Proses atau Hasil yang Kita Pilih?

Saya selalu senang pada barang yang bernilai tinggi, artinya saya suka pada sesuatu yang hasilnya bagus dan bermutu. Begitu juga pada hal-hal lain ingin memiliki hasil yang bagus, baik, bermutu tinggi.

Barang yang bermutu tinggi tentunya dikaji, direncanakan dengan matang, diolah, diproses dengan sempurna. Maka akan mengasilkan sesuatu yang bernilai tinggi. Hal itu tidak cukup sakli proses pasti memerlukan proses yang lama dan penuh perhitungan.

Nah saya itu selalu ingin yang prosesnya cepat dan menghasilkan yang bermutu, apakah bisa ya?

Ketika anak saya ulangan semester di sekolah dasar berkeinginan nilainya diatas rata-rata bahkan ingin memiliki nilai yang tinggi. Maka berbagai cara saya lakukan dengan memporsir anak saya untuk mengerjakan soal-soal latihan. Dan anak saya bisa mengerjakan beberapa soal. Yang penting dia mengerjakan soal, apakah mengerti atau tidak.

Setelah itu saya merenung, apakah nilai yang tertulis di raport itu hasil proses yang baik atau hasil dari cara yang cepat. Lalu banggakan anak saya mendapatkan nilai tersebut? Apakah saya juga banga dengan nilai tersebut?

Sesaat bangga, beberapa lama kemudian tidak akan berarti apa-apa. Bagaimana dengan seseorang yang mengikuti lomba kemudian berhasil, banggakah dia?

Menurut saya kebanggaan akan didapatkan oleh seseorang ketika mencapai keberhasilan dengan jujur. Gak percaya coba saja.

Ditulis dalam Pribadi. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

