Dua Warga Indonesia Bobol Perusahaan Belanda

Kapan ya Indonesia bisa membobol gawang kesebelasan negara asing? Tapi kalau membobol dunia usaha, Indonesia telah berhasil memnobol perusahaan Belanda lewat internet. Hebat ya…. !

11/06/2008 17:31
Dua Warga Indonesia Bobol Perusahaan Belanda Lewat Internet

Liputan6.com, Jakarta: Dua warga negara Indonesia yang tinggal di Jakarta telah membobol Tim Tamsim Invex Corp., sebuah perusahaan Belanda yang beroperasi di Amerika Serikat, melalui jaringan internet. Pembobolan melalui transaksi online menggunakan kartu kredit fiktif itu telah merugikan Tim Tamsim hingga US$ 41.927 atau sekitar Rp 400 juta. Demikian pernyataan Kepolisian Daerah Metro Jaya di Jakarta, Rabu (11/6).

Kepala Satuan Kejahatan Dunia Maya Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Tommy Watuliu, mengatakan kedua pembobol itu kini telah meringkuk di tahanan. Kedua tersangka itu adalah Rizky Martin alias Steve Rass dan Donny atau Michael Texantoy, sedangkan perusahaan yang dibobol adalah Tim Tamsim Invex Corp.

“Mereka ditangkap di sebuah warnet (warung internet) yang berlokasi di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan saat berusaha membobol perusahaan asing lagi yang sama,” kata Tommy. Dalam pemeriksaan, sejak Januari 20008, kedua tersangka mengaku sudah beberapa kali membobol sejumlah perusahaan yang melayani belanja online di AS dan Eropa.

Penangkapan kedua tersangka itu dilakukan setelah Polda Metro Jaya menerima laporan dari Kepolisian AS. Polisi Negeri Paman Sam itu menyatakan ada warga Indonesia yang membobol perusahaan di AS. “Saat transaksi belanja, kedua tersangka menggunakan kartu kredit palsu,” kata Tommy.

Data kartu kredit palsu itu juga diperoleh dengan cara membobol jaringan internet. Untuk mencari toko yang melayani belanja via online, kedua tersangka menggunakan fasilitas mesin pencari di situs Google.

Aksi kedua tersangka itu berakhir setelah perusahaan Tim Tamsim Invex Corp yang berlokasi di 287 East 6th, 160 Saint Paul, Minnesota, AS, melapor ke kepolisian setempat. Mereka melaporkan ada pembelian dua helm merek Suomy, 21 stang jepit untuk motor, kamera digital merk Nikon D300 senilai total 41.927 USD melalui website Convertibars dengan menggunakan kartu kredit fiktif.

Ketika perusahaan itu hendak menagih pembayaran ke perusahaan penyelenggara kartu kredit yang dipakai ketua tersangka, ternyata kartu kreditnya palsu. Karena barang-barang yang dijual telah dikirim ke Indonesia menggunakan jasa paket DHL maka polisi di AS bekerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk mengungkap kasus ini. Di tempat tinggal kedua tersangka di Lenteng Agung, polisi menemukan sebagian barang-barang yang belum sempat dijual.(ANS/ANTARA) Sumber: liputan6.com

Ternyata SDM warga Indonesia di dunia maya tangguh juga, namun sayang yang muncul dalam dunia kehajatan. Dalam dunia lainnya tidak dimunculkan ya? Mengapa? Ada apa? Ada yang tahu?

Ditulis dalam Berita, Umum. Tag: . 11 Comments »

11 Tanggapan to “Dua Warga Indonesia Bobol Perusahaan Belanda”

  1. ubadbmarko Says:

    Dari jaman dulu juga SDM kita memang ok, tapi sedikit sekali panutan yang bisa dicontoh dalam hal ini Figur yang bisa mengarahkan. ah banyak bahasannya. Salam kenal aja.

  2. R. Abimanyu Yusuf Says:

    Ya, bermula tahun 2000-an SDM indo di dunia IT memang naik tajam.. benarkan krn terjangan Teknologi yg memacu perkembangan dunia carding di negara kita? hm…. lebih tepatnya… Terjangan Masalah ekonomi ^_^

  3. Daniel Mahendra Says:

    Apa boleh buat: ini lah kenyataannya…🙂

  4. alisyah Says:

    kalo cuma menipu dengan menggunakan kartu kredit fiktif, keknya belum bisa dikatakan membobol
    betul ga?

  5. zoel chaniago Says:

    hmmm boleh juga tuh nyali nya

  6. awan Says:

    @ubadbmarko: trims atas info dan kunjungannya, salam kenal kembali
    @R.Abimanyu Yusuf: Betul.. sepertinya terjangan ekonomi yang paling utama, kalau kita lihat di negara yang ekonominya sudah mapan, yang membobol perusahaan asing tidak terdengar (atau malahan banyak ya…):D
    @Daniel Mahendra: ya terima saja ya…
    @Alisyah: trus apa…. (penipuan ya…)
    @zoel chaniago:hehehe itu kreativitas anak bangsa…😀

  7. realylife Says:

    bangga dan salut kali ya , cuma kalo bisa membobol dunia usaha dunia itu lebih baik kali ya?

  8. awan sundiawan Says:

    @realylife: ya itulah…. nak bangsa kita yang kreatif menguji keamanan data dalam jaringan global.😀

  9. Bobby Says:

    Indonesiano Bandito…

  10. awan Says:

    @boby: trims atas kunjungannya

  11. dodi Says:

    mantaf indonesia ternyata udah nyampai mendunia….semoga berlajut ke tahap yang lebih menghebohkan……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: