Blog sebagai Media Bahan Ajar dan Laptop bagi Guru

Saya setuju sekali jik fasilitas yang ada dimanfaatkan untuk dunia pendidikan. Kalau kita jalan di dunia maya sebetulnya sudah banyak para guru yang memanfaatkan blog sebagai media bahan ajar. Hanya sebagian besar diantara kita masih kurang “melek” dan saya pun menyayangkan mengapa pada pesta blogger 2007 tidak dimasukkan kategori dunia pendidikan atau dunia guru. Nah pemerintah sangat perhatian sekali pada dunia pendidikan seperti kutipan di bawah ini.

Dikutip dari http://www.detikinet.com

Dirjen Aplikasi Telematika, Cahyana Ahmadjayadi, juga ikut memberikan pendapatnya dalam acara tersebut. Pada diskusi yang berlangsung, Cahyana mengimbau blogger untuk memperhatikan kualitas konten yang mereka buat.

 

Konten yang berkualitas, papar Cahyana, dapat bermanfaat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. “Tapi konten yang buruk bisa membodohkan bangsa,” ia menambahkan.

 

Jumlah blogger di Indonesia saat ini, lanjutnya, sudah mencapai 130 ribu orang. “Bagaimana kalau kita canangkan juga, tahun depan itu kita mencapai angka sejuta blogger,” ujarnya.

 

Dari satu juta blogger itu, Cahyana berharap akan ada banyak blogger yang berprofesi sebagai guru. Para guru, Cahyana berharap, dapat meng-upload bahan ajaran di blog mereka sehingga dapat dibaca oleh setiap orang dan bukan hanya muridnya.

 

Namun Cahyana mengakui ada kendala bagi para guru dari sisi prasarana. Oleh karena itu Cahyana pun menyarankan dilakukan kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia untuk membuat program ‘Laptop for Teacher’.

http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/10/tgl/27/time/175456/idnews/845631/idkanal/447

Ditulis dalam Pendidikan. 12 Comments »

12 Tanggapan to “Blog sebagai Media Bahan Ajar dan Laptop bagi Guru”

  1. smanawa1 Says:

    Laptop untuk guru ( Laptop for Teacher )
    Dari hasil pengamatan saya untuk benda berharga sebesar “Laptop” sepertinya msih banyak kalangan guru yang “???????????????????????” (Gaptek red).
    Terbukti dari hasil survey yang saya laksanakan dari satu sekolahan (70 guru) hanya mendapatkan 5 guru yang mmpu mengoperasikan komputer? (wajah menyedihkan dari pendidik kita) dan yang lebih lucu lagi yang hari ini ikut sertifikasi tidak ada guru yang bisa mengoperasikan komputer dengan benar ( yang katanya “urut kacang” yang tua dulu di sertifikasi)meskipun GAPTEK……
    jadi kesimpulannya mau dikasih laptop atau tidak para guru ya….. seperti itu aja.(jln di tempat) kecuali ada point yang besar dalam penggunaan alat semacam Laptop.
    (moga moga itu hanya keinginan saya aja bang ?)

  2. awan sundiawan Says:

    OK Trims atas komentarnya, sekarang ini seorang guru justru harus mulai mengusai teknologi agar pendidikan kita maju, mudah2an guru-guru muda sudah tidak gaptek lagi.

  3. made wibawa Says:

    bagus tapi dananya cukup ngak

  4. eNPe Says:

    yup saya setuju kalo guru2 mesti bisa ngepost bahan ajarnya di blog.
    sering mengadakan pelatihan utk pengenalan komp sampe mahir memakai blog.
    semoga pendidikan indonesia bisa jadi lebih baik😀

  5. Siska Says:

    Saya setuju banget kalo ada jatah laptop untuk guru. Di tempat saya mengajar, para gurunya sering ngayal tuh, “Kapan yah punya laptop sendiri?” atau “Kalau saya punya laptop, pasti saya akan buat presentasi mengajar yang cihuiiiii.” Daaann … itu terbukti loh, ada beberapa guru yang nekad beli laptop second alakadarnya untuk mewujudkan mimpi. Akhirnya entry nilai untuk raport lancar, tugas administrasi rapi, nilai anak-anak menjulang ketika pembelajaran menggunakan presentasi multimedia dengan bantuan laptop dan infokus, pengguna komputer di kantor jadi berkurang (kebayang dong komputer 5 dengan 30an orang guru… harus berebut) dan guru keliatan lebih pede dan bersemangat dengan laptop di tangan, harkatnya jadi naik tuh beberapa derajat. Kesan umar bakrinya luntur….hehehe …..
    Trusss … ngomong2 soal blog, sebenarnya rekan2 guru di sekolah sudah kenal dengan blog, sudah pernah diberi pelatihan singkat, sekarang tinggal aplikasinya. Ternyata setelah 2 bulan tidak ada yang bertambah dari content blog mereka. Rupanya jaringan internet yang menjadi kendalanya. Tuk maen ke warnet, masih sungkan (lebih tepatnya males) tuh kayaknya Gimana nih ???

  6. PAKZUL Says:

    Saya mo nulis tentang blog sebagai sarana pembelajaran untuk lomba. Eh…, ternyata di sini sudah rame diomongin. Kuper banget ya saya….?

    Dana utk beli laptop saya kira kalo kita mau dan bener2 niat bisa didapat. Pengalaman saya, saya nulis utk koran dan lomba2 karya tulis. Ditnya dikumpulkan, akhirnya bisa beli komputer. Pentium II lumayan. Komputer itu terus saya gunakan untuk nulis, ngumpul lagi, eh…, bisa beli Pent 4. Lomba jalan terus, Oktober ini dapat hadiah dari LIPI waktu ngikut Lomba Kreativitas Ilmiah Guru XV. Baru tanggal 24 Okt 2007 lalu. Bisa deh saya dapat laptop Axio dg hard disk 80 GB, RAM 512, DVD Combo, dan Wifi. Tinggal cari hotspot utk nulis blog. Gak sulit2 amat, meski juga gak semudah membalik telapak tangan.
    Para guru, yo kita nulis…!

  7. awan Says:

    Setuju deh dengan para komentator di atas, mulailah hari ini, jangan ditunda sampai besok untuk menulis dan memanfaatkan media teknologi untuk kemaslahatan. Dan selalu gunakanlah kata “meskipun”, MESKIPUN GAK PUNYA KOMPUTER TAPI BLOG PUNYA, MESKIPUN GAK PUNYA LAPTOP TAPI SUDAH MEMBUAT TULISAN DI BLOG SENDIRI, MESKIPUN JARINGAN INTERNET AGAK MACET ATAU JARANG ADA TAPI MENULIS TERUS DI BLOG SEMINGGU SEKALI, SEBULAN SEKALI, DARIPADA TIDAK PERNAH SAMA SEKALI.

    MESKIPUN SAYA ORANG DESA TAPI SAYA SUDAH PUNYA BLOG

  8. mrsinggih Says:

    Nge-Blog telah menjadi bagian dari MATERI Pembelajaran TIK di Sekolah Kami untuk kelas XII, jadi ada 2 pertemuan yg kami pake untuk membuat PERSONAL EMAIL memakai GMAIL dan Membuat BLOGER memakai http://www.bloger.com. Adapun isi Bloger bebas, mengaktualisasikan tentang PERSONAL BLOGER biar anak sendiri yang mengembangkan.
    Saya biasakan siswa setiap ada tugas mengambil dengan cara mendownload Tugas di Blog saya yg sebelumnya sudah saya upload, kemudian mengirimkan tugas tersebut via EMAIL sendiri-sendiri, dengan maksud tujuan membiasakan siswa berinteraksi dengan dunia internet khususnya TIK. Sehingga mereka akan terbiasa mencari sumber informasi di internet.
    Hasilnya ….. Siswa-siswa antuasias mengerjakan Tugas RUMAH mereka untuk semua mata pelajaran dengan mencari tutorial browsing di Internet.
    Ya… sekedar berbagi ilmu aja .

    Monggo Kunjungi saya di http://bestfuture.wordpress.com

  9. adi Says:

    LAPTOP FOR TEACHER ???
    Saya setuju banget ,
    namun bagi saya ada hal yang lebih menjadi prioritas untuk dapat dilakukan kepada para guru kita .
    salah satunya membekali mereka dengan kemampuan bagaimana menggunakan perangkat tehnologi yang baik dan efektif .
    Saya mengajar di sekolah swasta di jawa timur , disekolah dasar dimana saya mengajar ada 80 guru . Dari jumlah tersebut kurang dari 10 % yang belum mampu mengoperasikan perangkat lunak / keras IT tersebut . Jadi yang namanya blog dan kawan – kawanya itu sudah bukan hal yang baru .
    Bila semua guru telah melek IT , pemberian Laptop akan sangatbermanfaat .

    Adi Surabaya

  10. ann Says:

    Mari kita dukung…kalo nggak sekarang kapan lagi..??? yang penting ada niat untuk belajar…. iya nggak…!

  11. rifsae Says:

    aku cocok banget .. karena aku juga lagi mau belajar ngeblog untuk pendidikan, tapi belum bisa apa2. Pak Awan tolong bantu aku cara mebuat blog yang profesional seperti punya bapak. Aku baru buat nich alamatnya http://www.orkestik.blogspot.com
    Maju terus dunia guru… arif di kebumen

  12. casmais Says:

    Saya setuju sekali, karena blog yang digunakan bisa juga dalam bentuk jaringan kecil saja dengan menggunakan xammp dan semacamnya sehingga bisa mengirit biaya internet y.


Tinggalkan Balasan

