Burung yang Pandai Berenang

Ketika sedang bercengkrama dengan anak-anak, anakku paling bungsu bertanya tentang burung.

”Yah kalau burung bisa terbang?”

”Ya burung bisa terbang”, jawab saya.

”Apakah semua burung bisa terbang?”

”Semua burung bisa terbang”, jawab saya.

Eh… anakku yang sulung ”nyeletuk”

”Salah… tidak semua burung bisa terbang, ada yang tidak bisa terbang”

”Burung apa?”, tanya saya.

”Burung yang masih kecil dan tidak punya sayap”

Itulah senda gurau dengan anak-anakku. Saya tidak habis pikir juga apakah betul semua burung bisa terbang dan apakah ada burung yang tidak bisa terbang?


Ah… saya jadi ingat tentang burung pinguin, dia kan burung juga, tapi tidak punya sayap, dia kan tidak bisa terbang, tapi berenang. Ternyata pernyataan anak saya tadi membuka pengetahuan saya, bahwa tidak semua burung bisa terbang, bahkan ada burung yang pandai berenang dan berdiri tegak. ”Sayap” yang pada burung lain untuk terbang, sementara pada pinguin untuk mendayung.

Ditulis dalam Umum. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

