“Virus” Blog Telah Menyerang Para Siswa

Saya mencoba menyebarkan “virus” blog kepada siswa kelas XII. Mereka ditugasi membuat blog sebagai aplikasi penggunaan internet sebagai media informasi dan komonikasi. Karena saya juga mengajarkan mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (poligami pada mengajar), maka mereka ditugasi untuk belajar menulis dalam bentuk karangan nonfiksi dan sastra. Dan tenyata mereka lebih asyik mengelola blog daripada friendster. Mereka lebih asyik mengungkapkan ekspresinya dalam berbabagi bentuk. Saya ajak mereka untuk membuat blog kemudian menulis apa saja yang dia sedang pikirkan.

Kejadian di atas ternyata membawa dampak yang luar biasa. Lab kom, lam multimedia, ruang perpsus, ruang guru, bahkan ada yang memakai laptop, mereka menyelesaikan tugas membuat dan mengisi blog.

Dan ternyata mereka telah diserang wabah virus blog.

Komputer di Perpustakaan ramai dikunjungi siswa untuk membuat dan mengelola blog, bahkan ada memakai laptop.

Komputer di ruang guru pun “diserbu” para siswa

Blog mereka saya cetak dan ditempelkan di papan informasi lab. multimedia, ya seperti majalah dinding. [Rame juga…]

Daftar blog mereka bisa dilihat di menu “Blog Siswa-Ku

5 Tanggapan to ““Virus” Blog Telah Menyerang Para Siswa”

  1. DM Says:

    Dahsyat! Ini dahsyat sekali! Aku salut pada Anda. Jadi ingat ketika sekolah dulu mesti berlomba-lomba bikin mading. Kini zamannya blog. Dan Anda mencoba menularkan virus tersebut pada siswa sesuai perkembangan zaman. Luar biasa! Aku mutlak angkat topi pada Anda.

    http://danielcmahendra.wordpress.com/2008/01/06/seandainya-aku-seorang-pelajar-smu/

  2. Hendy Herdiman Says:

    Wah ide brilian nih..boleh juga Pa Awan ! Cuman pas mau ujian jangan lupa belajar, takutnya malah bikin buat contekan di blog..hehehehee…! Sip lah..salut atas upaya anda agar siswa jadi ‘melek’ IT..!
    Jaman kita dulu mana ada yg kaya gini..! Yang ada cuman ngapalin tombol Wordstar, Lotus 123, sama bikin script Quick Basic, Pascal, yang panjangnya nauzubilah..hihihihi..!
    Lanjutkan usaha anda untuk men’deface’ otak siswa agar mereka bisa menempatkan “IT above everything..!”. Two Thumbs Up..!

  3. awan Says:

    @DM dan @KangHendy: Trims atas dukungannya, ah itu saya masih belajar tahap awal. Mudahan2an hak itu bermanfaat buat para siswa.

  4. jablay8990 Says:

    PAK,KALO BISA CERPEN SAYA JUGA DI TEMPEL DI DINDING ATAU SISWA YANG MASUK KE MM SURUH BUKA BLOG SAYA LALU BACA APA YANG ADA DISANA,SURUH JUGA MEREKA KASIH KOMENTAR,TAPI KHUSUS KELAS X & XI.TRIM’S

  5. awan sundiawan Says:

    @jablay: ya akan saya usahakan, trims sarannya :d


Tinggalkan Balasan

