Mengoptimalkan Power Poin dalam Presentasi

Presentasi dengan aplikasi PowerPoint sudah jadi bagian penting dalam kehidupan sebagian presentator baik itu guru, dosen, mahasiswa, pembisnis atau yang lainnya.

Dikutip TechRepublic, Jumat (28/3/2008), berikut tips & trik presentasi efektif dengan PowerPoint agar audiens Anda tertarik menyimak sampai acara berakhir.

1. Pakai Kalimat Sederhana
Aplikasi PowerPoint bukanlah aplikasi pengolah kata layaknya Microsoft Word. Untuk itu, pakai kalimat yang jelas dan seperlunya saja. Jangan pula menjejalkan terlalu banyak informasi dalam satu slide PowerPoint karena audiens mungkin akan kebingungan.

2. Gambar Bermakna Ribuan Kata
Pakai gambar atau ilustrasi yang benar-benar menarik di PowerPoint untuk menjelaskan presentasi Anda sehingga audiens mau menyimak dan mudah memahaminya. Namun jangan sampai pula resolusi gambar Anda pecah sehingga tampak menganggu.

3. Kuasai Topik Presentasi Secara Detail
Seringkali presentasi PowerPoint didesain secara cukup kompleks dalam banyak slide. Jangan sampai Anda gagap menjelaskan detail sekecil apapun dalam presentasi. Persiapkan diri dengan baik untuk membuat presentasi PowerPoint yang berkesan dan diterima audiens.

4. Berceritalah Saat Presentasi
Jangan hanya membacakan poin presentasi Anda secara monoton. Berceritalah! Ilustrasikan konten di PowerPoint Anda, misalnya dengan pengalaman hidup sehari-hari sehingga audiens dapat mencerna maksudnya dengan baik.

5. Konten Dalam Presentasi Sangat Penting
Pastikan konten yang Anda masukkan dalam presentasi  PowerPoint Anda memang berguna bagi audiens. Jangan pula terlalu banyak menggunakan animasi atau efek-efek khusus karena selain bisa membosankan, hal ini bahkan bisa mengakibatkan presentasi Anda dianggap tidak serius.

6. Hargai Audiens Anda
Buat desain PowerPoint yang terlihat jelas, baik gambar maupun tulisannya. Pastikan kontras warna benar-benar tepat sehingga tidak menyakiti mata mereka yang melihatnya. Pastikan pula seluruh audiens dapat melihat konten dengan baik, meskipun mereka berada di jajaran paling belakang.

Ditulis dalam Teknologi. 7 Comments »

7 Tanggapan to “Mengoptimalkan Power Poin dalam Presentasi”

  1. DHS Says:

    klo boleh nambahin dikit, sebaiknya dibuat supaya fleksibel, dalam arti, satu lembar slide berisi image/gambar bisa dipakai untuk macem2 cerita….

  2. awan Says:

    @kang DHS: trims atas tambahannya😀

  3. Hendy Herdiman Says:

    Wah info menarik nih..! Tapi yang pasti ‘goal’-nya adalah agar setidaknya kurang dari seminggu kita sudah dapat tanda tangan ‘kontrak’..hahahhaa..!! Betul engga ??

  4. awan Says:

    @kang Hendy: Kalau presentatornya kalangan pembisnis kuncinya adalah bagaimana agar presentasinya cepat ditandangan, selain presentasinya menarik juga pendekatannya harus menarik. Tapi kalau presntatatornya pengajar? hehehe. Trims untuk kang Hendy.😀

  5. muhajirin Says:

    Dalam presentasi selain materi pokok juga yang tdk kalah penting jangan lupa menyisipkan pesan-pesan penting yg disampaikan secara homor trims

  6. awan sundiawan Says:

    @muhajirin: trims atas tambahannya juga kunjungannya😀

  7. rustanto Says:

    Bagus, saya ngopy ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: