Pembelajaran Berbasis TIK


Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian aktivitas dari peserta didik (pelajar) dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan

Belajar itu Mencari Apa?

  1. Pengetahuan
  2. Ketrampilan
  3. Teknik
  4. Sikap
  5. Pengalaman

Belajar Meningkatkan Kecerdasan

  1. Linguistik: kecerdasan kata-kata
  2. Logika-matematika: kecerdasan nomor & sebab-akibat
  3. Spasial: kecerdasan image & gambar-gambar
  4. Musikal: kecerdasan tone, thythm, dan timbre
  5. Interpersonal: kecerdasan memahami sosial
  6. Intrapersonal: kecerdasan memahami diri sendiri

Perubahan Dalam Pembelajaran

1. Pembelajaran terpusat pada Siswa

2. Pembelajaran mengarah pada pemecahan masalah Pembelajaran Aktif

3. Pembelajaran berbasis proyek

Efektifitas Pembelajaran

Efektif 30%

1. Guru yang baik

2. Fasilitas pendidikan yang baik

3. Bahan ajar yang bermutu baik

4. Adanya kemauan dari siswa

Efektif 50%

1. Laboratorium

2. Alat peraga

Efektif 90%

1. Multimedia

2. Simulasi Interaktif

Efektif 100%?

Kemampuan Memori Memahami Pengetahuan

10 % Membaca

20 % Mendengar

30 % Melihat

50 % Melihat & Mendengar

80 % Berbicara

90 % Berbicara dan melakukan (interaktif)

Media Pembelajaran

Segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan, dan sikap), serta dapat merangsang pikiran, perasan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan, dan terkendali

Peran TIK dalam Pembelajaran

Pengertian TIK

  1. Teknologi; cara mensinergikan peralatan yang digunakan (hardw/softw), supaya mampu dimanfaaatkan maksimal
  2. Informasi ; text, grafik, gambar, audio, video, animasi yang mampu memberikan makna bagi orang lain.
  3. Komunikasi; hubungan satu dengan lainnya untuk saling bertukar data dan informasi
  4. Komputer; suatu peralatan (hardware/ Software) yang digunakan untuk mengelola konten informasi
  5. Konten; informasi seperti; text, grafik, gambar, audio, video, animasi yang mampu memberikan makna bagi orang lain.

Potensi TIK Dalam Pembelajaran

  1. Searching; search engine
  2. Collecting, MP3, garfik, animasi, video
  3. Creating, membuat web, membuat game
  4. Sharing, web pages, blog
  5. Communicating, e-mail, IM, chat
  6. Coordinating, workgroups, mailing list
  7. Meeting, forum, chatroom
  8. Socializing, beragam kelompok sosial on line
  9. Evaluating, on line test, on line advisor
  10. Buying-Selling on line
  11. Gaming, game on line
  12. Learning, jurnal on line, riset on line

Keunggulan Multimedia Pembelajaran

  1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron
  2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gunung, laut, gajah, dll
  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, berkembangnya bunga, dll
  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan, bintang, matahari,salju, dll
  5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi
  6. Meningkatkan daya tarik siswa

Komponen Multimedia

  1. Teks
  2. Foto
  3. Gambar
  4. Audio
  5. Video
  6. Animasi

Gambar Diam

  1. Menampilkan satu objek tunggal
  2. Memberi kesempatan audience utk mengamati lebih lama
  3. Bisa menunjukkan hubungan skematik atau struktur

Gambar Bergerak

  1. Visualisasi proses
  2. Membawa audience untuk memperhatikan sesuatu detil
  3. Menunjukkan hubungan antar objek

Animasi

  1. Memvisualisasikan gagasan/khayalan
  2. Menghidupkan sesuatu yang mati, diam
  3. Menyederhanakan proses yang rumit, sulit
  4. Menggantikan atau menirukan benda sebenarnya
  5. Mempercepat atau memperlambat

Simulasi

  1. Menunjukkan sebab akibat
  2. Virtual laboratorium

Teks

  1. Menyederhanakan konsep yang rumit
  2. Perlu kesamaan, kesepakatan persepsi/budaya

Suara, Musik, FX

  1. Mendukung gambar
  2. Menyampaikan pesan verbal
  3. Membangun suasana
  4. Membangun emosi

Pengertian Lab. Multimedia

  1. Merupakan fungsional laboratorium (tempat praktikum) yang mampu memfasilitasi beberapa aktivitas praktikum sekolah dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

  1. Yang dimaksud beberapa aktivitas praktikum sekolah adalah aktivitas praktikum yang tidak dapat dilayani oleh laboratorium konvensional (Lab. Bahasa, Lab. IPA, dan Lab. Komputer), tetapi dapat dilayani oleh Laboratorium Multimedia dengan menggunakan teknologi multimedia dan simulasi komputer

Layanan Lab. Multimedia

  1. Interaksi antara Guru-Murid dan Murid-murid
  2. Penayangan Video Pembelajaran
  3. Latihan Mata Pelajaran Interaktif (online)
  4. Simulasi Kasus berbasis multimedia
  5. Operasionalisasi eAudioBook
  6. Operasionalisasi eBook
  7. Menyediakan Ensiklopedi Digital

Isi Lab. Multimedia

Hardware:

  1. Komputer (1 Server, 1 guru, 1 produksi, 40 siswa) dalam Jaringan
  2. Head Set, Webcam (sejumlah komputer yang ada)
  3. LCD, Screen Proyektor, Audio Mixer, digital Camera, Video Camera, Tape player/recorder, Sound system, White Board, Meja-Kursi
  4. AC, Almari, Rak (Server, CD, Buku)

Software:

  1. Sistem Operasi Berlisensi
  2. Network Administration & Network Communication (NetMeeting)
  3. Software Lab. Bahasa (NetOP Teacher & NetOP Student)
  4. Software Pembelajaran

11 Tanggapan to “Pembelajaran Berbasis TIK”

  1. sriwahyunik Says:

    saya, guru seorang guru sd, sangat tertarik dengan pembelajaran berbasis multimedia. Namun hampir belum pernah saya menemukan contoh penyajian pembelajaran berbasis multimedia pada bidang studi bahasa Indonesia. Kiranya ada yang tahu atau memiliki info tersebut, tolon diinformaasikan pada saya.

  2. awan Says:

    @Ibu sriwahyuni: terima kasih atas kunjungannya, untuk contoh pembelajaran B Indo berbasis multimedia saya sedang mencoba mengembangkannya.😀

  3. Akhsin Says:

    Hampir sama dengan penanya sebelumnya, bahwa bagaimana contoh pembelajaran dalam bidang studi bahasa indonesia yang terkait dengan TIK. Apakah pembelajaran dengan penggunaan media elektronika seperti laptop, LCD masuk dalam kategori pembelajaran media berbasis TIK?
    Lalu apa yang Anda kembangkan sudah bisa kami akses?
    ATas penjelasannya saya sampaikan terima kasih.

  4. awan Says:

    @akhsin: pembelajaran berbasis tik adalah pembelajaran yang menggunakan media TIK, contohnya: menyimak dilakukan melalui komputer, membaca dilakukan dengan membaca informasi dari internet, menulis: dilakukan siswa menulis karangannya di blog, berbicara: dilakukan dengan cara direkam di komputer kemudian dievaluasi melalui komputer juga, dan melakukan evaluasi pembelajaran secara online atau interaktif melalui komputer (jaringan intranet/internet), itulah hal2 yang sederhana. Terima kasih atas kunjungannya, salam kenal😀

  5. alfian Says:

    assalamualaikum… wr…. wb
    perkenalkan nama saya alfian dari Universitas Borneo ( tarakan utara kaltim )
    saya mohon izin untuyk mengambil artikel anda sebagai bahan acuan untuk membuat skripsi saya yang berjudul “Perbedaan antara Pembelajaran dengan Metode klasik dengan pembelajaran dengan metode tik / ict”.
    karena saya merasa kesulitan untuk mencari bahan dari buku-buku karena keterssediaannya yang masih kurang di daerah kami
    sekalian juga mohon masukannnya kepada saya..
    terima kasih…
    ( tolong dibalas di email )

  6. awan Says:

    @alfian: terima kasih ku jungannya ke blog saya yang masiha acak-acakan, semua artikel yang ada pada blog ini silahkan Anda ambil untuk. Untuk memberikan masukannya ke mana nih?😀

  7. indah Says:

    saya calon guru bahasa inggris tingkat smp&sma, saya mengucapakan terimakasih karena dengan mengunjungi blog anda saya mendapat informasi baru mengenai pembelajaran berbasis multimedia,, Semoga dapat bermanfaat saat saya mengajar nanti,. Tq

  8. Awan Says:

    Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini.

  9. iim Says:

    Slam knal… mas awan
    Dlm pempelajaran media tik yg online internet terkadang anak” tidak konsentrasi waktu guru menerangkan di lab… mereka asik dengan facebook/games online… bgmn cara memutuskan koneksi internet kom mereka.. tanpa mengangu jaringan LAN lokal nya… supaya tetp bs pakai file/printer sharing
    – klw putus kabel kom siswa… dia tidak bisa belajar online
    – skalian ngeblok situs n video porno, dsb

    tq..

  10. awan Says:

    @Iim: di tempat saya, terutama di Pusat Sumber Belajar, semua komputer diarahkan ke LAN menggunkan server lokal, kalau pun masuk ke internet situs “facebook” dan “situs po*no” di blok, yang paling praktis menggunakan mikrotik.

  11. subhi ash shalih Says:

    aslm
    artikelnya inspiratif
    mas, kebetulan saya sedang menyusun skripsi dengan judul yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis ICT!disini saya ingin bertanya “apakah ada referensi (buku) penunjang untuk pembahasan tentang pembelajaran tersebut?trimakasih
    mohon konfrimnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: