Ternyata Saya Belum Jadi Seorang Guru!

Ternyata saja belum jadi seorang guru dan ingin menjadi seorang guru yang profesional. Ternyata menjadi guru itu bukan saja pandai menyampaikan materi dengan mudah ditangkap oleh siswa, tapi juga harus mendidik siswa menjadi tumbuh akrakter pribadi yang memiliki rasa: jujur, tanggung jawab, disiplin, memiliki pandangan jauh kedepan, bekerja sama, peduli.

Katanya kalau seorang sudah berhasil menanamkan tujuh hal di atas maka para siswa akan giat belajar, rajin belajar dengan sungguh-sungguh karena belajar merupakan amal ibadah yang mulia. Setelah mengerti apa yang diajarkan mereka akan menerapkannya dengan dijiwai tujuh hal di atas. Maka siswa (lulusan sekolah) tersebut akan menjadi manusia seutuhnya dan akan berbuat baik juga benar.

Ah saya masih jauh dari harapan seorang guru, tapi akan diusahakan ke arah sana. Mengenai guru, pendidikan, dan biaya pendidikan, apakah ada kaitannya? Saya kutip beberapa pernyataan dari seorang ahli di dunia pendidikan.

Tantangan guru dalam mengajar dinilai semakin berat ke depan. Sebab, generasi muda maupun masyarakat mulai kehilangan jati diri/karakter bangsanya, sehingga kebingungan dalam menghadapi era globalisasi.

“Guru kita masih berkutat pada teaching (mengajar). Memang tugas mereka mengajar, tetapi mulai sekarang kita harus mulai bergerak dari teaching menjadi learning yang dibarengi dengan sikap berpikir seinovatif dan sekreatif mungkin, sehingga bisa mengejar ketertinggalan”

“Pendidikan memang menjadi ujung tombak perubahan, tetapi pendidikan yang seperti apa? Apakah hanya karena anggaran 20 persen belum terpenuhi maka pendidikan akan dibiarkan terpuruk?”

“Kalau prinsip dasarnya saja belum bisa dibenahi, anggaran yang banyak juga tidak akan menyelesaikan masalah,” katanya menambahnya.

“Kita selalu ingin sekaligus semua diunggulkan tanpa bersifat strategis. Padahal, SDM yang kita miliki sangat terbatas.”

Untuk itulah, pembentukan karakter bangsa merupakan salah satu prioritas yang harus dibenahi agar dunia pendidikan menjadi lebih baik. Terlebih, arah pendidikan tidak hanya cukup mengajar, tetapi harus membentuk karakter.

“Bagaimana mungkin membentuk karakter bangsa jika karakter diri saja sudah mulai melemah”

Satu Tanggapan to “Ternyata Saya Belum Jadi Seorang Guru!”

  1. nyatanya ku…………… « YUK BELAJAR Says:

    […] nyatanya ku…………… Diterbitkan Desember 10, 2007 Uncategorized Ternyata Saya Belum Jadi Seorang Guru! […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: