu
    sabar ya sanyang jgn menangis.,.,,ini hanya coban kok hanya semntra
    dan sesungguhnya surga lah untuk mu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: