Mendiknas: Sekolah kedinasan tidak diperlukan lagi

Menteri Pendidikan Nasional, Bambang Sudibyo menyatakan sekolah-sekolah kedinasan yang dibiayai pemerintah sudah tidak diperlukan lagi. Alasannya, perguruan tinggi yang ada sekarang sudah mampu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan.

”Harus dilihat dari jenis keahlian yang dibutuhkan satu institusi. Seandainya keahlian tersebut dapat dipenuhi oleh perguruan tinggi umum maka tidak perlu ada lagi pendidikan kedinasan,” kata Bambang dalam rapat kerja dengan Panja Evaluasi IPDNm di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (7/6/2007).

Nemun untuk keahlian tertentu seperti bidang militer, kepolisian, keuangan dan beberapa bidang khusus lainnya, Bambang tetap menyatakan perlu ada sekolah kedinasan. ”Dengan catatan, mahasiswanya adalah PNS atau CPNS,” imbuhnya.

Mengenai usulan pembubaran IPDN, Bambang tidak setuju. Mantan Menteri Keuangan di era Presiden Gus Dur itu mengajikan 3 pilihan penyelesaian.

Pertama, IPDN digabung dengan perguruan tinggi negeri terdekat, karena bidang studi yang ditangangi sama, serupa atau sanggup dilaksanakan PTN tersebut.

Kedua, IPDN diubah menjadi badan hukum pendidikan,

Ketiga, IPDN tetap sebagai pendidikan kedinasan, namun harus memenugi syarat sebagai pendidikan tinggi profesi sesuai UU Sisdiknas 20/2003.

Sumber: Detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: