Sudahkah Kita Menjadi Pembelajar yang Baik?

Apakah kejadian-kejadian di bawah ini pernah terjadi pada diri kita?

  1. Atasan kita memanggil dan memberikan kepada kita sebuah buku petunjuk yang rumit tentang program baru yang harus kita pelajari sekarang karena seluruh perusahaan akan menggunakan sistem software baru.
  2. Karena kesemrawutan pengiriman, lebih dari 200 halaman spesifikasi penting baru tiba di meja kita pada pukul 04:30 sore, dan kita harus membicarakannya hingga ke detil yang paling kecil dalam suatu percakapan telepon pada keesokan harinya.
  3. Kita menikah dengan pasangan dari keluarga dengan tradisi yang sangat berbeda dan kita ingin memperlajarinya serta beradaptasai secepat mungkin karena kita sangat mencintinya.
  4. Kita pulang pada malam hari dari kursus pertama dengan membawa buku-buku yang tebal dan kelihatan menakutkan dan menyadari bahwa kita harus mampu menyerap isinya hanya dalam waktu enam minggu.
  5. Suatu perubahan mendadak dalam hidup kita telah memaksa kita untuk belajar mengemudikan suatu jenis kendaraan yang sama sekali baru.
  6. Untuk bisa naik pangkat, kita harus mengikuti kursus tentang suatu hal yang harus kita kuasai dan ternyata kita harus mendengarkan pembicara yang paling membosankan yang pernah kita ikuti.

Kebanyakan orang mengalami situasi seperti di atas. Dan reaksi mereka sangatlah sama. Mereka terancam, merasa dipertanyakan kemampuaya, dan ragu-ragu terhadap kemampuan sendiri untuk bisa menguasai semuanya dengan baik.

Hambatan yang ada adalah kita juga mempunyai respons egatif terhadap pikiran tentang keharusan mempelajari sesuatu yang baru. Bagi kebanyakan dari kita, pikiran kita tentang belajar akan menimbulkan gambaran suatu tugas yang sulit, epnuh dengan susah payah, melelahkan, dan sesuatu yang bukan keahlian kita.

Ditulis dalam Artikel. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: