Virus Kespo Mengancam Ribuan Komputer di Indonesia

Virus komputer kembali ditemukan beredar, dan mengancam ribuan komputer di Indonesia. Kespo, demikian nama virus yang saat ini sudah menelurkan tiga varian.

Perusahaan antivirus PT Vaksincom melansir, keluarga virus Kespo biasa disebut Kspool telah menyebar cukup merata dalam dua bulan terakhir ini.

Virus ini sudah beranak-pinak dan sampai saat ini sudah menemukan tiga varian virus ini, dan jumlah variannya kemungkinan terus bertambah.


Alfons menjelaskan, virus ini memakai metode infeksi yang sedikit berbeda dibanding virus sebelumnya, walaupun tetap masih menyerang data.


Kespo tidak menyembunyikan file, tetapi menginjeksi atau menginfeksi dokumen dengan menambahkan kode virus tersebut. Akibatnya ukuran file tersebut bertambah beberapa Kilobyte (KB) dibanding sebelumnya, dengan tipe file “application“.

File yang diusung Kespo biasanya terdiri dari dua jenis file yakni file dengan ekstensi EXE dan DLL. Kespo varian awal (Kespo.A) mempunyai ukuran 279 KB untuk file dengan ekstensi EXE dan 59 KB untuk file berekstensi DLL. Ikon yang menyertai file induk Kespo.A adalah ikon “gerigi roda“.


Selain menginjek/menginfeksi file Office seperti DOC/XLS, Kespo juga akan berusaha menyerang file database yang berekstensi MDF, DBF atau LDF, tetapi hal ini kurang berhasil karena sistem penginfeksiannya masih terbatas pada Flash Disk.

Varian Kespo.A dan Kespo.B dicirikan dengan file yang memiliki ikon MS.Word atau XLS. Sedangkan untuk Kespo.C setiap file yang terinfeksi akan mempunyai ikon “Recycle bin”. Jika file yang terinfeksi Kaspo.C dijalankan, akan terlihat dua file di direktori yang sama yakni satu file merupakan file asli, dan satu file lagi merupakan file hasil injeksi atau infeksi Kespo.C

Sumber: detikinet.com

Ditulis dalam Teknologi. 3 Comments »

3 Tanggapan to “Virus Kespo Mengancam Ribuan Komputer di Indonesia”

  1. Ade Rusliana Says:

    Virus yang disebutkan di atas memang sudah banyak sekali beredar, bahkan telah beredar hingga di acara WS ICT 2007 yang sekarang masih berlangsung. Walaupun bisa di clean secara manual namun karena banyaknya dan sangat bervariasi maka tetap saja masih ada pada beberapa laptop. Pengalaman kami dalam memberantas virus ini adalah dengan Ansav-E yang ditect dari luar dengan menggunakan BartPE yang dilanjutkan oleh PC-Media. Dapat juga langsung dengan menggunakan Mc Afee apdetan terbaru. Namun hati hati jika menggunakan Mc Afee dari windows maka Mc Afee akan memblok beberapa fitur windows. hal ini dapat dibuka dengan pertolongan regedit.

    Tanggapan: Saya anjurkan pake AVG 7.5 saja…. juga cukup efektif untuk membersihkan virus ini, asal avg yang sering diupate

  2. mybenjeng Says:

    saya pake mcafee 8, yang update, bisa kok…

  3. ansaver Says:

    http://www.ansav.com download yg terbaru.
    ansav bisa merepair virus ini. bukan mendelete! klik clean!

    Tanggapan:Trims atas infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: