Gaji Guru dan Dosen Naik 50 Persen Lebih

Gaji Guru dan Dosen Naik 50 Persen Lebih

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa gaji pendidik, guru, dan dosen akan mengalami kenaikan hingga lebih dari 50 persen pada 2010.

“Dengan adanya kenaikan anggaran pendidikan menjadi minimal 20 persen dari belanja negara, maka yang mendapat cukup banyak adalah para pendidik, guru, dan dosen,” kata Menkeu di gedung DPR Jakarta, Rabu (3/6).

Menkeu menyebutkan, kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI/Polri pada 2010 hanya akan mencapai 15%, itu pun termasuk uang lauk pauk. “Khusus untuk pendidik, guru, dan dosen kenaikannya akan lebih dari 50 persen dan akan dihitung berdasar golongannya,” katanya.

Menurut Menkeu, yang juga agak aneh adalah bahwa pemerintah melalui APBN juga harus membayar tunjangan profesi kepada pendidik, guru, dan dosen swasta. “APBN juga harus membayar tunjangan profesi guru dan dosen non-PNS, asal mereka besertifikat. Ini mengikuti ketentuan UU tentang pendidikan,” katanya.

Dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal tahun 2010 yang disampaikan kepada DPR, pemerintah mengusulkan belanja negara sebesar Rp949,1 triliun, pendapatan negara dan hibah sebesar Rp871,9 triliun.

Dengan postur demikian maka terdapat defisit sebesar Rp77,1 triliun atau 1,3 persen dari produk domestik bruto (PDB). Belanja negara sebesar Rp949,1 triliun terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp661,4 triliun dan transfer ke daerah Rp287,7 triliun.

Belanja pemerintah pusat sebesar Rp661,4 triliun terdiri dari belanja kementerian/lembaga (K/L)Rp330,0 triliun dan belanja non K/L Rp331,4 triliun.  (ant/dh)

sumber: http://www.jakartapress.com/news/id/7004/Gaji-Guru-dan-Dosen-Naik-50-Persen-Lebih.jp

Ditulis dalam Umum. Tag: , , . 8 Comments »

8 Tanggapan to “Gaji Guru dan Dosen Naik 50 Persen Lebih”

  1. titi Says:

    Senyummu makin lebar pastinya…

  2. Eduard Tampubolon, M. Hum Says:

    Itu baru Indonesia menghargai pahlawan tanpa tanda jasa n kualitas pendidikan pasti makin meningkat. Maju terus Indonesiaku.

  3. warsono Says:

    Ketika sy tgs bljr Pascasarjana (thn 1980 -an ) bea siswa dari pemerintah kita /mhs/bln Rp 100.000,-, pada waktu itu mhs dari negeri Jiran yg kul di IKIP Bandung (UPI sekarang) untuk program S1 /mhs/bln sbsr. Rp 250.000 + biaya lain-lain, semisal tunj. kesehatan), so…. sdh saatnya kita mendanai pendidikan (termasuk beasiswa) melebihi beasiswa pem. negeri jiran agar kita melesat melampaui mereka……….. Sy. setuju klo gaji dosen minimal 10 jt……. Mungkinkah itu? n gmn komen anda?

  4. Suharto Says:

    mudah mudahan bener.hanya saya sendiri heran dengan ucapan mendiknas,katanya tahun 2009 gaji guru akan naik 15% diluar gaji PNS,ditambah tunjangan fungsional juga naik.tapi kenyataanya sampai sekarang tidak terbukti kebenaranya.seharusnya mendiknas menjelaskan kepada media kenapa belum terealisasikan janjinya.bukanya terus mengeluarkan statemen bahwa gaji guru pangkat terendah masa kerja 0 tahun,minimal 2 juta.padahal semuanya bohong.

  5. kudapi Says:

    Mudah-mudahan apa yang dikatakan menkeu itu bukan sekedar omong bohong. Masalahnya tahun 2010 bisa-bisa kebijakannya berubah lagi. yang enak ya pegawai depkeu. SE Menkeu keluar, langsung terima remunerasi yang melejit. Gak kaya dosen. dijanji sertifikasi, eh…., 60 tahun lagi belum tentu terbayar. Dijanji tahun 2009 naik gaji 15% + 14 % , eh. ternyata mendiknasnya orang PAN. jadi ya omongannya kagak bisa dipegang. Persis kaya Din Syamsudin.
    Yahhhh……..nasib.

  6. asdi Says:

    Saatnya guru tidak pusing menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi.
    Artinya guru bisa bertelur Dokter.

  7. Abdullatif N. Jibu Says:

    Aamiiin…! Mudah-mudahan Malaikat lewat dan mengaminkan pernyataan Mentri Keuangan dan langsung diijabah oleh Allah SWT. 50% Kun faya Kun.

  8. Akang Guru Semarang Says:

    Emang bener nih qt kok malah ketinggalan ama Malaysia wong dulu yg ngajari bangsa Indonesia…
    Jadi betul memang anggaran pendidikan harus besar gaji guru dan dosen harus besar biar bisa mencetak tenaga kerja yang pintar kita leawi Malaysia lagi …amin…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: