24 Guru Golongan IVa dan IVb “Diserang Virus” KTI on-Line

Untuk lebih mengingkatkan kompetensi guru terutama golongan Iva dan atau Ivb harus membuat kary tulis ilmiah. Karya tulis ini berbeda dari yang biasa. Mulai pengajuan proposal, bimbingan, dan pengiriman hasilnya melalui internet. Komunikasi dengan panitia dan pembimbing interaktif secara online melalui internet.

Di Kabupaten Kuningan sebanyak 24 guru golongan IVa dan IVb mendapat kesempatan untuk mengkutinya. Dari kegiatan ini sebanyak 24 guru tersebut kelimpungan karena “diserang virus” KTI on-Line, mereka harus sudah siap menggunakan komputer dan internet sebagai media penyelesaiannya.

Memang beberapa dari mereka ada yang sudah terbiasa dengan komputer dan interenet namun kebanyakannya asih belum kenal. Mereka tidak bisa menolak, karena pemerintah sudah memberikan bantuan berupa block grant sebesar 1 juta rupiah untuk menyelesaikan penelitian dan karya tulis ilmiahnya.

Maka dengan cara ini 24 guru tadi dipaksa untuk mencoba dan terbiasa dengan komputer dan internet sebagai media komunikasi dan informasi dalam melaksanaan tugasnya. Mudah-mudahan dengan cara ini mereka dapat meningkatkan kompetesinya.

Ditulis dalam Pendidikan. 15 Comments »

15 Tanggapan to “24 Guru Golongan IVa dan IVb “Diserang Virus” KTI on-Line”

  1. zulidamel Says:

    Kalau ini saya sangat mendukung, apalagi sekarang ini internet sudah mulai merambah pedesaan. Dan menurut saya tenaga pendidik itu memang seharusnya banyak menulis tanpa harus dipaksa. Untuk itu LKS seharusnya dibuat oleh guru itu sendiri. kalaupun ada unsur bisnisnya namun ada unsur lain yang berperan dalam meningkatkan mutu guru. Kalau LKS dari penerbit banyak sekali guru itu sendiri kurang memahami.

  2. sumarti Says:

    Ini berita baik, saya setuju, bahkan saya minat ikutan, tapi informasinya di situs apa ya… saya memang ketinggalan informasi nih. Karena jarang buka internet. Ini sesuatu yang positip untuk memotivasi guru dalam menulis. Karena selama ini kalo mau bikin PTK saja, misalnya paling tidak ada dana yang harus dikeluarkan, bisa membuat guru-guru jadi malas, maklumlah gaji kecil. Tapi kalau dimotivasi dengan bliock grant, kan tidak bakal mengeluarkan dana sendiri lagi.

  3. deddy chrisdiarto Says:

    Nah kalau begitu, yang sudah ngerti komputer, dan terbiasa internet bantuin dong !!!

  4. yuyus n Says:

    fasilitas internet memang merambah ke pedesaan, tetapi disayangkan koneksi jaringan yang lambat menjadikan guru di pedesaan kesulitan mentgakses internet.

  5. Ade Rusliana Says:

    Pak wan, karena begitu banyaknya mahasiswa KTI ol maka diskusi antara mhs di ciber juga perlu. Yang rajin buka int dan peduli adalah Pak Awan. Gimana kalo Bukakan millis oleh Pak awan, agar ada sharing antar mhs kti ol. di yahoo ajalah.
    Bapak pasti ma kan?. Kalo sudah ada saya ikutan, undang aja. Bapak cocok sekali menjadi moderator.
    Apalagi kalo dibikinkan blo khusus. WordPress juga bagus, pasti mhs klt ol sangat terbantu. ( Punten simkuring usul, sanes miwarang ..)

  6. awan Says:

    Untuk Pak Ade Rusliana, atas masukan dari bapak saya akan mencoba melaksanakannya. Siiplah pak atas sarannya.

  7. LYA CICILIA YULIARTI Says:

    Saya senang termotivasi untuk ikutan menulis, khususnya PTK saya guru SD Negeri, namun sayang sekali para guru ini keterbatasan dana sehingga banyak potensi yang tak tersalurkan. Apalagi peraturan Mendiknas guru tak boleh kerja sambilan jual buku padahal dengan tambahan itu guru bertambah penghasilan sekaligus bertambah ilmu karena bisa menambah biaya kuliah ndak ada lho guru kaya jual buku paling juga buat beli bukunya sendiri atau untuk anaknya. Sekarang guru sudah tidak dipercaya lagi sampe2 UASBN dijaga polisi udah kaya penjahat aja. Sorry ya kalau ada yang tersinggung guru kayaknya nasib guru sampai saay ini masih belum sejahtera padahal guru itu menghasilkan produk yang luarbiasa lho ! ! !

  8. awan sundiawan Says:

    @lya cicilia yuliarti: trims atas kunjungannya, bukan guru tidak boleh kaya (sejahtera) tadi guru tidak boleh menjual paksa buku/lks kepada siswa, kalai siswa memerlukan, daya belinya memadai, dan bukunya aa ya boleh2 saja. salam kenald ari saya😀

  9. anton Says:

    Bapak/Ibu guru masih ada KTI Online untuk 2008 ini, situsnya di http://profesiguru.com
    Semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua.
    Tetap semangat karena profesi guru sedang ‘naik daun’

    Salam belajar

  10. maswardi Says:

    salam kenal dari saya
    saya baru pertama kali mempergunakan internet untuk berinteraksi dgn orang lain,walaupun baru tapi saya sangat ingin mencoba, apalagi saya sekarang baru menjadi member kti online. bagi yang udah senior di bidang ini tolong dong berbagi ilmu dengan saya,apalagi bapak kita yang punya blog. trims

  11. ahmad s Says:

    salam kenal saya senang komunikasi lewat internet tapi pengetahuan masih terbatas jika berkenan bagi-bagi ilmu mudah-mudahan dibulan baik ini akan tambah berkah misal kalau ada contoh-contoh kti buat kita-kita bolehkan? thanks

  12. rudi Says:

    Salam kenal…

  13. setyawati Says:

    saya nsetuju dengan hal tersebut andai bisa aku mau ikutan juga lebih- lebih ada pembimbingan satunggu kabarnya terimakasih

  14. setyawati Says:

    saya setuju dengan hal tersebut andai bisa aku mau ikutan juga lebih- lebih ada pembimbingan sayatunggu kabarnya terimakasih


Tinggalkan Balasan

