Siapakah Pengelola Jardiknas dan ICT?

Setelah satu tahun lebih saya menunggu ICT di Kuningan ingin segera dimanfaatkan di dunia pendidikan dengan program jardiknas yang sudah digembor-gemborkan, ternyata belum dapat dinikmati sepenuhnya. Harapan saya tidak lama lagi jaringan ICT dapat segera dimanfaatkan dengan baik. Apakah hal ini terkait dengan rencana Pemindahan Jardiknas dari Biro PKLN ke Pustekkom (http://khalidmustafa.wordpress.com/)

Mudah-mudahan tidak berkaitan erat, saya sebagai orang awam hanya menunggu dan menunggu.

Web Jardiknas ada dua?

Saya sempat bingung juga menganai Jardiknas, setelah saya lacak ada dua alamat web tentang Jardiknas, yaitu http://jardiknas.org/ (belum/tidak menggunakan akhiran .or.id) dan http://jardiknas.diknas.go.id/, ah buat apa bingung-bingung, ya saya buka kedua-kedunya barangkali ada informasi yang terbaru. Dan ternyata ….

Inilah tampilan http://jardiknas.org/

Saya sempat pusing juga dengan http://jardiknas.org/ yang menyediakan pendafaran untuk mencatumkan nama web sekolah, saya sudah mendaftarkan web sekolah kami http://smakos-kng.sch.id/ ke email yang dianjurkan, tapi sudah satu tahun nama/alamat web sekolah kami tidak muncul-muncul, mengapa ya….? Saya tidak heran apabila nama web sekolah yang sudah terdaftar di http://jardiknas.org/ ada yang tidak diperpanjang. Kemanakah kami mendaftarkan nama alamat web sekolah agar bisa terdaftar di http://jardiknas.org/?

Inilah fasilitas untuk mendaftarkan nama web sekolah.

Ya sudahlah mungkin ada persyaratan yang belum dipenuhi.

Dan inilah tampilan http://jardiknas.diknas.go.id/

 

Sekolah Maya bagi Program Paket A, Paket B, dan Paket C.

Inilah alamatnya http://www.sekolahmaya.net/ dengan sekolah maya ini yang mengikuti Program

Paket A, Paket B, dan Paket C sudah dapat mengikuti pembelajaran online yang sudah lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan kecanggihan teknologi ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Yang jadi masalah besar adalah kapankah jaringan Internet itu bisa masuk ke daerah-daerah dengan biaya murah dan akses cepat?

 

Web Depdiknas Belum Selesai

http://www.depdiknas.go.id/

Mudah-mudahan web Depdiknas cepat selesai isinya informasit, komunikatif, dan interaktif. Saya tidak akan bertanya “Mengapa sampai saat ini belum selesai?” tapi akan bertanya “Mau sampai kapan web Depdiknas masih dalam pembuatan?”

3 Tanggapan to “Siapakah Pengelola Jardiknas dan ICT?”

  1. khalidmustafa Says:

    Untuk permasalahan di Kuningan, siakan bapak menghubungi tenaga pendamping ICT yang daftarnya dapat dilihat pada situs jardiknas (http://jardiknas.diknas.go.id).

    Insya Allah rekan-rekan ini akan membantu, karena mereka lebih memahami keadaan di masing-masing wilayah.

    Sampai bulan Maret 2008, Jardiknas masih dikelola oleh Biro PKLN. Pengalihan ke Pustekkom akan dilaksanakan pada tanggal 1 April 2008.

  2. khalidmustafa Says:

    Wah, rupanya blognya dah disunting yah, soalnya waktu saya menulis tanggapan diatas, hanya ada 2 paragraf…

    Untuk web jardiknas, pada tahun 2006 (saat Jardiknas pertama kali dibuat), domain diknas.go.id belum ada, sehingga masih menggunakan domain jardiknas.org

    Pada tahun 2007, Depdiknas bersama Komisi X DPR-RI melaksanaan telaah terhadap program-program ICT Depdiknas, dimana salah satu hasil telaahnya adalah menetapkan domain resmi Depdiknas adalah diknas.go.id

    Sehubungan dengan hal itu, maka dilakukan penggantian domain jardiknas.diknas.go.id yang sekaligus digunakan untuk mengubah isi dari web. Sehingga web resmi yang digunakan saat ini adalah jardiknas.diknas.go.id

  3. awan sundiawan Says:

    Untuk Pa Khalidmustafa, terima kasih atas konfirmasinya. Salam dari Kuningan Jawa Barat Pak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: