Apa Target Pramuka di Indonesia?

Ketika saya menerawangan ke masa lalu. Terbersit kata-kata saya ketika masih SMP. “Aku ingin menjadi peserta jambore nasional di Cibubur, Aku ingin menjadi anggota pramuka (penggalang) garuda, kelihatannya gagah.” Ketika itu saya rajin latihan pramuka bahkan pernah jadi pembanu pramuka, pramuka inti, tutor sebaya. Jadi pernah melatih rekan seangkatan dalan setiap latihan pramuka.

Mengapa saya rajin dan senang berlatih pramuka?

Karena ada target yang harus dicapai. Apa yang harus dicapai?

Saya harus menyelesaikan SKU mulai penggalang ramu, rakit, terap. Jika saya telah menyelesaikan SKU sampi penggalang terap, dan memiliki minimal 10 SKK. Maka saya bisa masuk pramuka inti.

Apa terget prmuka inti?

Untuk megikuti lomba tingkat, mulai LT1, LT2, LT3, dan Jambore Nasional?

Untuk apa mengikuti LT?

Untuk menerapkan berbagai keterampilan selama latihan.

Dan memang sudah dipola begitu.

Untuk menyelesaikan hal itu tidak sekedar latihan rutin, tapi betul-betul digembleng. Kalau sekarang ada life skil, pengembangan diri. Bagaimana dengan biaya? Biaya tidak diperhitungkan karena untuk mencapai target itu. Dan Alhamdulillah sampai juga pada target, sehingga biaya yang (orang tua) saya keluarkan.

Sistem latihan yang dulu pernah saya terima adalah menantang, menyenangkan, dan bermanfaat. Saya masih ingat ketika setiap latihan pramuka setiap guru memberikan materi yang sesuai dengan SKU, dan SKK, jadi dapat bertemu dengan beberapa guru bukan hanya pembina pramuka saja.

Setelah saya melihat keadaan sekarang, sepertinya hal itu sudah tidak digunakan lagi. Memang zaman berbeda, dulu pramuka masih jadi eskul primadona. Ketika masuk SMA saya ingin melajutkan kegiatan pramuka sampai penegak Laksana, tapi gagal. Saya di penegak baru sampai jadi penurun bendera ketika “gelar senja” di taman mini. Selama waktu SMA kegiatan pramuka sudah mulai terasa tidak mengasyikkan lagi. Padahal di SMA ada teget untuk mengikuti RAIMUNA KANIRA, atau PERKEMAHAN BAKTI SOSIAL. Bahkan bisa menjadi anggota berbagai satuan karya. Tapi itulah kondisinya.

Apa yang terjadi saat ini?

Sepertinya ada beberapa keluhan bahwa latihan pramuka/kegiatan pramuka sudah mulai kurang perhatian dari berbagai pihak, latihan pramuka hanya rutinitas saja tanpa terget yang jelas, latihan pramuka hanya arena perpeloncoan senior kepada yuinor, ada kesan kalau tidak kemping maka tidak ada pramuka.

Apakah Pramuka kurang baik?

Kalau kita lihat target-targetnya sungguh sangat baik, mungkin yang kurang baik ada para pengelolanya.

Nah bagaimana dengan keadaan sekarang?

Apa target siswa SD, SMP, SMA selama mengikuti kegiatan Pramuka di Indonesia sekarang ini?

Ah… itu hanya coretan saja…. Jangan dianggap ya….

Ditulis dalam Pendidikan. 4 Comments »

4 Tanggapan to “Apa Target Pramuka di Indonesia?”

  1. Hany Fitri Susiyanti Says:

    Memang seperti itulah yang terjadi saat ini,,
    pramuka tidak lagi menyenangkan,,
    saya ingin sekali mengubah image yang telah ada di masyarakat mengenai pramuka yang kurang baik,,,,

  2. lita Says:

    salam kenal, mas..

    saya dan teman2 disini lagi berjuang mengubah image pramuka di mata masyarakat.
    target saya cuma ingin menunjukkan kalau pramuka itu adalah kegiatan yang keren dan bisa mengikuti jaman.

  3. awan Says:

    Ubtuk Mbak Lita…. selamat dan semoga sukses mengembangkan Pramuka…

  4. senior rover Says:

    sayah sangat berkesan dengan semangt yang ade perjuangkan
    kenapa?
    karna memang benar babnyak pramuka yang mengatakan bahwa pramuka sekarang ta ada yang bersikeras pada kegitan
    pramuka sekarang banyak yang mementingkan diri pribadi kietimbang negara……..
    sudah sewajarnya orang bwt seperti itu!!!!!
    karna mereka tau tentang banyak hal
    dari pada ilmu……
    ngertikan?


Tinggalkan Balasan

