Mata Pelajaran UN Tahun 2008 Bertambah

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengatakan, selama tiga tahun ini ujian nasional tingkat SMP dan SMA atau sederajat meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sesuai PP 19 tahun 2005 tentang SNP, penambahan mata UN harus dilaksanakan paling lambat tahun depan.

Untuk UN SMA jurusan IPA meliputi Fisika, Kimia, dan Biologi; jursan IPS meliputi Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi; dan jurusan Bahasa meliputi Bahasa Asing, Sastra Indonesia, dan Antropologi.

Syarat rata-rata kelulusan adalah 5.25 dengan nilai batas bawah 4,25. Atau boleh juga ada satu nilai empat, namun yang lainnya harus enam.

Penambahan dan peningkatan standar kelulusan UN SMP dan SMA atau sederajet ini akan memacu siswa dan guru bersemangat dalam pembelajaran. Tahun ini, tingkat kelulusan SMP dan SMA secara nasional bisa mencapai 92,3 persen.

Sumber: kompas.com

Ditulis dalam Pendidikan. 11 Comments »

11 Tanggapan to “Mata Pelajaran UN Tahun 2008 Bertambah”

  1. Iim Rusyamsi Says:

    Pak Awan, salam kenal, senang membaca blog anda.
    Kebetulan orang tua saya berasal dari Desa Darma Kuningan, nah ketemu blog anda karena saya lagi search ttg waduk darma, muncul blog anda.

    Saya tinggal di Jakarta, ortu saya juga guru semua.
    Dan saudara2 saya juga kebanyakan menjadi guru di Kuningan.

    Insya Allah kalau mudik ke Darma saya ingin mampir ke sekolah anda.

    Salam fuuntastic
    Iim Rusyamsi
    http://www.iimrusyamsi.com

  2. awan Says:

    Terima kasih, ternyata kita bisa bersilaturahmi melalui blog…
    webnya sudah saya kunjungi… bagus juga…
    salam kenal balik ya…

  3. Ferry.W Says:

    hai!!!leh kenalan

  4. ayu pratiwi Says:

    klo memang bener mat pel uan di tambah, akan lebih berat dunk????? 3 pel UAn saja dah bikin hati dek-dekan setengah mati takut ga lulus, ini lagi mat pel uan di tambah beeeehhhhhhh beki lieuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrr………………… atuh……..pa lagi nilai kelulusan akan di tambah,,,,,,,, ????? menjadi 5,25 (katanya) qu anak skul klaz 3 smk di cimahi

  5. bias Says:

    smakin berat peraturan yang di tetapkan,,, makin banyak kecurangan yang bakal terjadi di lapangan……..

    muhun heunteu a??

    kedah kumaha atuh nya??
    serba salah…..

  6. Naufal Says:

    boleh-boleh aja nambah tapi skl-nya standar kelulusannya cepat-cepat disampaikan ke daerah dong. betul gak bos awan

  7. Muhamad amin Says:

    Ujian semakin Berat aja !!!! waduh bapak menteri tolong dong pikirkan siswa yang prasananya kurang apalagi guru2nya.mohon dong pak pikirkan masa depan kami.Kami sekolah tuk cari ilmu tapi setelah lulus apa yang kami dapatkan ????SMA+SMK+MA=PENGANGGURAN karena SDM nya lemah tanpa dibekali keahlian Itu semua CUMA KATANYA aja .Jangan Ikutan kaya luar negeri .kita harus pakia prinsip sendiri OOOOOOk KBK=Kalah BIkin Kacau

  8. Me2L Says:

    DIKNAS tucch mikir g sich?????
    dah blajar 3tahun but cuma ditentuin 3hari aja malah ditambah2i mata ujiannya!!!!
    iya kalo’ waktu ujian lagi sehat, lha kalo’ lagi sakit giman??
    kalo’ banyak yang g lulus gimna???
    harusnya DIKNAS mikirin sekolah-sekolah yang di pinggir2!!!
    DIKNAS tuch EGOIS banget!!!
    cuma mikirin gimana ndapetin nilai bagus, but g mikirin murid2nya!!!
    andai guru dan murid disuruh milih, mungkin banyak yang milih NGGAK ADA UN JUGA KELULUSAN DITENTUKAN SEKOLAH MASING2!!!!! bukan ditentukan pusat!!!yang ngerti murid tuch layak lulus pa g kan skolahnya bukan pusat yang g ngerti apa2 tentang murid!!!!

    AQ CUMA MAU BILANG “DIKNAS EGOIS”
    TOLONG DONG SEBELUM BUAT SK, DIPIKIR2 DULU!!!!

    OKAY………………………

  9. Anton Says:

    kang awan kumaha damang?……. salam kenal ti abdi…… ce2p tea……
    sayateh senang membaca blog anda.Hatur nuhun, ternyata kita bisa bersilaturahmi melalui blog…ya…. sami abdi oge ti kuningan kertawirama…… caket darma…….. tatanggi ceuk paripaosnamah hehehehhehehehe…………… salam bae kanggo keluwarga’ ya semualah….. yang ada di daerah sunda pokonamah….. ti abdi from jogja..

  10. bukan siapa2 Says:

    UAN adalah bentuk sistematik untuk pengukuran tingkat kecerdasan bangsa kita.

    jita jangan merasa pesimis dulu

    kalo hasilnya memuaskan yang untung bukan hanya diknas

    tapi kita sendiri khann….

    di mata dunia kita juga bisa terlihat cerdas lho…

    so…

    dulu gw juga punya pikiran kayak gitu…

    tapi coba deh tenangin diri+optimis lulus…

    insyaAllah keajaiban bakal muncul..

    kalo kuliah g bakal ktemu yang kayak gitu lagi deh..

  11. nur fasiha Says:

    sekarang dah terlihat kan hasil unas tahun ini, kayaknya memang ada yang harus diperbaiki dari sistem-sistem unas
    saya menulis tentang unas tahun ini yang sangat menghebohkan, ni alamat blog saya edukasibangsa.blogspot.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: