Dana dan Target, Pramuka dan Paskibra

Pada bulan Agustus ada 2 eskul yang menjadikan bulan ini sebagai bulan yang mengangkat popularitasnya. Yang pertama eskul Pramuka dengan perayaan ulang tahunnya yang kedua eskul Paskibra dengan aksinya sebagai pengibar (kopi) pusaka. Kedua eskul sangat esksis pada bulan ini setiap tahunnya.

Pramuka punya terget pada bulan Agustus perayaan ulang tahun harus sederhana atau meriah. Paskibra punya teget pada bulan Agustus harus tampil prima dan bisa melaksanakan tugasnya.

Bagaimana dengan susksesnya target itu? Apakah ditunjang dengan dana? Jawabannya ya. Kalau kita balik, apakah dengan dana akan menyukseskan target? Jawabannya tidak selalu.

Kalau kita lihat eskul pramuka di tingkat SLTA, setiap minggu latihan, targetnya apa? Mungkin melantik Penegak Bantara, terus melantik Penegak Laksana, terus menyukseskan PLPK, atau Penerimaan Tamu Ambalan. Setelah itu apa? Setelah melantik Penegak Bantara atau Penegak Laksana, targetya apa? Mungkin ada yang cukup sampai di sana. Sehingga hal itu menjadi rutinitas saja. Bagaimana dengan dana? Mungkin saja ada iurannya mungkin juga tidak?

Untuk melaksanakan pelantikan Penegak Bantara/Laksana, atau PLPK pasti perlu dana. Sejumlah berapkah biaya itu? Apakah dengan biaya itu targetnya tercapai? Apakah targetnya jelas? Jawabannya beraneka ragam. Ketika saya dulu masih sekolah, saya dipungut iuran Pramuka. Kalau sekarang saya kurang tahu.

Sekarang kita lihat eskul Paskibra, setiap minggu latihan, apa tergetnya? Targetnya adalah menjadi petugas upacara bendera setiap Senin. Setiap bulan ada latihan gabungan di tingkat kabupaten/kota, apa tergetnya? Untuk menyamakan persepsi tentang kepaskibraan. Dan memiliki target untuk melaksanakan lomba PBB sebagai bahan evaluasi awal, sehingga target akhirnya terpilihlah anggota Paskibraka tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Bagaimana dengan dana? Dana yang yang dipakai menyesuaikan engan terget yang dicapai. Apakah dengan dana yang besar target akan dapat dicapai dengan gemilang? Jawabannya belum tentu, yang jelas target akan dicapai dengan baik harus ada dana?

Itulah sekelumit antara dana dan target. Nah sekarang bagaimana dalam dunia pendidikan?

Ditulis dalam Umum. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Dana dan Target, Pramuka dan Paskibra”

  1. anak ekskul Says:

    Mas, saya nilai Mas sebagai orang yang berpandangan SEMPIT tentang Pramuka dan Paskibra,, PERLU mas ketahui,, dari kedua organisasi yang mas sebutkan tadi, banyak pengalaman baik yang bisa diambil, bayangkan mas, kalo pemimpin kayak mas yang sperti itu, bangsa ini akan dipenuhi oleh orang2 yang punya PIKIRAN SEMPIT kayak mas…
    Apakah mas tidak bisa membaca, tentang manfaat ikut organisasi secara global, BACA DONG MAS,,, jangan diem aja depan komputer, banyak orang yang lebih pinter, lebih mengerti yang lebih menghargai generasi bangsa yang ikut organisasi. Mas nya aja yang KUPER, tul ga???Ngaku deh…

  2. awan sundiawan Says:

    @anak eskul: dulu ketika saya masih SD, SMP saya jadi pratama, dan ketika SMA jadi pradana, eskul pramuka ketika saya sma diarahkan pada mengekslor keterampilan sehingga siswa dilatih mandiri, kalau sekarang? hambatannya pada dana? dulu ketika saya SMA dana tidak dijadikan kambing hitam. kedua ketika SMA saya termasuk anggota Paskibraka, targetnya jelas, siswa yang masuk eskul paskibra adalah bisa mengibarkan bendera dengan baik dan benar ketika upacara atau selalu siap menjadi petugas apacara, dan targetnya utamanya adalam pendidikan moral, begitu….
    Maksud saya itu kedua eskul ketika saya SMA targetnya jelas….
    Iya sih memang saya ini kuper…. hehehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: