MOS bukan Ajang “Penyiksaan” atau “Perpeloncoan”

Kegiatan awal tahun bagi siswa baru merupakan kegiatan yang sangat melelahkan dan sangat “menyiksa”. Para senior di sekolah masing-masing ada kencenderungan untuk “menyiksa” yuniornya dengan berbagai cara. Baik dengan cara yang mnguras logika atau dengan cara mengurang fisik. Kegiatan ini lama-lama akan dijadikan arena balas dendam atau hanya untuk curi-curi atau cari-cari kesempatan siswa senior terhadap siswa yunior.

Namun berbeda dengan kegiatan di tempat kami, kami tidak melibatkan siswa  senior (OSIS) dalam kegiatan awal tahun (masa orientasi siswa) tapi kami mencoba terjun langsung. Mereka (siswa senior/osis) kami gembleng untuk kegiatan tahun depan agar kegiatannya tidak berkesan menyiksa lahir batin siswa baru. Kami putuskan mata rantainya pada tahun ini agar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya (yang sekarang mungkin di sekolah lain masih melakukannya).

Kami mengenalkan lingkungan sekolah kepada para siswa baru dengan cara yang lain, kami mengusahakan agar siswa baru dapat senang. Kemudian kami akhiri dengan kegiatan bina mental spiritual. Sehingga siswa dikenalkan dengan cara-cara mengenal kecerdasan pada diri sendiri, yaitu mengenal kecerdasan emosional dan kecerdasan sipritual.

Mudah-mudahan dengan cara ini siswa baru menjadi lebih dewasa dan lebih mengenal lingkungannya.

 

Silahkan klik sambungan berikut.

Peserta MOS Diuji Keberanian untuk Menampilkan Kebolehannya

Menghadirkan Bintang Tamu pada Acara MOS

MOS di SMAKOS Diakhiri dengan Isak Tangis Peserta

 

 

Ditulis dalam Pendidikan. 3 Comments »

3 Tanggapan to “MOS bukan Ajang “Penyiksaan” atau “Perpeloncoan””

  1. Akhmad Sudrajat, M.Pd. Says:

    setuju banget bung ! kita memang harus merubah model MOS jaman batu yang sudah tidak relevan lagi dengan konteks sekarang, pemikiran yang sama silahkan kunjungi http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2007/07/30/masa-orientasi-sekolah-mos-yang-humanis/

  2. SIMPLYMAN Says:

    YA..! BETUL…! BUAT APA AJANG MOS MOSAN GITU!??..LEBIH BAIK DITIADAKAN AJA…!ITU KAN IDENTIK DENGAN IPDN.ALIAS IPDN MINI..

  3. musawwir91 Says:

    MOS, sangat penting dilaksanakan di awal Tahun Pelajaran !
    dimaksudkan untuk lebih memahami, menguasai lingkungan yang baru . . . .
    yang jelas ketika kita baru, berarti banyak hal yang belum diketahui, berarti banyak hal perlu dipelajari dalam waktu yang singkat, seperti di sekolah A bagaimana program OSIS nya, Bagaimana cara belajarnya, bagaimana penilaian yang dianut dalam proses belajar mengajar . . .
    Mungkin . . .

    Hentikan Hal yang tidak Penting Dalam Pelaksanaan MOS !!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: