Apakah Betul Jika Menggunakan Bahasa Asing itu Ilmiah?

Saya suka buku tutorial komputer karangan seseorang, bahasanya bisa dimengerti, gaya bahasanya sederhana, dan mudah dipahami. Dalam buku tutorial tersebut sedikit sekali menggunakan kata-kata asing, kecuali istilah atau perintah yang berkaitan dengan aplikasi komputer. Suatu saat saya ingin tahu siapa Dia?

Ternyata dia itu lulusan sekolah luar negeri, dan fasih menggunakan beberapa bahasa asing. Di rumahnya yang ada buku-buku yang berbahasa asing. Nah dari buku-buku tersebut dia mengarang buku yang berbahasa Indonesia. Ketika dia menerangkan kepada siapapun jarangan sekali menggunakan bahasa asing, selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan tidak kaku, sehingga mudah diserap, mudah dipahami oleh siapa saja.

Suatu saat saya bertanya kepada dia, “Mengapa Bapak jarangan menggunakan bahasa asing, padahal literaturnya bahasa asing?”. Dia menjawab dengan sederhana, “Karena saya bisa bahasa Indonesia ya saya gunakan bahasa Indonesia. Kalau saya memakai bahasa asing maka akan sulit diterima oleh penerima materi dari saya. Mereka tahu bahwa saya bisa asing, jadi kalau saya menggunakan bahasa asing mungkin akan terlontar, bahwa saya menerangkan untuk saya pribadi. Coba lihat orang Jepang, mereka itu pandai-pandai, apakah mereka (ilmuan) menggunakan bahasa asing? Tentunya tidak, para ilmuan itu menerjemahkan ilmu pengehatuan dari bahasa asing ke bahasa Jepang. Nah ketika menyampaikan informasi ilmu pengetahuan kepada warganya menggunakan bahasa Jepang. Orang Jepang itu jarang yang menguasai bahasa asing tapi pandai-pandai, kerena mereka mendapatkan ilmunya dalam bahasa Jepang. Coba di kita?”.

Setelah saya pulang, ternyata betul juga apa dikatakan pengarang buku itu. Dia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar ilmu pengetahuan yang bertujuan agar ilmunya dapat diserap oleh orang Indonesia dengan mudah, dan agar orang Indonesia maju, meskipun tidak menguasai bahasa asing juga. Kalaupun dia menggunakan bahasa asing itu dalam keadaan terpaksa. Lalau bagaimana dengan disekitar kita?

Apakah betul kalau menggunakan bahasa asing itu ilmiah?


Ditulis dalam Pribadi. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Apakah Betul Jika Menggunakan Bahasa Asing itu Ilmiah?”

  1. Luthfi Says:

    belum tentu😛
    tergantung konteksnya🙂


Tinggalkan Balasan

