Puisi adalah Tulisan Indah

Kita memiliki rasa, rasa yang indah keluar dari hati. Sebuah rasa yang kita rasakan indah berasal dari rasa hati orang lain. Kita akan merasakan keidangan orang lain melalui tingkah laku, tutur kata yang disampaikan dengan hati yang tulus. Sebuah tutur kata bisa kita rasakan baik langsung atau tidak langsung. Tutur kata yang tidak langsung dapat dibaca memalui tulisan. Tulisan yang indah akan menyentuh hati. Tulisan yang indah keluar dari hari penulisnya. Tulisan yang indah bisa berupa naskah cerita atau sebait puisi.

Puisi memiliki nilai keindahan. Sehingga puisi termasuk karya sastra. Sastra adalah tulisan yang indah. Banyak orang menuliskan puisi dalam berbagai emosi. Ada yang romantis, putus asa, penuh harapan, protes sosial, kiritik sosial, dan sebagainya. Semua itu ditulis dengan keindahan bahasa hati.

Menulis puisi tidaklah sulit, menulis puisi akan mudah dilakukan ketika hati sedang ”mood”. Puisi yang paling banyak dan mudah dibuat adalah puisi yang bertema cinta. Baik itu yang sedang dilanda cinta, kerinduan, atau bahkan sedang putus cinta.

Berkaitan dengan puisi teman saya yang di Kanada, ”Teh Nendenmengajak kita untuk membuat puisi cinta, kecintaan terhadap memelihara, melestarikan binatang yang ada di sekitar kita.

Inilah ungkapan hati Teh Nenden terhadap rasa sayangnya pada binatang peliharaan.

 

Sahabatku, dengarkan nyanyian merdu burung-burung dari pepohonan.  Lihat cerianya anjing yang sedang bermain dihalaman.  Rasakan kehangatan kucing yang tertidur dipangkuanmu. Pandang ikan-ikan yang menari dengan indahnya dikolam, dan ada  penghuni lautan yang berenang bebas dilautan yang ramah terlelap dalam tidur nyamannya samudera biru.  Bayangkan hewan‑hewan yang hidup dihutan bebas, bercanda menikmati kehidupan mereka dengan penuh kedamaian.  Seribu kupu-kupu menari dalam  tatapan mentari pagi ditaman seribu warna kembang, mendamaikan hati dan disanalah kehidupan menyatu dengan alam.

~ Nenen Gunadi  – Canada ~

 

 

Ditulis dalam Pribadi. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: