Naik-Naik Ke (kaki) Gunung Ciremai

Naik-naik ke puncak gunung

Tinggi-tinggi sekali

Kiri kanan kulihat saja

Banyak pohon cemara

Potongan lagu di atas mengingatkan saya waktu kecil yang hanya tau syairnya saja dan tidak pernah naik ke gunung. Hari ini Minggu, 4 Mei 2008 saya bersama guru olah raga (Pak Puji Wijoyo) mengajak siswa SMA Kosgoro unutk jalan-jalan ke kaki gunung Ciremai. Acara ini dalam rangka pembelajaran penjelajahan merupakan salah satu KD dalam pelajarn Penjaskes. Lokasi yang dituju adalah bumi perkemahan Palutungan Cisantana Cigugur yang letaknya berada di kaki gunung Ciremai.

Inilah gerbang jalan menuju gunung Ciremai dari arah kota Kuningan. Kami menulusuri jalan yang berliku dengan dihiasi tanaman worten, bawang daun, dan sayuran lainnya.

Ditengah perjalanan menuju bumi perkemahan Palutungan ternyata terdapat mobil yang berderet rapi (parkir). Mobil ini berasal dari luar kota dan termasuk mobil mewah.

Ketika sampe di persimpangan antara jalan menuju bumi perkemahan dan jalan menuju puncak ciremai akan menemui lokasi penampungan sayuran yang siap antar ke tempat tujuan. Di sinilah kita akan menemukan gundukan wortel yang sudah disortir, dan siap diangkut, ada juga bawang daun yang sudah siang antar. Kerena di sini juga ada tempat pencucian dan penyortiran wortel, akhirnya saya mengambil wortel yang hanyut di parit. Setelah dikumpulkan lumayan dapat satu kantong plastik. Dan wortelnya mulus-mulus.

Karena gunung Ciremai kelihat berawan tebal dan kata penunjuk jalan cuaca menuju puncak ciremai buruk, maka kami melanjutkan perjalanan menuju bumi perkemahan Palutungan [memang mau ke sana].

Ketika hampir sampe di gerbang bumi perkemahan kami berfose dulu dengan pemandangan tanaman bawang daun.

Inilah pos penjagaan bumi perkemahan.

Karena perjalanan mendaki dan agak melelahkan kami beristaraht dulu di sekitar bumi perkemahan.

Diareal bumi perkemahan terdapat pula persemaian bibit tanaman vinus, namun kelihatannya sudah tidak dipelihara lagi, ya akhirnya jadi seperti itu.

Sebelum melanjutkan perjalanan di areal bumi perkemahan kami sempat ”jajan” dulu. Di tempat ini ternyata tersedian juga ”jananan anak kota”. Jadi tidak usah ribet belanja di kota, di sini pun tersedia.

Setelah cukup beristirahat kami pun melanjutkan perjalanan menuju air terjun Palutungan.

Beginilah situasi dan suasana di areal Air Terjun Palutungan

Dan beginilah cara saya menuju ke bumi perkemahan [pake motor…. hikshikshiks]

Foto-foto yang lainnya dapat dilihat di sini

Ditulis dalam Berita. 17 Comments »

17 Tanggapan to “Naik-Naik Ke (kaki) Gunung Ciremai”

  1. Herli Salim Says:

    Nih ditengok yg pulang dari gunung, cape ya? Gampang tinggal diurut-urut sama siapa tuh yang ada di Kuningan?

  2. John Etawa Says:

    Aduh…rasanya pingin datang kesana…

  3. awan Says:

    @Kang Herli: muhun paregel…. sigana mah upami diurut ku si manehna paregel teh ical😀
    @John Etawa: kapan kita akan naik gunung Ciremai, yu atuh….😀

  4. realylife Says:

    wah , kalo saya baru kembali menikmati indahnya aceh dengan pantainya
    monggo silahkan mampir pak

  5. awan Says:

    @realylife: trims atas kunjungannya

  6. han2cute Says:

    wehehe,,,,asiknya jalan2,,,,mau ikut

  7. awan Says:

    @awan: yu… kalau ikut ditunggu ya di kaki gunung Ciremai…

  8. Hendy Herdiman Says:

    Kang Awan saya jadi inget jaman smp dulu tahun sekitar tahun ’87-an, pernah ikut Jambore PMR Se Jawa Barat, di Linggarjati. Yang tidak terlupakan sudah pasti ‘tahu gejrot’ -nya itu, setiap kali pesan langsung dua porsi sekaligus..!! Sama satu lagi yang tidak lupa..’nu herang peserta ti cirebon’…hahahahhaa..! halah..ngaco ieu mah..!!

  9. awan Says:

    @Kang Hendy: Tahu gejrot masih aya keneh, puguh eta teh makanan khas urang Kuningan, abdi oge sok pesen 2 porsi sakaligus, pan tahu gejrot teh campur bawang….😀

  10. eva Says:

    wah…kalo ngomongin gunung ciremai mah, ga ada abisnya,pokoknya itu desa terindah yang pernah aq tinggalin.apalagi dilinggarjati, aduh…mani tiis udarana. mandi aja seminggu sekali. hehe..
    oya mas awan, sekali2 mampir kerumahqu ya kalo ke ciremai lagi, rumahqu deket lho dari ciremai..nti qt naik ke ciremai bareng2, seru X ya?!
    ditunggu…

  11. zaidan Says:

    Mudah-mudahan Cemara nya tidak diganti oleh Strawberry..
    Nampaknya kalau di lihat dari Photo2 nya Palutungan 20 th yang lalu dengan sekarang tidak banyak mengalami perubahan alias masih Asri. Mudah2 an tidak terjadi pengrusakan Alam seperti di daerah lain..

  12. awan Says:

    @addiehf: ya atuh kapan ke Ciremai Lagi….😀
    @Eva: trims atas udangannya, emang ruamh Eva di mana? kalau saya lewat cigugur ke Ciremainya….😀
    @Zaidan: Sepertinya cemaranya/vinusnya sudah mulai ditinggalkan nih, tapi kalu diganti strowberi cocok bro….😀

  13. addiehf Says:

    Kalo anak2 banyak yang kepengen seeh, cuman untuk menyamakan waktu Saya dengan mereka susah banget. Apalagi mau menghadapi PSB.

    Kemarin kan anak2 kosgoro [agra giri. kelas 1 dan 2nya] pas lagi waktu UN kan berangkat ke Puncak + waktu anak2 agra giri minggu kemaren yang k Puncak nganterin anak Solo, cerita2 katanya sekarang lumayan lebih asyik dan adem jalur ke puncak.

    Tapi kalo rencana Gerakan Sapu Gunung yang selalu diadain AKAR jadi bulan depan Insya Allah deh pengen………………………….. HARUS

  14. awan Says:

    @addiehf: sipplah…..

  15. ute29 Says:

    ko nyampe nya cuma ke palutungan z sih…. kenapa ga nyampe puncak gunung ciremai nya???? kan asyik bgt tuh di puncak gunung ciremai. pemandangan nya uuuuuhhhh mengagumkan sekali….

  16. Yohanes Dimas Says:

    Tu mobil yang berderet mobil mewah dari luar kota itu orang yang Ziarah ke Gua Maria Fatima Sawerahmat Cisantana………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: