Lingkungan Sangat Mempengaruhi Pendidikan Kita

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa pendidikan atau pembelajaran dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan akan memeliki dampak postif atau dampak negatif terhadap pendidikan. Mulai dari lingkungan keluarga, tetangga, masyarakat, dan budaya belajar di sekolah.

Memang betul pendapat itu benar sekali. Saya termasuk orang yang malas, tidak kreatif, ingin mudahnya saja adalam berbagai hal, tidak ingin bertemu dengan sebuah perjuangan dan pengorbanan. Kasus yang menimpa saya adalah ketika masa sekolah dulu. Saya termasuk yang bermalas-masalan dan kerjaannya tidur melulu. Sebuah kejadian kecil ketika saya kos, teman-teman saya ketika sebelum subuh sudah bangun, sesudah mereka memabaca Al Quran atau ada yang mengerjakan tugas atau PR.

Ketika mereka sudah bangun sebelum subuh, saya menggerutu “Ah…. mereka ganggu orang lain saja, sedang enak-enaknya tidur sudah berisik”, ketika sudah solat subuh saya pun menggerutu “Duh… habis solat subuh enaknya tiduran eh.. mereka malah semakin rame saja, ganggu orang saja”.

Kejadian tiap hari, dan saya pun menggerutu terus bahkan sampai menegur mereka, tapi karena saya tiap hari terbangun sebelum subuh karena terbangunkan oleh mereka, akhirnya lama2 sudah tidur juga, ah mencoba deh kegiatan seperti mereka.

Lama-lama saya jadi ikut-ikutan mereka, sebelum subuh, melakukan solat sunat bahkan kadang bangun di sepertiga malam, kemudian baca Al Quran, setelah subuh juag begitu mengikuti kegiatan mereka (belajar, mengerjakan tugas, latihan soal) dan berolah raga. Hal seperti ini ternyata terbawa sampai saat ini. Teryata lingkungan sangat berpengaruh pada pendidikan (seumur hidup)/pembelajaran. Tidak dapat dibayangkan seandainya saya berada di lingkungan yang kurang baik, mungkin tidak akan seperti ini.

4 Tanggapan to “Lingkungan Sangat Mempengaruhi Pendidikan Kita”

  1. titi Says:

    Yup. betul sekali. Lingkungan yang baik berdampak baik pula pada diri kita. Bergaul dengan orang-orang yang baik , akan memberi kebaikan pula pada diri kita….

  2. mE Says:

    sekarang knpa pak?

  3. awan sundiawan Says:

    @mE: sekarang harus lebih bagus donk…

  4. sinar Says:

    saya amatlah bersetuju. Lingkungan atau sekitaran amat mempengaruhi pendidikan seseorang. Lihat lah mereka yang berada disekitaran orang alim,maka orang itu akan rajin ke masjid dan sebaliknya…bolehkah kita katakan bahawa setiap orang mempunyai nasib samada berada disekitaran yang baik atau sebailknya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: