Pendidikan Berkualitas dengan Biaya Murah

Kadisdik Kuningan, Ketua DPRD Kuningan, Bupati Kuningan, Kadisdik Jabar

Hari Sabtu, 29 Desember 2007, Kepala Dinas Pendidi Provinsi Jawa Barat berkunjung ke Kuningan, yang pada saat itu disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan, Kabid Dikdas, Kasi SMA, dan para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK se-Kabupaten Kuningan. Kebetulan saya juga hadir.

Kadisdik Provinsi Jawa Barat

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyampaikan konsep Pendidikan Berkualitas dengan Biaya Murah (bukan giaya pendidikan gratis!). Dengan konsep tersebut biaya pendidikan ditanggung oleh APBN, APBD I, dan APBD II (pemerintah) sehingga wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun dapat terlaksana dengan baik.

Konsep ini digulirkan berlatar belakang bahwa banyak siswa yang putus sekolah ketika masuk jenjang SLTP dengan alasan yang beragam, salah satu yang paling menonjol adalah masalah biaya pendidikan di SLTP yang memberatkan pihak orang tua, sehingga banyak yang putus sekolah. Melihat keadaan tersebut pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat siap membantu para siswa sebesar (kurang lebih) Rp 800.000-an/siswa/tahun. Anggaran tersebut akan diambil dari dana pendidikan yang berkisar 12%-20% (20% akan terlaksana mungkin mulai tahun 2009).

Dengan adanya bantuan tersebut biaya pendidikan akan terasa murah namun berkualitas. Karena kebutuhan siswa selama proses belajar mengajar akan dipenuhi oleh pemerintah. Yang pada akhirnya pendidikan di Jawa Barat akan meningkat. Orang tua tidak dibebani lagi oleh biaya-biaya yang memberatkan, bahkan DSP pun tidak usah dipungut dari orang tua. Jikalau sekolah akan mengembangan dan membangun sekolahnya biayanya akan diatur kemudian.

Saya secara pribadi setuju dengan konsep Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang memiliki “Grand Design” Pendidikan yang cukup megah tersebut. Konsep tersebut sejalan dengan program wajardikdas sembilan tahun. Kalau program tersebut ingin berhasil, pemerintah harus membantunya dengan serius, jangan hanya program saja yang digulirkan tanpa ditindaklanjuti.

 

Bupati Kuningan

Setelah saya menyimak sambutan Bupati Kuningan dengan baik, bahwa Kabupaten Kuningan ternyata mendapat penghargaan atas suksesnya wajar dikdas sembilan tahun.

Namun sayang, masih sedikit yang melanjutkan ke jenjang SLTA, menurut sumber informasi bahwa 60% lulusan SLTP menlajutkan ke jenjang SLTA, lalu bagaimana dengan yang 40%? Sepetinya masih terhalang oleh biaya pendidikan SLTA yang masih mahal.

Kepala SMAKOS, barbaju gading berdasi

Mudah-mudahan pendidikan berkulitas dengan biaya murah bisa manjangkau SLTA.

8 Tanggapan to “Pendidikan Berkualitas dengan Biaya Murah”

  1. Ade Rusliana Says:

    Wahh.. bagus tuh.
    Semoga terus berkembang.
    Suatu saat tercapai SLTA murah berkualitas.

  2. Hendy Says:

    Loh bagaimna dengan program BOS, bukannya dengan BOS + langkah efisiensi dari pihak sekolah ybs, siswa bisa sekolah tampa membayar spp ? Tapi langkah diatas bagus juga tuh, cuman jangan hanya sampai sebatas Wacana saja..!! Yang pasti jika terlaksana jangan lupa untuk ‘diawasi’ jangan sampai terjadi ‘penyusutan’ dan ‘penggembosan’..!ditengah jalan..! (Karena ‘penyakit’ inilah maka-nya dunia pendidikan di Indonesia tidak pernah maju-maju..!)

  3. awan sundiawan Says:

    Itu juga masih berkitan dengan BOS, saya setuju dengan program di atas. Mudah2an program tersebut tidak menimbulkan masalah baru.

  4. tikkysuwantikno Says:

    Pak Dadang Dally masih seperti yang saya kenal sebelumnya, semangat dan optimis mengenai wajar dikdas (9 tahun). Sepatutnya kita mendukung apa yang menjadi “dream” pak Dadang Dally.
    Selamat kepada pak Dadang Dally, tetap semangat mewujudkan wajar dikdas 9 tahun menuju wajar dik 12 tahun.

  5. Imam Mawardi Says:

    Kwalitas yang harus dutamakan adalah kualitas budi perketi. Dimulai dari kita, para guru

  6. awan sundiawan Says:

    Untuk:
    1. tikkysuwantikno: Ya, satuju dengan Anda.
    2. Pa Imam Mawardi: Saya setuju.

  7. neni andhini asri Says:

    setuju !!!!

  8. awan sundiawan Says:

    @neni andhini asri: siiiiiiplah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: