Guru: Sukwan, CPNS, dan Pejabat

CPNS: mengapa gaji saya tidak berlaku sejak TMT [TMT mulai Januari, dibayar gaji mulai Mei]
Pejabat: Surat CPNS-nya diterbitkan pada bulan Mei, maka gaji berlaku sejak bulan Mei.
Sukwan: sudah, jangan meributkan soal duit [gaji], segitu juga sudah beruntung diangkat jadi CPNS, coba nasib saya yang telah lama menjadi sukwan, pendapatanpun tidak menentu. [Sukwan ini sudah punya motor baru]
CPNS: ya trims atas dukungannya.
Pejabat: Siapa yang menyuruh jadi sukwan, dan siapa yang menerima jadi sukwan, dan Anda jadi sukwan sudah makmur [sudah punya motor]. Apa motivasi anda jadi sukwan?
Orang lain: jadi sukwan itu untuk mencoba belajar bekerja, siapa tahu nantinya dingkat jadi CPNS.
Pejabat: oh… jadi sukwan itu dari coba-coba atau hanya “sekedar” sambil menunggu pengangkatan CPNS, kalau begitu motivasinya jangan memaksa pemerintah untuk mengangkat CPNS.
Sukwan: ya beginilah kalau menjadi rakyat kecil, selalu kurang perhatian.
Penganggur: masih beruntung sukwan yang sudah punya penghasilan tetap meskipun tidak besar, coba saya yang nganggur, cari kerja saja susah karena terbentut ijazah dan lain-lain.
CPNS: saya saja yang masih CPNS masih ada ketidakpuasan dengan gaji tidak dibayarkan sejak TMT.
Pejabat: selama belum menerima gaji, kan honor PTT/GBS. Apa motivasi Anda menjadi PNS?
CPNS: kalau sudah jadi PNS bisa duduk manis bahkan malas bekerja pun dapat uang (gaji) yang tetap dan lumayan besar.
Sukwan: kalau saya, gak kerja ya gak dibayar.
Orang lain: saya kira ingin jadi PNS akan bekerjan lebih produktif dan berprestasi untuk memajukan banga ini, kalau begitu saya juag mau jadi CPNS (PNS). Lalu kalau Anda yang sukwan mengapa protes ingin jadi CPNS?
Sukwan: ehm.. ya sepertinya sama deh, seperti CPNS/PNS lainnya.
Saya: oh…. gitu….

Saya merenung: apakah memang begitu sebagian besar yang ingin CPNS/PNS? saya tidak tahu, ada yang tahu?

3 Tanggapan to “Guru: Sukwan, CPNS, dan Pejabat”

  1. pulsastore Says:

    wah betul bung cucok sekali… seandainya kita berpikiran positif tidak hanya melulu ngejar pns gmana ya…he he he.. banyak jalan menuju roma untuk menjadi sukses

  2. awan sundiawan Says:

    @pulsastore: ya… berbwiraswasta yang bisa mengasah otak dan kita bisa kreatif😀

  3. deny kusdiany Says:

    sampe segitunya sih?


Tinggalkan Balasan

