Mengucapkan atau Diucapkan?

Ketika saya membaca surat contoh surat lamaran perkerjaan yang dikeluarkan oleh sebuah kantor pemerintahan dan membaca surat lamaran pelamar ternyata ada yang mengganjal di hati dan pikiranku.

Yang mengganjal itu pada bagian penutup surat lamaran berbunyi “Demikian atas … Bapak diucapkan terima kasih”.

Kalimat itu sering muncul pada soal Ujian Nasional SMA. Dan siswa SMA sudah bisa membentulkannya dengan memilih kalimat “Demikian atas …. Bapak, saya mengucapkan terima kasih.”

Kalau “Demikian atas … Bapak diucapkan terima kasih”. Dianggap benar oleh pemerintah dan bahkan oleh sebagian besar pelamar juga ada guru Bahasa Indonesia mulai dari SD, SMP, SMA, MA, yang jelas mereka membuat surat lamaran seperti itu. Padahal mereka suka mengajarkan kepada siswa, bahkan memegang buku petunjuknya, tapi ketika dihadapkan pada surat lamaran yang sebenarnya kok malah ikut-ikutan?

Lalu, manakah yang benar itu? ”Demikian atas …. Bapak, saya mengucapkan terima kasih.” atau “Demikian atas … Bapak diucapkan terima kasih”.?

Beritahu dong saya!

Ditulis dalam Umum. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Mengucapkan atau Diucapkan?”

  1. u_danas Says:

    Berdasarkan ejaan dan bahkan menurut pedoman penulisan dalam korespondensi bahasa Indonesia penempatan kata diucapkan pada surat dimaksud …. kurang tepat … bahkan dapat dikatakan tidak tepat….
    alangkah lebih baiknya jika kata diucapkan itu diganti dengan sampaikan atau haturkan …, mengngat mengucapkan itu suatu kata aktif yang harus dibaringi dengan pelaksanaan … pengucapan … gitu kali…

  2. u_danas Says:

    kalau kita disuruh milih mana yang benar …. yang galib adalah mengucapkan ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: