Blog Harus Mulai Diperkenalkan Kepada Siswa

Blog itu….

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Blog

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Blog? Kita wajib punya!

Sebenarnya pembahasan “web log” (blog) itu sudah basi. Blog merupakan teknologi web 2.0 yang sudah lama ada. Bisa dikatakan, blog yang gratisan sudah ”sunset”.

Tren ke depan adalah membuat website yang tampilannya, jauh lebih ekpresif, profesional, dan mewah. Blog hanya akan menjadi salah satu fasilitas dari web. Kemawahan itu bisa tercermin dari akses web yang cepat (berarti server-nya bagus( serta domain pribadi yang oke.

Domain itu alamat web seperti www.awan965.web.id. Web bergaya portal yang internaktif sedang ”naik daun”. Padahal bisa dibuat dengan memanfaatkan perangkat lunak yang gratis open source. Salah satu satunya yang populer adalah WordPress dan Joomla.

WordPress itu perangkat lunak blog yang bisa di-install di website kita. Jadi, kita tidak perlu lagi menggnakan layanan gratisan, misalnya dari blogger, LiveJurnal, atau WordPress. WordPress pernah memenangi penghargaan sebagai perangkat lunak terbaik untuk kategori blog.

Joomla merupakan contoh content management system (CMS). SMA adalah ”mesin” utama untuk membuat website interaktif yang di dala,nya bisa berisi blog, berita, galeri, forum, komentar, polling, dan masih banyak lagi.

Joomla pernah memenankan perangkat lunak terbaik untuk kategori CMS. Perangkat lunak semacam ini mudah di-install orang awan sekalipun. Tetapi kali ini kita hanya akan membahasa ketegori blog.

Plus Minus Blog

Nilai plus dari blog adalah sistem blog memungkinkan interaksi sesama pengguna dan paling populer. Tiap pengguna bisa memberi komentar sebuah berita, foto, video, MP3, menambahkan ling website kita, dan semua dilakukan dengan mudah tanpa harus tahu bahasa pemograman.

Dengan keunggulan seperti itu, blog telah berkembang menjadi kekuatan pemasaran yang luar biasa. Rangking blog di maya mesin pencari akan mudah meroket. Baru beberapa minggu, jika kita rajin mengisi, maka sudah terindeks di mesin pencari dan menjadi bagian dari referensi dunia maya. Keunggulan seperti itu sulit didapatkan jika kita membuat web dengan sistem sendiri.

Kelemahan dari blog (terutama yang gratisan) adalah sudah lama dicitrakan sebagai amatiran. Artinya, tanpa pengetahuan yang cukup soal bahasa pemograman, seseorang bisa membuat blog dengan isi sesuka kita.

Soal isi blog juga kontroversial, karena pada awalnya banyak nlog yang tak layak dikutp isinya sebab terlalu ”sembrono”. Namun, citra itu sedikit demi sedikit berubah keita Google Adsense, sebuah program sindikasi pengiklan, membolehkan blogger menjadi bagian di dalamnya.

Jadi, dengan membuat blog gratis kita sekaligus bisa meneguk untung dari pemasang iklan Google Adsense. Karena itu, blog berkembang mulai dari alasan pribadi untuk curhat sampai berbagai kepentingan lainnya. Sampai akhir tahun 2007 mesin pencari blog Technocati mencatat 112 juta blog terindeks.

Walau demikian, tetap saha citra blog tak bisa naik pamor. Orang akan tetap meremehkan jika perusahaan besar atau orang ternama, entah peolitikus atau artis hanya menggunakan blog gratisan sebagai tempat berekspresi.

Jalan kompromi untuk perusahaan dan orang yang ingin serius untuk penciraan di internet adalah membangun web sendiri dengan domain sendiri seperti http://awan965.web.id/

Untuk sekolah, disarankan menggunakan cara seperti ini, jadi beli saja domain http://www.namasekolah.sch.id seperti http://www.smakos-kng.sch.id/, misalnya, kemudian para siswa dimotivasi untuk membuat blog dengan nama subdomain nama sendiri. Cara ini memang akan dianggap rumit oleh orang yang baru belajar web. Karena itu bagi pemula disarankan belajar dulu mengelola blog di Blogger.com, WordPress.com, Multiplay.com dan masih banyak lagi.

Beberapa sekolahan memang memblokir situs jaringan pertemanan dan juga blog. Hal ini sebenarnya salah paham saja dari Bapa Ibu Guru yang terlalu khawatir. Justru saya menyarankan para siswa untuk membuat blog mereka.

Padahal blog bisa mengubah kebiasaan bangsa ini dari yang semula malas menulis menjadi bangsa yang terbiasa dengan tradisi membaca dan menulis. Bayangkan saja seseorang yang pemalu dan introver, misalnya, ternyata tulisannya bisa luar biasa dan menjadi referensi dunia karena rajin ngeblog,. Ini sudah banyak terjadi!

Blog merupakan fasilitas menarik yang sebenarnya kalau menurut sayam wajib dan harus diperkenalkan kepada siswa. Entah hanya menggunakan blog gratis, stau blog yang dibuat sendiri. Setuju ya….?

Sumber: wikipedia, kompas

5 Tanggapan to “Blog Harus Mulai Diperkenalkan Kepada Siswa”

  1. han2cute Says:

    setuju sekaleee,,,
    harus gitu dunk,,,blog itu penting,,,

  2. transmorfosis Says:

    bukan hanya siswa yang harus tahu tentang blog tapi semua perangkat pendidikan yang yang ada di negeri ini, agar terbiasa dengan budaya menulis dan membaca

  3. awan sundiawan Says:

    @neng han2cute: trims atas dukungannya
    @transmorfosis: trims atas saran, masukan dan kunjungannya😀

  4. ardan sirodjuddin Says:

    Blog Anda menarik, saya mengundang Anda untuk mengunjungi blog saya di http://www.ardansirodjuddin.wordpress.com

  5. asrizal Says:

    visit my blog pak..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: