Salam Pramuka

Setiap tanggal 14 Agustus masyarakat pendidikan selalu memperingati hari Pramuka Indonesia. Saya jadi ingat ketika masa kecil dulu. Mulai S kelas IV sampai SMA kelas 2 saya dikenalkan dengan Pramuka.

Namun akhir-akhir ini kegiatan Pramuka sepertinya sudah tidak digemari lagi oleh para siswa, bahkan ada kesan bahwa kegiatan Pramuka sudah dipola turun temurun berupa: pindah tidur (kemping), memplonco yunior, kegiatan tidak menarik, kegiatannya tidak punya target.

Ketika saya SD dan SMP kegiatan Pramuka memiliki target yaitu juara pada lomba tingkat, mulai lomba tingkat kecamatan, lomba tingkat kepaten dan ujungnya Jambore Nasional di Cibubur. Ketika saya SMA targetnya Raimuna Kanira (itu pun ketika saya lingkungan Kwarcab Ciamis, periode 1982-1990, kalau sekarang saya tidak tahu lagi).

Sebetulnya kegiatan Pramuka sagat kompleks dan memiliki target kurikulum, targetnya adalah setiap anggota pramuka harus cakap atau memiliki kecakapa yang diatur dengan Kecapan Umum dan Kecakapa Khusus. Setiap anggota Pramuka mulai dari tingkat Siaga, Penggalang, Pandega harus memilki Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Bahkan diharapkan menjadi Pramuka Gadura, artinya setiap anggota harus berprestasi dan hal itu menunjang bagi kelangsungan hidupnya di masa datang.

Namun dalam prakteknya, kegiatan pramuka sepertinya tidak dibina dan dikelola dengan baik, tidak memiliki target, hanya sekedar formalitas dan rutinitas yang tidak berkembang. Atau tidak pernah mengarahkan siswa untuk memiliki kecakapan seperti yang telah diatur dalam SKU atau SKK.

Seandainya kegiatan Pramuka dikelola dengan baik dan ada target pencapaian yang dapat diukur maka kegiatan Pramuka akan meningkatkan prestasi dan kompetensi peserta didik.

Ditulis dalam Pendidikan. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Salam Pramuka”

  1. Albert christhian Says:

    tolong kiranya kegiatan pramuka dapat lebih diperbanyak dan ditingkatkan.terutama tentang dana operasional untuk ana2 pramuka yang akan mengadakan kegiatan pembinaan di sekolah2 sering dipersulit oleh kepala sekolah”sekolah” yang bersangkutan.kiranya jika ada orang dari kwarnas yang membaca pesan dari saya ini, agar diadakan semacam forum untuk kepala2 sekolah se DKI/Indonesia dan diadakan pengarahan,tentang pentingnya kegiatan pramuka sebagai pembinaan untuk generasi muda kita!! SALAM PRAMUKA!! (Pelatih Pramuka SLTP Negeri 114 Jakarta-utara,Albert Christhian


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: