Apa Arti Sekolah Favorit?

Musim liburan sekolah segera berakhir, begitu juga dengan berkumpulnya keluarga besar saya yang kebetulan sedang liburan di tempat saya.

Keponakan saya sempat bertanya mengenai Sekolah Favorit.

Keponakan: “Mang, SMA berapa di sini yang menjadi sekolah favorit?”

Saya : ”Ya banyak deh…”

Keponakan: ”Maksudnya…?”

Saya : ”Maksud kamu sekolah favorit itu apa? Biar obrolan kita nyambung”

Keponakan: ”Sekolah yang banyak muridnya, lulusannya bagus”

Saya : (Merenung) Apa iya ada sekolah yang siswanya

          banyak, lLulusannya bagus, lantas orang tua

tidak memperdulikan mahal atau murahnya biaya

sekolah. (Maaf bukan biaya pendidikan)

”Begini, sekolah yang muridnya banyak ada,

yaitu ketika PSB membludak. Sekolah yang

lulusannya bagus juga ada. Bahkan ada sekolah

yang difavoritkan pada bidang tertentu saja

juga ada.

Keponakan: ”Mang, tau tidak bus antar kota antar provinsi?”

Saya : ”Tahu..memang kenapa?”

Keponakan: ”Kalau Mamang bepergian keluar kota suka/sering naik mobil apa?”

Saya : ”Ya… nyaman, aman, membawa selat, tepat sampai tujuan..”

Keponakan: ”Kalau ongkosnya mahal?”

Saya : ”Ya karena itu bus favorit saya, soal ongkos tidak masalah, yang penting

aman, nyaman.”

Keponakan: ”Nah… saya juga ingin masuk sekolah yang favorit, seperti Mamang

memfavoritkan bus terbseut. ”

Dari dialog tersebut saya jadi merenung. Ternyata sekolah favorit itu sekolah pengelolaanya profesional. Bagaikan bus tadi, sopirnya sopan, sopirnya trampil mengemudikan bus sehingga terasa aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Pengelola Bus itu tidak perlu muatan yang berjejal-jejal, tetapi melayani penumpang dengan baik, sehingga bus tersebut menyediakan fasilitas dasar yang dibutuhkan penumpang. Sehingga siapapun orang yang masuk ke bus tersebut sudah tidak memikirkan lagi murah dan mahalnya ongkos.

Saya bertanya?

Mengapa bus yang nyaman dengan ongkos mahal tidak dipermasalahkan?

Tetapi ketika biaya sekolah (bukan biaya pendidikan) agak mahal jadi bahan perbincangan?

Dimanakah letak perbedaan antara ngkos bus yang mahal dengan kenyamananya dengan sekolah yang biayanya agak mahal?

Mungkinkah masyarakat belum melihat profesionalnya pengelola sekolah?

Atau masih berbeda antara sopir bus tersebut dengan seorang guru?

Pada hal guru dituntut untuk profesional?

Wah…. saya jadi banyak merenung….

Apakah pendidikan atau sekolah yang baik harus dengan biaya mahal?

Bacaan terkait silahkan baca:

Pendidikan atau Sekolahan yang Baik

Adakah Korelasi Pendidikan dengan Karier

Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia



Ditulis dalam Umum. 27 Comments »

27 Tanggapan to “Apa Arti Sekolah Favorit?”

  1. purmana Says:

    Emang apa sih bedanya biaya sekolah ama biaya pendidikan

    Tanggapan: Menurut saya, biaya pendidikan adalah biaya proses mendidik anak mulai dari rumah, di luar rumah dan lingkungannya, sedangkan biaya sekolah: biaya yang dipakai untuk keperluan bersekolah. Contoh: Seorang ingin kursus/ bimbel itu termasuk pendidikan. Salam kenal saja.

  2. toni Says:

    sekolah paforit adalah sekolah yang menguntungkan bagi siswanya

  3. ag@yz_konzlet Says:

    menurut saya sekolah favorit tuch sekolah yang mempunyai fasilitas2 belajar yang memadai………

  4. maya Says:

    menurut saya sekolah favorit adalah sekolah yang memiliki pasilitas yang sangat kumplit dan siswanya pun sangat kreatif dan pintar-pintar.

  5. tonKIN Says:

    sekolah paporit adalah sekolah yang menantang siswanya untuk gak mau kalah ma orang lain dalam mengejar impian

  6. Yati Says:

    Menurutku sekolah favorit itu sekolah yang menyediakan fasilitas yang komplit untuk belajar dan nyaman,sehingga para siswa dapat menggunakannya dengan baik dan hati-hati dalam menggunakannya. Serta guru-guru yang profesional dalam menangani para siswanya di kelas sehingga kami dapat mengerti dalam hal pelajaran. Dan sekolah favorit itu dapat melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang dapat berguna,sehingga menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang lain untuk lebih maju.

  7. loly Says:

    menurut saya sekolah favorit itu adalah sekolah yang mempunyai fasilitas yang memadai untuk kegiatan belajar-mengajar dan siswa yang bersekolah disana merasa nyaman dan enjoi………

  8. Yayang Dian H Says:

    Sekolah favorit adalah sekolah yang memiliki kualitas yang tinggi, disamping guru-gurunya yang berkualitas, sekolah favorit juga harus memiliki fasilitas – fasilitas yang lengkap.
    Menurut saya jangan terlalu terfokus kepada sekolah favorit, karena menurut saya sekolah dimana saja itu adalah sama, tergantung kita sendiri, meskipun kita berada di sekolah favorit, kalau kitanya malas ya percuma saja, kita akan tetap bodoh.
    Jadi kita jangan membeda-bedakan sekolah yang satu dengan sekolah yang lainnya.
    Tetapi sebagian besar banyak siswa yang putus sekolah akibat biaya, disamping kita memikirkan sekolah mana yang akan kita tuju, kita juga harus memikirkan biaya yang akan kita keluarkan ketika kita sekolah.
    Terima kasih telah sempat membaca komentar saya, semoga komentar saya bisa bermanfaat.
    Wss……….

  9. Lia Says:

    menurut saya sekolah faforit adalah sekolah yang memiliki fasilitas yang lebih bagus,memiliki banyak keunggulan,dll lah………………………………….

  10. R_DENI_EUY Says:

    MENURUT SAYA MAH?SKUL FAVORIT TUCH SEKOLAH YANG ADA SISWA YANG PADA CANGGIH OTAKNYA?KALAU SKUL YANG BAGUS TAPI PENGHUNINYA PADA RUSAK,SAMAJA BOONG?BETUL TIDAK?HE……

  11. Yustinus Says:

    Menurut saya,pada umumnya pendidikan itu sangatlah penting. Karena pendididkan itu merupakan suatu modal utama untuk hidup sukses dengan bekal ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk kepentingan pribadi,bangsa,maupun bernegara. Jadi,bagaimanapun caranya kita harus mendapatkan pendidikan yang sebaik-baiknya asalkan usaha dan niatnya HALAL……….

  12. beta Says:

    Sekolah favorit itu adalah sekolah yang banyak diminati oleh para pelajar, khususnya sering dijadikan pilihan pertama. watur nuhun mugi-mugi aya manfaatna kangge ka sadayana amiin.. Wass

  13. Dede.m Says:

    Ass.menurut saya sekolah paforit adalah sekolah yang bs mncetak siswanya berprestasi,bs mmbimbing siswanya yg bermoral,dan tidak mengajarkan siswa untuk berpeluang maksiat,dan didukung oleh fasilitas yang bgs,pljran yg punya kls bkn siswa yg punya kls.ruang bljr yang nyaman,guru yng berpengalaman,tidak pilih kasih pada siswa,dan tentunya konsekwen dengan aturan dan tata tertib.sukron wasalam

  14. chie_not Says:

    the favorite school is kosgoro. Kosgoro u’re my the best place where i get everything. u’re my best school ever had. Kosgoro i won’t forget u.

  15. ag@yz_konzlet Says:

    inget..sekolah favorit tu slalu memberikan yang terbaik,mendidik muridnya agar jadi manusia yang berguna,berwawasan,and ga lupa juga mempunyai budi pekerti luhur!sekolah yang ga ngerusak MORAL muridnya..justru ikut membimbing dalam meningkatkan moral para muridnya..loe-loe pade setuju kan ma gw..???tu yang gw maksud sekolah favorit…INGET kita adalah penerus bangsa..

  16. rudi Says:

    sekolah favorit adalah sekolah yang memiliki kemampuan memuaskan siswa/siswinya dalam hal pelayanan (services) dan fasilitas. dengan mengedepankan tujuan pendidikan dan sekuat tenaga mencetak manusia yang iman dan taqwa serta memiliki ilmu pengetahuan yang luas yang dapat digunakan untuk dirinya sendiri dan umumnya orang lain dan dan akhirnya menciptakan keberhasilan ubtuk sekolah itu sendiri……………………………………………

  17. Siska Says:

    Sekolah Pavorit adalah sekolah yang mempunyai Fasilitas yang mampu menunjang kegiatan belajar siswa. Serta mempunyai guru guru yang mampu mendidik siswanya dengan cara yang benar.

  18. aDe.S Says:

    Sekolah favorit adlh sekolah yang mampu menyediakan fasilitas memadai yang dapat menunjang kegiatan belajar,mempunyai guru yang profesional dan konsisten terhadap KBM(jangan cma pengen gajian doank).Suasana sekolah yang mendukung,lingkungan yang aman,nyaman,dan tentunya tercipta hubungan yang baik antara setiap komponen sekolah.Kalo udah gitu dijamin di skul bakal betah dan pasti…..PHE_WE aBBiiiZZZZZ!!!!!!!!!!!

  19. rosdiana Says:

    sekolah favorit adalah sekolah yang memiliki fasilitas-fasilitas yang bagus sehingga membuat siswa nyaman untuk mengikuti belajar mengajar dan dapat membuat siswa rajin untuk mengikuti kegiatan sekolah……………….!!!!!!!!!!!!!!!

  20. esih Says:

    menurut saya sekolah favori adalah sekolah yang memiliki fasilitas yang bagus dan memuaskan bagi seorang pelajar dan juga siswanya pilihan orang pintar dan jenius……………………………………………………………..

  21. Ana Says:

    menurut saya sekolah favorit adalah sekolah yang di dalamnya hanya terdapat siswa2 yang pintarnya murni bukan hasil NYONTEK he,,,he,,, Truz menyediakan fasilitas sprti di SMA KOSGORO kita ini ya wlaupun belum lengkap ya setidaknya lebih dari SMA-SMA lain kan??????????oia satu lagi yang paling penting berMORAL baik
    tRim’ZZZZ

  22. nurjannah Says:

    menurut saya,sekolahan favorit itu sekolahan yang memiliki tempat belajar yang nyaman.

  23. yosi Says:

    Menurut saya sekolah favorit adalah sekolah yang mempunyai kualitas pembelajaran dan mutu pembelajaran yang baik, banyak yang bilang SMA KOSGORO merupakan sekolah swasta terbaik maka dari itu saya bangga bisa sekolah di SMA KOSGORO ini meskipun sekolah swasta. pokonya yang sekolah disini nggak boleh nakal, ade2 kelasku jangan nakal yach……..harus nurut apa kata bapak/ibu guru.
    Udah ah cape euyz!!!! makasih🙂

  24. esih Says:

    menurut saya sekolah pavorit adalah sekolah yang memiliki fasilitas yang bagus,memuaskan bagi si pelajar dan juga yang masuk ke sekolah pavorit itu orang pilihan tentunya orang jenius

  25. Nurul QolBi,S.Pd Says:

    Saya selaku guru Honor atas nama Nurul Qolbi,S.Pd di MAN sumpur Kec.Batipuh selatan Kab.Tanah datar Sumbar dengan NITH.3012113255 dalam daftar nominasi bkn mohon diangkat jadi cpns tahun 2007 terima kasih

  26. mitha Says:

    sekolah yang kita anggap fovorit belum berarti baik untuk kita..
    saya adalah seorang anak SMK yang bersekolah di tempat yang menurut saya sekolah yang saya tempati ini baik untuk saya..
    ternyata tidak. malah disekolah ini saya merasa tertekan karena saya memilih untuk sokolah disana.

  27. santrikoplak Says:

    Satu hal yang pasti, FAVORIT = BANYAK DICARI DAN DIMINATI. Ada sejuta harapan yang digantungkan orangtua ketika memilih sekolah favorit. Contohnya :

    menurut yoshi : sekolah favorit adalah sekolah yang mempunyai kualitas pembelajaran dan mutu pembelajaran yang baik,

    menurut Esih : sekolah pavorit adalah sekolah yang memiliki fasilitas yang bagus,memuaskan bagi si pelajar dan juga yang masuk ke sekolah pavorit itu orang pilihan tentunya orang jenius

    menurut Ade S : Sekolah favorit adlh sekolah yang mampu menyediakan fasilitas memadai yang dapat menunjang kegiatan belajar,mempunyai guru yang profesional dan konsisten terhadap KBM(jangan cma pengen gajian doank).Suasana sekolah yang mendukung,lingkungan yang aman,nyaman,dan tentunya tercipta hubungan yang baik antara setiap komponen sekolah.Kalo udah gitu dijamin di skul bakal betah dan pasti…..PHE_WE aBBiiiZZZZZ!!!!!!!!!!!

    Dan saya setuju jika predikat favorit bukan berasal dari langit. Tapi merupakan runtutan sejarah dari perjuangan sekolah tersebut.

    SALAM GURU INDONESIA


Tinggalkan Balasan

